Penipuan Kencan Online

Online-Dating-ScamMedia internet yang telah memasuki jutaan rumah tangga Indonesia. Internet dapat diakses dengan mudah termasuk melalui perangkat handphone dan aneka gadget pintar lainnya. Kemudahan berkomunikasi dengan dunia luar mendatangkan ancaman penipuan online yang semakin meningkat. Salah satunya melalui modus pertemanan atau kencan online.

Roby, lajang 32 tahun, seorang karyawan suatu perusahaan terkemuka di bilangan Sudirman, Jakarta. Beberapa minggu yang lalu tanpa sengaja ia berkenalan seorang makhluk manis bernama Bianca, asal Italy lewat facebook. Mereka cepat menjadi akrab dan sering bertukar foto, cerita termasuk hal-hal pribadi. Sesekali mereka bertemu secara live lewat video Skype.

Roby pun tak keberatan membelikan beberapa hadiah kecil buat si kenalan barunya. Sepertinya Bianca menyukai Roby dan ingin segera ke Indonesia. Bianca menceritakan bagaimana kerinduannya menikmati eksotika Indonesia…menelusuri pulau Bali berdua dengan Roby. Hal-hal ini diungkapkan berulang-ulang sehingga Roby pun tak keberatan mengirimkan sejumlah uang untuk biaya tiket pesawat Bianca ke Bali. Mereka akan menghabiskan beberapa hari bersama di sana. Roby pun telah memesan hotel sesuai tanggal rencana kedatangan Bianca.

Apa daya, Bianca tak kunjung datang. Roby hanya bisa menyesali kekonyolan dan kebodohannya. Ia pun hanya menceritakan kisah ini agar kejadian yang sama tidak menimpa orang lain.

Kisah Shinta sedikit berbeda. Ia berkenalan dengan seorang pria Australia juga lewat email yang nyasar ke inbox-nya. Sebagaimana banyak wanita Indonesia yang senang dengan wajah bule, Shinta girang dengan perhatian Andrew yang sering menyapanya secara romantis lewat email ataupun facebook. Walaupun pacaran jarak jauh, Shinta sangat bahagia seolah ia selalu berdekatan dengan Andrew. Entah berapa forto Andrew yang dikoleksinya.

Kebahagiaan Shinta semakin memuncak ketika Andrew berencana untuk datang menemui keluarga Shinta langsung. Mungkin ia akan melamarku, pikir Shinta berbunga-bunga. Kira-kira 2 minggu sebelum rencana kedatangannya Andrew memberi kabar bahwa ia mengirim suatu paket special untuk Shinta, langsung dari kotanya, Sidney. Paket tersebut akan tiba dalam 2 hari.

Benar saja, besoknya Shinta mendapat bukti pengiriman ‘Special Package’ lewat email. Dalam bukti pengiriman tersebut terlihat detail paket berupa berat lebih 100kg. Shinta bertanya-tanya, apa gerangan yang dikirimkan Andrew seberat itu. Dalam email yang menyertai bukti pengiriman tersebut disampaikan bahwa paket telah berada di Sidney dan akan segera dikirim setela Shinta mengirimkan uang sejumlah $700 (sekitar Rp 7 juta) ke perusahaan pengiriman barang tersebut. Metode pengiriman uang disampaikan lewat email yaitu melalui Western Union dengan kode tertentu.

Shinta yang tidak pernah menggunakan Western Union, segera meminta bantuan Desy, temannya, untuk mengirimkan sejumlah uang ke ‘perusahaam pengiriman’ tersebut. Beruntung rekan Shinta sedikit paham tentang apa yang terjadi.

“Jika kamu mendapat kiriman dari luar negeri, mestinya kamu gak perlu bayar apa-apa ke luar negeri dong. Kan semua sudah dibayar oleh pengirim di sana,” kata Desy. “Kalaupun ada yang harus dibayar, biasanya pajak atau bea masuk sesuai aturan Indonesia. dan dibayarkannya ke perusahaan di Indonesia atau Kantor Bea Cukai.”

Awalnya Shinta sulit diyakinkan bahwa ia kemungkinan ditipu. Ia merasa yakin Andrew adalah pria idamannya, pria yang baik dan tidak mugnkin menipunya. Di hari kedua ketika ia tidak juga menerima paket yang dijanjikan, ia mencoba menghubungi Andrew. Ia pun membaca artikel: Tipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri.  Ketika Shinta mencoba mengkonfirmasi, Andrew tiba-tiba hilang kontak dari Facebook. Ia tidak juga membalas email. Shinta Online-Dating-Scam1barulah sadar bahwa ia hampir menjadi korban penipuan online.

Apa yang dialami Roby dan Shinta di atas hanyalah dua di antara begitu banyak cerita korban romansa online. Para penipu dapat menggunakan cara apapun untuk mendapatkan korban. Selain berpotensi kehilangan harta benda, para korban bisa saja kehilangan nyawa akibat romansa online.

Jette Jacobs, perempuan asal Australia Barat, merupakan satu diantara banyak korban kencan online yang diekspos media. Awalnya Jette berkenalan dengan seorang pria melalui internet. hubungan online mereka begitu akrab. Sang pacar pun pernah mengunjunginya, sehingga Jette semakin yakin. Ia pun tanpa sadar telah mengirimkan lebih $80.000 (lebih Rp800 juta) kepada si pacar. Suatu ketika Jette memutuskan untuk mengunjungi sang pacar ke negaranya. Rupanya itulah perjalanan terakhir Jette. Sehari setelah tiba di negara tersebut, ia ditemukan sudah tak bernyawa di hotelnya. Pelaku kejahatan tersebut tidak ketahuan sampai saat ini.

Pertemanan online, juga berpotensi menjerat para korban menjadi pelaku kejahatan seperti menyelundupkan uang, narkoba,dan barang berbahaya lainnya, tanpa disadarinya.

Facebook_scam

Waspadai penipuan modus ‘Jenderal Bule”

Sharon Amstrong, seorang warga Selandia Baru, memutuskan untuk menemui pacar online-nya di Argentina. Dalam salah satu penerbangan mereka di Argentina, Sharon ditangkap karena dialah yang menjinjing kopor yang di dalamnya ditemukan narkoba. Narkoba tersebut diselipkan sang pacar tanpa sepengetahuan Sharon. Kisah cinta Sharon pun berakhir di penjara kelam Argentina.

Kasus-kasus di atas, bukan tidak mungkin juga sangat marak di Indonesia. Bisa jadi karena ketidaktahuan, kurangnya sosialisasi serta ketidakhatihatian dalam menjalin pertemanan. Media sosial seperti facebook dan email memang kerap menjadi media yang paling mudah (baca juga: Aneka Penipuan Facebook). Lewat email para penipu seperti mengirimkan email spam yang sering digunakan juga untuk tipuan Nigeria, demi menjerat korban.

Bagaimanapun modusnya, perlu Anda ketahui bahwa:

  • Para penipu dengan modus kenalan online, akan melakukan cara-cara yang halus untuk mendapatkan simpati Anda. Proses perkenalan bisa berlangsung lama, dan mereka akan terlihat sangat sabar dan baik. benar-benar ideal untuk Anda,
  • Waspadalah bila ia mulai ‘berani’ minta uang. Bisa saja caranya halus dengan alasan orang tua atau adiknya sakit, harus segera dioperasi dll. Atau mungkin seperti kisah Roby, yang membelikan tiket pesawat karena sangat rindu bertemu,
  • Mereka akan melakukan apa saja sampai mendapatkan uang Anda. Kedepankan logika, jangan hanya menggunakan perasaan dan simpati semata,
  • Berhati-hatilah jika si dia meminta data perbankan misalnya nomor rekening dll. Bisa saja bukan Anda yang menerima uang, sebaliknya uang Anda yang melayang pergi.
  • Jika seseorang akan mengirim uang ke rekening Anda atau meminta bantuan Anda untuk membeli sesuatu, waspadalah. Bisa saja Anda dijebak secara halus ke dalam tindak kejahatan pencucian uang (money laundering).
  • Tidak sedikit juga kasus di Indonesia, dimana para wanita diperdaya, dijadikan teman kencan, diajak jalan-jalan ke luar negeri, tetapi pulangnya dititipi narkoba, baik disadari atau tanpa disadari. Bisa dibayangkan bagaimana tragis akhir dari romansa seperti ini.
  • Dia akan mengirim paket hadiah dengan nilai besar? Wah, ini modus lama yang telah sukses menguras uang para korban.
Facebook scam

Penipuan lewat Facebook, bisa menimpa siapa saja.

Tips Menghindari Penipuan Lewat Pertemanan Online:

  • Dalam segala hal, utamakan logika dan nurani Anda untuk mengambil keputusan. Apa yang terlalu menarik, bisa saja menjadi penyesalan Anda seumur hidup,
  • Hindari pertemanan yang terlalu akrab dengan orang yang tidak dikenal,
  • Sadari tanda-tanda bahaya dalam kencan online. Misalnya bila teman online Anda mulai meminta data-data pribadi, termasuk nomor rekening, nama bank, atau nama-nama anggota keluarga,
  • Jangan pernah mengirimkan uang ke orang yang baru Anda kenal secara online, apapun alasan mereka. Tidak sedikit yang sangat lihai memancing simpati dengan berbagai cerita karangan.
  • Jangan pernah membuka email dari pihak atau orang yang tidak Anda kenal, atau pihak yang Anda yakini tidak pernah berurusan dengan Anda sebelumnya. Itu bisa jadi email SPAM yang bisa berisi virus untuk mencuri data pribadi Anda (Phising), penipuan dengan modus menang undian, permintaan uang, atau ajakan pertemanan yang berpotensi berakhir tragis.
  • Pertemanan yang baik memiliki proses panjang. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal.

Ketahui Aneka Modus Penipuan Lainnya:

Iklan

Comments

  1. Salam HowMoneyIndonesia
    Singkat cerita, perkanalan Saya dari jejaring sosial, sebut saja dia Thomp, tinggal di London, tapi mulai hari ini sudah menetap di Norway dengan alasan masa kontrak kerja, dengan nomor telpon +4470,,,,,,,, “12 angka”.
    Intinya, sudah 2 minggu ini saling berkomunikasi, dan final tanggal 26/11/2015 Saya di kirimi paket seberat 10kg dari London ke Jakarta, dengan alamat website
    http://www.fdglobal-courierservices.de.tl/LOGIN-LOGOUT-TRACKING.htm
    Pengiriman barang sudah di kirim dari London, dan Saya mendapat email tetapi di spam, bukan di inbox, lengkap dengan “username” dan “password”.
    Dan sudah Saya cek website tersebut untuk tracking
    26/11/2015 lokasi England Port, activity “Shipment Forwarded to FGCs Office England”
    27/11/2015 lokasi Colombia Airport, activity “Shipment Under Trans Loading”
    28/11/2015 lokasi Amsterdam Netherlands, activity “Shipment in Progress”
    30/11/2015 lokasi Kuala Lumpur KUL Malaysia, activity “Shipment Under Asia region Port Clearance”
    30/11/2015 lokasi Indonesia, activity “Shipment Delivered to receiver”
    Pertanyaan Saya adalah:
    Apakah website tersebut resmi atau tidak, dan apakah ini tergolong Nigerian Scam?
    Apakah yang harus Saya lakukan, bila ternyata ini modus Nigerian Scam?
    Terima kasih, salam HowMoneyIndonesia

  2. Saya ingin informasi tentang member cupid.com , dari Dammam Arab Saudi umur 44 th orang India. Apakah dia jg punya hubungan dengan wanita lain selain keluarga sy. Karena adik sy merasa patah hati sudah 3 th menjalin hubungan dan ktnya mau datang,tetapi sampai skrng ditunda terus dg alasan pekerjaan.sy hanya ingin menolong saudara sy unt berfikir realistis.t ksh

    • Fakhruddin Atasoge says:

      Gampang, caranya pura-pura jadi wanita lain dan mencoba kenalan… rayu.. setelah itu tunjukkan chattingan tersebut ke adik anda.. niscaya adik anda akan memahami kalau dia itu adalah penipu…

  3. saya pernah mau dikirimi uang dari irak dgn alasan negara irak lagi konflik,pemerintah irak melarang tranfer lewat bank,dan katanya mau minta tolong,,tp harus kirim alamat,no hp,kartu. identitas,uang akan dkirim lewat palang merah internasional,
    saya tak perlu kuatir karena semua biaya dia yg tanggung

    • Terus akhirnya sekarang bagaimana ? Apakah semua nya benar ?

    • Jolie Kusumo says:

      romansa lewat online emg mengasyikan tp jangan terperdaya…sy lg merasakannya jg dengn bule yg sdg bertugas di America Red Cross di Damascus. Stlah sering chat dia mau menitipkan uang 85 juta dolar AS dan 3 batang emas yg didapatkan dari warga Damascus yg telah diselamatkan. Tp sy tdk mau menerima resiko…jd tetap menolaknya walau dia akan janji akan menikahi dan dtng ke Indonesia setelh uangnya nyampe ke Indonesia buat investasi dan modal….waaah sy g tergiur rayuannya.

  4. Wah…untung sy baca artikel ini…tp dr awal memng sy rada sedikit curiga. Emailnya so sweet bngt . Memng sih dia blm mnta uang tp kok datanya hilng ya di website jodoh. Tp yah sy ikuti aja smpai mana maunya…klo ud mencurigakan yah …bye bye…

  5. Benar sekali, saat ini lagi marah penipuan di dunia maya. coba sharing pengalaman atas penipuan yang terjadi selama ini di ke situs laporpolisi.com, agar masyarakat tahu dan antisipasi atas semua bentuk penipuan yang terjadi selama ini

  6. hampir saja saya percaya meski rasa penasaran itu kerap datang karena memang belum lama kejadiannya baru kemarin mereka meminta uang untuk biaya pengiriman barangnya, kenal belum ada seminggu via email tidak ada no telephon yg bisa di hubungi karena sibuk kerja sebagai jurnalis di medan perang dan juga tidak bisa mengirimkan uang atopun barang yg mau di kirim kemudian dia menitipkan barangnya kepada salah seorang temannya yg seorang jendral purnawirawan untuk mengirimkan barang tersebut via kurir tapi temannya bilang uang pengirimannya kurang dan meminta saya untuk segera mengirimkan uang tsb via western union, akhirnya saya ragu kemudian bertanya kepada teman saya yang lain yg pernah tinggal di afganistan bertanya apakah di sana ada bank ato western union? mrk bilang ada. nominalnya memang tidak terlalu besar tapi terasa aneh saja mereka buat alur ceritanya benar benar masuk di akal semua. ini sekedar sharing saja mungkin ada yg pernh mengalaminya juga bisa berbagi dengan saya. terimakash

    • Saya pernah mengalami seperti ini dpet kiriman barang dr luar yg harus saya tebus senilai 5jt an.. ada yg tlp orng indonesia dan sepertinya modus” ini orng indonesia jg pelakunya…
      karena saat itu yg tlp sy cewek pake bahasa indonesia yg mengaku dr agen pengiriman barang,mreka menyatakan sy dpet kiriman yg harus ditebus senilai 5jt an hrus dikirim dlm wktu max 1minggu..jls saja sy ga mau…
      kt mereka kl brng ga di ambil dlm wktu 1mnggu maka brng akan dikirim balik ke negara asalnya…
      sy hnya berfikir kl sy kirim uang 5jt sedangkan sy blm tau pasti apa yg dikirim…
      kt si bule itu hadiah natal n sejumlah uang untuk saya dan kluarga…
      untungnya sy pake logika jd slamat dechh…

    • Hi Mba Ainan, aku jg pernah mengalami hal ini. Perkenalan via fb, ternyata foto anaknya jg Ada di komplotan yg lain. Spt nya mereka lihai. Semoga Tuhan membalasnya dan membuat mereka jera. Aamiin

      • Saya ingin bertanya apa anda kenal dengan bright Johnson orang Inggris yang hampir saja menipu saya dengan mengirimkan paket dan membayar paket saya sendiri seharga 7 juta dan dia mengancam saya akan menyebarkan semua foto-foto saya ke mendsos saya jadi takut dia menjanjikan mengirim paket yang luar biasa hampir satu miliar dan sejumlah uang…..apa yang harus saya lakukan tolong saya untuk solusi nya…

      • Jangan pernah mentransfer apapun… Karena jelas ini penipuan. Anda dapat menghubungi pihak berwajib.

  7. Saya baru saja mendapatkan email dari tman yg blm lama saya kenal ,dia bilang akan memberikan saya kado valentine,ternyata tadi sorw saya dapat email yg isinya dya sudah kiri. Paket yg isinya tas,camera ,hp iphone apple,satu set diamond dan uang $40.000…sbg wanita saya senang tp ada kecurigaan,saya tanya teman kata tmn hati” penipuan dan ,diperkuat dgn artikel disini saya baca sangat membantu agar saya tidak tertipu

  8. Jangan pernah percaya dengan orang yang mengatas namakan orang lain dan foto yg di gunakan foto orang lain juga. Dengan alasan orang tua sakit dll nya, harap di waspadai terutama modusnya fotonya pramugari yang sengaja di upload oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan niat tidak baik untuk menipu orang lain.

  9. Selamat malam , saya ingin menanyakan apakah sudah ada yg pernh di inbox denga. Nama facebool John donalds ,
    Kalau sudah ada tolong berbagi info yah agar nyokap percaya ,soalnya itu bule lagi ngedektin nyokap dan lagi iming iming ingin transfer uang

    • saya saat ini ada yang dekatin namanya Donald Talley, dia sangat romantis kepada saya tapi saya layanin aja. tapi saya sadar bahwa dia adalah seorang penipu. dia mengaku seorang tentara di amerika dan sekarang bertugas di syria, dan katanya dia mau mengirim uang ke saya melalui pbb,dan saya ikutin permainannya, 3 hari kemudian katanya uangnya sudah sampai di bandara bali dan disuruh saya transfer 9 juta rupiah untuk pembayaran pajaknya, tapi saya tau kalau dia penipu.

  10. Saya punya pengalaman saya berkenalan dg seseorg di sosmed dating Tinder…pada waktu itu saya yg mengajak berkomunikasi terlebih dahulu…hingga akhirnya kami dekat bertukar foto..saling berkomunikasi by tlp dan saling dekat sebulan bahkan sampai melibatkan anaknya yg msh kecil…dll sampai akhirnya org ini yg berasal dari Louisville mengatakan akan dtg ke Indonesia utk stay 2 bln utk mengenal lebih dekat …dan dia mengirimkan sejumlah uang untuk.akomodasinya disini bersama anak balitanya. Namun setelah dia melakukan check transfer deposit saya dpt telpon dr agent pengiriman uang tsb yaitu B money transfer services worlwide..setelah konfirmasi ini itu mereka meminta saya utk mentransfer uang sejumlah Usd 800 agar check tsb dpt di dilanjutkan proses transfer ke bank saya kebetulan bank Mandiri.saya sempat bertanya alamat dan tlp agent tsb tp tdk saya dapatkan dg alasan itu dirahasiakan..mereka hy bilang alamat di denpasar namun alamatnya tdk dot saya temukan. Jadi ini adalah modus baru…mohon hati2

  11. Jika anda menemukan bentuk penipuan secara online, jangan ragu untuk laporkan langsung ke kepolisian dan share juga semua bentuk penipuan online dan kejahatan online ini langsung ke situs laporpolisi.com , media online sharing berbagai informasi cyber crime di indonesia

  12. Saya ingin berbagi cerita yg pernah Sy alami dan kerugian materi, kenalan tentara Amerika tinggal di Ohio bertugas di syria, punya anak cewek telah menganggap Sy adiknya dan ingin membantu rumah piatu dan berinvestasi melalui saya, pengiriman paket melalui diplomat singkat cerita dengan berbagai alasan paket hrs dilengkapi serifikat utk keamanan paket bisa dicairkan dan dana utk sertifikat yg harus ditransfer ke rek Bank dgn atas nama perorangan, mereka semua komplotan penipu, semoga tidak ada lagi korban penipuan seperti saya, krn mereka akan berusaha menguras uang kita dengan berbagai cara setelah kita tidak bisa mentransfer sesuai permintaannya, maka segala hubungan via fb, wa dan messenger semua dimatikan, paket itu sebenarnya bohong krn pd hari akhir utk pengiriman ke rumah tapi saya keairport intenational di Jakarta diplomat sdh tidak aktif dan hilang, bagi yg telah tertipu jgn takut lapor ke polisi dan lengkapi dgn data semua sms dan bukti transfer dan lapor juga ke bank yg dituju rek tsb, kita hanya berharap para komplotan tsb bisa ketangkap walaupun dana mrk di rek sdh kosong, paling tidak jgn ada korban lagi dan sbg pembelajaran Bank utk pembukaan rek harus jelas. Trimksh.

    • Pengalaman yg sangat berharga. Terima kasih sudah berbagi kisah ini. Salam.

      • Faniayanti says:

        Baru2 ini sy jg bkenalan di fb dgn akun issuadin bin hakim ahat.asal dr edinburgh irlandia.blasteran malaysia. Sy hanya iseng mengikuti alur cerita dia selama 20hr..dan pd akhirnya dia minta dibantu finansial krn sedang mencairkan warisan gaji alm.ayahnya di malaysia. Lumayan jg dia sampai terpancing dgn mengeluarkan no.tlp sewaktu dia msh di edinburgh +447708501106 dan no.tlp malaysia +6014027411. Seperti bisa ditebak ujung cerita begitu sy bilang tidak bisa mbantu keuangannya dan langsung sy cek akun facebooknya sudah diblokir. Sy msh punya foto2 tuan issuadin bin hakim ahat. Sy bharap wanita2 indonesia jgn mudah dirayu dengan iming2 dr mereka.pengennya komplotan mereka bisa ditangkap. Krn sy sempat bicara dgn yg mengaku menjafi ibunya.

      • Terima kasih sudah berbagi. Tetaplah waspada dalam menanggapi permintaan pertemanan dari orang. Perlu dicatat bahwa foto yg dipajang penipu PASTI bukan fotonya, tapi foto ORANg LAIN yang bisa saja tidak ada kaitannya sama sekali.
        Jadi mungkin saja foto para pembaca sekalian dipakai orang sebagai pp saat melakukan penipuan.

  13. saya baru kenalan bule tlp +447707950447 Lawson Scooter, ada yg pernah terhubung dengannya? status duda , sepasang anak, Army USA. katanya bln Juni 2016 pernah ke Sentul selama 1 bulan , memberikan pelatihan dan kursus. Awalnya chat biasa, cm saya coba ceritakan masalah penipuan online, dia marah. tp msh chat sich, cuma saya hati2 saja..Mohon saran. Terima kasih.

    • Hati2 saja…apa yg diucapkan atau ditampilkan di dunia maya belum tentu yang sebenarnya… Waspadalah menerima tawaran, janji…apalagi bila kemudian harus membayar dan semacamnya…

    • Tetap waspada dan hati2 saja , saat ini saya juga dekat dengan orang Turkey tetapi menetap di Canada , seorang dosen …tapi saya tetap waspada krn saya aja video call melalui skype menolak alasan sibuk gak sempat .

  14. saya mengalami penipuan berkedok krj d perusahaan asing perakit kapal..modus hidup sebatang kara..namanya RENO SAPUTRA khilangan jejak ibu dan anak.istri meninggal…padahal sy udah curiga saat dia munta tlg utk jaminan dia sebagai istri agar bisa putus kontrak dan keluar gajinya..utk mencari anak dan ibunya…awalnya sy nlg ngga bisa..tp..teruss memohon dan sy sampe sumpahin dia kalo dia ngga bohong atas nama tuhan ibu dan anaknya…dia blg berani iyaa..sy di suruh mnghubungi kepala HRD nya d ktor pusat…skenarionya bener2 d bikin kayak beneran..d minta foto ktp sm no rek utk tranfer gajinya.dan meyakinkan..akhirnya sy transfer 6600.000 k rek atas nama NANA LESMANA ,utk mmbuat surat jaminan katanya…trnyata blom slese..katanya si reno kapal yg mengangkut dia k batam kantor pusat dbatam rusak jd msti sewa helikopter yg biayanya mgkin ngga sedikit….krn sy udah lgsung tutup tlponya…anjriittt…sy bener2 ktipu…..tp komplotanya terus tlpon..reno juga…sy cmn bilang….kamu sudah berani bersumpah atas nama Tuhan ibu dan ankmu….hidup itu berbaning lurus sebrapa nikmat yg km daptkan dr hasil kejahatanmu..akan kamu terima lebih dr itu..sy mengutuk kamu ibu dan ank2mu..selalu mndapat masalah dan musibah..dan tuhan akan membrikan karma saat yg tepat pd waktunya….no hpnya msh aktip.081223909215.PIN BB 7C0919BE
    Bbrp minggu sy mndapat modus lg..dpwt kiriman paket dr luar negeri…ceritanya ngga jauh beda sm temen2 yg lain modusnya…barang udah sampai di sampaikan lewat email pribadi nama emailnya nita rose…sy balas emailnya …F**k You D*mn…
    D WA sy chat..WTF…WTF..WTF….
    TP si bule ngga ngerti mgkin apa itu WTF(what the f**k) msh aja chat yg ngerayu gtu….sy chat dia..jgn ganggu saya…sekali lg kamu ganggu sy sy blg sm kk sy ,kk sy polisi cybercrime….eh dia marah2..katanya apa yg dia lakukan sampe kamu ngomong polisi…sy balas sekali lg…KAMU KOMPLOTAN PENIPU ( dlm bahas english…)sy block semua akses komunikasinya…HATI2 modus penipuan bener2 canggih…kedepankan logika..mereka komplotan dr luar dan dlm negeri…

    • Hati hati wanita teman saya kena tipu oleh us army ngakunya Humphrey Bob Williams, dia bawa barang dan tertahan di Thailand, teman saya menebus $13.000 dan orang itu menghilang.
      Team kerja mereka banyak orang Indo, Thai, juga Malaysia.Danger Lady’s !be aware!!

      • Ia dia ngakunya auditor Bank di Swiss..saat ini dia terus menghubungi saya dan mengancam kalo paket yang yg dia kirim tdk di bayar 12 juta untuk bea anti teroris saya akan dipenjara jrn ada nama dan alamat saya apa yang harus saya lakukan telepon dan SMS terus saja meminta uang itu dan mengancam kalo tidak ditransfer saya akan di penjara

      • Halah…modus bu.. nggak usah dipercaya…

    • You dont own me says:

      Setuju

  15. Hari ini saya Jena tertipu sejumlah uang 8,5 juta transfer ke Ari budiansyah..awalnya saya dijanjikan akan dikirim uang dari luar negeri dan siang ini mereka meminta uang 12 juta untuk paket agar tidak discan jrn kl tau isinya uang saya dibilang terlibat money loundryan dan saya diancam akan dipenjara saya muter2 cari pinjaman tapi begitu saya sudah mentok saya berdoa kepada Allah mohon petunjuk akhirnya secara tidak sengaja saya digiring untuk membaca artikel ini apakah kalo saya tidak transfer uang 12 juta saya akan dipenjara krn begitu paket berisi uang dibuka di bandara saya akan ikut terlibat money loundryan padahal saya tidak menyetujui untuk org dari luar negeri itu mengirim uang..mohon yang tau beri saya jawaban karena pihak bandara yg SDH saya transfer 8,5 juta terus mengancam untuk segera transfer 12 jt ditunggu hari ini..tolong beri saya masukan.kalo yg sudah terlanjur saya setorkan 8,5 juta apakah bisa di lacak dari no rekeningnya ke kantor polisi?

  16. Saya mau posting photo wna yang melakukan penipuan caranya gimana yah

  17. Saya berasal dari indonesia.. alhamdulilah setelah saya baca artikel ini saya menjadi waspada karena saya baru baru ini saya diadd oleh seorang major dari us amry yg ditugaskan di Afghanistan.. kayaknya modusnya seperti jelita.. beruntung sekali saya membaca artikel ini.. terima kasih

  18. Apakah ada yang pernah berkenalan dengan nama Frank Johnson Dr UK,dia bilang mau mengirim uang lewat trf Bank langkah awal udah minta biaya admin 300 dollars,tolong chek ya

  19. Sy pernah berkenalan dg seorang pria dr UK. Baru 2hr kenal, dia bilang mau mengirimkan sy hadiah natal tp sy tolak. Dia ttp memaksa akn mengirimkan hadiah tersebut. Sampai dia mengirimkan foto2 hadiah yg dia kirimkan ke sy plus menaruh sejumlah uang utk ganti uang yg sy pakai nanti utk membayar ijin masuk barang. 1hr setelah brg itu dikirim sy dihubungi oleh org yg mengaku dr cargo bandara dan meminta sy utk membayar ijin masuk brg jk sy sdh membayar brg tersebut akn dikirim ke rmh sy. Tp krn uang yg diminta ckp byk sbesar 7jt, jd sy minta nama kantor cargo tersebut utk melihat brg itu. Tp stp sy hubungi nomer yg td mghubungi sy sll saja dialihkan. Dan org yg dr UK itu trs memaksa sy utk segera membayar. Sy minta ke org itu no.resi pengiriman brg dan email dr kantor pengiriman itu tp dia tdk mau memberikannya dg berbagai alasan. Stlh lewat 3 hr, sy dikabarkan oleh pria itu bhw paket yg dia kirim ada di india krn sy blm membayar. Sy dihubungi oleh pihak cargo india tp nomer itu menggunakan kode telpon india. Sy blg kpd org yg mengaku dr pihak cargo india untuk mengirim kembali barang itu kpd si pengirim. brg itu akn dikirim ke pengirim tp sy harus membayar 5jt

  20. Ini untuk menginformasikan kepada publik bahwa Ny. Morgan Erica, pemberi pinjaman swasta telah membuka peluang keuangan bagi semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman bunga 2% kepada individu, perusahaan, dan perusahaan dengan persyaratan dan ketentuan yang jelas dan mudah dipahami. hubungi kami hari ini melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan syarat dan ketentuan pinjaman kami di: (morganerica007@gmail.com)

  21. hi, saya ingin bertanya, saya baru 1 bulan terakhir mengenal laki2 via dateinasia, dia tgl di UK dgn anak umur 9 thn, kami chat via wechat. Dia blg dia ada kirim barang kepada saya, sudah saya ksh alamat tmpt saya tinggal, namun ada wanita bernama Karen Brown telpon dari malaysia bilang kalo saya harus membyr USD 450 untuk paket tiba di Indonesia atau USD1000 untuk dikembalikan ke pengirim. Kebetulan saya tidak memiliki uang jdnya belum saya transfer krn dia blg mereka punya agen di Indonesia dan saya bs transfer ke akun Indonesia.

  22. Saya juga lagi ngalamin hal yang sama..
    1 minggu yg lalu saya di chat dr instagram oleh seorang cowok yg bernama Frenkvlan blabla yng berasal dari UK .
    Dia mendekati dan gombalin sya dengan beribu cara dan akhirnya dia meminta WA sya,3 hari kita chatt mesra dan dia mau mengirim jam tangan merk Lorex,hp iphone,Laptop dan perhiasan..saya selaku perempuan senang dong ya tapu sya tetap curiga,saya cari tau dgn buka google dan banyak korban penipuan.saya langsung chat dia tapi si anak UK itu malah sok manis terus sama saya nih,kata dia senin ini tgl 16 barang akan sampai,saya jadi takut penipuan nih,saya minta resi no pengiriman barang dia tak kasih..tapi untung aja saya lihat artikel ini jadi saya bisa waswas sama org itu..
    No tlpon mereka +4777….
    Hati hati penipuan ya…
    Pling lucunya,dia kirim gambar hadiah yang mau dia kirim ke saya dan gambar kotak yg sudah di packing nih dan kotak itu ada nama saya,alamat saya dan no telpon sya dengan hurup ketikan bukan tulis tangan..
    Saya bingung,saya minta ni resi pengiriman malah dia tak kasih dan alihkan cerita..
    Di kotak itu pengirimannya lewat EMS..
    Saya jga gak tau dan itu jd pelajaran buat saya kedepannya..
    Thanks semua..
    Aku sudah jd korban nih hahhaa..

  23. You dont own me says:

    Hi,kl boleh sekedar sharing-scammer offiline jg ada di jakarta-dan sy sempat kenal dgn salah satunya:)laki laki indonesia umur sekitar 31-32(tahun 2018)secara fisik cukup lumayan untuk cowok Indonesia.sy kenal di slh satu jejaring sosial.intinya cowok ini berbohong mengenai pekerjaan,latar belakang,keseharian hidupnya sampai foto-foto lama dia gunakan sbg pendukung cerita hidupnya.bahkan sebenarnya dia sudah pernah menikah tapi sudah tdk tinggal serumah lagi,anak laki2 nya berumur 8 bln dan diakui dia sbg keponakannya.sy cuma mau warning aja untuk ladies yg berada di wilayah jakarta dskt-cowok ini modusnya mengajak kenal & berkomitment untuk menikah tapi setelah terjerat dia mulai minta tlg transfer/bayar ini itu dsb.
    sy sempat kenal beberapa minggu dengan dia saja krn banyak kejanggalan yang sy dapat setelah sy selidiki mulai dari identitas dia termasuk pekerjaan dan rumah kontrakannya di jakarta utara itu ternyata tidak sesuai dgn apa yg dia bilang. smp suatu sore setelah dia hilang kabar tiba2 minta di transfer sejumlah uang krn saat itu dia bilang sedang berada di bandara jogja menuju jakarta & dia salah bawa atm,tp krn setelah sy cek penerbangan tidak pernah ada di jadwal bandara cgk jd sy tidak transfer.disitulah dia langsung marah,kesal & sangat ketus sepertinya dia kesal sampai berubah menjadi kasar dan tidak sopan.
    dan sejak itu tidak pernah berkabar lagi.
    Sekian dr sy,semoga ladies ga pernah ketemu dia ya…bahaya bgt soalnya dia morotin beberapa wanita dalam hidupnya dan dia sangat pintar berbohong..jgn sampai ada korban lbh banyak lg dr si modus cinta.sy ingin sekali membeberkan identitasnya krn sampai sekarang dia masih ”aktif“modus penipuan berkedok cinta/ajak nikah lalu morotin.
    Mungkin kalau ada yang mau tanya sy bisa info.tq

  24. Saya memiliki teman online dy ngakunya orng malaysia dan bekerja d polandia, baru beberapa hari dy bilang meminta alamat email, rumah dan nama lengkap karena akan mengirimkan paket karena atas hubungan pertemanan kami, cuma sy ragu dan menolak atas permintaannya dengan cara yg baik namun sepertinya dy seperti kecewa hahahha..sangat aneh jk baru bbrp hari kenal dy meminta alamat email, rumah dan nama lengkap, akan lebih mengkhwatirkan jk disalab gunakan. Mohon pencerahanya

  25. Lusy Hidayat says:

    Saya juga hampir terlena dan tertipu dengan pria muda umur 33 th asal Usa (Boston) mengaku pilot private jet dan pesawat commercial. Awal kenalan via Instagram tgl 9 Jan 2019, sangat manis, perhatian sabar dan penyayang. Benar benar bikin wanita tersanjung. Padahal dia tau saya menikah punya anak dan suami dan ada poto saya dan keluarga di instagram, tp dia seolah cuek. Setelah hampir 2 mgg chating via instagram, dia bilang mau ikut melayani negaranya dengan mengikuti pelatihan di afghanistan sebagai pilot pesawat tempur dan katanya bayaran cukup bagus sebagai pilot tsb. Sblm kepergiannya ke afghanistan dia harus mengikuti wawanacara dan training selama 1 mgg. Ketika tiba waktunya dia pergi meninggalkan USA (Boston) dan tiba di afghanistan pada tgl 5 Feb 2019. Katanya akan menjalanin pelatihan selama -/+ 1 bln. Selama di afghanistan kami tetap komunikasi, yang tadinya via instagram message sekarang pjndah ke aplikasi Hangouts (seperti whatsapp) tapiiii…jreng jreng.. ada suatu moment -/+ setelah 12 hari berada di afghanistan ( katanya yaaa -/+ tgl 16 feb 19) di mana dia mendadak tidak banyak bicara tentang apa saja yg sdh dia lakukan seharian. Ternyata setalah agak sedikit acting lebay akhirnya dia ngaku bahwa dia terima email dr dokter ibunya yg mengatakan bahwa ibunya di sakit dan harus di rawat. Pinternya cowok ini dia tidak langsung cerita sakit apa, tp sengaja kuta di buat penasaran. Akhirnya dia baru cerita besoknya , dia bilang ibunya terdeteksi gejala leukemia level bawah dan harus di rawat secara intensive ( chat kita tgl 18 feb 19). Saya langsung paham dong, kemana inj ujungnya. Dia minta supaya saya meminjamkan uang utk deposit di RS ibunya. Saya ngeles lah dengan macam macam alasan. Sampe saya bilang memang kamu tdk punya teman di Amerika untuk bantu? Kenapa harus teman yang ada di indonesia teman yg baru di kenal? Tp dasar penipu manis, pinter sekali ngeles nya. Saya tetap tidak tergoda dengan janji janji akan segera di kembalikan uangnya, bla bla bla. Sampe- sampe dia kirim poto ibunya yg konsidi sehat sedang naik private jet bersama
    Dia, bahkan kirim poto ibunya lagi terkapar di tempat tidur RS ( tgl 1 maret 19 )Kan aneh baru terima info gejala leukemia awal tp kondisi sudah sekarat. Kami tetap melakukan komunikasi, chatting setiap hari dengan harapan saya akan membantunya. Yg paling saya kaget adalah dia bisa nyuruh saya untuk saya pinkam uang ke teman saya , Gilak!!! Otaknya cerdas sekali. Karena saya penasaran sampe mana usahanya utk bohong saya ladenin permintaannya. Sekalian PHPin orangnya. Akhirnya saya dgn tgas tidak bisa membantu baik dari uang saya sendiri atau hasil pinjaman dr teman. Astaga dia marah sekali dan kata katanya cukup kasar. Akhirnya saya ancem juga lah, kita sudahi aja chattingan kita. Sempat kami tidak chatting selama 2 hari karena ngambek tp akhirnya dia lah mulai duluan lagi. Dalam usahanya berbaikan dengan saya, dia sampe bertanya soal perasaan saya terhadap dia, katanya memperbaiki hubungan ini. Dalam hati saya kita lihat brp lama dia bertahan untuk tdk minta uang lagi. Dan memang benar pas dlm hitungan 1 mgg, pilot palsu ini cerita bahwa hidupnya dalam bahaya Karena tertangkap basah mendengar pembicaraan penting antara komandan nya di afghanistan dengan petinggi militer bahwa mereka akan mensabotase pelatihan militari itu. Dia di ancam akan di bunuh apabila memberitahukan kepada pemerintah USA. Katanya dia ketakutan dan mencari cara utk keluar dari afghanistan. Katanya dia aka. Mengirimkan semua benda pribadinya ke indonesia ke kantor saya. Untuk di titipkan sementara dan nnt dia akan dtg ke jakarta utk mengambilnya. Makin aneh lagi, katanya hidupnya dlm bahaya, tapi mau kirim barang ke indonesia pdhl di situasi militer alias perang. Blm lagi mau ke jakarta padahal ibunya msh di rawat. Sampe saya nanya langsung tbak ajak pengiriman barang kamu ada biayanya apa ngga? Dia bilang blm sempat bertanya hal itu. Emangnya di tempat militer kirim barang ngga di periksa komandan nya? Emangnya kirim barang ngga di timbang berat barangnya. Banyaklah hal hal yg ngaco. Ngakunya pilot tp temen instagram nya ngga ada pilot. Di suruh selfie ngga pernah mau, di suruh video call ngga mau alasannya di zona perang dan memggunakan jaringan international usa. Di suruh share locatian ngga mau juga, takut ketauan ada di mananya. Untung saya blm sempat memberikan data pribadi ketika dia mau kirim barangnya dia , karena saya langsung brosing dan membaca ‘how money indonesia ‘

  26. Sebulan lalu saya berkenalan dengan Frank Furness yang ngakunya dari Amerika. Bekerja di UN sebagai chemical expert.Bertugas di Allepo. Mulanya saya percaya. Kami chat lewat Hangouts.
    Baru beberapa hari sudah bilang I love U. Di sini saya sudah merasa curiga. Iseng saja saya cari tahu siapa Frank Furness. Ternyata saya temukan di FB bahwa dia a/ motivator bisnis.
    Saya semakin yakin itu bule yang ajak kenalan adalah scammer. Dia ngaku tak punya FB.Yg aneh bhs Inggrisnya kadang bagus kadang berlepotan.Juga pengakuan ttg profesi serta usianya berbeda setiap chat. Seakan-akan bukan satu orang.Selain itu dia janji mau datang ke Indonesia dan mau kirim hadiah. Saya minta nmr hp dia tak mw br alasannya mcm-mcm. Lgs sj saya bilang dia scammer. Dia marah-marah dan berhenti hubungi saya.
    2 mgg kemudian dia chat lg. Pake krm foto terbaru (aslinya saya th bkn foto baru).Iseng aja saya tanggapi. Dia ngaku msh rindu. Saya jwb jg rindu dia. Dia mlh blg klo saya bohong dan curiga sm saya py niat buruk. Ntah apa yg diinginkannya. Akhrnya saya tegaskan lg klo dia bkn Frank Furness asli. Bhkn saya kirimkan foto Frank Furness terbaru yg saya ambil dr FB. Saya bilang jgn coba-coba mw tipu. Lebih baik cari korban lain. Dan saya gertak bhw saya kenal dengan teman Frank Furness. Itu org cm diam dan g bls chat saya.
    Kalau benar bule atau pria asing yang niat kenalan pasti mereka mau ajak video call. Foto yg dipakai dgn kenyataan pas vc pasti sama. Mereka ga akan menyembunyikan diri atau pakai gambar ga jelas. Ini sudah saya alami pas vc dengan pria Yunani dan Turki. Malah lebih keren dari foto aslinya.
    Jangan sampai langsung percaya saat pria tsb ucapkan cinta scr cepat. Cinta tak bs timbul secepat itu. Biasanya hy iseng spy bs minta foto porno kita atau spy bs ajak sexting. Atau hanya untuk senang-senang krn mrk tak bs lakukan di negara asal (Biasanya Pakistan dan India)

  27. baru saja saya hampir tertipu (2 may) di media online date muzmatch (khusus muslim), kami intens selama sebulan ini berhubungan via chat, modusnya benar transfer sejumlah uang dengan sangat memaksa.
    Dia mengaku civil engenering dari USA yg pindah tugas ke malaysia. Dari awal saya sudah sangat berhati-hati karena sudah tau banyak scammer. aplg setelah dia bercerita pindah tugas ke malaysia untuk pembangunan mall saya semakin yakin ini modus penipuan. namun saya mencoba ikuti. akhirnya benar dia bilang habis uangnya utk bayar pajak, saya menolak transfer usd.50.000 (gilakk) krn sy menolak lalu dia bilang masalah sudah selesai dan untuk biaya hidup dan apartemen dia butuh usd.8000 (gilak aja , kalaupun ada mendingan saya pakai naik haji plus plus dah).
    semua photo ttg dia dan kegiatannya lengkap dan meyakinkan, sepertinya orangnya memang asli karena di muzmatch ada pengkinian photo saat mendaftar dan lokasi juga terdetek dengan baik dan benar. Namun ini oknumnya saja yg tidak betul niatnya memang untuk menipu. jadi berhati hati lah.
    cuman krn dia menolak video call saya jadi semakin yakin ini tidak benar.
    Dia hanya melayani chat via telegram yg notabene tidak ada video call

    Nama dia di Muzmatch : collins (collins abdullah zhang) dan saya yakin dia akan terus berganti ganti nama, namun saya sudah melaporkan ke pihak muzmatch nya. semoga ditindak lanjuti oleh mereka.
    Yang membuat saya tertarik dan bertahan dengannya (walaupun sudah ada feeling ini tidak benar) adalah wajah kami mirip …hikss…
    saat saya bilang dia fake/scam …dia tetap tidak mengaku (OMG)
    yang saya bingung sebenarnya dia bekerja sebagai apa ya ? photo” nya sungguh sangat meyakinkan kalo dia seorang arsitek yg handal ….sehingga saya sedikit percaya namun logika saya masih berjalan

    Walaupun saya sudah prepare dengan modus penipuan semacam ini, Namun hati saya ternyata masi belum siap
    tetap saja ada yg terluka………………………………………
    semoga ramadhan ini penghapus luka hati saya…….amin yra
    semoga tidak ada korban lainnya

    • “̮.ƗƗαƗƗαƗƗαƗƗαƗƗα.”̮ iya. Patah hati bingits 😁 secara ada laki yg super perhatian dan super sabar plus super support

  28. Mw nanya…itu yg ada d YouTube kisah pasangan dating online yg dah jadi suami istri itu benar gak sih ada byk AQ lht ada yg ketemu d Badoo, teko, Indonesian cupid dll…bener gak tuh…

  29. Maaf apakah ada yg pernah kena rayuan dari bule yg lg tugas di Nigeria sebagai sersan bernama James Terry Anderson..sudahbsatu minggu ini dia chat dengan saya berasa nyaman dan dia mau menolong saya dlm keungan dia menjanjikan akn mengirim uang$1200 tapi dia bilng aku harus byr biaya pengiriman terlebih dahulu sebeaar$50 dia mau mengirim lewat seorang pengacar nya melalui WasterUnion,yg mau saya tanyakan apakah memng benar proswdur pengirimnnya sepwrti itu,bukankah yg saya tau biaya dibebnkan di alamat pengirim dan tidak ada pembayaran di awal yg dibebankan ke pihak penerima,saya belum mengirimkan uang $50 ,tp saya sdh mengirim nama dan alamt lengkap bamk mandiri juga no.rek.saya sama bule itu,yg saya takutkan no.rek.bank saya itu takut disalhgunakan ,bagaimana carannua ya,mohin masukannya

  30. Saya mau tanya kalo ada pria yang mau membiayai tiket dan semua akomodasi biar bisa jumpa dengan dia…itu ada modus gak ya di baliknya…soalnya saya rada bimbang sih…dia pria asing dan ngakunya suka bgt ma saya….mohon pencerahannya..mkasih

  31. Hallo howmoneyindonesia
    Perknlkan nama sy josephine biasa dipanggil jojo.smggu yg lalu sy mndpt prtmnan dr IG, seorg pria asal malaysia yg bekerja di Atlanta, Georgia-USA. Singkat crita kami bertukar no. Hp & memulai slama krglbh 1mggu. Si pria brkata sgt mncintai sy & ingin bertemu, lalu tak lama kemudian pria ini mngatakan melalui chat akan mngirimkan brg” spt spatu, tas, jam tangan brmerk luar negeri, kalu sy katakan sy tdk butuh & jgn mngirimkannya tetapi pria trus mndesak dgn memnta alamat rmh sy, tp sy berpkr bhwa ini penipuan. Lalu sy beri alamat tempat sy beribadah.
    Singkat crita si pria ini pun tiba” chat sy dgn mngatakan bahwa dia telah mngirimi sy parcel/paket bentuk cintanya kepd sy, lalu sy terkejut & sy brtnya kpn paket tsb akan smp ke jkt? Si pria brkata 2 hr dr chat kami. Lalu hr yg sy tunggu” pun dtg, memang ada pesan chat/pemberitahuan dr pihak jasa pngiriman brg dihp tp sy abaikan, smp si pria yg sy knl ini terus menelpon sy hampir spanjang hari tp sy abaikan & memank sngaja tdk sy angkat. Kmudian pria ini mulai chat sy dgn mngatakan jika sy hrs membyr paket tsb sblm dikirimkan ketmpt sy. Lalu sy membalas chat jasa kurir pngiriman brg & brtny u/biaya pngiriman paket brg dr si pria ini & jasa pngirim brg mngatakan sy hrs membyr sebesar $1000 u/pngiriman paket brg tsb bs smp ke jkt (disini brg yg dikirim dr usa ditransit dibandara malaysia & pihak kurir yg mnghubungi sy via chat pun berkode negara malaysia +60 14-961 1570) , lalu sy katakan pd si kurir bhwa sy tdk sanggup byr, lalu si kurir menurunkan biayanya mnjd $700, skali lagi sy katakan kpd si kurir bhwa sy msh tdk sanggup byr, kmudian sy mncoba dgn cara berpura” mnyuruh si kurir u/mngantar paket si pria kepd sy, jika paket tsb sdh sy trima maka akan sy byr. Tetapi pihak jasa pngiriman ngotot mnta sy melakukan pembyran ckp skali saja melalui western union maka brg akan smp ketmpt sy, kata kurir tsb. Tp sy tdklah bodoh, lalu sy tny kembali kpd kurir tsb melalui chat u/pembyran ingin dikirimkan ke account mana & atas nama sapa, lalu si kurir memberikan sy no accountnya berupa :
    First name : ehiosun (nama personal/pribadi)
    Second name : hope (ms ada nama pihak ke2)
    Country : Nigeria
    (spontan sy brpkr ini bnr” pnipuan besar), kmudian sy kembali bertnya knp nama kontak perusahaan di nigeria bkn di malay, krna stau sy kl transit di malay pstinya dia akan ksh tujuan negara “malay” knp ini mlh jd negara “nigeria” yg membuat sy makin curiga & sy kekehkan tuk memnta account atas negara tujuan malaysia, tp ttp si pihak kurir mnta dibyrkan ke account yg sdh dia ksh diatas & mngatakan kpd sy ckp menunjukkan bukti pembyran kpd mrka maka paket akan segera mrka kirimkan, kmudian tdk sy blz lagi chat via wa tsb. Sy tdk akan mau byr & tertipu tuk modus penipuan spt ini, lalu tnp pkr panjang hr ini sy blokir no si pria tsb dr wa sy, sy blokir jg prtemanan kami via IG & sy unfollow. Sekian crita dr sy, smoga bermanfaat bagi yg lain, agar lbh berhati” dlm brknlan dgn org tdk diknl melalui sosmed, fb, dsb.

  32. Hati2 sama account2 berfoto bule di tinder indonesia. Bagaimana bisa tahu orangnya beneran atau bohongan?
    1. Kalau mau berkenalan dgn bule, pastikan bhs inggris anda bagus. Jadi jika dia ngaku bule tapi bhs inggrisnya kacau, sudah pasti bukan. Contoh: foto bule jerman, inggrisnya singlish (singaporean english). Diajak ngom. Jerman ga bisa.
    2. Minta account facebooknya. Lihat teman2nya berapa banyak dan lihat tanggal join facebook.
    3. Lihat nama. Nama palsu itu ketahuan sekali. Nama seperti donald johnson itu sudah pasti palsu. Kalau tidak familiar dgn nama bule jgn date bule ga dikenal.
    4. Yang paling mudah dan plg gampang utk diikuti: JANGAN KELUAR UANG.
    Jangan kirim uang, jangan kasih uang, dalam bentuk apapun dan alasan apapun.
    5. Jangan mau ditiduri. Hati2 direkam video seks kamu dan dijual.
    6. Jangan mudah percaya
    Mereka adalah orang asing, foreigners dan juga strangers. Extra hati2. Karena begitu si bule kabur keluar dari indo mau nyari juga susah, kan?
    Yang suka “mainan” bule, kalau ga ngerti bhs inggris dgn baik, ga familiar dgn bule, mending cari co lokal aja.
    Bule bukan berarti sukses, kaya, ganteng, baik.
    Banyak bule kampung yang di negaranya sendiri pengangguran, dibanding bule2 lain di negaranya jelek tapi di indo jadi ganteng krn ada mata cewe indo yg udah picek, ga pengalaman, tukang selingkuh, ternyata pimp jualan cewe, bandar narkoba, dll.
    Memangnya semua bule pasti baik? Ga ada bule kampung, bule jahat, bule miskin, bule gembel, bule gila, bule homo, ga ada emang?
    Sama aja! Merekapun banyak yang ga kualitas cowoknya.
    Jadi hati2 jangan sembarangan ama bule.

  33. Hati2 mbak…. Itu jelas scammer!!!

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: