Iklan

Beberapa Model ‘Bisnis Online’ yang Harus Diwaspadai

Pyramid-1Ada ribuan website arisan berantai (money game) berskala internasional yang muncul, timbul tenggelam, baik yang terang-terangan, maupun yang menyamar dengan aneka modus. Kami akan menampilkan beberapa diantaranya supaya masyarakat bisa mempelajari tampilan dan modus yang digunakan bisnis gadungan tersebut.

Pada dasarnya ‘bisnis’ tersebut tidaklah menjalankan suatu investasi apapun. Mereka terkadang menyamar dengan menjual produk murah, atau produk mahal tetapi tidak laku untuk Anda jual atau tawarkan kepada orang lain. Ada juga yang menyamar dengan modus bisnis iklan. Baca juga: Penipuan Piramid dan Bisnis Online.

Mereka (para member/distributornya) aktif mengajak orang bergabung ke suatu (katanya) bisnis. Tampilan websitenya atraktif, dengan banyak “proyek.” Presentasinya membuai dan dikait-kaitkan dengan perusahaan-perusahaan mapan, padahal tidak ada hubungannya dengan perusahaan mereka.

indexgb_indonesia_golden_bird

Mewahnya acara-acara seremonial IndexGB. Ternyata….

Terkadang untuk memuluskan aksinya, mereka menyatakan diri sebagai perusahaan yang bergerak di usaha atau bisnis tertentu yang menjanjikan keuntungan tinggi. Misalnya saja IndexGB selama ini mempromosikan bahwa perusahaan mereka bergerak di bidang industri sarang walet serta pengembangan resort di Malaysia. Belakangan, Sardjito (Ketua Satgas Waspada Investasi OJK) menyatakan bahwa semua itu hanya kedok belaka. Baca lebih lengkap di: IndexGb: Investasi Tipuan Hasil Kolaborasi Singapura – Malaysia.

Nama-nama di atas, setidaknya menjadi pelajaran bagi kita untuk waspada. Tidak mudah tergoda oleh bujuk rayu teman atau keluarga yang ingin menarik ke peluang bisnis yang tidak jelas. Disayangkan memang bahwa, setiap kali ada promosi baru, para oportunis online langsung menyebutnya Bisnis Online (BO) baru. Padahal, nyata-nyata bukanlah suatu BISNIS. Jangan semua usaha online disebut BO, lalu main sambar, promo rame-rame, narik-narik orang ke dalam jurang, demi kepentingan pribadi.

Kehadiran BO-BO palsu nan menyesatkan membuat banyak bisnis online legal dan riil menjadi gerah. Citra mereka tercoreng dan membuat masyarakat antipati terhadap bisnis online.

Sebelum memutuskan bergabung ke suatu peluang bisnis online, Anda bisa melakukan analisa kecil-kecilan untuk menilai suatu tawaran. Anda sudah harus curiga dan waspada bila tawaran tersebut:

  • Menawarkan keuntungan tinggi, pasti, dan mudah diperoleh. Apapun jenis investasinya selalu ada resiko. Jika terlalu muluk, bisa jadi itulah jebakan maut bisnis gadungan.
  • Menyatakan memiliki bisnis atau usaha tetapi Anda sendiri tidak bisa memverifikasi atau membuktikan dimana dan bagaimana usaha tersebut berjalan.
  • Tidak memiliki kantor perwakilan di Indonesia. Kebanyakan usaha gadungan online gadungan tidak membuka kantor di Indonesia. Periksa bagian “Contact us” di website. Jika hanya mencantumkan alamat luar negeri, apalagi jika hanya kolom email semata, pasti itu usaha bisnis online gadungan. Siapa yang bertanggung jawab atas dana yang Anda tanamkan?
  • Meskipun membuka kantor, bukan jaminan pula bahwa mereka resmi. IndexGB contohnya. Mereka memiliki beberapa kantor di berbagai kota yang dibuka dengan perayaan megah, tetapi ternyata bisnisnya gadungan.
  • Berjualan produk seolah MLM tetapi pendapatan lebih banyak diperoleh dari rekrutmen anggota baru, bukan dari penjualan produk. Waspadai pula tawaran bisnis jualan virtual product (seperti: video marketing, email marketing dll) jika Anda tidak menguasai manfaat dan kegunaan produknya. Bagaimana mungkin Anda bergabung dengan suatu bisnis lalu berjualan produk yang tidak Anda pahami?
vgmc_virgin_gold_mining_corporation

Jangan mudah silau. VGMC, salah satu penipuan online paling besar dalam sejarah. (Masih ada yang menyebut modus ini sebagai  BO?)

Beberapa nama yang disebut dia rtikel ini hanyalah contoh. Ada banyak website serupa dengan aneka modus yang dibuat oleh para pelaku baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang siap menguras kantong jika Anda tidak waspada. Demikian juga dalam menseleksi MLM untuk dijalankan. Pilihlah MLM yang benar-benar baik dari sisi produk, legal perizinannya, dan memiliki sistim bonus yang adil. Baca juga: Bagimana Memilih MLM Terbaik.

Jika Anda memang memiliki dana menganggur, cobalah untuk belajar dan memulai investasi yang benar. Jangan sampai keserakahan sesaat menjerumuskan hanya karena silau oleh tawaran muluk nan manis.

Rakyat Indonesia memang butuh bisnis dan peluang usaha, tetapi bukan peluang usaha tipu-tipuan. Cerdaslah menganalisa sebelum mengambil keputusan.

Artikel Terkait Lainnya:

Iklan

Comments

  1. Bisnis TUTI ( Tukang Tipu ) memang semakin marak sekarang. trm ksh sudah memuat artikel tentang MMM yg cukup menggegerkan di kota saya. Jember, Jawa Timur. Namun, pelaku bisnis seperti ini memang rasanya tak pernah jera. sekarang mulai merebak pula bisnis yg katanya dipelopori Ustadz Yusuf Mansur ( owner & founder ). Entah benar atau tidak, saat ini saya sedang menyelidikinya. Bila HowMoneyIndonesia ada artikel terkait dg VSI ( Veritra Sentosa Internasional ), mohon direferensikan.

  2. kalau ikut beginian yang penting HARUS SADAR AKAN RESIKONYA, dan Jangan pakai uang dapur. Anggap sajalah ikut undian hehe..

    Ada juga kok yang berubah nasibnya ke lebih baik, dari asalnya naik sepeda motor menjadi naik mobil bahkan sampai punya rumah dari money games ini.
    Tapi yang semakin habis duitnya pun juga tak kalah banyak hehe 🙂

    oleh karena itu yang paling penting adalah SADAR akan resikonya dan membatasi diri.

  3. kalo duta bisnis school gimana?

  4. kodok_atrek says:

    MMM sudah marak di sumatera utara. berdasarkan info dari beberapa teman yang aktif di MMM menyebutkan bahwa jaringan sudah se-Indonesia karena kemudahan akses dan informasi di dunia maya. Dimanakah fungsi pemerintah untuk mengatasi hal ini demi melindungi perekonomian masyarakat? Lembaga pemerintahan mana yang berwenang untuk menangani kasus ini??

  5. Komentar saya.terutama komentar saya tegakkan hukum bisnis yang online yang tidak ada jaminannya saya ingin menghimbau perekonomianmasyarakat yang selalu sja tergiur mengikuti bisnis semacam INI . 1. Tekankan kepada pelaku bisnis utama misalnya yang sekarang MMM kan ada istilahnya meneger . Meneger ITU harus bertanggung jawab trhadap uang yang disetorkan Oleh masyarakat . Kalau dia tdk mau bertanggung jawab yang sudah mengelola uang masyarakat yang bgtu banyaknya laporkan segera kepenegak hukum terkait spya ini tdk terjadi terus menerus kpda masyarakat . Kan kasihan tdk mungkin masyarakat mau berturut serta mlakukan bisnis Ini klw tdk diajak kan . Bukankah ini disebut penipuan secara massal ??? Kalau pnegak hukum tetap tdk mau memproses ya tinggal anda berpikir saja apakah harus negara ini memake hukum rimba .. skrng yg sangat diuntungkn adalah meneger . Jdi menurut sya meneger harus bertanggung jawab ..

  6. Dan. Menurut saya kepada seluruh penegak hukum yang ada dipusat maupun daerah cepatt bertindak jangan membiarkan jaringan semacam INI .. terus saja mengorbankan masyarakat dinegara ini paaaaaaaaakkkkk .. kami mohon to long tangkap segeeeera yang pelaku utama dalam jaringan bisnis TUTI (tukang tipu) INI. Kalau INI TDK diproses dgn cepat maka korban akan slalu berjatuhan .. Dan contohnya misalnya sperti yg marak sekrng. MMM misalnya inikan sdh sngat menggurita diwilayah kmi Kalimantan. Bpk penegak hukum yang terhormat bnyk sekali masyarakat kami nampaknya yg sdh mau mnjadi korban. Bkn kah ini planggaran pidana yg jelas .. masih tdk ada gerakan .. tolong tangkap pelaku utamanya .. mulai pusat sampai daerah .. klau INI sampai dibiarkan terus kami tdk tau lagi APA nanti yg akan terjadi

  7. Bagaimana dg indofarminvestor.com apa cukup aman. Sptnya usahanya nyata, lokasi usaha jg jelas. Terima kasih

  8. santi aminar says:

    Apakah car 3i network memang ada terdaftar di bursa indonesia. Apakah dia selamat untuk di ikuti dan apakah car 3i sudah mendapatkan izin.

  9. assalamualaikum, saya ada beberapa pertanyaan :
    1. bagaimana dgn perusahaan/jenis mlm yg pada website nya sudah menunjukkan
    nomer / tanda daftar perusahaan dari dinas perdangan dan perindustrian, kementrian hukum dan ham, akta notaris ?? tapi kenapa masih masuk daftar OJK yah?

    2. bgmana dgn bisnis yg selain mendapat bonus penjualan lgsg (bbrpa % dr harga jual) tapi juga mendapat bonus sponsor dan pasangan?
    yg bonus bulanannya dri akumulasi point member itu sendiri dan downline dibawahnya??

    terimakasih

    • Hello Nabiya:
      1. Dokumen2 yang Anda sebut memang salah satu identitas perusahaan. Tetapi bukan berarti bahwa perusahaan tersebut BEROPERASI sesuai ketentuan atau izin yang ada. Sama saja dengan seseorang yang punya kartu identitas diri, misalnya KTP, tetapi ternyata berbuat tidak benar atau kriminal. So, jangan mudah terbujuk bila mereka menunjukkan beberapa jenis perizinan tersebut. Pelajari cara kerjanya, dan terutama perizinan dari OJK bila hal itu menyangkut investasi (penggalangan dana masyarakat).
      2. Bisnis MLM tidak semuanya buruk, banyak juga yang bagus karena PRODUKnya memang bagus dan disukai pasar. MLM gadungan biasanya lebih mementingkan pendaftaran member dibanding jualan produk. Kalau sudah begini, sebaiknya hindari karena cepata atau lambat pasti kolaps…

  10. apa kata HMI tentang I-GIST dengan pohon jabonnya ?

  11. permisi pak, mau tanya soal pt.mss itu kn sudah ada di daftar di list yg tidak baik. saya mohon penjelasannya pak, mohon di kasih tau dasar alasannya,. . tolong bantu saya agar orang orang di sekeliling saya, keluarga dan seseorang yang saya sayangi bisa terhindar dari hal” seperti itu. . . karena di sini saat ini sedang ramai dan gencar. terimakasih

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: