6 Cara Eksportir Menemukan Pembeli Luar Negeri

Anda sudah memiliki produk yang layak ekspor? Wah selamat, Anda bisa memulai langkah menjadi eksportir sukses juga. Salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan selanjutnya tentu saja mencari pembeli atas produk Anda. Pembeli bisa saja dari dalam negeri ataupun luar negeri. Untuk menjadi eksportir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari pembeli (buyer) dari luar negeri.

Mulai dengan Mesin Pencari

Sebagai salah satu mesin pencari paling populer sejagat, Google bisa menjawab hampir semua pertanyaan Anda. Misalkan Anda butuh informasi pembeli merica/lada di Jerman, maka Ada bisa mencoba mengetik di pencarian google: Pepper buyer germany. Anda akan melihat informasi yang muncul. Demikian juga informasi lainnya.

Google mungkin merupakan langkah awal petualangan Anda mencari buyer luar negeri. Selain itu Anda dapat juga memanfaatkan website seperti: go4worldbusiness.com atau semacamnya.

Namun demikian, diperlukan kehati-hatian dalam mencari dan memilih pembeli. Tidak semua informasi yang Anda temukan di internet, dapat dipercayai. Sebaiknya jalin komunikasi yang intens sampai Anda mencapai tingkat saling percaya untuk melakukan kontrak ataupun transaksi lebih lanjut.

Manfaatkan Pertemanan Luar Negeri

Ada banyak warga negara Indonesia yang berada di luar negeri dalam rangka sekolah ataupun bekerja. Mungkin ada juga teman atau keluarga Anda yang saat ini tinggal di negara lain.

Keberadaan WNI di luar negeri bisa menjadi pembuka jalan Anda untuk memulai usaha ekspor. Ada banyak eksportir sukses tanah air yang memulai kisah bisnis ekspor mereka dari pertemanan seperti ini. Teman atau keluarga di luar negeri bisa memberi tahu produk yang diperlukan di negara mereka, bahkan pihak-pihak yang bisa dihubungi untuk menjalin hubungan bisnis lebih lanjut.

Baca juga: Cara Mudah Membuat PT Perorangan

Pastikan Anda Hadir Di Dunia Online

Selain Anda mencari pembeli, disaat yang sama saat Anda membaca artikel ini, ada banyak buyer yang sedang mencari produk untuk dibeli. Salah satunya kemungkinan adalah produk Anda.

Pertanyaannya sekarang, apakah produk atau bisnis Anda sudah “ada” di dunia online, agar dapat juga ditemukan oleh calon buyer?

Ada beberapa cara praktis untuk menghadirkan bisnis Anda di belantara dunia online. Salah satunya dengan membuat akun media sosial yang berisi informasi lengkap produk dan bisnis Anda. Media promosi online lainnya website.

Mana yang lebih baik. Media sosial ataukah website?

Keduanya memiliki kelebihan dan manfaat masing-masing. Akun media sosial seperti Facebook dan Instagram mudah dibuat dan umumnya gratis. Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk membuat dan mengisi konten medsos serta menjalin pertemanan untuk membangun follower.

Sementara itu, website berfungsi sebagai pusat informasi lebih lengkap (company profile). Website sekaligus menjadi ajang pameran bisnis Anda yang bekerja 24/7 mempromosikan bisnis Anda. Keberadaan website juga akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap bisnis Anda. Anda sendiri cenderung lebih mempercayai bisnis yang memiliki website dibandingkan yang tidak punya website bukan?

Keberadaan akun media sosial dan website resmi bisnis akan membuat Anda lebih unggul dan memudahkan dalam mempromosikan produk ekspor atau bisnis.

Nah, di tahapan ini Anda sudah siap bila calon pembeli yang bertanya: Saya ingin mengetahui produk dan bisnis Anda lebih lanjut. Dimana saya bisa menemukan informasinya?

Anda bisa langsung mengarahkannya ke media sosial ataupun website bisnis Anda.

Anda dapat juga menyiapkan file marketing tools praktis yang mudah dibagikan dalam bentuk softcopy maupun cetak. File-file ini bisa berupa gambaran perusahaan (company profile), daftar harga produk, atau informasi lainnya terkait bisnis Anda. Pastikan materi ini tersedia dan mudah dishare atau dibagikan kepada calon pelanggan Anda.

Bergabung dengan Platform Marketplace

Walaupun sudah memiliki website dan akun media sosial, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan platform marketplace toko online yang sudah ada. Buatlah toko online bisnis Anda di beberapa platform yang berbeda untuk membuat brand dan produk bisnis Anda semakin dikenal dan bisa jadi mendatangkan transaksi penjualan.

Berita baiknya, semua marketplace menyediakan jasa gratis untuk mempromosikan bisnis Anda.

Jika bisnis Anda tidak ada di internet, maka bisnis Anda akan tertinggal.

Bill Gates, Pendiri Microsoft

Ikuti Pameran Dagang

Sejumlah pihak saat ini bahu membahu untuk membantu pelaku usaha termasuk UKM untuk mengikuti pameran, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dengan mengikuti ajang pameran (expo), Anda berpeluang mendapatkan calon pembeli di arena pameran.

Silahkan hubungi dinas terkait di daerah Anda, terutama Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi, Bea Cukai, dan FTA Center. Anda bisa juga menghubungi Bank Indonesia dan sejumlah Bank BUMN yang memiliki program pembinaan UKM dan menjembatani ke pasar ekspor.

Terhubung dengan pihak-pihak ini bisa membuka jalan bagi UKM juga untuk dipertemukan dengan calon-calon buyer melalui forum business matching. Melalui kesempatan tersebut, para calon eksportir bisa berdiskusi langsung dengan calon partner bisnisnya dari luar negeri.

Dari sejumlah pihak di atas, yang mana yang sudah Anda datangi? Makin banyak pihak, makin bagus untuk usaha Anda.

Manfaatkan ITPC di Luar Negeri

ITPC adalah singkatan dari Indonesia Trade Promotion Center, yaitu perwakilan dari Kementerian Perdagangan RI di berbagai negara. Sebagai perwakilan dagang, tugas mereka adalah membantu memfasilitasi pengusaha Indonesia melakukan hubungan dagang dengan pengusaha di negara-negara tersebut.

Bagaimana cara menghubungi ITPC?

Salah satu cara yang praktis adalah mengecek ITPC melalui akun instagram. Di area pencarian Anda bisa mengetik: ITPC (spasi) nama kota atau negara yang Anda ingin tahu. Misalnya Anda ingin tahu akun instagram ITPC di Sydney, maka silahkan ketik ITPC Sydney, maka nama akunnya akan segera muncul. Demikian juga dengan kota-kota atau negara lainnya.

Setelah mengetahui akunnya, silahkan hubungi ITPC tersebut. Biasanya pihak ITPC akan meminta company profile dan daftar harga produk bisnis Anda untuk dipromosikan di negara tempat mereka bertugas.

Semua cara yang dipaparkan ini, sangat mudah Anda lakukan bahkan tanpa perlu ke luar kota apalagi luar negeri. Tidak heran bila dari waktu ke waktu semakin banyak orang yang bisa melakukan bisnis ekspor dari daerah masing-masing. Ekspor makin mudah.

Nah, dari sekian metode ini, mana yang sudah Anda lakukan? Salam sukses eskportir dan UKM Indonesia.

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: