Iklan

Tipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri

Beaq CukaiPenipuan dengan modus pengiriman uang atau barang, hadiah, hibah ataupun warisan dari luar negeri semakin marak akhir-akhir ini menjerat sejumlah korban. Biasanya calon korban dijerat melalui perkenalan online, ataupun email spam yang dikirim para penipu online. Tak sedikit korban yang mendatangi Kantor Bea Cukai menanyakan paket yang katanya “tertahan” oleh Bea Cukai.

Dari dokumen yang dibawa oleh para korban, terungkap bahwa mereka tertipu oleh kawanan sindikat yang meminta para korban mengirim uang ke rekening tertentu agar paket mereka dapat diantar ke alamat. Menyikapi hal tersebut, pihak Bea Cukai menandaskan bahwa semua pembayaran terkait pajak atau bea masuk barang kiriman, harus dilakukan melalui bank pemerintah, langsung ke nomor rekening atas nama: Bendaharawan Kantor Bea Cukai, bukan ke rekening perorangan.

Akhir bulan Mei 2013 lalu, pihak kepolisian meringkus setidaknya empat orang yang beraksi di Bandara Soekarno Hatta. “Mereka menjanjikan pada korban untuk proses pengambilan sekaligus pengiriman barang impor ke tempat tujuan, dengan meminta bayaran tapi barang tersebut tidak benar-benar dikirimkan,” jelas Kasubdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Helmy Santika, saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, sebagaimana dilaporkan KOMPAS.

Barang tidak jadi dikirimkan karena sebetulnya paket tersebut tidak pernah ada alias paket fiktif. Karena itu masyarakat perlu waspada dan mengenali modus tipuan ini sebelum terlanjut terjerat.

Kenali Modusnya

Penipuan jenis ini tergolong jenis “tipuan Nigeria“. Pengirim barang biasanya berkenalan dengan korban melalui email spam atau aneka modus penipuan facebook. Korban biasanya diimingi hadiah undian, barang hibah, sumbangan, atau warisan dalam jumlah besar, sehingga mudah terperdaya. Selanjutnya para penipu akan mengirimkan tanda bukti pengiriman paket (airway bill / AWB) yang bentuknya sangat meyakinkan. Tidak jarang pula mereka menggunakan ‘International Diplomatic Courier’ dan mengatasnamakan lembaga-lembaga internasional atau diplomat negara tertentu.

Baca lebih lengkap: Modus Tipuan Nigeria

Korban yang menerima airway bill tersebut, jika tidak teliti, akan segera percaya jika penipu lainnya menelpon lagi mengatasnamakan petugas Bea Cukai atau petugas cargo bandara yang meminta pembayaran ongkos kirim atau bea masuk agar paket bisa diantarkan. Tidak jarang penelpon mengancam akan mengembalikan paket jika tidak segera dibayar dan diambil. Penerima paket terkadang juga diancam akan dituntut karena melecehkan ‘Diplomatic Courier.’

Pihak Bea Cukai menegaskan bahwa jika masyarakat menghadapi situasi tersebut, segera sadari sebelum terlambat bahwa Anda kemungkinan sedang menghadapi penipu.

Kenali Ciri-ciri Penipuan Pengiriman Barang

Penipuan pengiriman barang dari luar negeri sebetulnya dapat segera dikenali, antara lain:

  • Penerima barang mendapat pemberitahuan tentang kiriman barang melalui email SPAM, facebook atau media sosial lain, dari orang/pihak yang tidak dikenal, atau baru saja dikenal di dunia online,
  • Pemberitahuan tersebut berupa surat atau bukti pengiriman dengan format yang sangat meyakinkan (lihat gambar di bawah), terkadang juga menggunakan nama-nama institusi, terkenal. Perusahaan yang tertera di bukti tersebut biasanya tidak terdaftar di Indonesia.
  • Pengirim dan penerima barang (kebanyakan berlainan jenis kelaminnya) biasanya berkenalan dari internet (baca juga: Penipuan Kencan Online).
  • Penerima barang diminta mengirim ongkos kirim atau pajak/bea masuk ke rekening pribadi, biasanya atas nama wanita.
  • Penerima barang diberi jangka waktu yang singkat untuk mentransfer uang, dengan berbagai alasan atau ancaman,
  • Jika uang sudah ditransfer ternyata barang kiriman tidak pernah diantar ke penerima barang (karena memang tidak ada) atau penerima barang diberitahukan melalui telepon agar mentransfer uang lagi karena masih ada biaya yang harus dibayar supaya barang bisa diantar.
  • Apabila penerima barang tidak bisa atau tidak mau melakukan transfer uang dan menginginkan menyerahkan uang tunai secara langsung, biasanya “mereka” menjanjikan untuk bertemu di Bandara Soekarno-Hatta dan setelah penerima barang datang ke Bandara Soekarno-Hatta “mereka” membatalkan pertemuan dengan berbagai macam alasan (atau memindahkan tempat pertemuan dan pada akhirnya akan dibatalkan juga) dan meminta penerima barang untuk mentransfer saja dengan memberikan jangka waktu yang singkat.
Bea cukai

Para penipu menggunakan dokumen yang terlihat meyakinkan, tetapi perusahaan-perusahaan tersebut tidak terdaftar di Indonesia.

Pengiriman barang dari luar negeri kebanyakan menggunakan perusahaan ekspedisi (perusahaan jasa titipan/PJT) misalnya Fedex, DHL, atau melalui kantor pos.  Pengiriman model ini, biasanya diantar langsung ke alamat penerima barang (door to door service), kecuali apabila barang kiriman tersebut:

  • beratnya lebih dari 100 kg;
  • terkena peraturan larangan dan/atau pembatasan dari instansi terkait; atau
  • dikenakan pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor (ada rincian bea masuk, PPN, PPh Pasal 22 impor, dsb.)

Dalam hal Anda mendapat informasi karena barang Anda masih bermasalah karena salah satu atau ketiga poin di atas, jangan segera membayar apapun sebelum Anda mengecek kebenarannya dengan cara meneghubungi Kantor Bea Cukai, atau menelpon langsung ke Contact Center Bea Cukai: 1500225.

Info selanjutnya dapat juga Anda baca di:  Begini Caranya Mengecek Kiriman Barang dari Luar Negeri.

Sekali lagi ditekankan untuk segera menyadari Anda ditipu, jika seseorang meminta Anda membayar ke rekening perorangan. Untuk pembayaran bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PDRI) selalu menggunakan Surat Setoran Pabean, Cukai dan Pajak (SSPCP) yang dibayarkan langsung ke bank pemerintah (bukan bank swasta) atas nama Bendaharawan Kantor Bea dan Cukai.

Jika Anda terlanjur telah tertipu dan mengirimkan uang, segera hubungi pihak berwajib agar dapat melacak keberadaan pelaku secepatnya. (AT)

Iklan

Comments

  1. oscar kasiepo says:

    Selamat malam HowMoneyIndonesia, terima kasih atas artikelnya yg sangat bermanfaat bagi semuanya agar tidak menjadi korban penipuan. Saya juga mendapat inbox fb dari Seorang janda yg mengaku asal aceh tapi sebelumnya bersuami orang london, inggris. Suaminya meninggal dan memiliki harta banyak. Mereka tak punya anak. Dia sedang dirawat di rumah sakit kanker dan akan memberikan uang dlm jumlah 2,7 juta $ dikarenakan menurutnya saya orang baik yang dapat membantunya mendirikan yayasan amal atas nama dirinya & dia tak punya anak tuk diwariskan. Tetapi alhamdulillah puji Tuhan saya diselamatkan Tuhan dgn membaca artikel ini agar tak terjebak & terlibat modus penipuan ini. Sekali lagi terima kasih banyak atas artikel yg sangat membantu & bermanfaat ini. Semoga Allah SWT memberkati HowMoneyIndonesia & sukses selalu untuk HowMoneyIndonesia, Wassalam.

    • Kok kasusnya sama persis dengan yang saya alami, ngaku nya sakit kangker umurnya menghitung bulan, minta alamat kita sama photo tanda pengenal kita biar mudah ngurusnya kt nya untung tdk sy kirim tanda pengenal ma almt saya, klo ngak salah nama kusyanto rita, asal aceh.

  2. Saya baru saja mengalami hal serupa..untungnya saya tranfers uang. Ini nomor orang yg kontak barusan meminta uang ke saya.:082261288968.semoga bermanfaat utk berhati hati.terimakasih.

  3. Iya pak…tolong dari pihak kepolisian agar membasmi habis penipuan seperti ini,karena sudah makin merajalela.indonesia termasuk negara paling gampang untuk d masuki orang2 dari luar negri dn kriminal makin menjadi.tolong pemberitahuan tentang pe ipuan paket tidak hanya di infirmasikan via online…tetapi harus di sebarkan melalui sosialisasi dari pihak kepolisia ke masyarakat langsung,karena tidak semua orang mencari tahu ttng paket fiktif ini.dan masih bnyk masyarakat awam yg bermain medsos yg belum paham dn mengerti ttng penipuan ini

  4. Hallo how money indonesia.com
    Saya baru saja hampir tertipu dengan modus yg sama,,,

  5. Saya dan ayah saya baru saja tertipu dengan modus ini kemarin, dia menyamar menjadi tentara amerika yg sedang bertugas di irak, dan setelah beberapa waktu dia berhubungan lewat WA dengan ayah saya dia mau mengirim uang sebesar 2,5juta USD yang ia dapatkan dari pembebasan kilang minyak di irak dari tangan isis, dan ayah saya mendapat bagian sebesar 30% dari nominal tersebut. ayah saya pun tergoda oleh nominal tersebut. dan dia mengirim uang tersebut memakai kurir dari inggris lewat jalur diplomatik, dan tiba-tiba ada seseorang menelfon ayah saya dan dia mengaku sebagai orang TAX di bandara ngurah rai bali, dia menyebut bahwa si kurir landed di bali dan tidak bisa melanjutkan flight ke jakarta dan dia minta uang sebesar Rp6.5juta ke rekening BNI a/n yani maryani (0449978070) setelah uang tersebut sudah di trf beberapa menit kemudian dia kembali menelfon untuk kembali meminta uang untuk surat jalan koper tersebut sebesar Rp10juta karena koper tersebut todak tembus X-ray. saya otomatis langsung mencari kebenaran semua ini, kebetulan saya dan ayah saya sudah berada di bandara Soetta untuk menunggu kurir tersebut, setelah saya menanyakan ke bank BNI ternyata aktivasi rekening yani tersebut bukan dari bali dan uang sebesar Rp6,5juta yg sudah ayah saya trf sudah ditarik. sayapun langsung memberi tahu ayah saya dan mencegah nya untuk tidak mentransfer yang 10jt tersebut.
    modus penipuan ini sangat matang, dia mengirim foto-foto dia selama perang di irak, dan mengirim foto box dan cover berisi uang tersebut kepada ayah saya dan tidak luput foto paspor dari kurir tersebut.
    -nama tentara yg bertugas di irak (Carolline William) sbg: pemeran utama penipuan
    -nama kurir diplomatik PBB (Phillips) sbg: pengirim uang
    -(0815 1464 3418) sbg: orang yg mengaku bagian TAX di ngurah rai
    -BNI a/n yani maryani (0449978070) sbg: rekening penipu
    semoga berguna untuk kalian dan jangan sampai mengalami kejadian seperti saya dan ayah saya 🙂

  6. Terima kasih atas artikel pemberitahuan ttg penipuan ini n sangat bermanfaat sekali. Karena hr ini tgl.9 jan.2017 kk sy disuru trnfr sebesar 9jt utk pembayaran tax di bali krn beg2 semua sdh smpe bali smua brg2 yg mau dikirim difoto smua lwt ‘wa’ dan sy lsg ksh tau kk sy jgn mau krm2 uang utk byr tax yg ga jelas itu pwnipuan…alhamdulilah kk sy tdk jd utk m.girim uang trsebut n alhasil penipu tsb marah2 knp tdk jd byr tax nya….trims howmoneyindonesia

  7. Kk sy hmpir tertipu krna hrs trnfr uang 9jt krna sy ksh tau jgn mau krm uang sembarangan n g jelas gt akhirnya penipu tsb menghubungi kk sy lg ‘knp tdk jd byr tax nya n marah ga jls n nomor yg dihubungi pun no pribadi (rahasia ga kliatan nomernya)
    Alhamdulilah Y ALLAH diksh sadar n yang pun msh utuh

  8. saya sekarang juga sepertinya ingin di tipu, saya baru kenal seseorang di media sosial, stlah bbrap hari berkenalan, pria yg mengaku orang Jerman tersebut meminta alamat, yg tujuannya adalah ingin mengirim paket kotak dus yg di dalamnya uang dolar, dan dia mengirimkan bukti pengiriman dan kotak bosx tersebut, Alhamdulillah.., aku tau sebenarnya dia penipu, tapi ak masih biarkan sampai dimana permainannya, sekarang pengiriman sudah 5 hari berjalan, saat ak tanya knp paketnya belum sampai, dia blng tunggu saja, mkin dlm bbrp hri lgi sampai, saat ini ak masih menunjukkan hal baik dgn pria itu.., tgu waktu yg tepat dmn semua tindak tanduknya ketahuan., ini pengalamanku, semoga tidak ada lagi korban berikutnya, hendaknya pihak berwajib menelusuri masalah penipuan ini,..karena sudah banyak makan korban dan sindikat semakin merajalela..

    • Antonia Sukimi says:

      Saya juga saat ini sedang dalam proses pengalaman yg sama persis dg anda. saya ikuti saja sampai dimana permainan dia.. Dia ngaku bernama Aaron Teddy Evan di fb.

      • Sintya Natalia says:

        Sama juga, saya kenal dari instagram, trus berlanjut di WA. Skrg Instagram nya juga ud ga ad

    • Hai kak iena… saat ini aku juga sama…kurang lebih hampir sama dengan cerita kakak.sepertinya saya juga kena tipu nih, dan email terakhir dia, dia meminta alamat rumah, nama lengkap , alamat email dan nomer telepon saya, untuk mengirim paket tas ke saya. Saya memberi alamat,nama dan nomer telp saya. dia bilang dua minggu lagi akan datang paketnya, Semoga aja dia gak kirim tuh paket.

  9. Fuan maharani says:

    Barusan banget ibu saya juga hampir tertipu. Untung saya tau resi pengiriman luar negeri ke indonesia itu seperti apa dan td nya ibu saya tdk percaya dengan saya . Lalu saya suruh baca web ini dan akhirnya ibu saya menyadari bahwa ia hampir tertipu .
    Nama si penipu adalah “bright willson” ia mengaku kolonel tentara di syria.

    Terimakasih atas info nya ibu saya jd tdk tertipu😊

    • TERIMA KASIH INFONYA, SANGAT BERMANFAAT. INI SAYA LG NUNGGU PAKET PENGASUH ANAK SAYA KATANYA DR SYRIA, TP UTK SETIBANYA BARANG NANTI DISURUH BAYAR 12JT KATANYA AMBIL DALAM KOPER ITULAH. TP SAYA BILANG KE PENGASUH ANAK SAYA TSB HATI2 PENIPUAN. TP DIA SEPERTINYA PENASARAN BGT DG BARANG TSB. SKRG KATANYA LG DIKIRIM PAKETNYA. MAKANYA SAYA CARI2 INFO DULU KRN SAYA JG DULU PERNAH KETIPU DG MODUS BELI MOTOR ONLINE MURAH 6JT, BARANGNYA BAGUS TP TERNYATA PENIPUAN BERKOMPLOTAN

  10. Trimakasih atas info nya HowMoneyIndonesia, tadi pagi saya harus bayar uang sebesar 10jt untuk bayar bea masuk ( custom clearence), menurut nya uang untuk membayar bea tersebut kekurangan, karena agent yang membawa barang paket tersebut baru membayar $ 1000 . Sedikit saya akan berbagi cerita :
    Saya berkenalan dengan seseorang wanita di FB, serta memberi No Tlp +442033895551 yang katanya sudah di tinggal suami nya meninggal pada kecelakaan pesawat di Brazil. singkat cerita beliau ingin menitipkan serta mengamankan uang hasil jerih payah selama beliau bekerja di LN karena keluarga dari suaminya yg meninggal tersebut ingin merebut hartanya. uang sebesar $3,200,000. yang akan beliau kirim ke saya. tapi Alhamdilillah…. Allah masih melindungi saya karena ada beberapa kecurigaan yang saya temukan
    1. sewaktu beliau tlp malam untuk memberitahukan keberangkatan Agent menggunakan no tlp Indonesia 02122717346
    2. nama pengguna di FB langsung hilang dengan Nama Sri Handayani Janda beranak 1 sebagai pemeran Utama
    2. pengiriman barang melalui bandara IGusti Ngurah Ray Bali
    3. No tlp dari bagian TAX bandara IGusti Ngurah Ray 085886065203
    Semoga kejadian yang saya alami tersebut menjadi pelajaran serta menjadi catatan sebagai salah satu bentuk penipuan, agar kita lebih hati-hati. Trimakasih.

  11. Saya dari Malaysia..cerita saya sama seperti seperti Iwan berkenalan dengan prempuan yang menyatakan suaminya meninggal kecelekaan di Brazil..malangnya sblm saya membaca blog ini saya telah membayar rm3000 seperti yang disurh bagi mengelakkan takut terjadi perkara yang lebih teruk pada diri saya.stelah membayar wang tersebut sekali lagi pihak curier service menellefon saya memberitahu saya bahawa barang tersebut tersangkut di akstam dan saya mesti membayar rm8500 untuk kastam releasekan .menurutnya lagi pihak kastam scan di dlam barang tersebut ada money changer.saya rasa tidak sedap hati terus buat report polis..3 malam saya tidak boleh tidur di buatnya.kita kesian sebab nak bantu dia rupanya penipu besar…semoga menjadi pengajaran buat kita selepas ini.namun saya ralat dengan rm3000 yang telah saya berikan …

  12. saya mendapat email dari seorang yang akan mau kerjasama, lalu disepakati kerjasamanya bila dilengkapi dengan identitas SIM, dan Paspor.Tentang proses transfer meminta biaya, kemudian diberikan dengan janji transfer per one miliion. Kemudian janji transfer 1milion tidak terjadi, lalu alasan uang diamankan di bank Inggeris, dari bank Inggeris minta biaya aktivasi. tapi sampai sekarang minta biaya, dan saya memikirkan yang awal sudah bohong, malah sebaliknya saya mau melaporkan kepada pihak interpol indonesia, mengenai kebohongan dan memberikan data ktp maupun paspornya warga nega asing tersebut

  13. Saya rasa sekarang saya lagi terkena tipu nigeria .
    Bodohnya saya percaya aja kalau dia mau menyatakan cintanya berupa perhiasan
    Saya harus bagaimana .
    Dia bilang besok paket sampai tapi harus membayar RM 4000 UANG MALAYSIA .
    SAYA SUDAH CURIGA .
    Untungnya saya belum kirim uang itu .
    Saya harus gimana
    Sekarang dia sudah tau email dan no rekening aku no tlfn aku .
    Aku harus gimana nih sebelum terlambat .
    Mohon bantuannya

  14. Pagi, saya dwi utami kemaren saya baru dapat WA katanya saya baru dapat paket dari luar negeri dan sekarang sdah di indonesia, tetapi saya hrus mebayar bea cukai dulu rp 6.500.000 ke world cargo bank permata 2171032803879001 a/n Hemi Harianto, itu benar ga ya,

  15. Sharikha Qamara says:

    Halo HowMoneyIndonesia, terima kasih atas artikel yg sangat berguna ini. Saya jadi bisa tau banyak hal, sekali lagi terima kasih

  16. Berapa hari yang lalu saya dikirimin perhiasan dari teman kenal di medsos.jatanya sebesar 10.000 US $.tapi saya disuruh bayar pajak sebesar 7 jt. Saya tidak meresponi.Tapi saya diberitahu teman kl itu penipuan. Apakah pembayaran itu benar apa tidak?

  17. saya baru saja tertipu sebesar Rp. 24Jt pengiriman barang melalui diplomatik dari jerman , ada yang tau teman-teman disini cara mengecek siapa orang yang dipakai di foto tersebut , karena pengen banget kasi tau kalo fotonya dipake seseorang berkedok penipuan ??

  18. Sy sdh 3 orng kenalan di fb, sama smua ingin menjalin hubungan. Tp sy blng, sy sdh menikah. 1. Komandan tentara US di Irak, dpt uang USD 1jt, rampasan jendral Kadafi, mau dititipkan dan dikirim ke sy lwt paket. Ujung2nya, ada tlpn mint a transfer 7,5 jt u/ byr pajak di bandara. Sy blng sy gak punya uang segitu. Sy disrh pinjem dlu sm tmn atau apalah. Tp gak sy tanggapi. Akhirnya gak hubungi aku lg dan orng AS nya menghilang sendiri.
    2. Orng Austria tp tinggal di London, duda anak 1. Ktnya cinta sm sy. Kami chatingan tiap hari. 2 minggu brkutnya dia blng mau ksh surprise, minta alamat lngkap. Ktnya bsk paket udh nyampe di Indonesia. Sy tungguin paket itu, tp gak ada pemberitahuan. Dia nanya knp aku menolak giftnya? Dia blng pihak kurir sdh menelpon, tp ditolak. Ternyata, ada panggilan tak terjwb di hp. Kami biasa lg, chatingan. Lwt seminggu, dia blng mau ngirim lg paket yg kmrn, 2 hr br ada tlpn dr pihak ekspedisi minta uang 7jt, buat byr pajak. Sy blng gak punya uang, nanti mau blng dlu sm yg ngirim paket. Trs sy WA dia, minta transferin uang 7jt. Ktnya dia jg ditelpn pihak ekspedisi. Kebeneran sinyal nya lg eror, jd gak bs hubungi dia. Dia tanya butuh brp u/ byr pajak? Aku gak jwb2. Aku cuekin sja, akhirnya dia blng you are very stupid. End….
    3. Sdng berlangsung, kenalan sm org polisi Korsel yg sdng tgs di Syria jd komandan tentara. Dia ingin sy jd istrinya, tp sy blng sdh menikah. Ada seminggu kami chating, dia blng mau investasi u/ apartemen di Indonesia. Sy disuruh nyariin. Tp sy blng sy gak tau ttg investasi. Sy blng, mau nanya teman dlu. Dia senang, nunggu kbr dr sy. Tp klo tau ini penipuan jg, sy gak akan nerusin lg.
    Smga kita lbh berhati2 dlm menggunakan medsos.

  19. bagaimana caranya pelaporan agar penipuan international cepat terjaring, soalnya sering meminta agar mengirim uang via western Union. tetapi setelah dikirim ternyata tidak benar. dan sering kita meminta identitasnya, dan apaka data yang lengkap dan kita melapor kepada siapa.

  20. Klo ane dalam proses penipuan, nich !
    Ane tau klo lg d tipu, tapi ane lg ladenin nich email nya. Tapi ane yakin kg bakal ketipu, Karena ane emang gak gableg duit.
    Nich email penipu nya ZaraKennedy31@gmail.com

  21. selamat malam how money Indonesia saya baca artikel. ini setelah saya tertipu dan mengirimkan sejumlah uang dua kali transfer yang pertama hubungi saya hp. 083185490804 dan penerima trnasfer norek BNI 627440688 a. n Ade Saputra.. 7 juta rp transfer yg kedua hp. 083185490913 penerima transfer BNI 694850381 a. n Hendra Susilo 10 juta rupiah dg modus paket dari london a. n Mr. Henry Brown yg saya kenal blm ada sebulan. demikian agar dapat kiranya ditindak. lanjuti… krn. mrk minta lg transfer dg alasan. penukaran uang asing yg ada dalam paket. trimakasih telah berbagi

  22. Terima kasih atas artikel ini, saya hampir tertipu dgn akun Kennedy Brown asal dari allepo sedang bertugas di suriah. saya baru kenal 2 minggu di Medsos saya terjebak dgn rayuan manisnya walau saya sdh katakan bahwa saya sdh bersuami tetapi dia tetap menjadikan saya teman istimewa dan dia akan membuktikan kalau dia benar2 serius dgn saya dan akan mengirimkan parcel persahabatan. Dengan bodohnya saya memberikan alamat kantor saya dan no Hp saya. pesan terakhir saya diminta menyiapkan biaya utk jasa kirim dan diminta mengikuti apa yang diarahkan si penelphone. saya sdh bilang saya tdk ada uang tetapi saya diminta untuk mencari pinjaman karena dipaket itu ada barang berharga dan sejumlah uang utk belanja saya, total paket itu sebesar 10.000$. Alhamdulillah teman saya mengirimkan artikel ini dan saya baru sadar kalau saya hampir tertipu. akhirnya Akun bule itu saya blokir dan no. HP saya buang. sampai sekarang saya belum ada kabar lg karena no. hp saya sdh ga aktif.
    Yang jadi pertanyaan saya bagaimana kalau paket itu benar2 datang kekantor saya dan saya diminta membayar biaya jasa kirimnya apa yang harus saya lakukan mohon infonya terima kasih.
    Note : Untuk para pembaca mohon lebih berhati2 dalam menggunakan Medsos atau dengan org yg benar2 tidak kita kenal. semoga pengalaman saya ini bermanfaat utk pembaca yang lain agar tidak ada korban lagi.

  23. Muhammad Naufal Bahri says:

    Saya juga punya teman online di fb dia berbicara ingin berkunjung ke negara indonesia dan ingin membeli rumah , setelah itu dia mengirim mengirimkan uang 70000dollar USD untuk memberikan kepada saya dan minta tolong di carikan rumah , dia meminta alamat saya dan nomor telepon saya , setelah itu saya di telpon oleh seorang wanita yang ngomongnya paket yang di kirim oleh john mark telah tiba di bandara bali dia meminta alamat lengkap saya dan akan segera mengirimnya , tapi saya tidak tahu itu penipuan atau tidak? Tolong di bales

  24. Kayanya sih modus ini mau hampir ke saya.. saya sih giring untuk memberi detil lengkap, karena saya banyak ga tahu nya tentang pengiriman lewat diplomatik, saya lebih kenal WU daripada diplomatik. Apakah ada saran untuk menelusuri. Karena nomor yang digunakan untuk telpon kode +44 (apa telpon bisa diproxy keasliannya)

  25. Satu minggu lalu sy kenal lewat fb atas nama Hernita Parrengkuan ,yg besok tgl16-4-18.mengrim paket kesaya .melalui delevery service Swift UK. Penghantar paket Atas nama WILLIEM RICHARD Meminta ,besok saya menebus paket yg tertahan di bandar. Yg saya tanyakan

    • ‘ apa benar barang tersebut ada ,dan apa ada nama william richard ,dari agen delevery service atau agem pembawa. Terimakasih.

  26. Selamat pagi, Terimakasih informasinya, hampir saja saya mengirim biaya agar paket dikirim. Dan saya diminta untuk membayar $500 / 7jt rupiah.

  27. Saya barusan hampir kena… ceritanya seperti dibawah ini :
    Hi Dear,
    I bought my ticket and confirmed my flight to Venezuela lately so i was busy running around to make my journey a smooth one and also send the parcel as promised
    I have sent the parcel containing a gold neck-less, a gold ear ring, Wrist watch with a rose flower, 1 Perfume, 1 ladies bag,1 Camera, with gold Jewelery, 1 iphone8, 4 Pairs of Shoes, and the sum of $45,000.00 United State dollar cash sealed in the same pack to enable you settle some of your daily needs and to take good care of your self, I can imagine how hard you could be working just alone to make a better life. Just accept this token from me. Dear i do it fast delivering
    I sent it to your name and address you gave me:
    From my inquiry the pack will arrive to its destination 2days time.
    Company Name: DYNAMIC XPRESS COURIER SERVICE.
    Please let me know when you receive the pack.
    Dear you know my heart is open for you .This short moment we have met and chatted together has been an elevation in my life so i willingly decide to share with you.
    I will always be here for you. I have to go in a hurry now . Just few minutes away to departure. I will contact you when i arrive.
    With love from,
    DANIEL COLEMAN.
    Hi dear i receive email from company Indonesia now that my package is now in Indonesia already and they ask you to pay 10.800.000 Indonesia, money for custom clearance fee tax, Please dear try and pay the money to the company so that they will send the package to your home immediately, You know i put money inside the package for you $45,000.00 USD Dollar cash inside the package. plus many expensive things i buy for you, Please don’t allow me to lost the package I’m very worried now. I’m now in sea in Venezuela now for contract work i can not come out from here now. Please try and borrow money from your friends or family and pay when you receive the package you give them there money back immediately, I’m worried now. I want you to receive the package today, Please dear try and borrow money from your friend or family and pay after you receive the package today you give it back money to the person that borrow you the money ok. You know I’m in Venezuela now for contract work.I’m very worried now,
    Dear please contact the company now and tell them to send you bank Account number you will use and transfer the money now ok.
    After you transfer the money you send me message here so that i will contact the company and tell them to send the package to you Immediately,
    I’m very very worried now i can not concentrate on my work here.
    Dear I’m very worried now call the company or sms the company to send you bank Account number you will use and transfer the money now.
    Call the company now.
    For what dear you send me Account number.
    I’m in the sea now for contract work i can not come out from the sea now, Can not do anything from here now ok.
    Dear i ask you to ask the company to send you bank Account number you will use and transfer the money so that company will send you the package today.
    If you don’t have money borrow money friends or family after you recieve the package you change the money i put inside the package and give back there money back today ok.
    Don’t make me angry now and don’t allow me to lost the package ok.
    Dear wait i will contact the company ask if they will help you Accept half payment 5.800.000 Indonesian money after you receive the package today you pay the balance ok. I will contact the company now and plead them to help you accept half payment 5.800.000 million Indonesia money and send the package to you, and after you receive the package today you pay the balance ok.
    Dear i already contact the company now and plead them to help you accept half of the payment 5.800.000 and send the package to you now and they accepted to help you accept 5.800.000 and send the package to you after you receive the package today you pay the balance ok. Please go to bank now and transfer only 5.800.000 Indonesia money to company now and receive the package now ok.
    dear what did you tell company? don’t try to go to custom by yourself you know i put money inside the package for you $45.000. USD cash and is a big money if you change it to Indonesia money. I know the company very well in London, the company knows me very well the head office company is in London, here. Follow the instruction of the company and they will deliver the package to you. Is the duty of the company to pick the package from custom and deliver to your ADDRESS, IS DOOR TO DOOR DELIVERING OK.
    I f lost that package i will not be happy with you,
    Now i have speak to company and they accepted to help you to pay only 5.800.000.
    I’m very very angry with with you now,
    If i lost that package i will never be happy with you.
    Telpon Expedisi pakai no HP sudah mencurigakan, tidak ada kantornya, tidak ada jaminan asuransinya. Nonor Telp/Wa langsung saya blokir.

  28. Haduh aq gak bisa komentar karena aq dah kena tipu..dan aq sdh bayar sekitar 20 juta..hiks hiks..uang kuliahku lenyap..

  29. Your parcel is disaster..jahatnya..dia nelpon pakai wa tp gak mau video call..jd cm dengar suaranya aja..kayaknya mereka hacker juga lah

  30. Saya baru saja terima telfon dari seorang wanita yang meminta biaya pengiriman barang dari luar negri ke indonesia sebesar 7.500.000. Tapi saya tidak ada uang sebanyak itu

  31. Saya amati modusnya sama…sy jg dpt kenalan cewek catik tentara amrik yg tugas di syiria.dia akan ngasih uang yg dia temukan. dia minta alamat, no HP untuk pengiriman barang…sy setujui…tp syaratnya dia harus ngirim Videonya ke sy…tp dia bilang tidak punya hp….kkkk…namanya #margret holand#

  32. iya saya lagi mengalaminya…. jadi informasi ini sangat bermanfaat dan membantu sekali karena informasi ini sifatnya prefentif. Saya kenalan di fb lewat masagere seorang wanita katanya mau bercerai dengan suaminya di london/inggris dan dia mau investasi uang ke saya tapi lewat cash di paketkan melalui paket box elektronik katanya tapi saya minta ditransfer saja dan dia tetap minta di paketkan lewat cash box elektronik.

    • The cash will be packed in an electronic safe box and shall be conveyed to you successfully by a delivery company to ensure safe delivery. The fund shall be delivered to you in cash at your address or at any place you wish to receive it. So, when you receive the consignment package, you can quietly go and deposit into your account gradually. It is very legal and according to the bank, they usually transfer huge amounts to foreign countries through this means.

  33. saya sangat bersyukur membaca smua inii karena sy jg berkenalan dgn org luar. Walaupun sy ngotot mengatakan sdh menikah tpi dia tetap memaksakan untk memiliki hubungan dan baru kmrin dia memberikan text sprti inii. Sy memberikan alamat sy hny ingin membuktikan omongannya saja krna sy tauu imposibble org baru kenal beberapa mgg sdh mauu kirim2 brg2 mahal. Finally sy sdh tauu klo inii penipuan tpi sy msh diam ajaa krna barangnya jg blm sampai sesuai yg d jadwalkan….will see apakah nantinya akan sprti yg sy baca smua coment d sni. Klo mmg betul brarti inii mmg penipuan dan hrs d tindak lanjuti…kasian org2 yg tidak paham dan hny merasa senang krna mendapatkan sesuatu apalgi embel2 BULE
    Hello Honey
    I have missed you so much that I could hardly sleep without thinking about you , You are the best thing that has ever happened to me, I was able to send the
    package through HPL DELIVERY
    with their branch office here in Poland seaport and I have been provided with details of the shipment with
    reference slip which is attached to the parcel and i also kept the sum money in an evelope. The content of
    the shipment is best known to you and I, the security
    company do not know the content of the package. it will
    be delivered to your address as provided to me,I love you
    more than my life, more than my world. I love you more and
    more each day and that is the most wonderful feeling any
    man can ever hope to experience. . Honey please go through the delivery receipt if your details are correct. LOVE YOU SO MUCH BABY.
    Forever yours,
    Eric Williams
    Inii sdh psti penipuan

    • Wah sepertinya banyak penipuan menggunakan nama william yah. Hati2 dengan instagram bernama williamscout8 krn dia mengirim parcel pdhl aku gak minta tp dia maksa minta alamatku. Yah aku kasih aja deh dia beri website dan nomor track. Websitenya ini http://www.corperatelink.com setelah aku chatting dengan cs dan katanya aku harus bayar pajak dan ditransfer an seseorg di malaysia langsung deh aku bilang gak bisa barangnya dikembalikan aja ama orgnya. Sampe si william ini nelepon2 aku melalui wa dan gak kuangkat. Memang gak akan ada yang gratis didunia ini make rayuan seribu cara mereka menipu tapi kalo aku sih kalo uda dibilang harus transfer uang langsung deh berpikiran uda gak benar banget ini org langsung blokir lah…

  34. beberapa minggu saya berkenalan wanita dari,yg sedang bertugas di iraq sebagai palang merahnya disana,tentunya panjang lebar cara bertutur cinta padaku.hampir setiap hari melalui medsos pribadi.,lama lama dia menawarkan untuk menjalin asmara padaku dan akan menaruh hartanya padaku di Indonesia, sengaja saya ikutin langkah kejahatan ini karna saya tau,sy juga petugas dia tidak tau,setelah tiga hari peniriman ini akan tiba ,dan dikirimkan resi peniriman padaku,hari ini senin,16 juli 2018. dari bandara bali ada menelpon diperkirakan jam 12 .yang mengatakan dari diplomatik,ada kiriman a.n mrs x anda kena cas ,25 juta untuk kiriman ini,no hp, yg menghubungi saya,081510036590.dan 081292701361, saya menanggapinya tapi sebatas iya dan iya dan teru memburu saya melalui tlpn, dia tdk sadar bahwa sy kerjain juga hhhh

  35. baru saja saya menerima email dari Lisa Jastar Perwira, dari bascam US army. Dia mengaku bahwa memiliki dana di Bank UBA senegal, lalu dia meminta harus dutransfer kerekening anda di Indonesia. Akhirnya saya minta persyaratan. lalu diberikan melalui pengacara. Lanjut saya saya desak kok dana atas nama anda di Bank Uba Senegal mau transfer via Pengacara berarti uang anda bermasalah. Lalu dijawab agar lebih aman memakai ATM Master yang harus dibayar. Akhirnya saya mengirim by email. bahwa anda hanya pembohong dan penipu yang inginkan uang dari saya, sebaik STOP komunikasi saya.

  36. Splash saya juga tertipu

  37. Splash saya juga tertipu

  38. Saya juga mengalami hal yg sama, saya mau share disini.
    Pada awalnya saya berkenalan melalui social media dengan aplikasi di google play, aplikasinya bernama “Tantan”.
    Saya berkenalan disitu dengan akun “Delong Francis”. Mengaku sebagai Giologist, Chinese America. Tinggal di US.
    Dia mengajak lebih intens komunikasi via Wechat dengan wechat ID : defrancis2611 . nama yg tertulis sebagai “Francis delong van lee”. Atau via google hangouts dgn email : francisdelong52@gmail.com
    Sekitar semingguan berkomunikasi, dia mengatakan mengirimkan barang hadiah surprise, awalnya saya tdk ketahui apa yg dikirim namun saya masih percaya dia saat itu.
    Sehari kemudian, dia memberi kabar barang sudah sampai (tanpa saya tahu jasa courier apa) dan saya diminta membayar biaya clearance custom sebesar $3490.
    Saya kaget dan menanyakan apa isinya, dia bilang ada uang yg diselipkan sebesar $15000 dan cincin berlian. Saya merasa ada yang aneh disini.
    Besoknya saya dapat telpon dari UNKNOWN number, seorang wanita dengan aksen Melayu, menyatakan saya harus bayar ke rekening pribadi untuk clearance. Namun saya menolak langsung.
    Karena saya penasaran, saya tetap berhubungan baik dengan Francis.
    Hari berikutnya saya mendapat telepon bertubi tubi (sepertinya scam) yaitu di nomor +8522511768 , +60182570519 dan +62310000007 . namun sengaja tidak saya angkat. Francis mengaku tidak kenal nomer tersebut.
    Dengan berbagai alasan, Francis mengatakan barangnya gagal diambil di custom dan dikirim balik namun ke China (saat itu ngakunya dia sedang di china).
    Dari China, dia mengaku mengirimkan kembali ke saya melalui expedisi http://www.demontexport.com/tracking.php , saya diminta ngecek posisi barang
    Namun sampai tanggal 9 Agustus, tdk ada yg menghubungi. Saya berinisiatif menanyakan via email, namun tidak pernah ada balasan.
    Malah Francis yg “katanya” berkomunikasi via email dgn courier tersebut. Dan memaksa saya harus membayar $1500 ke rekening pribadi atas nama Sumirahayu (Bank Mandiri, no rek.1690000808367).
    Namun saya bersikukuh hanya akan membayar dengan jalur yang benar bukan ke rekening pribadi.
    Besoknya saya dihubungi oleh seseorang bernama Lily, dgn nomor telepon 087761495827, yang mengaku dari CTA cargo (katanya forwarder dari Dermont courier).
    Saya diminta datang ke kantor mereka melakukan pembayaran clearance $1500. Kantor beralamatkan di Jl. Cargo Bandara Kav. V.5 no. 33D (Bandara Soe-ta).
    Namun sebelum saya ke kantor mereka, saya mengecek terlebih dahulu dengan menghubungi Call center custom bandara 1500225.
    Call center menyatakan bahwa alamat tersebut palsu, dan nama Dermont courier dan CTA juga tidak ada, termasuk tracking number yg diberikan juga fiktif, tidak ada barang kiriman dengan kode tersebut.
    Dengan sengaja, saya informasikan hal ini kepada Francis. Namun reaksi dia malah marah kepada saya yg telah menghubungi call center pihak Custom.
    Kemudian dia memutuskan hubungan pertemanan kami. Saya paham dan yakin dia terlibat dari awal.
    Call center juga sarankan saya melaporkan hal ini ke ‘cybercrime@polri.go.id’ . saya sudah laporkan.
    semoga sare saya bermanfaat dan becarefull guys.

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: