Iklan

Madu dan Racun: Penipuan Apotik Online

3Tidak sedikit apotik (toko obat) online (online pharmacy) tipuan yang beroperasi untuk mengeruk uang Anda sekaligus juga membahayakan kesehatan bahkan nyawa Anda. Mereka biasanya menawarkan obat yang terkenal atau obat langka, mahal atau produk yang mereka klaim sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit tertentu, bisa melunturkan lemak (pelangsing), penambah berat badan instant, dan sebagainya. Obat-obatan tersebut ditawarkan dengan harga sangat murah dengan review (ulasan) dan kemasan yang meyakinkan.

google_pharmacy_scam

Jika Anda percaya bahwa iklan seperti ini adalah benar, maka kemungkinan Anda akan mudah tertipu di penipuan apotik online.

Menurut aarp.org, perusahaan-perusahaan obat ilegal seperti ini terkadang juga menyewa dokter  melihat sekilas data kesehatan yang Anda isikan di website, lalu merekomendasikan obat-obat palsu mereka. Tentu saja tanpa resep dokter. Kesaksian-kesaksian palsu tetapi terlihat meyakinkan terkadang ditampilkan di website yang juga sekilas terlihat professional. Tentu saja praktek-praktek seperti ini sangatlah berbahaya, tetapi sangat marak di dunia serba online dewasa ini.

Selain berpotensi menjajakan obat palsu, toko obat online tipuan berpotensi juga menjajakan obat yang justru bertentangan dengan pengobatan atau obat-obat yang sedang Anda konsumsi. Bahaya lainnya adalah kebanyakan usaha tipuan ini juga menjual obat-obat kadaluarsa, obat yang terbuat dari bahan berbahaya, dan tentu saja dengan dosis yang tidak akurat.

Kenali Modusnya:

  • Selain menjajakan melalui website, para penipu jenis ini juga menawarkan dagangannya melalui email spam yang dikirim secara serampangan. Terkadang mereka telah membajak (hack) account email teman/keluarga yang Anda kenal, sehingga Anda merasa email tersebbut berasal dari teman/keluarga tersebut padahal bukan. Ciri utamanya adalah: Di awal email tidak terdapat sapaan yang menyebut nama Anda. Kedua: email mengandung link. Jangan pernah klik link tersebut!
  • Obat atau siplemen yang dijual jauh lebih murah dari harga resmi,
  • Obat/suplemen diklaim sangat hebat (atau mujarab), tetapi tidak didukung fakta ilmiah,
  • Website terlihat meyakinkan dan professional, tetapi tidak menampilkan data kontak (alamat, email, telepon) yang bisa diklarifikasi.

Tips Menghindari Penipuan Toko Obat Palsu:

  • Untuk obat-obatan tertentu, toko obat online yang resmi seharusnya meminta resep dokter sebelum menyetujui pesanan obat Anda. Jangan pernah menghubungi toko obat online yang tidak menanyakan resep dokter.
  • Usahakan menghubungi toko obat online tersebut melalui telepon sebelum melakukan pembelian. Toko obat tipuan biasanya tidak menampilkan data kontak karena mereka tidak mau diketahui oleh Anda atau pihak berwajib.
  • Lindungi data pribadi Anda. Pahami benar cara aman bertransaksi online, sebelum melakukan transaksi.
  • Pilihlah toko online yang memungkinkan Anda menelusuri pengiriman paket Anda. Pastikan mereka menggunakan perusahaan pengiriman yang bonafit dan bisa diakses online.
  • Lebih baik berbelanja ke apotik terdekat di wilayah Anda, jika memungkinkan. Jika terpaksa memesan online, ada baiknya meminta pertimbangan dari dokter Anda. Kirimkan data obat atau apotik online tersebut ke dokter Anda, sebelum melakukan order.

Artikel Terkait Lainnya

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: