Tipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri

Beaq CukaiPenipuan dengan modus pengiriman uang atau barang, hadiah, hibah ataupun warisan dari luar negeri semakin marak akhir-akhir ini menjerat sejumlah korban. Biasanya calon korban dijerat melalui perkenalan online, ataupun email spam yang dikirim para penipu online. Tak sedikit korban yang mendatangi Kantor Bea Cukai menanyakan paket yang katanya “tertahan” oleh Bea Cukai.

Dari dokumen yang dibawa oleh para korban, terungkap bahwa mereka tertipu oleh kawanan sindikat yang meminta para korban mengirim uang ke rekening tertentu agar paket mereka dapat diantar ke alamat. Menyikapi hal tersebut, pihak Bea Cukai menandaskan bahwa semua pembayaran terkait pajak atau bea masuk barang kiriman, harus dilakukan melalui bank pemerintah, langsung ke nomor rekening atas nama: Bendaharawan Kantor Bea Cukai, bukan ke rekening perorangan.

Akhir bulan Mei 2013 lalu, pihak kepolisian meringkus setidaknya empat orang yang beraksi di Bandara Soekarno Hatta. “Mereka menjanjikan pada korban untuk proses pengambilan sekaligus pengiriman barang impor ke tempat tujuan, dengan meminta bayaran tapi barang tersebut tidak benar-benar dikirimkan,” jelas Kasubdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Helmy Santika, saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, sebagaimana dilaporkan KOMPAS.

Barang tidak jadi dikirimkan karena sebetulnya paket tersebut tidak pernah ada alias paket fiktif. Karena itu masyarakat perlu waspada dan mengenali modus tipuan ini sebelum terlanjut terjerat.

Kenali Modusnya

Penipuan jenis ini tergolong jenis “tipuan Nigeria“. Pengirim barang biasanya berkenalan dengan korban melalui email spam atau aneka modus penipuan facebook. Korban biasanya diimingi hadiah undian, barang hibah, sumbangan, atau warisan dalam jumlah besar, sehingga mudah terperdaya. Selanjutnya para penipu akan mengirimkan tanda bukti pengiriman paket (airway bill / AWB) yang bentuknya sangat meyakinkan. Tidak jarang pula mereka menggunakan ‘International Diplomatic Courier’ dan mengatasnamakan lembaga-lembaga internasional atau diplomat negara tertentu.

Baca lebih lengkap: Modus Tipuan Nigeria

Korban yang menerima airway bill tersebut, jika tidak teliti, akan segera percaya jika penipu lainnya menelpon lagi mengatasnamakan petugas Bea Cukai atau petugas cargo bandara yang meminta pembayaran ongkos kirim atau bea masuk agar paket bisa diantarkan. Tidak jarang penelpon mengancam akan mengembalikan paket jika tidak segera dibayar dan diambil. Penerima paket terkadang juga diancam akan dituntut karena melecehkan ‘Diplomatic Courier.’

Pihak Bea Cukai menegaskan bahwa jika masyarakat menghadapi situasi tersebut, segera sadari sebelum terlambat bahwa Anda kemungkinan sedang menghadapi penipu.

Kenali Ciri-ciri Penipuan Pengiriman Barang

Penipuan pengiriman barang dari luar negeri sebetulnya dapat segera dikenali, antara lain:

  • Penerima barang mendapat pemberitahuan tentang kiriman barang melalui email SPAM, facebook atau media sosial lain, dari orang/pihak yang tidak dikenal, atau baru saja dikenal di dunia online,
  • Pemberitahuan tersebut berupa surat atau bukti pengiriman dengan format yang sangat meyakinkan (lihat gambar di bawah), terkadang juga menggunakan nama-nama institusi, terkenal. Perusahaan yang tertera di bukti tersebut biasanya tidak terdaftar di Indonesia.
  • Pengirim dan penerima barang (kebanyakan berlainan jenis kelaminnya) biasanya berkenalan dari internet (baca juga: Penipuan Kencan Online).
  • Penerima barang diminta mengirim ongkos kirim atau pajak/bea masuk ke rekening pribadi, biasanya atas nama wanita.
  • Penerima barang diberi jangka waktu yang singkat untuk mentransfer uang, dengan berbagai alasan atau ancaman,
  • Jika uang sudah ditransfer ternyata barang kiriman tidak pernah diantar ke penerima barang (karena memang tidak ada) atau penerima barang diberitahukan melalui telepon agar mentransfer uang lagi karena masih ada biaya yang harus dibayar supaya barang bisa diantar.
  • Apabila penerima barang tidak bisa atau tidak mau melakukan transfer uang dan menginginkan menyerahkan uang tunai secara langsung, biasanya “mereka” menjanjikan untuk bertemu di Bandara Soekarno-Hatta dan setelah penerima barang datang ke Bandara Soekarno-Hatta “mereka” membatalkan pertemuan dengan berbagai macam alasan (atau memindahkan tempat pertemuan dan pada akhirnya akan dibatalkan juga) dan meminta penerima barang untuk mentransfer saja dengan memberikan jangka waktu yang singkat.
Bea cukai

Para penipu menggunakan dokumen yang terlihat meyakinkan, tetapi perusahaan-perusahaan tersebut tidak terdaftar di Indonesia.

Pengiriman barang dari luar negeri kebanyakan menggunakan perusahaan ekspedisi (perusahaan jasa titipan/PJT) misalnya Fedex, DHL, atau melalui kantor pos.  Pengiriman model ini, biasanya diantar langsung ke alamat penerima barang (door to door service), kecuali apabila barang kiriman tersebut:

  • beratnya lebih dari 100 kg;
  • terkena peraturan larangan dan/atau pembatasan dari instansi terkait; atau
  • dikenakan pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor (ada rincian bea masuk, PPN.)

Baca juga: Cara Menghitung Bea Masuk dan Pajak Barang Kiriman dari Luar Negeri

Dalam hal Anda mendapat informasi karena barang Anda masih bermasalah karena salah satu atau ketiga poin di atas, jangan segera membayar apapun sebelum Anda mengecek kebenarannya dengan cara meneghubungi Kantor Bea Cukai, atau menelpon langsung ke Contact Center Bea Cukai: 1500225.

Info selanjutnya dapat juga Anda baca di:  Begini Caranya Mengecek Kiriman Barang dari Luar Negeri.

Sekali lagi ditekankan untuk segera menyadari Anda ditipu, jika seseorang meminta Anda membayar ke rekening perorangan. Untuk pembayaran bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PDRI) selalu menggunakan Surat Setoran Pabean, Cukai dan Pajak (SSPCP) yang dibayarkan langsung ke bank pemerintah (bukan bank swasta) atas nama Bendaharawan Kantor Bea dan Cukai.

Jika Anda terlanjur telah tertipu dan mengirimkan uang, segera hubungi pihak berwajib agar dapat melacak keberadaan pelaku secepatnya. (AT)

Comments

  1. Maaf sblm nya.. Saya sdh kena tipu.. Lewat facebook.. Dan penipu nya sudah berangkat tadi siang dari london ke indonesia.. Jam 15:30 tgl 17 bln juli thn 2019. Mereka mau mengantar kn paket buat saya. Dan saya sdh memberi identitas ktp. Nama saya: mihardi. Agama islam. Mohon bantuannya. Sumpah demi allah saya tidak berbohong.

    • Saya juga kena ini bingung harus gimana
      Awalnya chat biasa dia ngiming 2 ngasih hp iPhone … Saya ladenin ngasih alamt saya terus katanya paket sudah dikirim terus dia bilang bahwa dia sudah memasukkan uang senilai 300,000 dolar saya kaget saya minta dia cancel pengiriman nya dia gk respon aduh saya bingung harus gimana saya takut harus gimana saya udah lapor cuma blm ada tanggapan melalui lapor go id saya takut gmna mna

  2. Ya..baru beberapa hari ini saya juga tertipu..mereka memakai modus mengirimkan uang dalam bentuk parsel..tapi semua nonsen..ujung ujungnya uang habis..kesana sini ngecek barang ternyata nehillll.

    • Bagaimana jika sudah menjadi calon korban penipuan pengiriman hadiah dari luar negeri?? Mohon balasannya krn sepertinya saya sudah jadi calon korban penipuan tersebut.. apa yg harus saya lakukan??

  3. Hendro winata says:

    Pada hari jum’at tanggal 2 agustus 2019 kemaren saya terlanjur kirim uang yang katanya buat pajak paket yang akan di kirim, saya baru terpikir jangan2 saya sudah kena tipu, katanya paket sudah dikirim pada sore hari nya yaitu jum’at tanggal 2 agustus 2019 sore, dan saya juga di beri tau kalo paket akan sampai sekitar hari senin atau selasa tanggal 5 atau 6 agustus 2019..
    Mohon pencerahan nya

  4. siang semua,,
    saya hampir terjadi hal yang sama, ini tahun 2019 masih ada modus seperti ini, pria berkenalan lwt IG lalu chat, kalo sbg teman saya layani, pikirnya ga rugi berteman, bilang bla.. bla.. ga percaya iyakan saja. Ngaku jepang tp ga ada aksen jepang dan blg lahir dan besar di US. ehm terusin aja, sampe dia blg mau kiirm parcel hadiah dari mamanya… ga lama dari itu,, jreng.. jreng.. wa datang mengatasnamakan perusahan kurir internasional minta uang 20.600.900 rupiah buat pajak dll, saya tahan transfer krn ragu kenapa mrk minta dikimkan k rekening pribadi. cek online dengan Costom/ Bea cukai, dan menytakan semua pajak dikirim k negara. Confirm yang ngaku agent bilangnya kalo pajak kurang dr 100 juta dikirim k rekening acoounting manager. makin curiga koq minta alamat kantornya ga dikasih, kalo legal ngapain mereka takut.
    make sure sama pengirim minta track number, dll juga ga d kasih, ya makin curiga,, dikata2in lah saya,, padahal dah paham. Jadi ada hal2 begini mending langsung cek k Web dan kontak centre bea cukai indonesia, mereka sangat membantu

  5. Siti maesaroh says:

    Saya mau bertanya kemarin saya dikirim paket dengan pacar saya dari England
    Tapi saya menerima tlpn dan wa si suruh membayar sebesar 10.200.000
    Sudah saya tranfer tapi skrng di minta lagi untuk membayar sertifikat 10 juta
    Tolong izinkan mencari paket pengiriman apakah benar saya harus membayar segitu banyak?🙏🙏🙏

  6. kurir eaglesford dari inggris, ada tdk sih?
    apakah memang penipu bisa pakai tipuan kurir?

  7. Dorlan karolina says:

    Saya mau tanya.. sekarang ini saya punya kenalan dari UK lewat FB lanjud ke wa..
    Dia bilang mau kirim hadiah dan dia bilang sampai 2 hari lewat best way.. memang belum ada yg telepon saya minta uang tapi saya curiga dengan resi yang dia kirimkan.. apakah bisa emas dan uang dikirim lewat paket?

    • Semua barang bisa dikirim lewat paket, tentu dengan resiko.masing2.

      Waspada bisa mereka dah mulai minta transfer uang. Apapun alasannya, jangan.

    • Saya juga ini baru kenal orang online. Dy bilang kirim saya macem2. Lalu saya di WA dari Bestway Delivery Services kalo saya mesti bayar 20 juta rupiah. Saya sudah transfer ke rekening perorangan tapi untungna ditolak transaksinya. Dy minta pembayaran via cash di deposit ke rekening bank orang ini. Saya dpt AWB juga bisa ketrack di web yang mereka kasih tapi kalo cek di web bea cukai gak keluar AWB yang saya diinfokan itu. Apakah ini juga penipuan ya…? Hebat sekali. Sampe skrg orang yang saya kenal online dan delivery servicenya masih nyuruh2 saya transfer.

  8. Sri haryati says:

    Terkait pengiriman barang hadiah yang dikirim dari seorang yg bernama : Stanley dan berakun instagram : stanley maxi1000
    Hp: +447448570568
    Profesi sebagai : dokter ( pengakuannya)
    Asal : London United Kingdom
    Bekerjasama dengan Mega Saputri alias Lia mengaku sebagai petugas bea cukai pihak kedua yg meminta uang terkait dengan pengiriman barang mewah yg hrs di bayarkan pada pihak bea cukai sebesar 7 JT.
    dokter Stanley selaku pengirim barang fiktif mengejar” supaya transfer supaya barang dpt diproses..
    Seperti terhipnotis saya transfer uang tersebut di ATM atas nama Mega Saputri sebesar yg di tunjukan tersebut. Bukti tranfers msh sy simpan . Mega Saputri alias Lia Hp: 085776283706.saya sdh melapor pd pihak bank permata. Mohon segera di tindak lanjuti orang tersebut karena telah merugikan orang banyak .Sekian dan Terima kasih.

  9. Assalamualaikum saya di wa oleh orang Scotlandia yang mengaku duda dan sudah tua, saya tidak berhasil dia rayu karena saya bilang saya tidak tertarik dan punya suami, lalu dia menawarkan mau berinvestasi ke usaha saya. Saya iyakan saja saya pikir ini bohong biarkan saja. Ternyata dia info kan mengirimkan paket uang lewat agen diplomatik sudah saya curigai sedemikian rupa tapi dia berkeras untuk mengirimkan. Tadi saya dapat telepon bahwa paket tertahan di Batam dan saya harus menebusnya 5 juta agar sampai kepada saya. Lalu saya menolak. Dan sekarang orang asing itu marah dan mau menuntut balik saya atas semua beban yang dia keluarkan untuk pengiriman paket itu . Pertanyaan saya dimana saya harus melaporkan masalah seperti ini, agar saya terlindungi dari ancaman mereka. Mksh

  10. Hai saya mau nanya nih skrng ada yg kiriman pesanan dari UK dan sudah ada no resinya tapi kenapa ea pas di cek tidak ada barangx dan di suruh membayar bea cukai

  11. SAMAAA!! Baru 3 hari yang lalu dapat telp dari pihak cs bandara ngurah ray Bali dIsuruh tranfer duit 55 juta ke rek pribadi. bilangnya sih bayar pajak karena isi paketnya barang2 berharga. dih mo makan aja susah die minta duit 55 juta hahahaha najis

  12. Saya juga kena tipu via Facebook,ada kah nomer WA khusus bea cukai khusus pengaduan tentang penipuan berkedok paket dari luar negri

  13. Ani sarma says:

    Berbgi pengalaman, saya di ajak kenalan sama org inggris, mmang bnar no tlp dia dri inggris, setlah sekian lama bla bla bla dia ingin mmbrikan sya hadiah, tpi stlah brang smpai d jakarta aku harus mmbayar 7jta,busyett 7jta drimna muntahin tuh duit haha tpi bodohnya saya krna prcya saya msih tf uang tpi bru 3jta, abis tf bsoknya tuh org ngaku dri express blang hrus melunasi (dlam hti “bukannya kmren blang bisa dkirim wlu stngah dlu, wah ini penipuan”) aduuhhh sumpah melayang duit 3jta,ywdahlah anggap sedekah sama org susah. Teman2 jgn jdi korban berikutnya.

  14. Astaga, kok bisa sama ya aku juga mendapat kenalan dari America kenalnya dari IG dan dia katanya ngirim barang2 mewah kyk baju tas sepatu perhiasan dan uang.. tapi gw uda mulai curiga mana ada sih orang baru kenalan 1 bulan mau kirim barang2 kayak gitu.. kan baru kenal dan ga masuk akal banget.. td aku dapat info barangnya uda sampai di Indonesia dan kena cas 10 jt nah makin curiga lah aku.. mana mba kurirnya bertele2 lagi, gw minta No wa dia ga di kasih, trus anehnya suruh transfer tp ga kasih No rek nya.. aku bilang mba klo pembayarannya melalui pengirimnya aja bisa ga.. dan dia bilang ga bisa.. btw si pengirim dari kmrn2 nanya2 in terus dan gw makan curiga lagi ya kan… gw tau banyak penipuan di IG dan di FB tapi gw kaga bakal kena karena gw sengajain tanya ini itu, dan biar bisa di per jelas lagi.. klo saya di suruh keluar uang ga bakalan mau saya, ogah banget barangnya aja blom keliatan,,.. dan kalo ada niat baik dari si pengirim ga perlu bertele2 gini pasti langsung sampe ke rumah barangnya, dan dia anehnya kenapa kayak maksa ngotot banget biar tuh paket nyampe ke rmh gw.. ternyata dari sharingnya kalian gw tau ini modus penipuan,.. pokoknya lebih cermat lagi aja.. dan si pengirim dia bilangnya ga tau pake IG trus IG lamanya dia di hapus kan gw makin curiga.. udah lah gw iklasin aja tu barang.. klo emang ada mending untuk mba kurirnya aja la dari pada aku mesti bayar 10 juta ogah banget.. itu duit besar 10 juta menurut gw,, klo dia niat mau kasih tu barang si pengirim aja yang bayarin tu paket… hahaha.. gw rugi waktu sm pulsa aja di modusnya mereka..

  15. Ince saudale says:

    Saya mendapatkan paket dari luar negeri dan saya di telpon untuk membayar uang…tetapi saya ragu untuk membayar….no rekening atas nama pribadi

  16. Tanya dong ada gak perusahaan kuris dr amerika Courier webiste; https://rapiduscourierservice.icu/
    Sy cek ada websitemya. Tapi pada saat sy track no resinya tidak bisa.
    Saya takut kena tipu karena teman saya blg dia kirim barang dr Austin Texas. Dia blg dia selipkan uang cash utk saya ambil pd saat hrs membyar biaya kirim ke alamat saya.
    Mohon pencerahannya. Terimakasih

  17. Saya baru baru ini ada kenalan dari thailand tapi bekerja di texas. Dia bilang sudah mengirimkan barang, tas ,sepatu, uang dan lainnya. Dia bilang bahwa barang itu sudah sampai di bandara soekarno hatta. Saya minta no resinya. Dia kasih no resi nya : 969_24_664 sudah saya cek. Barang itu tidak ada. Tapi perusahan deliver minta transfer untuk uang pajak sebesar $600 Dollar Amerika. Apakah ini termasuk kasus penipuan? . saya binggung dan masih curiga. Tolong ding masukkan nya

  18. Ini lain lagi kasusnya bukan kiriman barang. Sepupu saya kenalan via ig dgn seorang pilot. Si pilotnya mau izin cuti untuk ke Indonesia mau menemui sang sepupu saya. Sepupu saya menulis email permohonan cuti ke perusahaan atas oermohonan sang pacarnya. Anehnya disuruh membayar kalau mau cuti. Berdasarkan lamanya cuti jumlah pembayaran. si sepupuh saya ini yang akan membayar. Aku larang sepupu aku. Takutnya ini scam email.dikirimkan email britysair.vacation@yahoo.com. tolong masukannya donk.

  19. Sulistyawati says:

    Saya dpt paket dari endiburgh tapi saya srh byr biaya administrasi sebesar 7 juta

  20. Bambang irawanto says:

    Saya salah satunya yg lagi di kejar” dr pihak cukai bandara di kasih no rekening BTN atas nama seseorang…saya wa nan lgsg dr nomer+44…

  21. Saya juga mungkin sudah di tipu,
    Saya kenalan sama seorang wanita dari Amerika dan katanya saat ini dia sedang bertugas di Suriah terus mau kirimkan saya uang dalam bentuk paket karena suriah sedang tidak aman jadi mereka dia kirim uang dalam bentuk paket, terus sesudah barang sampai saya di hubungi untuk membayar pajak sebesar 9 juta kepada nomor rekening pribadi atas nama Marzini

    • Jeka siregar says:

      Bang,apa nama FB Abang soalnya saya juga dapat kiriman paket dari sirya berupa koper yang berisi uang,bahkan dia mengirim saya Poto Potonya pas pengiriman dan bahkan ada resi pengirimannya,maksudsaya mana tau persis sama dengan Abang kasusnya,dia atas nama:sgt Levi anderson

  22. Kacong madura says:

    Maaf sadaraku semua yg ada di indonesia..jgn prnh takut dgan ancaman mereka.saya jg gitu.saya dijanjiin uang sekian lewat paket.tp stlh paket dtg saya dsrh byr biaya izin pendaratan.tp gk saya byr.yg biayanya ( $ 1000 dolar ) atau sekitar 14jt.dan dia mengacam saya untuk brtanggung jwb.jika paket disita..jgn prnh takut dgn ancaman..ancam balik bila mereka mngancam anda.jgn prnh takut selagi kita benar.

  23. Saya juga berkenalan dengn seorang pria luar negri asli london..dia ktanya akn mengrimkan pket ke saya…tpi dia melampirkan air wal bill dan deposit.apkh ini penipuan

  24. Trima kasih info nya syukur saya. Belum kena tipu karena kiriman. Parcel

  25. Saya di sini akan dkrim kenalan dari London dia blang mau krim saya barang berupa uang 50 dolar dan berjanji hari ini akan datang baru kenal lewat wabsab kemarin apa yg harus saya lakukan jika dia menelpon atau meneror saya nanti nya tolong pnjelasan apa saya dsini sedang dalam tertipu trimaksi

    • Thamrin sitorus says:

      Siap siap aja dekat kantor polisi biar cepat ketangkap penipunya.buat laporan sama pihak polisi terdekat.berikan no mor yg mau menipu ke pihak polisi.kalu polisinya nga mau terima laporan pidion aja .biar viral..

  26. Saya juga baru2 tertipu katanya dikirimkan paket dari london baru saya sudah banyak kasih keluar duit karena katanya ada biaya2 yang harus dibayar na pas mau disrh lagi bayar baru sadar kalau saya ditipu habis2an bagaimana solusinya supaya uang2 yg saya transfer bisa kembali mohon di bantu karena semua uang saya habis di tipu sama jass pengiriman yg kasih tipu

  27. Saya juga sudah ditipu,kenalan di ig baru dia katanya langsung kirimin paket berupa uang 50000 dollar,emas berlian dll tapi malah saya disrh bayar sama jasa pengiriman baru saya dah trab saya transfer uang baru sudah saya transfer asa lagi dibsurih bayar lagi jadi uang saya habis gara di tipu

  28. Ini saya baru mau mengalami mau dapat paket kiriman diplomatic deliver experes yg jumlahnya total 2.000.000$ dolar
    Tp sy sadar

  29. Kalau diteliti Surat atau Photonya Palsu atau Asli Tapi Editan. Cermat dan Teliti dan Segera Tolak Permintaan Penelepon Penipu

  30. Saya hari ini dapat paket dari luar negri tapi saya di suruh bayar 5 juta ke bamdara

  31. Saya juga di tipu saya sudah TF uang sebesar 2jt. Dan mereka bilang ada masalah jadi harus mengirim 5jt lagi. Lalu saya Bokir tidak lama kemudian ada pesan masuk mengaku poldalam metro jaya Bahwa saya di laporkan oleh petugs

  32. Tidak dikenal,mengirim barang/paket.dari pihak cargo mengatakan bila tidak bayar pajaknya akan dimusnahkan..ini dari pelabuhan di Denpasar Bali..

  33. Sabtu 1 April 2023….pihak jasa pengiriman barang dari luar negri bernama one way delivery company, sayabtanya alamat perusahannya pun tdk ada. Dan terus mendesak saya..

  34. Saya belum sampai mentransfr uang karna dia jg blm ada permintaan tetapi dia memberitahukan kalau dia sudah memaketkan beberapa hadiah buat saya..
    No dia sudah saya blok..
    Tp ada nomer baru mengatas namakan kurir paket.tp tdk saya balas.bagaimana cara nya menyetop teror2 lain.karna no wa saya terlanjur mereka tau

  35. Asep Mulyana says:

    Saya akan dikirim barang berikut resi namanya blue areon,dan meminta pembayaran beacukai

  36. Hari ini 16 april 2023
    Ibu mertua saya memiliki teman melalui facebook, dia mengaku sebagai seorang pilot dan berkencan dengan ibu mertua saya,
    Setelah jelang 5hari dia akan mengirimkan paket berupa IPONE dan sejumlah uang hingga barang berharga lain nya.. Paket akan datang jalan waktu 1×24 jam.. Apakah itu termasuk modus penipuan juga, setelah saya cek TRANSWORLD DELIVERY SERVICE alamat yang di jakarta sudah tutup.. Bisa tolong bantu jawab..

  37. Nur Astri tanika says:

    Hari ini tgl 22 April 2023 Saya baru saja tertipu semalem saya transfer 900rb, org itu saya kenal dari Instagram dia tiba2 DM saya lalu berlanjut ke WhatsApp, lalu di memberikan hadiah yg cukup besar dengan alasan anak dia berulang tahun. Dan setelah dia kirim saya di suruh TF uang sebesar 3 juta biar paket nya sampai di Indonesia, saya sempat TF 900rb rupiah. Nama orang tersebut Ahmed Ludirson mengaku sebagai pilot dan tinggal di london.

  38. Assalamualaikum. Saya kena tipu saya sudah transfer sebesar 6.500 mohon bantuannya. Ini email yang meminta saya uang . firstclasslogisticsdelivery@gmail.com.

  39. wah macam macam ya cara jahat untuk hidup dengan menipu orang lain ..

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..