Tipuan Piramid dan Bisnis Online

pyramidArisan berantai atau Tipuan Piramida (Pyramid Scheme) atau Ponzi merupakan salah satu modus penipuan yang tertua di dunia, dan masih dijalankan dalam aneka bentuk sampai detik ini. Nama piramida kemungkinan diambil karena bentuk organisasinya yang berbentuk piramida. Mereka yang menempati posisi paling atas biasanya sedikit, tetapi memperoleh pendapatan yang paling besar. Nama ponzi sendiri diambil dari Charles Ponzi uang melakukan tipuan ini sekitar 90 tahun yang lalu. Ia berhasil menipu ribuan nasabah dan mengumpulkan $20 juta.

Kini, bisnis tipuan ini makin marak. Modusnya pun makin canggih dan menggiurkan.

Bisnis ini sekilas terlihat sebagai bisnis yang sangat mudah dijalankan serta menjanjikan keuntungan besar. Jauh lebih besar dari pendapatan investasi normal sehingga sangat menarik terutama mereka yang merindukan keuntungan cepat. Biasanya dijalankan dengan meminta calon member (kadang disebut juga: downline, nasabah, investor) untuk terlibat dalam suatu bisnis, jumlah modal bisa bervariasi. Mereka cukup menyetor sejumlah uang, lalu mencari calon member lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Umumnya, untuk terlibat dalam bisnis ini para member cukup menyetor uang dan tidak ada produk yang diperjualbelikan. Terkadang ada produk yang dijual, tetapi sebenarnya merupakan produk sampah, alias tidak bermanfaat (terkadang dalam bentuk setumpuk software, ebook dll). Kalaupun melibatkan penjualan produk seperti bisnis MLM legal, biasanya tipuan pyramid menjual produk yang dijual sangat mahal dan member memperoleh bonus dari hasil merekrut member baru, bukan dari penjualan produk.

Baca juga: Perbedaan Tipuan Piramid dan Multi Level Marketing resmi.

Beberapa orang yang masuk diawal, biasanya masih memperoleh ‘bonus’ yang baik. Mereka ini, kemudian menjadi agen yang melancarkan promosi ke orang lain. Biasanya bisnis ini berkembang di kalangan pertemanan atau keluarga. Sering juga diadakan dalam bentuk seminar, atau pertemuan. Belakangan, dengan perkembangan teknologi, bisnis ini menjerat para korban melalui email, facebook, website,  dan aneka jejaring sosial untuk menjerat lebih banyak korban.

Karena tidak memiliki usaha bisnis yang legal atau produk yang berkualitas, pembayaran kepada member pada dasarnya diperoleh dari uang yang disetor member sebelumnya. Akibatnya mudah ditebak. Usaha ini pada suatu titik akan tidak mampu lagi membayar janji-janji kepada nasabahnya. Tetapi penyelenggara bisnis tipuan ini telah berhasil mengeruk uang masyarakat dalam jumjlah besar. Kalaupun diproses secara hukum, biasanya tidak lama dan mereka masih memiliki tabungan hasil ‘rampokan’ yang telah dicuci (disamarkan) dalam berbagai aset, jauh sebelum perusahaan digulung pihak berwajib. Tinggallah para investor gigit jari, penyesalan selalu datang terlambat.

Contoh-contoh bisnis ini antara lain IndexGB, Virgin Gold Mining Company (VGMC), QBule, JSSTripler, ProfitClicking, Unetenet…dan masih banyak lagi yang datang silih berganti. Umumnya memang tidak bertahan lama karena selalu runtuh dengan sendirinya. Baca selengkapnya di: Aneka Modus Bisnis Online yang Harus Diwaspadai.

Unetenet_indonesia-2

UNETENET, salah satu contoh tipuan money game (phonzi) online, bukan bisnis ataupun investasi.

Kenali Tipuan Bisnis Piramid di Sekitar Kita

Karena dilaksanakan secara berantai membentuk jaringan, bisnis tipuan pyramid ini terkadang menyamar dengan mudah dalam bentuk tawaran investasi bisnis. Ada banyak contoh yang telah terjadi selama ini. Misalnya kasus Koperasi Langit Biru dan PT Gradasi Anak Negeri yang berhasil menipu uang nasabah sampai triliunan. Modus bisnis pepesan kosong ini juga banyak di dunia online seperti disebutkan di atas. Anehnya, para pelakunya menyebutnya Bisnis Online (BO) padahal nayat-nyata bukanlah suatu bisnis yang riil, melainkan money game semata.

Seiring perkembangan teknologi, tipuan piramid kini marak di dunia online dalam aneka bentuk (seolah) investasi bisnis seperti iming-iming investasi emas, forex, saham, dan sebagainya. Mereka menggunakan nama canggih seperti bisnis syariah, online marketing, network marketing, surat berantai, refferal marketing, affiliate marketing sampai Multi Level Marketing. Istilah-istilah ini memang usaha pemasaran yang digunakan oleh banyak perusahaan legal. Akan tetapi para penipu juga memanfaatkan modus ini (lihat juga: Inilah Ratusan Website Money Game Online Indonesia dan Daftar Bisnis Online (BO) Bodong dari Luar Negeri).

Modusnya persis model yang telah dijelaskan di atas. Hanya saja kali ini dilakukan lewat internet. Ada ratusan website yang menawarkan cara mudah untuk kaya, cara gampang berbisnis dari rumah, terobosan terbaru dalam bisnis online, dll dengan keuntungan yang sangat menggiurkan. Sekali lagi, usaha-usaha seperti ini bukanlah bisnis legal. Mereka tidak memiliki bisnis yang dapat dipercaya sebagai media untuk meningkatkan nilai investasi nasabahnya supaya bisa membayar kembali lebih tinggi.

Perusahaan atau website ini bisa dari luar negeri, bisa dalam negeri. Kami yakin pembaca dapat dengan segera mengenali website tipuan buatan dalam negeri.

Perampokan Dana Rakyat Indonesia

PhonziJika penyelenggara bisnis piramida berada di Indonesia, kita masih bernapas lega karena paling tidak uang tersebut berada di Indonesia. Kalaupun tidak kembali ke nasabah, itulah resiko dari keserakahan yang tidak diikuti oleh logika berpikir.

Akan lebih parah jika perusahaan penyelenggara bisnis ini berasal dari luar negeri. Kenapa? Karena secara langsung tak terbilang uang masyarakat akan melayang ke luar negeri, seketika melalui aneka bisnis online. Dana masyarakat tersedot ke penipuan, diikuti permintaan terhadap dollar (karena umumnya ditransaksikan dalam $), mengakibatkan pelemahan nilai tukar Rupiah, dan pada akhirnya kerugian di kalangan nasabah.

Jika jeli, Anda akan menemukan puluhan bahkan aneka bisnis dan ratusan website sejenis yang gentayangan menebar iming-iming kaya dan sukses dalam waktu singkat, dengan berbagai cara dan modus yang halus serta canggih. Bisnis ini tentu saja tidak memiliki izin operasi untuk menghimpun dana masyarakat Indonesia, alias ilegal.

Akan tetapi praktek piramid memang belum diatur oleh hukum Indonesia sampai saat ini. akan tetapi, seharusnya pihak terkait seperti Bapepam (OJK) dan Kepolisian memeriksa izin perusahaan ini dalam menghimpun dana masyarakat. Pada akhirnya, sebagaimana kasus ZeekReward.com, nasabah jelas kesulitan menuntut karena kebanyakan perusahaan ini menggunakan identitas dan alamat fiktif. Selain itu, jauh sebelum perusahaan ditutup, para pelaku telah menggelapkan dana yang dihimpunnya sehingga sukar dilacak. Demikian juga pihak berwajib tidak dapat membantu Anda karena Anda sendiri memilih dengan sukarela untuk ikut dalam bisnis ilegal.

Bahayanya, perusahaan seperti ini sangat sulit dibasmi. Mereka tumbuh menjamur, dan cepat berganti nama, terutama bila ada indikasi mereka tidak mampu lagi membayar nasabahnya.

Baca juga: Aneka Trend Bisnis Gadungan Mengancam Rakyat Indonesia

Tetap Waspada, Kedepankan Logika

Anehnya, tidak jarang usaha-usaha ini menggunakan nama dan logo perusahaan bonafid termasuk perbankan. Pihak perbankan sepertinya tidak berusaha melarang karena uang para pebisnis ilegal ini disimpan dan ditransfer di bank-bank tersebut. Secara tidak langsung, pihak perbankan justru mendapatkan keuntungan dari usaha ilegal ini.

Belakangan ini berkembang juga bisnis investasi online yang menjanjikan bisnis saham. Anda masih ingat bisnis investasi yang baru-baru ini bangkrut dan melibatkan artis dan orang-orang ternama bukan?

Katanya uang Anda akan ditanamkan dalam saham-saham blue chips (saham papan atas) dunia, lalu bonus Anda akan dibayarkan melalui sistim online…dst. Mereka bahkan memberikan data-data pembayaran bonus member yang telah disiapkan sebelumnya. Sebelum terlambat, diingatkan bahwa ini bentuk lain dari arisan berantai atau tipuan piramid. Kalaupun Anda sempat mendaftar, Anda mungkin akan sempat menerima bonus, tetapi pada dasarnya itu berasal dari uang Anda sendiri atau dari korban sebelumnya. Penipuan bisa dilakukan oleh siapa saja, sengaja ataupun tidak sengaja. Demikian juga, penipuan bisa menimpa siapa saja…termasuk orang yang berpendidikan sekalipun.

Beberapa ciri tipuan bisnis piramida (baik online maupun offline) yang dapat Anda ketahui adalah:

  1. Menawarkan keuntungan yang cepat, mudah, dan menggiurkan. Saking menggiurkannya sampaScam noi Anda sendiri tidak kuasa menolaknya,
  2. Tidak memiliki bisnis dan usaha yang jelas untuk meningkatkan nilai investasi nasabah,
  3. Tidak memiliki produk yang diperjualbelikan, cukup menyetor uang. Kalaupun memiliki produk, biasanya berupa produk sampah alias tidak bisa digunakan,
  4. Penghasilan member diperoleh dengan cara merekrut anggota (atau: downline, investor, nasabah dll) baru, dan bukan dari hasil menjual produk,
  5. Mengklaim telah memiliki banyak (bahkan jutaan member di dunia). Yang benar: Mereka telah memperdaya banyak orang di dunia,
  6. Si oknum menghubungi (lewat telepon, email, facebook dll) Anda berulang kali. Terkadang menggunakan orang lain untuk menghubungi Anda, tetapi pada dasarnya mereka satu ‘team’ untuk memperdayai Anda,
  7. Bisa jadi Anda mendapatkan tawaran bisnis ini dari teman atau kerabat Anda yang tidak menyadari bahwa mereka telah dijerat dalam bisnis tipuan,
  8. Si oknum mendesak dengan mengatakan tawaran ini hanya berlaku sekali. Anda diminta untuk segera mengambil keputusan saat itu. Jika tidak, ‘peluang’ Anda hangus…(dan aneka kalimat membujuk, setengah memaksa lainnya..)
  9. Terkadang mereka membawa nama orang berpengaruh yang telah mereka perdayai bergabung di ‘bisnis’ mereka untuk menambah kepercayaan calon-calon korban, Menampilkan tampilan website dan brosur atau prospectus yang mengkilap, tebal, rapi serta (biasanya) mereka mati-matian mengklaim bisnisnya sebagai bisnis yang ‘legal dan resmi.’
  10. Jika terkait dengan bisnis saham, mereka tidak bisa menjelaskan ke perusahaan mana saja uang Anda akan diinvestasikan.

Korbannya, tetap saja orang-orang yang tidak memahami dan mendapatkan informasi secara utuh lebih awal. Untuk menghindari penipuan ini, salah satu prinsip yang harus ditanamkan adalah tidak ada usaha atau bisnis yang memiliki kepastian keuntungan yang tinggi. Semua usaha atau peluang bisnis memiliki resiko dan hasil yang tidak bisa diprediksi kecuali investasi berupa tabungan atau obligasi dengan pendapatan tetap. Akan tetapi bisnis beresiko rendah seperti ini, juga tidak menghasilkan income yang menggiurkan.

Apakah bisnis MLM itu buruk? Tentu saja tidak, sepanjang Anda memahami dan bisa membedakan bisnis MLM yang baik dan yang buruk. Bisnis MLM bahkan menjadi salah satu penggerak ekonomi Amerika.

Karena itu, sebelum bergabung dengan suatu peluang usaha, sebaiknya Anda menanyakan dan mengetahui:

  1. Cara kerjanya bisnis yang ditawarkan. Jangan terburu-buru mengambil keputusan karena godaan keuntungan,
  2. Penanggung jawab perusahaan, alamat kantor, nomor telepon, email kantor tersebut. Jika perlu Anda mempelajari secara online, menghubungi atau mendatangi kantor perusahaan tersebut. Kalaupun ada, pastikan alamatnya bukan alamat rumahan,
  3. Perijinan dan legalitas perusahaan. Perusahaan yang baik setidaknya memiliki legalitas yang lengkap misalnya SIUP, NPWP, Akta Notaris dll. Meskipun demikian, ini juga bukan jaminan.
  4. Jika perusahaan tersebut berasal dari luar negeri, pastikan mereka memiliki izin operasi di Indonesia. Akan sangat sulit menuntut kerugian jika Anda terlibat dalam bisnis yang beroperasi secara illegal,
  5. Bagaimana pendapat teman/keluarga Anda yang memiliki pemahaman yang baik tentang usaha tersebut.
  6. Jika penawaran tersebut terkait dengan kepemilikan saham, pastikan perusahaan tersebut memperoleh ijin usaha investasi dari Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal, yang sekarang berubah menjadi OJK – Otoritas Jasa Keuangan).
  7. Seluruh kemungkinana biaya yang akan timbul dari investasi Anda. Jangan sampai ada biaya-biaya yang tidak Anda ketahui lebih awal.
  8. Jangan mempercayakan kendali bisnis Anda kepada pihak yang tidak Anda percayai. Pastikan Anda memiliki kendali penuh atas uang (investasi) Anda dan bisa mendapatkannya kembali setiap saat.

Jika perusahaan tersebut menawarkan produk yang diklaim sangat bagus dan bermanfaat, serta ditawarkan dengan harga murah bagi member, pastikan lagi hal-hal berikut:

  1. Apakah Anda sungguh ingin membeli produk tersebut? Apakah Anda membutuhkannya?
  2. Jika Anda ingin bergabung dalam bisnis, apakah Anda mampu menjual produk tersebut? Apakah Anda memahami produknya dengan baik? Apakah produknya akan laku di pasaran?
  3. Jika Anda menjawab TIDAK untuk poin nomor 2 di atas, Anda berarti hanya akan mencari downline alias nasabah baru, bukan menjual produk. Jika Anda menjalankannya, berarti Anda telah ikut dalam bisnis tipuan piramida.

Jalankanlah bisnis yang bisa Anda kerjakan. Jika Anda ingin mencoba sebuah peluang baru, pastikan Anda mempelajarinya terlebih dahulu secara mendalam, pahami kemungkinan profit serta resikonya. Jaman ini memang jaman wirausaha, tetapi bukan berarti kita akan berbisnis tanpa akal dan pengetahuan. Waspada dan lindungi asset Anda.

Jika ada tawaran bisnis atau investasi yang terlalu mudah dan menggiurkan, lebih baik lupakan saja!

Ketahui Aneka Modus Penipuan Lainnya:

Comments

  1. nanang kosasih says:

    ojk tentunya pengayom masarakat indonesia…tolong pa/bu investasi vgmc scam ga?klau iya scam tolong investigasi bnyak warga indonesia yang resah dngan vgmc ini,trima kasih

  2. Talkfusion itu scam, tolong di stop krn sdh banyak korbannya….save indonesia

  3. Qnet itu scam, tolong juga di sebarkan tentang berita ini, karena sudah banyak korban yg telah tertipu olehnya dan bingung untuk menuntutnya, karena jaringannya yang begitu luas sehingga member yang sudah masuk sulit untuk menuntutnya. saya memang belum masuk tapi kerabat dan keluarga saya sudah banyak yg tertipu. tolong di bantu pa/bu. atas perhatiannya , saya ucapkan terima kasih.

  4. Apa bisnis boss venture jg menipu?

    • Hukum Indonesia belum dapat menyebut suatu usaha adalah penipuan, sampai ada korban yang melaporkan bahwa ia tertipu. KArena kelemahan hukum inilah, maka kami mencoba mengedukasi masyarakat untuk sadar, sebelum bergabung dengan usaha2 bisnis investasi tipuan yang bagai serigala berbulu domba. Supaya makin cerdas dan tidak terjebak, selain artikel di atas, kami sarankan Anda juga membaca artikel ini: https://howmoneyindonesia.com/penipuan/tipuan-piramid-pyramid-scheme/
      Nah, sekarang Anda putuskan jawaban atas pertanyaan Anda. Orang cerdas tahu mencegah dan menghindari bahaya tanpa harus tercebur di dalamnya.

  5. Suatu bisnis penipuan di katakan penipu apa bila ia pernah menipu atau ada org yg tertipu, apa bila tdk berarti sebuah bisnis sedang di fitnah dan di hasut dan pelaku penghasutan bisa di tuntut berdasarkn uud yg berlaku. Tksd

  6. Robert Steven Gaghana says:

    Tolong diberikan informasi tentang bossventure.info atau bossventure.com….soalnya lagi booming didaerah saya….

  7. Min…gmn dgn Qnet…ada artikel yg bahas soal itu gak….tksq

  8. Bos Venture yang jelas, perizinan diawal di BKPM sebagai Portal Website dan Konsultasi Bisnis. Tapi setelah perusahaan itu berjalan ternyata menghimpun dana dari masyarakat. BKPM mengingatkan untuk menghiraukan atau tidak terbujuk rayu kalau ada penawaran dari Boss Venture, karena selama ini yang dijalankan mereka ilegal. Informasi itu saya dapat langsung dari BKPM.

  9. Tapi, info ini https://lapor.ukp.go.id/id/1103680
    mengatakan bahwa Boss Venture itu benar,..

  10. Bagaimana dengan Stiforp? apakah itu juga scam?

  11. ngikutin semua coment tentang Boss venture malah tambah pusing ane ,diawal disebut ilegal, trus ada bukti itu legal ada izin nya dr BKPM, klo sdh begini adakah orang yg sdh pernah masuk jadi anggota boss venture,,,ditunggu comentnya biar semua clear ….he he he

  12. kalau iming-2 investasi via MMMasia.me ato MMM indonesia itu gimana ya? dikantorku sebagian besar karyawannya dah tergoda u/setor dana krn dah ada banyak teman yg dikirimi transferan dana / imbalan, kayanya pake skema piramid sih…dah ada yg membahasnya? kasihan teman-2ku mohon pencerahan…

  13. Tolong di bahas tentang boss ventura
    Karena sangat booming saat2 ini..
    Sya pribadipun banyak yg menawarkan utk bergabung di BV
    Mhon bangat infonya agar tidak ada kesimpang siuran di masyarakat..dg janji keuntunggan berlimpah

  14. Boss Venture ini mengingatkan saya tentang produk yg hampir serupa yaitu Lexus Venture dan Speedline yg pernah booming di tahun 2011, awalnya semua member dibayar sesuai yg dijanjikan, setahun kemudian……bluuuurrrrr……dgn alasan ada sedikit masalah dgn system web mereka, trus alasan lg upgrade system…bla…bla…blaaa……akhirnya membernya tidak dibayar sama sekali……ehmmm…..eh sekarang muncul lg bisnis (yg katanya Investasi) ini muncul lg dgn jubah yg berbeda tp isi nya sama aja. Think smart ajalah, semua butuh proses untuk menuju sukses, gak ada istilah duduk diam dapat duit (D4), hidup adalah perjuangan….

  15. hmm….mau klarifikasi aja masalah tulisan ini

    “Dengan perkembangan teknologi, tipuan piramid kini marak di dunia online dalam aneka bentuk (seolah) investasi bisnis seperti iming-iming investasi emas,forex ,saham”

    karena saya sendiri broker…
    kita ga cari orang.. (member get member)
    mau invest ??
    product kita saham forex emas dll…

    uang abis ?? yang maenin account anda ya anda sendiri…
    kita punya grafik data fundamental dll bisa di analisa sendiri…

    bagaimana menurut anda tentang investasi emas forex saham ??

    dan kenapa reksadana tidak masuk dalam list dan reksadana sendiri kita gak tau uang kita buat apa hanya di putar oleh pihak tertentu kita di beri report ga tau bener ato ga itu report…

    kalo investasi saham / forex / emas kita ada ijin BAPEPAM DAN BAPEPTI…

    dan seandai nya kita mau bawa kabur uang nasabah rekening yang di gunakan rekening PERUSAHAAN (BUKAN PRIBADI)

    dan selama saya bekerja menjadi broker belum ada 1 nasabah saya yang LOSS / BANGKRUT / RUGI…..

    bagaimana menurut anda ??

    • Terima kasih masukan Anda. Maksud kami mudah2n jelas, bahwa memang sangat banyak modus tipuan yang ada saat ini, akan tetapi tidak semuanya penipu bukan? PAsti ada perbedaan antara bisnis resmi dan bisnis yang (seolah) resmi. Makanya kami mencoba memberikan beberapa rambu dan petunjuk agar (semoga) pembaca bisa mengidentifikasinya.
      Mengenai reksadana, itu bukanlah usaha yang tidak kita ketahui cara pengelolaannya. Dari awal kita sudah memperoleh penjelasan lewat prospektus, bagaimana uang kita akan dikelola dan diinvestasikan. Uang nasabah pun diawasi oleh sejumlah lembaga yang berbeda, serta tidak tercatat dalam asset perusahaan pengelola, sehingga aman dari resiko yang terkait dengan kesehatan perusahaan pengelola. Jadi semuanya jelas kok pak…
      Sekali lagi terima kasih masukan dan pertanyaannya…kami menunggu artikel Anda tentang forex… Jika dimuat, backlink akan dicantumkan di artikel Anda.

  16. COPY PASTE dari artikel bacaan di atas :
    Jika ada tawaran bisnis atau investasi yang terlalu mudah dan menggiurkan, lebih baik lupakan saja!
    ————————————————————————————————————————–
    bagaimanakah dengan anda? tertarik kah???

    semua butuh proses untuk menuju sukses, mungkin kah ini proses menuju kesuksesan anda???

    by: black N white Panda

  17. Plz deh tahun 2014 masih ketipu yg beginian????

    Mending langsung kebursa efek jakarta atau ke bank buat reksadana.atau mulai nabung buat beli property

    Sukses datang dengan kecerdasan fikiran bro

  18. Ponzi scheme model seperti BossBenture itu sdh lazim dan semua sebenarnya menipu, tidak ada bedanya dengan Swisscash, Arising Wealth Management dan Standard Morgan. Intinya adalah sistem piramida, bisnis online mall dan lainnya itu semua cuma kedok, karena kenyataannya hampir semua member tidak ada yg belanja. Untuk membuktikannya jelas orang awam tidak mudah, harus otoritas yg berwenang. Sebenanrya pembuktian penipuannya mudah saja asal bisa diaudit dan dilihat aliran dana terutama utk dana bonus yg dibagikan.

  19. Boss Ventura?? Ijin nyimak dl deh ane akademisi ekonomi jd bisa buat bahan paper ane nih scam opo ora hehehe

  20. Wenwen Juwaendah says:

    Awalnya saya juga meneliti dulu sblm memutuskan bergabung dgn striforp,tapi setelah transfer uang ke top leadernya,ternyata prosesnya ribet tak seperti sms dan email yg diterima,seolah-olah setelah aktif ID.Bonus akan segera didapat.Setelah bergabung 3 bulan dan memperpanjang ID 2x.bonus hanya dpt 5.25$,itupun tak bisa dicairkan tp harus perpanjang ID dan rekrut member.Nyesel deh bisa-bisanya saya ketipu.Uangaku habis kurang lebih 1 juta.sekarang ID nya sudah mati,karena sudah tak diperpanjang lagi.Tiap perpanjang ID hrs transfer Rp 145 rb.Mungkin bagi org lain itu bukan penipuan,tapi bagi saya itu penipuan karena iming-iming jauh dari kenyataan.Yg mau gabung mikir 100 x deh,apalagi yg punya dana terbatas kaya saya.Trm’s

  21. terimakasi ats ulasan dan pemapamaran mengenai tipuan piramid (pyramid scheme), mhon ulasan yang lebih mendalam lg terutama ttg bisnis telexfree, sebab merujuk pda kabar yg beredar bahwa usaha ini akan menjalankan marketing plan baru seandainya dinyatakan tdk bersalah trhadap kasus yg menimpanya di USA,..save our nation!!! thx

  22. Terimakasih banyak infony.. saya pernah ditawarin juga bisnis kaya gini namanya bos adventure.. menurut admin ini scam bukan.

  23. jadi ragu2 ni mau ikut

  24. Irmawati Suhendra says:

    BO investasi rata2 penipu krn sejak bikin BO sudah rancang scam dlm waktu tertetu oleh adminya. Mereka hanya menggunakan skema ponzi dan uang yg dijanjikan hanya uang para member baru. Cek data di whois domain tersebut jika semua data dirahasiakan & sewa domain cuma 1 – 2 th dijamin scam. Hati-hati admin BO Yanuar Ekodanto Penipu dan sekrang bikin Idr-profit.com penipu. Rekam jejak Yanuar Ekodanto telah banyak bikin BO yang dirancang scam dlm waktu beberapa bulan saja. Silahkan cek di google.

  25. ada lagi tuh sekarang MMM benar tidak??

  26. Klo boleh tanya,, bgaimna dgn bisnis YSLM e-share ???

  27. Banyak banget bisnis penipuan. jadi kalo sy mau bisnis pilih yang mana donk?
    b.o yg ga nipu yg mana?
    investasi yg ga nipu yang mana?
    bisnis yg ga nipu yg mana?

    Btw, mohon info ttg rizkyprofit.. apa itu juga penipuan?

    • Emang buanyak banget..makanya korbannya bergelimpangan kayak ikan keracunan di danau… Rizkyprofit? Perhatikan dahulu cara kerjanya. Apakah harga pendaftaran sebanding dengan apa yang Anda peroleh? Jika tidak, maka besar kemungkinan itu hanyalah money game.

  28. talk fusion sptnya teknologi masa dpn yg sgt dibutuhkn,tp bgm dg marketing plannya,apa pyramid jg? mhn info

  29. Kalo world venture masuk money game?

  30. Jadi apakah worldventure sudah terbukti penipuan money game? MLM apa saja yg memang resmi dan tidak termasuk dlm.money game? Terima kasih

  31. mohon informasinya mengenai worldventure. apakah worldventure sudah terbukti penipuan ?

    • Di beberapa negara Worldventure telah dilarang dengan tuduhan money game skema puramida dalam menjalankan bisnisnya. Para member di Indonesia hendaknya mencermati apakah WV ini benar2 bisnis ataukah kegiatan cari2 member dan setor duit semata? Selalu waspada dan luangkan waktu untuk menganalisa setiap tawaran.

  32. Kalau Jeunesse Global gmn ya? Apa dikategorikan Pyramid Scheme?

  33. Hati2….Milyarderunion.com, milyarderuniversity dan penipuan semacamnya mengintai orang2 bodoh…

  34. Nih saya tambahkan bisnis online tipuan: Milyarderunion.com. asli tukang penipuan, foto2 yang dipasang adalah pebisnis di MLM lain…

  35. Terimakasih atas infonya, bermanfaat sekali
    Apakah untuk Dream for Freedom termasuk scam atau bukan min?
    Teman saya banyak yg ikut, dan saya pun diajak utk bergabung.
    Tolong pencerahannya min!….

  36. Bahas tentang dream for freedom aka D4F donk

  37. Waw mantab tulisannya … terima kasih atas tulisannya memang tetap harus berhati – hati dan waspada. Salam kenal dan salam sukses dari Mentoringbisnisonline

  38. bagaimana dengan kliklm? apakah money game juga?

  39. F**K U WORLDVENTURES….

  40. Kalo mmm termasuk ponzy/money game, skrg ada compact500 yg mirip… Itu gmn ya?

  41. anda mau investasi aman. investasilah di sorga. meskipun banyak mantan pencuri disana pencurinya tidak akan mencurinya.

  42. tlng dicek perusahaan atas nm central asia raya yg menawarkan 3i network ! apakah sah apa illegal ! sblom korban makin banyak, stop money game save Indonesia please dibalas!

  43. apakah bisnis yang di tawarkan oleh I-GIST (international green investment system) legal atau ilegal,betul atau atau gimana karena keluarga saya udah banyak yang ikut..istri saya jg pengen menyetor uang katanya intuk jangka panjang
    ..hhhhhhh
    .katanya untuk bisnis pohon kayu apa gitu
    .. dan kebunnya di bandung…beberapa ipar sy sdh setor uang juga.
    ..sy jg bingung mohon bantuannya dan sarannya
    terimakasih
    .tarakan

    terimakasih..

  44. kalau 2usd.club itu termasuk scam atau enggak? mohon informasinya

  45. Satu yg baru sekarang Compact500, menawarkan untung yg tidak masuk akal 25% dr dana investasi awal. Ojk mohon check keabsahannya.

  46. dwi nurcahyadi says:

    bagaimana dengan compact500. tlg di cek donk mereka.

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: