Iklan

Begini Caranya Menelusuri Paket Kiriman dari Luar Negeri

bea-cukai-barang-kiriman-luar-negeriTidak jarang kita mendengar keluhan masyarakat tentang pengiriman paket barang dari luar negeri. Hal ini terjadi karena tidak mudah untuk mengetahui posisi barang kita sudah sampai dimana, dan statusnya bagaimana. Tidak jarang pula, kondisi ini digunakan para penipu untuk mengeruk keuntungan bemodus kiriman hadiah/uang dari luar negeri.

Tetapi itu dulu. Sekarang Anda dengan mudah bisa mengetahui posisi kiriman paket yang dikirimkan dari luar negeri. Caranya adalah dengan mengecek langsung di website Beacukai. Nah di halaman tersebut Anda akan melihat sebuah kotak form seperti gambar di bawah ini dimana Anda bisa memulai men-track (mengecek) posisi barang kiriman Anda.

Syaratnya cuma satu: Anda harus mengetahui nomor Airway Bill (AWB) paket tersebut, yaitu semacam nomor resi pengiriman paket udara.

Silahkan ketik data tersebut ke dalam kotak yang tersedia lalu klik “Submit.” Jika barang atau paket kiriman Anda memang ada, datanya akan segera muncul di layar komputer atau handphone Anda. Mudah sekali bukan?

Layanan Bea Cukai kali ini patut diacungi jempol sebagai langkah maju dalam meningkatkan pelayanan cepat dan transparan kepada masyarakat. Selain itu, Bea Cukai sepertinya makin gerah dengan banyaknya kasus penipu bermodus barang kiriman yang selama ini memanfaatkan nama “bea cukai” untuk memeras dan telah menimbulkan banyak korban penipuan.

Karena itu pihak Bea Cukai meminta masyarakat mewaspadai bila ada permintaan pembayaran bea atau pajak paket untuk ditransfer ke rekening perorangan. Itu pasti penipuan. Selain itu, para komplotan kejahatan juga sering mendesak korban agar segera mentransfer uang dalam waktu singkat, disertai ancaman bahwa barang akan dimusnahkan atau dikirim balik jika tidak segera dibayar pajaknya. Semua itu hanya tipuan belaka.

Baca di: Tipuan Pengiriman Luar Negeri

Jika terdapat permasalahan terkait barang kiriman dari luar negeri, masyarakat dipersilahkan menghubungi kantor-kantor Bea Cukai terdekat, atau telepon langsung ke Contact Center Bea Cukai 1500225 atau email di info@customs.go.id. (AT)

 

 

Iklan

Comments

  1. saya mau Tanya apakah ada Courier namanya GOODMAIL EXPRESS? saya ada kiriman barang dari United Kingdom, tapi via courier itu. saya cari di website tidak ada. lalu untuk pengirimannya apakah langsung ke tempat saya, atau harus diambil dimana? thanks ya admin

  2. Apakah kalau ada kiriman barang yang dimasukkan ke dlm koper dari UK akan tertahan dan kena pajak bea cukai ? Apakah saya sbg penerima yg harus membayarnya… Atau sama itu juga modus, karena saya menerima telp yang mengatas namakan bea cukai harus mentransfer sejumlah uang ke rekening an. Seseorang… Bagaimana supaya saya tahu bahwa paket itu ada atau hanya fiktif saja?
    Mohon balasaannya

  3. saya punya teman yang mengirimi saya paket dari Amerika, tapi lewat cargo, dalam waktu 3 hari paket sampai di Indonesia, tapi ke kedutaan Besar terlebih dahulu, setelah itu saya di hubungi pihak yang katanya dari Kedutaan besar, untuk mentransfer uang sebesar Rp.13.500.00,- ke nomor rekening pribadi, untuk biaya pengiriman. pertanyaan saya apakah memang seperti itu prosedurnya, sebanyak itukah biaya pengirimannya, dan yang membayar biaya pengiriman itu, pihak yang menerima paket.?

  4. Saya mendapat paket dari luar negeri dg AWB 9508N0174GA ,, melalui jasa kurir: Pzcourier.com
    Bisa tlg dicekkan apa benar barang tersebut ada di bandara soetta.Trimakasih

  5. saya mau tanya apa kah kalo kirim paket berisikan uang harus buat sertifikat money laundry apakah ada sertifikat money laundry tolong bantuan nya

  6. Soridingin batubara says:

    saya mendapat kiriman dari teman dunia maya di germany. Berupa barang elekronik. Saya mau menanyakan apakah akan dikenakan biaya bea dan cukai. Jika dikenakan biaya kemanakah saya harus membayarnya. Dan apakah dlx cargo deliveries services ada untuk indonesia?
    Mohon jawabannya

    • Terkait apakah dikenai pajak/bea masuk atau tidak, tentu dikaitkan dengan harga paket yang dikirim.

      Pihak perusahaan akan menagihkannya dalam tagihan resmi…dan pastikan Anda membayarnya ke rekenign perusahaan, bukan rekening perorangan.

  7. Mamanya firaz says:

    HATI HATI….

    saya mendapat kiriman paket dari teman fb atas nama mr. Alred roger cody dari florida. Mengaku tentara perdamaian pbb Usa.
    Pdahal saya belum kenal sebelumnya. Paket yg berisi emas, laptop, hp dan sejumlah uang dolar. Pas hari kiriman datang ada wanita bernama mariyah ulfah mengatasnamakan pihak bea cukai meminta saya membayar pajak bea sebesar 9jt. Dg di transfer ke bank permata nmr rek. 4119102575. Sedangkan spam alred roger cody langsung memblokir saya hari itu. Untunglah saya orang miskin, gk punya uang sebesar itu. Jadi saya tidak membayarnya.
    Kemungkinan itu modus penipuan karena berat barang hanya 4.5kg (harusnya bebas pajak) dan waktu pengiriman yang begitu singkat. Florida-indonesia hanya sehari semalam. Hati hati buat yang lain. Semoga bermanfaat,,, jika belum yakin, pastikan dulu konfirmasi dg pihak bandara/ bea cukai

  8. bro, mau nanya,,mudah2an masih dijawab, seandaikan awalnya nomor ems nya dapat dilacak di situs itu, lalu tiba tiba setelah beberapa jam ditulis parameter tidak sesuai itu kenapa ya ?

    padahal di situs pos bisa dilacak.

  9. Andi sri rahayu says:

    Sebenernya yang nipu pengirim atau courirnya?

  10. Aliyatul wathoni says:

    Saya berkenalan dg org jerman dr fb, kemudian dia memberikan barang dan skrg sdh dipaket dan mengatakan bhw paketan akan sampe di indonesia hari selasa, betul selasa pagi tepatnya saya di telfon bhw ibu mendptkn paketan segera kirim uang sejumlah 12.5 jt utk membyr bea cukai
    Kemudian sy segera transfer utk tsb,ke rek juliana Eka saputra
    Mohon penjelasan dan sarannya…

  11. Saya mau nanya..ada kiriman uang dr temn dunia maya di whattsapp..dia mengirimkan uang sebesar$650.000,tadi siang saya di tlp jam 12.30 tgl 20 februari 2018..nama perusahaan tsb excel courier ltd..di bali perusahaannya..trus pihak perusahaan tsb meminta transfer pajak sebesar 13.500.000 hrs di transfer ke rekening pribadi..apakah ini penipuan atau tidak.

  12. saya mau tanya, apakah penerima paket dari Turki harus melampirkan e-mail atau surat ke perusahaan pengiriman paket yang ada di Turki? karena kenalan saya mau kirim paket, namun dia meminta saya membuat surat ke perusahaan pengiriman paket yg mengatas namakan dia.
    mohon informasinya, karena saya takut ini modus penipuan.
    terima kasih.

    • Pikirkan kembali sebelum membagi info pribadi Anda.
      Jangan pernah membayar atau mengirim uang ke pihak yg tidak Anda kenal.

      • Saya mau tanya apakah uang bisa dikirim lewat cargo citylink. Di paketin gitu.. terus dari pihak saya yang menghubungi atau email ke mereka citylink untuk bisa klaim paket bisa di kirim ke saya.tapi dari citylink minta alamat saya, no ID card,nama lengkap, no tlp dan juga nama perusahaan apakah ini benar itu saja pertanyaan saya.. terima kasih

      • Berhati2 saat menginformasikan nomor dan data identitas Anda di telepon…

  13. Mohon infonya saya ada kiriman dari yeman dari london tapi pihak perisahaan mia bayar 8.000.000

  14. tatan maulana says:

    sudah ada surat kuasa yang di kasih dari pihak pertama ke pihak kedua
    itu juga memungkinkan penipuan gak gan…?

  15. Jessica Vita says:

    Saya dapat kiriman parcel dari teman di UK, 2 hari kemudian katanya barang sudah tiba & tertahan di Bali (saya sendiri tinggal di Tangerang. Lalu paginya saya di telpon oleh nomor HP pribadi yg mengatasnamakan dari agen Delta Express yg meminta uang 8 juta untuk mengirimkan barang tersebut. Dan dari cara ngomongnya pun aneh. Saya tanya nomor resi agar bisa cek tracking tapi dia bilang gak bisa karena saya harus bayar dulu supaya dibuatkan resinya. Saya makin curiga. Saya cek di website Delta Express, punya 2 nomor tapi gak ada 1pun yg bisa dihubungi. Teman saya lalu mengirimkan scan invoice, saya input nomor resi nya tapi data tidak ditemukan.

  16. Ainin wasilah says:

    Saya ingin mengetahui bagaimana cara untuk melihat bahwa paketan saya sudah sampai apa belim di bea cukai tetapi saya telah kehilangan nomer resi saya???

  17. Saya mau tanya..
    Saya punya kenalan dr fb namanya oscar david.
    Dia bilang kirim paket ke saya terua di dalamnya ada uangnya.
    Lah yg jd saya bingung cepet amat kirim paket dr united kingdom ke Indonesia nyampe.a pdhl dia kirim hari sabtu. Nah td pagi saya dpt tlp dr agent pengiriman.a paketnya sudah datang tp harus bayar bea cukai dlu 5jt nnti baru bisa di kirim.
    Tuh bner yah apa penipuan sih qoo saya ragu yah tuh penipuan?

  18. Hy, min. Status barang saya via tracking luar negeri sudah sampai Indonesia. Tp kenapa saya cek resinya di website beacukai hasilnya selalu something wrong. Mohon infonya, min.

  19. Saya mau tanya saya dapat kiriman dari london, nama nya BARCLAYS TRUS FINANCIAL SECURITY COMPANY dan saya dapat telp barang sudah ada di batam dan saya harus menebus sebesar 45.jt dal dolar 3,180.20 .dan rekening pribadi apa benar ini pak ada barangnya???

  20. Putri intan says:

    Saya dikirim kiriman oleh teman saya di skotlandia, kirimannya berupa kalung berlian, cincin, hp iphone, mcabook iphone, parfum, tas 2, dan banyak lagi. Tapi tadi oagi pihak bea cukai menelpon saya, barang saya masih di bali, jadi saya disuruh bayar pajak dulu 4juta,berat boxnya 63kg, ini penipuan apa buka?? Mohon jawabannya

  21. Saya ingin menanyakan, adakah courier service dari Texas dengan nama http://www.corporatelink.com? Setelah saya coba buka web tersebut, diharuskan Login dan memasukkan data pribadi untuk men-tracking paket pengiriman (uang) tersebut. Mohon balasannya segera, terima kasih.

  22. Kalau kita dapat paket dari luar negri apakah harus tranfer sejumlah uang lebih dulu?
    Mohon infonya

  23. nayira yulistina says:

    saya mau tanya . saya juga dapat kiriman dari Kanada paket tersebut berisi. jam tangan. tas. hp. kalung emas. gelang. dan uang 10000dolar.apa betul. dan katanya yg mengirimkan paket tersebut akan menggunakan penerbangan.
    dan saya heranya apa jika kita kirim paket dari luar itu butuh waktu lama atau cukup 1hari sajah. dan saya pun esok paginya dapat telpon dari kata nya kantor imigrasi bei cukai Bali. bandara internasional Bali.
    atas nama ibu Eli widayati begitu. dan beliau meminta saya untuk mentrensfer uang sebanyak 7jt.k rek bank jabar banten. dn saya aneh nya ko pake no pribadi kenapa egk pake no kantor. jika ini penipuan mohon bagi aparat hukum segera d tindak.. dengan cepat. terima kasih

  24. Fuad Firdaus says:

    saya beli di ebay. nomer tracking udah dikasih. tapi saya lacak posisi paket, tidak ditemukan. mungkin ada yg pernah ngalami? mohon sharing soalnya pada saat pembayaran tidak lewat ebay

  25. Singkat cerita sy juga kenal bule trus dia ngirim paket via DHL company saya d kasih no resi pengiriman tracking sya cek d DHL memang ada….tpi sy dpt email dr china kebetulan sy cek paketnya ad d china lwt DHL sy hrus transfer uang k bank china spy paket sy bisa d terbangkan k i donesia…apa ini sama juga modus penipuan

  26. pihak yang mengaku sebagai eksp. Globlas Expres (Mbak Clara) 082110692532 meminta saya transfer uang sebagai bea masuk kiriman paket LN dari Mr.Smith Cheung ke no mor rekening bank Panin ac no 2031009528 a.n Susi Rahmawati. Mereka mengaku rekening pribadi itu sebagai penampung dana sebelum dibayarkan ke petugas bea cukai penerima bea masuk barang impor. Hati-hati dengan sandiwara penipuan yang sistematis, rapi, terstruktur antara pengirim barang di LN dengan pihak eksp. di DN. Mereka meminta saya mengikuti prosedur aturan mereka, baru paket dikirim ke sby. Saya menanyakan dasar perhitungan bea masuk yg mahal, bukti nominal perincian bea masuk, tetapi mereka hanya menyebut sejumlah angka melalui percakapan hp tanpa bisa merinci dan menjelaskannya. Saya bilang bahwa ini penipuan, tp mereka berani menjamin bahwa tidak berbohong dan barang kiriman paket memang ada di jkt. Keanehan pertama, saya diminta bayar ke rek.pribadi seseorang, Keanehan kedua, mereka tahu isi paket kiriman melalui scanner. Keanehan ketiga, mereka meminta saya bayar pajak barang mewah setelah liat hasil scanner. Keanehan keempat, mereka tidak bisa mengatakan di mana alamat detail tempat kerja mereka. Keanehan kelima, mereka bilang barang ada di jkt sedangkan saya di sby. Keanehan keenam, mereka selalu berkomumikasi dgn no hp bukan dgn pesawat telepon biasa. Keanehan ketujuh, pihak pengirim di LN bisa langsung tahu apa yang saya tanyakan dgn pihak ekspdisi di DN, setelah berkomunikasi dgn pihak ekspedisi, pengirim dari LN langsung menelopon saya untuk memenuhi dan menuruti semua prosedur, dengan rayuan bahwa isi paket lebih mahal dan berharga dari nilai uang yang saya transfer, sehingga saya tidak akan rugi, dan ada uang pengganti di dalam paket bila saya melunasi semua syarat pengambilan paket. Keanehan kedelapan, saya meminta pengirim dari LN untuk menyebutkan nama jasa ekspedisi dan airway bill untuk mengetahui number tracking, tetapi Mr.Smith Cheung tidak pernah bisa menyebutkan dan hanya bilang bahwa barang sdh ada di Indonesia, tidak perlu dilacak, turuti pihak pembayaran pada ekspedisi, maka barang pasti dikirim. Semua sandiwara dilakukan terorganisir oleh 2 belah pihak. Semoga mereka yang telah menipu uang hasil jerih payah kerja saya selama ini dengan menari-nari di atas penderitaan hidup orang, akan mendapat Azzab Allah SWT di dunia dan akhirat seumur hidup beserta seluruh keluarganya. Amin. Terima kasih karena sudah membuat saya belajar untuk bersedekah pada Anda…

  27. pihak ekspedisi menelepon lagi untuk meminta pembayaran pajak barang mewah Rp.35jt tanpa bisa menjelaskan perincian detail. Ekspedisi minta dibayarkan ke rek.Maybank ac 1407000287 a.n Yuni Rita. Bila dibayarkan, maka paket kiriman LN yg ada di Jkt akan dikirim ke Sby. Bila tidak, maka saya yg akan diberi tiket ke Jkt untuk mengambil paket. Aneh konyol dan pembodohan. Saya heran, sebagai sesama WNI tega sekali bekerja sama dgn WNA untuk melakukan penipuan. Mereka bukan manusia krn tdk punya hati nurani yg baik. Mereka SAMPAH yg pantas diinjak dibakar dibuang dikubur ke neraka tingkat 18 di bawah tanah. Hidup hanya 1kali tetapi mereka mencari makan dengan uang haram dan tega membuat hidup orang lain hancur… Selamat menikmati hidup dengan uang hasil penipuan. KASIHAN sekali anda tdk punya harga diri sbg manusia yg baik…

  28. Tolong saya.
    Saya dalam ancaman Mr.Jacob Antony (UK) Dan Intercontinental logistics company (Jakarta).
    Saya tidak yakin ada Kiriman barang tapi mereka memeras saya dengan suruh saya transfer padahal saya tidak pernah minta Dan tidak mau ada Kiriman barang Dari luar Negri.
    Siapa yang dapat menolong saya??
    Tolong saya segera untuk menyelesaikan masalah ini. Bagaimana Cara nya?,, saya takut sekali.

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: