Penipuan Toko Online. Ada Apa dengan Batam?

Online shoppingBerita mengenai penipuan toko online (online shop) asal Batam merebak akhir-akhir ini melalui aneka media sosial termasuk Facebook. Modus penipuan toko online kurang lebih sama. Mereka menawarkan berbagai produk, terutama elektronik dengan harga sangat murah, tetapi hanyalah tipuan belaka. Calon pembeli yang tergiur biasanya cepat mengirimkan uang karena ‘persediaan terbatas,’ belakangan baru sadar telah ditipu setelah barang yang dipesan tak kunjung datang. Alamat dan nomor telepon toko online pun ternyata juga fiktif.

Penawaran barang elektronik murah dari Batam memang sedikit masuk akal mengingat Batam merupakan daerah perdagangan bebas yang dikecualikan dari kewajiban membayar berbagai bea dan pajak impor. Tidak heran, barang elektronik di Batam lebih murah dibanding daerah lain di tanah air. Akan tetapi, bila barang tersebut dikirim ke luar Batam, tetap saja akan dikenai bea dan pajak, sehingga harganya akan kembali sama dengan barang sejenis di luar Batam.

BatamWatch.com memperingatkan masyarakat untuk berhati-hati dengan penawaran produk murah dari Batam karena lebih 90% online shop di (atau yang menggunakan) Batam merupakan toko online gadungan. Alamat yang digunakan pun tidak benar sehingga tidak memungkinkan untuk mengkonfirmasi atau melakukan komplain.

Kenali Modusnya

Penipuan “toko online Batam” banyak menggunakan media jejaring sosial mulai dari sms, facebook, bbm sampai email dan twitter. Mereka menggunakan nama-nama too online berbau batam atau menggunakan embel-embel eletronik murah dan menawarkan barang elektronik dibawah harga normal. Biasanya para penipu menawarkan produk elektroni yang sedang in atau lagi digandrungi atau bisa juga jenis produk yang agak susah diperoleh di pasaran umum.

Parahnya, tidak segan-segan mereka mebajak akun Facebook orang lain untuk menawarkan dagangan mereka. Pernahkah tampilan facebook Anda dipenuhi penawaran barang elektronik murah dari teman Anda, padahal setahu Anda teman tersebut tidak pernah berdagang elektronik? BIsa saja, akun FAcebooknya sedang dibajak, dan ia sama sekali tidak tahu bahwa ia telah (tanpa sepengetahuannya) mengirimkan penawaran tipuan kepada teman-temannya.

Anda dapat mengatasi hal ini dengan mengkonfirmasi kepada teman Anda supaya meng-untag gambar tersebut, atau melaporkan hal tersebut kepada pihak berwajib untuk mencegah timbulnya korban penipuan.

Waspadai Toko Online Gadungan

Toko online tentulah tipuan tidak hanya berada di Batam. Dengan kemajuan teknologi saat ini, penipuan lewat toko online menjadi salah satu modus yang banyak digunakan para penjahat. Oleh sebab itu, masyarakat sebaiknya jeli dan tetap waspada mengenali ciri toko online illegal.

Ciri utamanya adalah menawarkan produk yang sangat murah dibanding harga pasaran normal. Selama ini yang paling banyak menelan korban adalah penawaran produk elektronik seperti smartphone, kamera, GPS, televisi dan lain-lain. Tidak tertutup para penipu juga mengincar segmen lain termasuk ibu-ibu dengan menawarkan tas bermerek terkenal atau perhiasan dengan harga sangat murah. Apalagi bila diembel-embeli dengan ‘kesempatan/stock terbatas.’

Toko yang legal pastilah memiliki tempat usaha yang tetap. Karena itu pastikan alamat dan nomor handphone yang dicantumkan adalah benar. Jika Anda mempunyai teman atau kerabat di kota tempat toko online tersebut, Anda bisa meminta bantuan untuk mengecek ke alamat tersebut.

Jika ada penawaran yang sangat menggiurkan dan sayang untuk dilewatkan, mungkin sebaiknya Anda melewatkannya saja.

Link Terkait Lainnya:

Iklan
%d blogger menyukai ini: