Cara Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik

Bagaimana tips menentukan perusahaan sekuritas terbaik untuk berinvestasi di Indonesia? Kami ucapkan selamat, jika Anda sudah mencari-cari informasi ini, karena berarti saat ini Anda sudah lebih serius memikirkan masa depan Anda, dan keluarga Anda sendiri. Berinvestasi merupakan bagian penting dari perencanaan keuangan bukan?

Berbicara tentang sekuritas, paling tidak Anda mungkin sedang mempertimbangkan untuk berinvestasi saham atau reksadana saat ini. Perusahaan sekuritas sendiri merupakan pihak perantara untuk membantu investor melakukan transaksi investasi. Sebagai perantara, mereka memfasilitasi investor seperti menyediakan aplikasi trading yang memudahkan investor melakukan transaksi sendiri secara online.

Selain itu, perusahaan sekuritas juga memberikan informasi-informasi dan edukasi sehingga dari waktu ke waktu, investor akan memiliki wawasan yang semakin berkembang tentang informasi bisnis, investasi maupun perekonomian secara umum.

Namun perlu dicatat, bahwa perusahaan sekuritas hanyalah perantara dan sekedar memberi masukan atau informasi. Keputusan akhir untuk membeli atau menjual produk investasi, tetap berada di tangan Anda sebagai investor. Semua transaksi Anda lakukan langsung melalui HP atau komputer Anda secara online.

Lalu bagaimana memilih perusahaan sekuritas yang baik?

Memilih perusahaan sekuritas sangat penting, sepenting menentukan sahabat-sahabat yang akan mengelilingi hidup Anda. Karena itu pilihlah sekuritas yang bisa membuat Anda nyaman bertransaksi. Menurut pantauan kami, beberapa hal berikut bisa menjadi panduan Anda untuk menentukan perusahaan sekuritas yang pas untuk Anda:

Resmi, Legalitas sesuai Hukum

Syarat ini wajib, dan pertama kali harus Anda pertimbangkan. Perusahaan sekuritas haruslah terdaftar dalam wilayah hukum RI, sehingga legalitasnya sudah tidak diragukan lagi. Dengan demikian keamanan investasi Anda juga lebih terjamin.

Perusahaan sekuritas resmi di Indonesia adalah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Daftar lengkapnya bisa Anda cek setiap saat di sini.

Saat artikel ini ditulis terdapat lebih dari 100 perusahaan sekuritas resmi yang bisa Anda pilih. Perusahaan-perusahaan ini ada yang merupakan anak perusahaan dari Bank BUMN, anak perusahaan dari bank swasta, maupun perusahaan sekuritas swasta yang merupakan bagian dari perusahaan sekuritas asing yang juga beroperasi di berbagai negara.

Mana yang lebih baik?

Ada orang yang lebih nyaman bertransaksi menggunakan perusahaan sekuritas BUMN karena mindset bahwa BUMN kemungkinan lebih solid, jauh dari masalah. Namun ada juga yang menyukai perusahaan sekuritas swasta yang merupakan bagian dari bank swasta yang sudah dia kenal baik selama ini.

Walaupun bank dan perusahaan sekuritas adalah manajemen terpisah dan tidak saling mencampuri, namun efek nama baik suatu bank, sering mempengaruhi pemilihan perusahaan sekuritas para calon investor.

Ada juga calon investor yang lebih tertarik mencoba perusahaan sekuritas asing.

Perusahaan sekuritas nasional umumnya mensyaratkan pembukaan rekening investasi yang rendah, mulai Rp100 ribu. Namun perusahaan sekuritas swasta terutama sekuritas asing ada yang mensyaratkan pembukaan rekening minimal Rp10 juta ke atas.

Apapun pilihan Anda, selalu kembali ke syarat pertama bahwa perusahaan tersebut telah terdaftar resmi di BEI.

Dan selanjutnya jangan lupa perhatikan faktor-faktor berikutnya di bawah ini.

Memiliki Support System dan Edukasi yang Baik

Sebagai calon investor, Anda pastinya belum memiliki informasi utuh tentang potensi keuntungan ataupun resiko berinvestasi. Padahal informasi ini sangat penting untuk memaksimalkan potensi keuntungan dan pengembangan dana investasi Anda.

Demikian juga dukungan informasi teratur seperti pergerakan dan langkah-langkah strategis yang dilakukan suatu perusahaan, atau kebijakan-kebijakan pemerintah yang mungkin memiliki dampak bagi investasi.

Perusahaan sekuritas yang baik memiliki research analyst (peneliti) yang rutin mengumpulkan data, mengolah, dan menyampaikan analisanya ke investor, baik secara langsung melalui media massa.

Meski informasi-informasi investasi banyak tersedia di media massa, perusahaan sekuritas yang baik seharusnya memiliki sistim dukungan untuk menyampaikan informasi dan edukasi secara cepat dan berkala kepada para investor. Informasi ini bisa tersedia melalui aplikasi atau memanfaatkan media sosial sesuai kebijakan masing-masing perusahaan sekuritas.

Pastikan Anda menanyakan bentuk support system yang tersedia, sebelum memutuskan menggunakan jasa suatu perusahaan sekuritas.

Aplikasi Trading yang User-Friendly

Sebagai investor, Anda bebas melakukan transaksi jual-beli (trading) setiap saat melalui aplikasi, baik melalui handphone ataupun komputer. Melalui aplikasi online tersebut, Anda bisa memantau portofolio, jumlah, dan pergerakan investasi Anda setiap saat.

Karena itu keberadaan aplikasi trading sangat penting bagi seorang investor.

Masing-masing perusahaan sekuritas memiliki aplikasi trading dengan fitur yang berbeda-beda, tetapi pada dasarnya tujuannya sama yaitu memudahkan investor untuk bertransaksi dan memantau investasinya secara real time.

Hampir semua perusahaan sekuritas juga menyediakan aplikasi yang bisa didownload dan diuji coba oleh calon investor. Dalam aplikasi demo, perusahaan sekuritas menyediakan saldo uang virtual yang bisa Anda uji coba untuk transaksikan. Karena namanya aplikasi demo, maka Anda tidak akan rugi ataupun mendapatkan keuntungan karena yang digunakan juga hanya uang virtual.

Yang jelas aplikasinya harus membuat Anda nyaman, aman, dan santai dalam berinvestasi.

Memiliki Nama Baik di Dunia Investasi

Setiap orang senang bersahabat dengan orang baik bukan? Demikian juga dengan sahabat baru Anda yang berupa perusahaan sekuritas. Carilah perusahaan sekuritas yang memiliki reputasi baik, dan tidak memiliki berita negatif. Poin ini sangat penting bagi para investor pemula.

Untuk mengetahui informasi umum, Anda bisa mengetik nama perusahaan sekuritas yang Anda incar di mesin pencarian online seperti Google. Informasi yang muncul bisa beragam, baik positip maupun negatif. Makin banyak berita positip, bisa jadi merupakan indikasi baik dan sekaligus menunjukkan aktivitas perusahaan tersebut.

Untuk secara khusus mencari berita negatif, Anda bisa menggunakan kata kunci seperti:

  • nasabah PT XY,
  • PT XY merugikan,
  • penipuan PT XY,
  • …dan keyword terkait lainnya.

Semoga perusahaan yang Anda inginkan tidak memiliki berita-berita negatif ya.

Namun demikian bukan berarti bahwa perusahaan yang pernah memiliki catatan negatif, akan selamanya buruk. Perusahaan pasti akan berusaha memperbaiki diri, merombak sistem, pergantian manajemen dan sebagainya.

Seiring perjalanan waktu dan meningkatnya pengalaman investasi, Anda mungkin saja akan membuka akun investasi di perusahaan-perusahaan sekuritas lain dimasa mendatang. Kalimat ini sekaligus menjawab pertanyaan Anda: Apakah boleh membuka akun investasi di lebih dari satu perusahaan sekuritas.

Boleh.

Customer Service-nya Gimana?

Saat mendaftar untuk membuka akun investasi, biasanya Anda akan dilayani oleh salah seorang petugas dari perusahaan dari perusahaan sekuritas. Karena itu sebaiknya Anda menyimpan nomor kontak petugas tersebut karena kemungkinan Anda akan sering berkomunikasi, diskusi, meminta masukan, dan sebagainya.

Petugas tersebut adalah bagian awal dari pelayanan pelanggan (customer service). Pastikan Anda mendapatkan informasi yang memadai dan merasa nyaman saat berkomunikasi dengannya.

Namun demikian tidak jarang pula terjadi pergantian pegawai, atau pegawai tersebut mengundurkan diri. Karena itu, Anda juga sebaiknya mengetahui juga nomor kontak pegawai lain yang lebih tinggi dari pegawai tersebut (misalnya manajer atau supervisor-nya) dan nomor contact center resmi perusahaan.

Cobalah menghubungi nomor kontak tersebut, apakah cukup komunikatif dan bisa membantu Anda. Jangan-jangan nomornya malah sudah tidak bisa dihubungi.

Pastikan juga website-nya memberikan informasi yang lengkap, mudah digunakan.

Jika semua berjalan baik, maka perusahaan tersebut sangat layak Anda pilih sebagai perusahaan sekuritas Anda.

Perusahaan Besar atau Kecil?

Beberapa artikel menyampaikan bahwa salah satu persyaratan perusahaan sekuritas yang baik adalah besarnya nilai transaksi dan/atau jumlah nasabah perusahaan tersebut.

Namun demikian bagi kami hal ini tidak terlalu penting.

Besar kecilnya jumlah nasabah bisa juga dipengaruhi oleh usia perusahaan. Perusahaan yang sudah lama beroperasi, cenderung memiliki nasabah yang banyak dan kemungkinan transaksinya besar.

Tetapi belum tentu perusahaan tersebut lebih baik dibanding perusahaan sekuritas yang lebih muda atau lebih sedikit transaksinya.

______________________________

Nah, dengan mempertimbangkan dan melakukan seleksi dengan beberapa poin di atas, Anda akan menemukan perusahaan sekuritas terbaik menurut versi Anda, dan menikmati kenyamanan berinvestasi untuk masa depan lebih sejahtera.

Saya Tidak Sempat

Mungkin Anda orang yang termasuk sibuk atau tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan analisa di atas? Jangan kuatir, Anda tidak sendiri. Ada banyak orang seperti Anda yang meminta bantuan kami untuk merekomendasikan perusahaan sekuritas yang menurut pengalaman kami memenuhi kriteria-kriteria di atas.

Jika Anda memerlukan informasi yang sama silahkan sampaikan kepada kami dengan mengklik di sini.

Setelah menerima permintaan Anda, kami akan mengirimkan minimal dua nama perusahaan sekuritas rekomendasi kami.

Selamat berinvestasi!!

 

 

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: