Iklan

Penipuan Toko Obat (Apotik) Online

1Apotik online tipuan biasanya menggunakan internet dan email spam untuk menawarkan obat atau suplemen dengan harga yang sangat murah tanpa resep dokter. Penipuan jenis ini tentu saja bisa merugikan secara keuangan dan mengakibatkan masalah serius untuk kesehatan. Bahkan jika Anda benar-benar menerima produk pesanan Anda, obat tersebut bisa saja palsu, kadaluarsa atau terbuat dari bahan berbahaya.

Selain menawarkan obat-obatan terkenal, toko obat tipuan ini bisa juga menawarkan produk berupa obat/alat pelangsing, penambah ukuran alat vital, penambah libido, penyembuh ajaib untuk aneka penyakit berat dan sebagainya. Produk tersebut biasanya diklaim memiliki manfaat mujarab, kandungan ajaib, tanpa efek samping dan mampu member hasil instant yang Anda harapkan.

1.1Kedua website dalam gambar di atas terlihat begitu meyakinkan bukan. Logo-logo perusahaan ternama, sampai acara Talk Show dokter terkenal pun ditampilkan. Tetapi nyatanya, website ini bukanlah milik perusahaan farmasi, melainkan dikendalikan oleh sejumlah penipu (scammer) yang hanya mengintai uang para korban, serta mengancam kesehatan dengan menjual obat/suplemen dengan kandungan tidak jelas.

Selain itu, kebanyakan email spam yang menawarkan obat tipuan, sebetulnya bertujuan untuk mencuri data kartu kredit atau perbankan Anda atau membuat Anda tanpa sadar mendownload file berbahaya seperti spyware ke dalam computer Anda. Bila Anda mendownload file tersebut, maka mereka dengan mudah mengambil data-data transaksi Anda bahkan mengendalikan computer Anda sepenuhnya (phising).

Kenali Modusnya:

  • Anda menerima email spam yang menawarkan  obat/suplemen yang mujarab atau susah diperoleh. Terkadang mereka juga mempromosikan obat ternama seperti Viagra,
  • Judul (subject) email tersebut sering tidak ada hubungannya dengan produk yang ditawarkan,
  • Jika menggunakan bahasa asing, kata-kata dalam email biasanya tidak menggunakan bahasa Inggris yang baik dan sering salah tulis.
  • Untuk menghindari spam filter, biasanya email mengandung tanda petik (“ “) atau spasi,
  • Website atau email tersebut tidak mewajibkan pembeli untuk menggunakan resep dokter,
  • Apotik/toko obat tersebut bisa berlokasi di dalam atau luar negeri, tetapi tidak mencantumkan data kontak seperti email, alamat jelas dan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk konfirmasi.

Belakangan ini banyak orang yang menerima email dari teman atau keluarga mereka, tetapi email tersebut hanya berisi link. WASPADA! Akun email teman atau keluarga Anda tersebut sudah dibajak (hack) oleh pihak lain untuk mengirimkan email tanpa sepengetahuan mereka. Itu merupakan salah satu email spam yang kemungkinan mengarahkan Anda pada website penipuan.

Cara Menghindari Penipuan ini:

  • Selalu gunakan akal sehat untuk mendeteksi penipuan,
  • Berhati-hatilah terhadap setiap penawaran obat, suplemen, atau perawatan: mintalah selalu pendapat dokter professional,
  • Jangan pernah membuka email yang mencurigakan. Hapus segera.
  • Jangan pernah mengklik link dalam email spam, atau membuka file attachment email tersebut.
  • Jangan pernah membalas email spam, atau menelpon nomor telepon yang tercantm di email tersebut. Sekali Anda membalas atau menelpon, Anda sudah menjerat diri sendiri.
  • Cek website tersebut dengan hati-hati. Para penipu dengan mudah membuat website yang terlihat sama dengan menggunakan nama yang mirip.
  • Jangan pernah memasukkan data pribadi, informasi kartu kredit atau data akun online Anda di website yang mencurigakan. Pahami: Cara Aman Berbelanja Online.

Perhatikan hal-hal ini.

Kesehatan bukanlah mainan. Obat-obatan yang memerlukan resep dokter haruslah diperoleh dari sumber yang jelas. Semua obat memiliki efek samping, dank arena itu jangan pernah mengubah obat Anda atau memulai perawatan tambahan tanpa sepengetahuan dokter yang terkait. Ada juga toko obat (baik online atau offline) yang menawarkan versi generic dari obat-obatan yang mungkin Anda pakai. Konsultasikan kepada dokter Anda sebelum memutuskan menggunakan obat generic tersebut.

Jangan pernah membeli obat yang ditawarkan melalui email spam. Jika Anda memutuskan untuk membeli obat melalui apotik online, sebaiknya pastikan website tersebut benar-benar perusahaan farmasi yang resmi dan terpercaya. Ada baiknya juga Anda meminta saran dokter Anda sebelum melakukan pemesanan.

Artikel Terkait Lainnya

Iklan

Comments

  1. Oleh karena itu untuk Apotek Online yang menyediakan 100% obat asli dan bekerjasama dengan Jaringan luas Apotek K-24, kunjungi http://www.obat24.com

  2. informasikan saja segala bentuk penipuan ke media online laporpolisi.com , supaya masyarakat tahu dan dapat antisipasi atas segala bentuk penipuan yang lagi marak di internet.

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: