Iklan

Aneka Modus Tipuan Nigeria

Nigerian ScamTujuan utama para penipu di luar sana adalah menjarah uang Anda sebanyak-banyaknya. Selain aneka penipuan yang dibahas di website ini, terdapat juga jenis penipuan yang dikenal sebagai tipuan Nigeria 419 (Nigeria 419 scam). Disebut tipuan Nigeria karena awalnya jenis tipuan ini bermula besar-besaran dari Nigeria, sementara angka 419 merujuk pada pasal Undang Undang Nigeria yang mengatur hukuman terhadap kejahatan tersebut.

Tipuan Nigeria pada dasarnya menjaring para korban dengan berbagai modus dan trik, terutama melalui internet untuk memperdaya korban agar mengirimkan sejumlah uang. Biasanya mereka mengatakan bahwa mereka menguasai sejumlah uang besar di negara mereka yang tidak bisa diakses karena konflik. Mereka meminta bantuan Anda untuk menampung uang tersebut di rekening Anda supaya dapat dipergunakan tanpa diketahui oleh ‘pemerintah jahat’ di negara mereka (atau alasan masuk akal lainnya). Atau terkadang mereka menjanjikan komisi dalam porsi yang besar untuk Anda nantinya. Untuk itu mereka meminta tolong agar Anda membayar ‘sedikit’ biaya pajak dan adminstrasi agar dapat mengambil uang tersebut dan mengirimkannya ke rekening Anda. Tidak lupa, mereka juga meminta nomor rekening dan data-data bank Anda.

Awalnya mereka mungkin meminta jumlah yang tidaklah seberapa. Setelah Anda mengirimkan uang tersebut, mereka dengan aneka alasan yang sangat masuk akal akan meminta Anda mengirim uang dalam jumlah yang lebih besar sebelum mereka mengirim uang tersebut kepada Anda. Demikian selanjutnya sampai mereka telah mendapatkan jumlah yang cukup. Yang jelas Anda tidak akan pernah menerima uang yang dijanjikan.

Jika Anda belum pernah menerima email seperti dalam penjelasan di atas, kami menemukan beberapa email spam di inbox kami sebagaimana terlihat di bawah ini:

Nigeria scam

Mereka bukanlah orang yang kami kenal. Dan topik atau subject email sangatlah mencurigakan. Anda akan terbiasa dengan cepat mengetahui email tipuan nantinya. Ok, mari kita lihat 2 email di atas. Pertama, ini bunyi email tipuan dari Mr. Marrama Umar:

URGENT & CONFIDENTAIL

Dear Friend,

I am Mr.Marrama Umar, I currently hold the post as the Audit Account Manager of our bank in Ouagadougou Branch, Burkina-Faso. I got your contact from a reliable web directory. We can see actually that the world is a very small place to meet people but what matters most for me is to transact with a person with full trust. I have developed the trust on you after one week of fasting and praying. Due to the trust, I made up my mind to disclose this confidential business to you.

We are imposition to reclaim and inherit the sum of US($10.5) Million without any trouble, from a dormant account which remains unclaimed since 6years the owner died. This is a U.S Dollar’s account and the beneficiary died without trace of his family to claim the fund.

The fund belong to our deceased customer who died with his entire family in Iraq War 2006, leaving nobody for the claim and as such, I decided to contact you to enable us claim the fund. Your share is 40% while 60% for me. This transaction is 100% risky free.

Your integrity and trust worthiness will make us succeed without any risk. Please if you think that the amount is too much to be transferred into your account, you have the right to ask our bank to transfer the fund into your account bit by bit after approval or you double the account.

If you are interested to help without disappointment or breach of trust,Contact me for more details.

so that I will guide you on the proper banking guidelines to follow for the claim. After the transfer, I will fly to your country for sharing according to our agreement.

Assurance: Note that this transaction will never in any way harm or foiled your good post or reputation in your country, because everything will follow legal process.

I am looking forward to hear from you soonest.

Yours faithfully,

Mr.Marrama Umar
Banque Régionale de Solidarite( BRS),
ouagadougou,Burkina Faso

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca email tersebut? Apakah Anda tertarik? Jika jawabannya ya, Anda akan sangat mudah terperangkap penipuan Nigeria.

Meski bernama tipuan Nigeria 419, para penipu tidak lagi didominasi gembong Afrika. Para pelaku kejahatan ini bisa berasal dari bagian bumi manapun. Mari kita buka contoh tawaran pinjaman (Loan Offer) dari Gulf International Bank:

We are Gulf International Bank (UK processing unit) offers loan to any one who might be in need of a loan for any financial concern. for further Information contact Us on our Private E-mail: ( internationalbank.gulf@yahoo.co.uk )

Meski menggunakan nama besar Gulf International Bank, email di atas sama sekali tidak terlihat professional sebagaimana seharusnya email bank. Selain tidak menggunakan tata bahasa yang baik, email tipuan tidak menyebut nama lengkap orang yang dituju karena mereka memang tidak mengenal korbannya. Mereka hanya mengirim email secara serampangan. Mereka menggunakan alamat email gratisan, suatu hal yang tidak mungkin bagi sebuah industry perbankan. Anda bisa menyebut keanehan lainnya?

Contoh email berikut sepertinya tidak berbahaya. Email ini (ceritanya) berasal dari seorang gadis yang melarikan diri dari Rwanda kaena perang sipil. Dia mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang pengusaha industri emas, yang telah tewas dalam konflik tersebut. Ia ingin berkenalan dengan Anda. Hmmm…

Nigeria scam_email

Meskipun terkesan tidak berbahaya, modus ini sangat umum digunakan dalam tipuan Nigeria. Bisa ditebak arah dari email ini adalah tipuan dengan penawaran warisan dari ayahnya yang dia sebut pengusaha industri emas. Sekali Anda membalas email ini, mereka akan membombardir Anda dengan sejumlah email yang pada intinya menggiring Anda untuk mengirimkan uang ke rekening mereka.

Selain meminta nomor rekening, kemungkinan mereka akan meminta alamat. alasannya mereka akan mengirim uang dalam jumlah besar atau paket barang berharga untuk Anda. Selanjutnya Anda akan menerima bukti pengiriman barang/atau uang, bentuknya sangat meyakinkan, akan tetapi uang atau barang tersebut tidak benar-benar ada alias fiktif. Mereka kadang beralasan bahwa barang ditahan oleh pihak Bea Cukai atau Bank dengan alasan belum bayar pajak. Lalu Anda diminta membayar pajak tersebut agar bisa mendapatkan uang/paket tesebut. Tidak sedikit yang tertipu oleh modus ini.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca: Penipuan dengan Modus Pengiriman Paket dari Luar Negeri.

Facebook scam
Pancingan romansa online? Waspadalah!

Ciri-ciri Tipuan Nigeria:

  1. Anda dihubungi atau mendapat email dari orang yang tidak dikenal (email spam),
  2. Email tersebut mengatakan memperoleh email Anda dari suatu sumber terpercaya, tetapi mereka sendiri tidak menyebut nama Anda di awal email. BIasanya mereka hanya menggunakan: Dear Friend, atau Hello Friend
  3. Menawarkan uang dalam jumlah besar dengan bumbu cerita hasil konflik, terperangkap perang, warisan kerabat, dll,
  4. Meminta data rekening Anda,
  5. Meminta mengirimkan uang ke rekening mereka,
  6. Terkadang menggunakan nama perusahaan ternama,
  7. Kalimatnya sopan tetapi kebanyakan menggunakan bahasa Inggris yang payah,
  8. Menggunakan alamat email gratisan seperti yahoo, gmail, hotmail, aol, dll.
  9. Email jenis ini umumnya masuk di folder spam, tetapi terkadang juga ada yang lolos dan masuk ke inbox Anda.

Apa yang sebaiknya Anda lakukan:

  1. Gunakan akal sehat,
  2. Jangan membuka email dari orang tidak dikenal,
  3. Jangan mudah tergoda tawaran yang menggiurkan,
  4. Jangan membuka, mengklik link, atau membalas email spam. Untuk menghindari kemungkinan serangan virus, segera hapus email spam dari forlder computer Anda,
  5. Jangan pernah memberikan data perbankan, ATM atau data kartu kredit Anda kepada orang lain,
  6. Jangan menerima kiriman uang atau permintaan untuk membeli/membayar sesuatu dari orang yang tidak Anda kenal. Bisa saja Anda dijebak dalam tindak kejahatan pencucian uang (money laundering),
  7. Jangan pernah mengirim uang ke orang yang tidak Anda kenal.

Ketahui Aneka Modus Penipuan Lainnya:

Iklan

Comments

  1. Saya baru saja terkena tipu tentang pemberi pinjaman.mereka menyuruh saya mengirim sejumlah uang untuk biay lisensi dan setelah 2 jam pinjaman akan cair.tapi apa yang merekalakukan.mereka menyuruh saya mengirim kembali uang yang jauh lebih besar.mereka bukan manusia.mereka orang yang senang akan penderitaan orang lain

    • lain kali hati”…sy jg sdh terlanjur kasih biodata tp saya curiga setelah belum apa” diharuskan mentransfer sejumlah uang.STOP

  2. Saya sudah kirim alamat dan no rekening, apa yg harus saya lakukan selanjutnya, apa itu berbahaya bagi keluarga saya?
    mohon di jelaskan bagaimana selanjutnya?

  3. zaenal muntafah says:

    Beberapa hari ini saya dpt inbox dr org yg tdk saya kenal yg bernama dina arianti.yg menjanjikan saya mau mengirimkan paket uang sebesar $700.000 dolars
    Dan menjanjikan saya 30 persen jika barang sampai dirmh. Tp ternyata saya hrs membyr tax clerance ke bea cukai
    Obrlan melaui inbox fb awalnya indah tp ternyata saya dihrskan mengeluarkan sejumlah uang untuk ditransfer untuk biaya tax bea cukai bandara indonesia
    Apakah ini jg termasuk penipuan nigeria

  4. Saya sudah mengirimi mereka data sya.. No rek bank alamat tmpat tinggal saya..
    Bahkan sy sudah transfer uang dlm jumlah kecil
    Apakah data saya dan no. Rek saya akan berbahaya jika mereka mengetahui nya
    Bahkan no hp saya mereka tau..
    Mohon saran nya apa yg harus saya lakukan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: