BITCOIN

Bitcoin_indonesiaApa itu Bitcoin? Bitcoin adalah mata uang digital yang diciptakan tahun 2009 oleh sosok tak dikenal bernama Satoshi Nakamoto. Nah, untuk menghasilkan si koin emas ini, perlu dilakukan “penambangan” dengan menggunakan komputer untuk menyelesaikan soal matematika yang rumit. Hanya bagi yang berhasil mengerjakannya, dianggap sukses menambang dan memperoleh sejumlah Bitcoin. Karenanya keberadaan Bitcoin di dunia juga terbatas. Bitcoin inilah yang selanjutnya  diperjualbelikan melalui sejumlah bursa online.

Transaksi Bitcoin dilakukan langsung tanpa pihak perantara, alias tidak perlu menggunakan bank. Tidak ada biaya transaksi dan tidak perlu menggunakan nama atau identitas sebenarnya. Bitcoin banyak disukai karena sifat kerahasiaannya. Selain itu, dalam transaksi internasional, Bitcoin lebih leluasa digunakan karena tidak terikat atau tergantung ke suatu negara atau peraturan tertentu. Bagi usaha kecil, Bitcoin lebih menguntungkan karena tidak ada biaya tambahan dalam bertransaksi. Belakangan, Bitcoin semakin banyak digunakan dan diterima untuk berbagai transaksi di seluruh dunia. Bitcoin menjadi populer bahkan dibeli sebagai media investasi dengan harapan bahwa nilai Bitcoin akan semakin meningkat.

Lalu bagaimana mendapatkan Bitcoin?

Bitcoin dapat diperoleh secara online melalui bursa bitcoin (bitcoin exchanges). Pembelian bisa dilakukan dari seluruh dunia dan dibayar melalui transaksi biasa secara online. Salah satu Mt. Gox merupakan bursa bitcoin terbesar dunia. Bitcoin dicitrakan di dunia maya menyerupai koin berwarna kuning emas.

Nah, sebagaimana layaknya uang, Bitcoin juga perlu disimpan. Karena Bitcoin berbentuk digital, penyimpanannya juga dalam bentuk dompet digital (digital wallet) yang bisa berada di komputer si pemilik Bitcoin atau di cloud. Dompet digital ini menyerupai rekening bank online yang memungkinkan pengguna Bitcoin untuk mentransfer atau menerima Bitcoin, berbelanja, atau menabung uangnya.

Nah, kedua jenis dompet digital di atas memiliki resiko masing-masing. Wallet digital di komputer bisa lenyap karena terhapus tanpa sengaja, atu karena serangan virus. Sementara menyimpan Bitcoin di cloud beresiko di-hack pihak lain dan Bitcoinnya dibawa kabur.

Meski beresiko dan nilainya belum stabil, Bitcoin meraih popularitas sendiri karena berbagai keunggulan seperti kemudahan pembayaran dalam transaksi internasional, kerahasiaan pengguna, rendahnya biaya, serta (terkadang) adanya ketakpercayaan terhadap bank atau uang konvensional. Pihak yang menerima pembayaran Bitcoin juga masih terbatas, tetapi menunjukkan trend peningkatan dari waktu-ke waktu.

Mau tahu lebih lanjut soal Bitcoin? Silahkan baca artikel-artikel Bitcoin di Howmoneyindonesia.com.

 

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: