Asuransi Kesehatan

asuransi_kesehatan

Asuransi kesehatan terbaik seharusnya merupakan pelindung penghasilan Anda disaat sakit. Mengingat biaya perawatan RS yang semakin meningkat, asuransi kesehatan sebetulnya mutlak dimiliki setiap orang. Berikut adalah pertimbanganasuransi kesehatan yang bisa Anda perlu Anda ketahui.

1. BPJS (Badan Perlindungan Jaminan Sosial Kesehatan) – Kesehatan

BPJS Kesehatan dimaksudkan pemerintah untuk memberikan perlindungan kesehatan dasar bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk warga tidak mampu. Premi BPJS sendiri cukup terjangkau sehingga memungkinkan setiap anggota masyarakat memperoleh akses pelayanan kesehatan secara bergotong-royong.

Kelebihan Utama:

  • Premi sangat terjangkau,
  • Langsung aktif, 14 hari sejak pembayaran premi pertama,
  • Tidak mensyaratkan masa tunggu terkait (gejala) penyakit yang mungkin sudah ada sebelumnya.

Kekurangan:

  • Layanan harus dilakukan secara bertahap berdasarkan rujukan, kecuali dalam hal darurat,
  • Layanan masih sering berbeda antar rumah sakit atau antar daerah sehingga sering dikeluhkan pasien,
  • Dalam prakteknya, tidak semua obat dan layanan dicover olek BPJS,
  • Tidak terdapat uang pertanggungan / santunan bagi penderita sakit kritis, kecelakaan, atau meninggal. Padahal disaat sakit kritis / kecelakaan, keluarga bisa saja sekaligus kehilangan sumber penghasilan. Terlebih jika yang bersangkutan meninggal.

Namun demikian, BPJS sendiri sangat serius membenahi diri dan memperbaiki layanannya bagi masyarakat. Selain itu, karena bersifat wajib, pada akhirnya nanti semua masyarakat Indonesia wajib terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

2. Asuransi Kesehatan Tambahan

Manfaat asuransi bisa menjadi semakin maksimal dengan asuransi tambahan yang disediakan oleh sejumlah perusahaan asuransi swasta. Seorang nasabah asuransi swasta biasanya tidak terlalu rumit untuk mendapatkan layanan kesehatan, terutama rawat inap. Biasanya pasien membayar tagihan RS terlebih dahulu lalu diganti oleh perusahaan asuransi kemudian. Ada juga yang menggunakan fasilitas kartu (cashless), dimana pasien cukup menunjukan kartu saat akan dirawat, lalu semua biaya yang dicover, ditagihkan ke perusahaan asuransi.

Beberapa Manfaat yang BISA diperoleh di Asuransi tambahan antara lain (pilihan):

  • Pertanggungan jiwa yang dibayarkan bila nasabah meninggal atau mengalami kecelakaan sehingga dapat meringankan beban keuangan keluarga. Umumnya nasabah memanfaatkan fasilitas ini sebagai warisan. Pertanggungan jiwa biasanya sampai dengan usia 99 tahun.
  • Layanan kesehatan umumnya lebih baik, sesuai dengan kelas yang diambil.
  • Terdapat uang pertanggungan untuk penyakit kritis. Uang pertanggungan langsung cair disaat tertanggung terdiagnosa salah satu dari penyakit kritis. Dana ini sangat penting untuk bagi keluarga disaat anggota keluarga mengalami sakit kritis.
  • Libur Premi. Nasabah tidak perlu membayar premi asuransi disaat terdiagnosa salah satu penyakit kritis. Premi akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi.
  • Terdapat santunan harian bagi keluarga yang menjaga nasabah
  • Terdapat opsi perawatan alternatif (resmi) sampai dengan limit tertentu.
  • Ada juga yang meng-cover rawat jalan tambahan setelah rawat inap. Misalnya fisioterapi.
  • Dapat dipergunakan untuk pengobatan diluar negeri.
  • Kapasitas coverage besar, milyaran per tahun.
  • Bisa digabungkan dengan tabungan / investasi. Namun investasi hanyalah bonus, sebaiknya tidak menjadi tujuan utama dalam berasuransi.

Jenis fasilitas dapat berbeda-beda antara masing-masing perusahaan asuransi, dan premi pun bisa bermeda sesuai dengan fasilitas manfaat yang Anda pilih. Pastikan Anda mencermati penjelasan manfaat produk asuransi dengan teliti.

Tips memilih produk dan perusahaan asuransi terbaik:

  1. Pilihlah perusahaan yang memiliki basis keuangan yang baik dan terpercaya. Track record dan nama baik sangat penting.
  2. Pastikan agen yang memperkenalkan produk asuransi kepada Anda telah bersertifikasi dan memahami dengan baik produk asuransi yang ditawarkannya,
  3. Pahami hak dan kewajiban Anda sebagai peserta asuransi. Kenali juga hal-hal yang bisa menggugurkan hak Anda. Poin-poin ini bisa saja berbeda antara satu perusahaan asuransi dengan yang lainnya,
  4. Pahami dengan baik kemudahan cara mengajukan klaim. Pilih perusahaan yang memiliki layanan online, juga fasilitas kartu (cashless).
  5. Ketahui dengan baik dimana Anda bisa menggunakan jasa asuransi tersebut. Misalnya dalam hal asuransi kesehatan, ada perusahaan Asuransi yang membatasi nasabahnya untuk menggunakan hanya RS tertentu atau apakah pelayanannya bisa mencakup saat Anda bepergian atau pindah domisili ke kota lain,
  6. Kumpulkan informasi dari berbagai pihak. Internet menyediakan beragam informasi untuk Anda. Pengalaman teman atau kerabat dalam mengajukan klaim asuransi dapat juga  menjadi masukan yang baik.

Rekomendasi Howmoneyindonesia untuk Anda

Anda ingin mendapatkan manfaat maksimal untuk asuransi terbaik untuk Anda? Silahkan isi formulir di bawah ini sebaik mungkin, agar kami bisa memberikan gambaran manfaat maksimal asuransi:

Asuransi merupakan uang kecil yang pasti memberikam manfaat besar dalam resiko ketidakpastian.

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: