Iklan

Penipuan dari Facebook si Bule

Penipuan_online_facebook_Belakangan ini semakin banyak orang yang ditipu oleh bule-bule yang mereka kenal lewat media sosial seperti facebook, twitter, atau email. Seorang blogger ber-ID Sandinaora, mengungkap salah satu modusnya. Awalnya ia menerima email dari Dr. Robert William, Manager Eco Bank Ghana Limited. Email tersebut isinya kurang lebih menyampaikan bahwa pihak Bank Ghana ingin mentransfer sejumlah dana milik Jenderal Terry Ferrel yang saat itu sedang bertugas bagi tentara perdamaian PBB.

Sandinaora yang sejak awal curiga dan sudah sering mendengar kisah-kisah tipuan ini, pura-pura tertarik dan memancing “Terry Ferrel” tersebut untuk terus menghubunginya. Mereka pun berkomunikasi lebih lanjut dengan berbagai media sosial seperti Facebook, Skype, Twiter, MSN, Yahoo Masangger,My space,AOL dan lainya. Hebatnya, si penipu ternyata punya aneka akun media sosial.

Baca pula: Aneka kisah penipuan Facebook.

Sandi mengingatkan bahwa para penipu ini bisa muncul dengan berbagai identitas untuk mengelabui para calon korban. Terkadang mereka mengaku sebagai tentara atau dokter yang bertugas di daerah konflik seperti Afghanistan, Suriah, Irak, atau negara-negara Afrika, dan ingin memberikan gaji mereka kepada Anda (yang  baru dikenalnya). Untuk mendukung modusnya, para penipu tidak segan menggunakan foto orang lain atau memodifikasi foto agar terlihat meyakinkan untuk menjalankan aksinya. Berikut beberapa foto hasil penelusuran Sandi, saat berkomunikasi dengan “Jenderal Terry Ferrel”:

Foto ini adalah wajah asli si penipu (entah siapa nama aslinya) saat berkomunikasi dengan Skype dan dicapture oleh Sandi:

Tery Ferrel

Berikut adalah modifikasi foto orang lain dan mengganti dengan wajah si penipu untuk digunakan sebagai samaran  saat muncul dalam berbagai media sosial untuk menjalankan aksi penipuannya.

14576Terkadang pula mereka mengaku sebagai pengusaha atau anak dari seorang tokoh penting di negaranya dan meminta bantuan Anda untuk menampung dananya di rekening Anda. Sekilas tidak ada bahayanya bukan? Lihat dulu modusnya:

23Atau sebagai dokter? Gambar berikut cukup meyakinkan bukan?

9Bukan hanya berganti wajah. Penelusuran Sandi menunjukkan bahwa orang ini pun sering berganti nama di media sosial dan mengaku sebagai David Young, Evan Johnson, Terri Ferel, Julius Doh, Davison Allyn, Gilbert, Arnold, Alex Ray, James, Thomas, Davis, Mark Markel, Michael Shery Celrk, Newton, Nelson, Michealson, General Chandler, Smithblay, Johnson, Mark Anderson, Helison Hlinton, Frank GorencBarret, Cooker, Gary Larsen dan sebagainya.

Modusnya bisa Beraneka Rupa

Modus yang paling sering digunakan setelah berkenalan dengan calon korban adalah: ingin mengirimkan sesuatu; bisa berupa (katanya) uang dalam jumlah besar atau barang hadiah yang sangat berharga. Tentu saja hal ini mereka lakukan setelah mendapatkan nomor telepon/Hp dan alamat korban.

Selanjutnya mereka mengatakan bahwa barang sudah dikirim. Tidak lama setelahnya seseorang akan menelpon bahwa barang kiriman  yang sangat berharga tersebut sudah sampai tetapi tertahan di bandara dan si penerima harus membayar bea masuk dan pajaknya terlebih dahulu. Atau mereka mengatakan bahwa barang tertahan di Singapura, Malaysia atau negara lainnya. Calon korban lalu diminta membayar biaya-biaya agar barang tersebut bisa dikirim. Singkatnya, barang tersebut sebetulnya tidak ada.

Sejumlah korban telah mennjadi korban. Ada yang kehilangan belasan juta sampai ratusan juta rupiah, hanya karena pertemanan yang bermula dari dunia online. Baca info lengkap bahayanya modus-modus ini di artikel ini: Tipuan pengiriman barang dari luar negeri atau Jelita pun tertipu “Jenderal Amerika”

penipuan_pacaran_online

Amankah pertemanan online?

Pengirim dan orang-orang yang menghubungi korban sebetulnya merupakan satu jaringan kejahatan yang bekerjasama untuk menjerat korbannya. Modus-modus ini sendiri dikenal sebagai tipuan Nigeria, karena dulu banyak dilakukan oleh jaringan penipu dari Nigeria. Akan tetapi dewasa ini, praktik penipuan yang sama telah dikembangkan dengan berbagai variasi, tidak hanya oleh orang Nigeria, tetapi dari berbagai negara.

Pelakunya pun tidak selalu bule, malah kebanyakan selama ini yang terungkap, para pelaku berasal dari Afrika, tetapi juga menjaring kerjasama dengan penduduk lokal untuk memperlancar aksinya.

Tips Menghindari Penipuan Modus ini

Untuk menghindari penipuan ini, sebetulnya sangat mudah. Antara lain, jangan pernah membuka email dari orang yang tidak Anda kenal. Bisa jadi itu email spam penipuan, atau email yang mengandung virus yang akan membuka jalan bagi para penipu mengakses dan mencuri data-data pribadi Anda di komputer. Selanjutnya mereka bisa menggunakan data-data tersebut untuk mengkases rekening atau kartu kredit Anda.

Manfaatkan juga kesaktian mbah Google. Jika mereka memberikan nama, nomor telepon, atau email, segera lacak di Google. Jika Anda beruntung, Anda akan menemukan review atau informasi dari orang lain tentan gpenipu tersebut. Trik ini cukup manjur apalagi bila si penipu telah lama beraksi dengan identitas tersebut.

Jangan lupa untuk selalu mengedepankan akal sehat dan tidak mudah percaya dengan penawaran dari seseorang yang baru Anda kenal di dunia online. Dan yang paling penting, jangan pernah mengirimkan uang saat mereka mulai meminta bayaran, apapun alasan atau bujukannya, baik dengan cara yang santun ataupun mengancam. Jika Anda merasa terganggu atau terancam, laporkan segera ke pihak berwajib.

Sejumlah pelaku selama ini berhasil tertangkap justru karena laporan dari masyarakat.

Thx to: Http://sandinaora.blogspot.com

Iklan

Comments

  1. Waaaaaah bner” bermanfaat bgt info ini (y) baru saja saya dkat dgn seorang bule yg ngakuny Army US yg sedang ϑΐ Afghanistan,untung saja saya punya feeling untuk mencari tahu dan merasa ªϑª keanehan.Kali ini agak sedikit berbeda,seseorang itu ngakunya wanita loh.waaaaah baru lagi kayaknya -_-‘ pokokny tetep waspada deh,jgn sampe menyianyiakan uang kalian hanya demi penipu sprti mreka..
    #belajar dr pengalaman sblumny,ketipu 12jt dgn modus online Batam trnyta tinggal ϑΐ banjaran dan itu org batak kayakny.Buset kasian bgt nma batam n banjaran tercemar dgn org” sejenis mreka ini 😦 selama ini selalu ga prnah mempan dgn hal” sprti itu eh malah kena,ga org lokal atau asing kalo emg otak nipu Ɣªª tetep nipu.Orang” sprti itu sgt merugikan!!! Untungnya saya msih pnya logika dan tdk ingin jatuh ke lubang yg lebih besar lg.

  2. Ika Asfandi says:

    Hati hati…baru baru ini beraksi lagi. Saya hampir jadi korban. Untung saya cepat tanggap. Lewat mbah Google saya cari tau. Mana ada orang mau ngirimnduit 3 juta $ dolar setara 30 miliar cuma cuma, bego ajaaa. Rayuaaan mauut nyaaa, heleeeehhhh kampreeet . Hahahaaa….hati hati Jhonson Terry,atau brigadir jendral jjonhson alex. Pokok nya jhonson jhonson gtu dech. Bego nyaaaa lagi setiap aksi modus tipu nya dia menggunakan nama jhonson. Goblooook bgt tu bule miskin. Hahahahhaaaa.

  3. mks mbah Google skrg sy bs tdr kmr sy ga bs tst mslhnya mo dpt krman pakt duit us$ 2jt biarin tar si cewe bule bim

    • Bagaimana jika sdh trlnjur mngirimkan data nama,alamat,email dan nmr tlp. Lngkah.apa yg hrs digunalan biar tdk tertipu

  4. saya berkenalan dengan seorang cowo dari amerika yang bernama abdul ali dia mengaku bekerja di perusahaan oil and gas dan baru beberapa minggu berkenalan sama ali anehnya dia bilang kalau dia dapat kontrak jobs dan saya disuruh untuk berdoa demi kesuksesannya pas dia dapat kontrak tersebut dia langsung ketawa dan bilang dia bakal pergi untuk perjalannan kerja selama 2 bulan sebelum dia pergi dia belanja dulu untuk persiapan pergi dan dia juga bilang membelikan saya beberapa barang untuk ucapan terima kasih dan katanya hadiah itu sebagai rasa persahabatan dan dia meminta saya segera mengirimkan nama , alamat ,email dan nomer telepon alasannya dia bakal pergi pas saya tanya kapan berangkat dia malah ngeles dan menganti topik yang semula meminta nama , alamat , email , nomer telepon dan dia terus maksa supaya saya cepat mengirim nama , alamat , nomer telepon dan saya langsung kasih tapi bukan nama asli saya yang saya kasih ke dia tapi nama palsu saya yang saya kasih ke dia dan alamat juga bukan alamat asli rumah saya karna saya takut isi paket itu narkoba . terus apa yang saya harus lakukan

  5. tini sumartini says:

    bantu menghindari penipuan jendar bule AS yang mengaku bertugas di suriah

  6. ahaaaai… aku juga diadd di skype…keukeuh juga ini si bapak….untung sudah pernah baca … dengan poto yang sama….hellooo…kreatif dikit kenapa….pakai nama williams ken tp poto pak jendral hasil potoshop…

  7. sy dpt inbok dr si bule bernm mr erman weking gea anggota ISAF…tlong bsa kash info lbh jauh lg tentang dy…krna sy merasa berbau penipuan jg.
    krn sy sdh mmberikan nm alngkp,almt lngkap jg nope sy..ampe fto KTP sy ..sy kash..krna dy memnta.biasa modus…mu ngrimin duit…

  8. Djois P.H Serang says:

    Dua bulan yang lalu, ada bule Amerika add di facebook aku…karena memang sedikitx gw tau sedikit tentang bule-bule penipu jadi malah aku hapus dia sebagai teman…dia gak kalah terus mengejar mendekatiku, dia kirim inbox beberapa kali dan ngasih PIN BB-x buat aku invite…karena aku gak invite juga dia terus minta PIN aku…karena pikir-pikir siapa tau, dia orang baik…akhirx aku invite dia jadi teman. Tiap hari dia BBM aku tanya kabar seputar kegiatan…lama-lama juga kami akrab berbagi pengalaman (saya tetap menjaga hal2 yang tidak harus dia tau/rahasia) karena selalu waspada dengan yang namax Scammer…dari nama keluargax Ayah, Ibu, tempat dia beribadah termasuk makanan kesukaanx dia bilang ke aku sampai alamat kantorx “Exxon Mobil” karna sedikit aku tau tentang Scammer berbagai cara aku kerjai dia…mulai minta dia berulang-ulang untuk ganti foto profil…tanya ulang tahunx…dan berapa kali aku sampaikan ke dia…aku takut kalau dia seorang penipu…dan dia menegur aku dan bilang…caraku menyakitix…katax dia tidak serendah itu…dia katanya punya harga diri dan punya karir yang dia banggakan….dia mengaku Ibux dari Bali (Denpasar) dan Ayahx Amerika…itu makax dia memakai nama “Yayun Faristin”…Selama kami menjadi teman BBM-an, dia tidak pernah minta apapun dari aku…justru aku yang coba mengetes dia minta bantuan dana untuk usaha…tapi karena dia minta data lengkapku…aku malah hapus dia dari kontak BBM…Mohon petunjuk, saya tetap takut kalau dia itu Scammer…Terima kasih!

  9. saya mgkin telah trtipu oleh tntara yg bernama joe kim dia mgaku tentara yg aedang brtgas di kabul afgnistan sy tdk trtipu dlm bntuk apapun…tp hati saya yg sabgsssakit krn tlah tlnjur mnyukainya iny.ak sangt myesa
    l.I hate..

  10. Saya sudah 2 kali mendapat tipuan nigeria ini, tp alhamdulillah saya masih diselamatkan karena info dari google ini. Yang pertama bernama greg janson seorang jendral US yg bertugas di suriah dia mau ngirim uang sebesar 1,5 jt dollar. Dan yang ke dua bernama paul cox orang inggris yg bertugas di kabul afganistan dia mau mengirim uang sebesar 2,5 jt dollar. Tp saya masih beruntung dengan info yg saya dapatkan di sini. Jadi berhati hatilah kepada siapa pun kalau ada pesan masuk ke facebook. Ini menjadi pengalaman berharga saya. Terimakasih.

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: