Mengenali Ciri-ciri Perusahaan MLM Terbaik

Sadar atau tidak, hampir semua orang saat ini hidupnya terkait dengan satu atau beberapa produk atau bisnis MLM (Multi Level Marketing). MLM atau network marketing memang sudah menjadi bisnis gaya hidup karena semakin perusahaan yang mengadopsi sistem ini untuk menjalankan bisnis sekaligus berbagi kemakmuran bagi banyak orang di seluruh dunia.

Keberadaan internet belakangan ini membuat MLM juga bertransformasi membawa kemudahan berbisnis dan menjelma dalam berbagai bentuk. Ada yang menyebutnya direct selling (penjualan langsung), ada juga yang menamakannya network marketing (pemasaran jaringan).

Awalnya istilah-istilah tersebut didefenisikan berbeda, akan tetapi seiring perjalanan waktu, perbedaan pengertian semakin menipis. Ada juga yang berpendapat bahwa istilah-istilah baru tersebut muncul untuk mengganti istilah MLM yang sempat terlanjur mendapat stigma negatif di sebagian kalangan masyarakat.

Maklum belakangan ini banyak investasi bodong atau tawaran bisnis yang mengambil cara kerja MLM. Padahal MLM sendiri merupakan suatu bentuk bisnis pemasaran produk yang melibatkan masyarakat sebagai ujung tombak pemasaran.

Lalu apakah usaha MLM itu tidak baik? Bagaimana membedakannya dengan bisnis yang buruk? Usaha atau bisnis MLM pada dasarnya merupakan bisnis yang baik, jika kita benar-benar memahami dan memilih jenis bisnis MLM yang tepat. Adapun beberapa ciri MLM yang baik, yaitu:

Legalitas Jelas

Usaha MLM haruslah memiliki izin operasi yang sah dari pemerintah. Di Indonesia, perusahaan MLM wajib mengantongi SIUP-PL (Surat Izin Usaha Perdagangan Penjualan Langsung) yang diterbitkan BKPM. Alangkah baiknya jika usaha MLM tersebut juga terdaftar di asosiasi resmi, misalnya Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI).

Namun patut dicatat bahwa izin PT (dari Kemenhukkam), NPWP, TDP, izin BKPM tidak cukup untuk menilai baik buruknya suatu MLM. Memiliki perizinan dasar hanyalah seperti memiliki KTP. Pemilik KTP belum tentu orang baik bukan?

Demikian juga dengan MLM. Tidak semua MLM baik untuk Anda ataupun layak dikerjakan. Anda harus lebih jeli lagi memperhatikan faktor-faktor lainnya di bawah ini, agar tidak salah pilih dan menyesal kemudian.

Kepemilikan perusahaan

Pimpinan atau CEO (Chief Executive Officer) dan/atau pendiri perusahaan sangatlah menentukan keberhasilan suatu bisnis. Pimpinan perusahaan yang baik akan sangat membantu mengatasi masalah yang muncul di kemudian hari. Kenali benar siapa yang berada dibalik bisnis yang sedang Anda pelajari. Apakah mereka memiliki jejak rekam, kredibilitas yang baik, serta dapat dipercaya.

Ataukah mereka malah pernah punya kasus sebelumnya? Apakah mereka kutu loncat yang suka membuka usaha sesaat yang lalu bangkrut kemudian lari dan membuka usaha baru?

Jika pemimpinnya buruk, bagaimanapun bagusnya suatu produk atau sistim bisnisnya, pada akhirnya akan runtuh. Jangan gegabah, dan asal nyambar, lalu Anda menyesal di kemudian hari.
Pastikan Anda memilih bisnis MLM yang dibangun oleh orang-orang kredibel dan dapat diandalkan. Mereka juga pastinya mampu menciptakan peluang bagi Anda.

Anda tidak mengenal siapa dibalik bisnis Anda saat ini? Itu pertanda bahaya…!!

Produk Bermutu

Apapun bisnisnya, produknya harus bagus. Jika sponsor Anda belum apa-apa sudah mulai menggambar garis-garis, cara rekrut merekrut dan hitung bonus, bisa jadi itu adalah MLM yang buruk, bahkan bisa tergolong skema piramida (pyramid scheme).

Sebaliknya, MLM yang baik ditandai dengan produk berkualitas, bermutu tinggi, dan unik. Sebelum memutuskan memilih suatu MLM, sebaiknya analisa produknya. Apakah produk tersebut dibutuhkan masyarakat sehingga berpotensi laris di jaringan Anda. Lalu apakah produk memiliki manfaat dan kelebihan tertentu untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen nantinya?

Sistim Bonus / Marketing Plan yang Adil

Ada berbagai macam perhitungan bonus yang digunakan oleh perusahaan MLM seperti model breakaway, binary, uni-level, dan forced matriks. Ada juga perusahaan yang menggabungkan model-model tersebut dan menambahkan hitungan lainya. Karenanya tidaklah tepat untuk mengatakan yang satu lebih baik atau lebih buruk dari yang lain..

Sistim bonus terbaik adalah yang bisa membagikan penghasilan secara adil, sesuai usaha masing-masing member. Jangan sampai ada member yang tidak bekerja tetapi mendapat penghasilan tinggi, dan sebaliknya member bekerja keras tetapi penghasilannya sedikit. Pencapaian reward termasuk liburan, harus berdasarkan usaha yang sama dan adil oleh setiap member.

Sekali lagi tidak ada sistim bonus yang terbaik. Anda harus meneliti lagi masing-masing sistim bonus, dan memastikan bahwa Anda akan mendapatkan penghasilan yang adil dengan prospek yang baik.

Dukungan Sistem untuk Mengembangkan Diri

Tidak semua orang terlahir sebagai pebisnis atau jagoan bisnis MLM. Karena itu pastikan perusahaan memiliki sistim pelatihan, edukasi yang terstruktur baik untuk membantu semua member mengenal produk, sistim bisnis dan keterampilan sebagai pebisnis.

Karena itu, sebelum mengambil keputusan, amati terlebih dahulu. Adakah acara pelatihan atau pengembangan diri yang bisa menjadikan Anda pribadi lebih baik, mandiri, dan sukses? Apakah ada saluran komunikasi yang baik dengan upline dan kantor Anda?

Alat Bantu Modern untuk Anda

Tidak semua orang dapat menjalankan bisnis MLM dengan mudah. Perusahaan yang baik biasanya menyediakan alat bantu untuk memudahkan para distributornya. Dizaman modern ini alat bantu yang wajib tersedia selain brosur/starter kit adalah website yang berisi kejelasan informasi bisnis, produk, sampai alamat identitas perusahaan.

Perusahaan MLM multinasional bahkan memungkinkan membernya bertransaksi antar negara, semua melalui website yang diakses di komputer atau HP saja. Sssstt…. pemain MLM zaman now berbisnis antar negara, bukan lagi terbatas dalam satu negara.

Waktu yang Tepat

Pemilihan waktu memang penting. Di satu sisi, ada orang yang merasa tenang bergabung di perusahaan yang telah stabil dan berjalan cukup lama. Di sisi lain, ada juga semangat tersendiri saat Anda bergabung dengan perusahaan yang baru berdiri dan sedang bertumbuh.
Keduanya memiliki kelebihan tersendiri.

Yang jelas, tidak ada usaha atau bisnis yang terlalu sempurna. Jangan sampai Anda hanya sibuk berpindah perusahaan MLM, tetapi sebetulnya Anda hanya berpindah ke masalah yang berbeda.

Reputasi Internasional

Saat ini internet memudahkan kita untuk mengetahui suatu perusahaan apakah memiliki nama baik atau prestasi di tingkat nasional ataupun internasional. Minimal dari sisi perkembangan penjualan, Google dengan cepat bisa menunjukkan informasi perusahaan MLM dengan tingkat penjualan (revenue) terbesar di tahun tertentu.

Silahkan Anda bisa memilih salah satu perusahaan terbaik di 10 besar nasional atau 20 besar dunia, misalnya.

Informasi ini bisa Anda peroleh misalnya di website Directsellingnews.com, businessforhome.org dan lain-lain. Hidup ini singkat, bukan untuk coba-coba dengan perusahaan tak dikenal bukan? Lagipula tentu akan lebih membanggakan bekerjasama dengan perusahaan yang terkenal di dunia internasional.

Apakah Anda Menyukainya?

Poin ini sangat tergantung pada penilaian Anda. Bisnis bukan hanya soal mencari uang dan keuntungan. Bisnis yang Anda kerjakan sebaiknya membawa manfaat nyata bagi orang lain, membawa kebaikan. Dengan demikian, Anda akan selalu bangga menjadi bagian dari bisnis MLM yang Anda pilih.

Sebaliknya, jika ada keraguan di hati Anda bahwa bisnis tersebut kemungkinan hanyalah money game yang bakal berujung penipuan, atau berpotensi hanyalah membawa kerugian, sebaiknya Anda hindari. Jagalah nama baik Anda, jangan dirusak oleh nafsu sesaat mengejar keuntungan.

MLM yang memenuhi kriteria-kriteria ini pastilah MLM yang bterbaik dan cocok bagi Anda. Karena itu, setelah menentukan pilihan, kerjakanlah bisnis MLM Anda dengan sepenuh hati. Anda pasti akan menikmati penghasilan dan karir sesuai dengan usaha dan kerja Anda bersama team.

Sekali lagi, MLM adalah jenis bisnis yang baik, tetapi Anda harus jeli memilih jenis usahanya. Jangan salah pilih. Selamat berbisnis jaringan.

Iklan

Comments

  1. Bagaimana dengan mlm Golden Life / gan, trims

  2. Saya ingin tanya juga tentang Arminareka MLM umroh dan haji ?, saya ingin gabung ke situ. Trims.

  3. ok. , sy sudah baca kembali, trims gan.
    ..

  4. Boleh Review Bisnis http://www.myadszilla.com
    Mereka menyebutnya search engine + MLM
    bagaimana menurut admin?

  5. BAGAIMANA DENGAN MLM SISTEM HPAI ?

  6. siti munawwarah says:

    Gmn soal MLM melia sehat sejahtera gan? Mohon review nya. Terima kasih

  7. Saya penasaran dg bisnis mlm fkc, bagaimana legalitasnya dan komennya untuk saya pertimbangan. Tksh atas penjelasannya

  8. Tergantung juga , blum tentu semua MLM penipuan, saya ikut MLM tapi tdk tertipu ,kita cma harus teliti dlam memilih bisnis jangan asal ikutan

  9. Bagaimana dengan cutting price yg di online shopping yg ngak berhasil dituntaskan. Padahal kita tau hampir 80% member pemakai

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: