Iklan

Inilah Modus Penipu Bisnis Online: Arisan Berantai

scamArisan bukan hanya milik ibu-ibu. Para penipu dunia online
menggunakan metode pyramid dalam bentuk arisan berantai untuk menjerat korbannya. Para penipu ini, baik di dalam maupun luar negeri pada dasarnya menggunakan cara-cara yang mirip, antara lain:

  • Menjanjikan keuntungan besar dengan cara yang mudah. Logika kita harusnya bisa mencium gelagat aneh saat membaca kalimat bombastis seperti: cara mudah untuk kaya, mesin pencetak uang di rekening Anda, inilah cara terbaru bisnis online yang membuat Anda kaya, dll. Hal ini tentu bertentangan dengan prinsip umum bahwa semua bisnis ataupun investasi pada dasarnya memerlukan ketekunan dan kerja keras untuk mencapai keberhasilan. Itu prinsip utama.
  • Secara umum ada 2 tipe arisan berantai. Bisa saja tidak menawarkan produk, tetapi setiap member hanya setor menyetor uang. Karena bukan tidak memiliki investasi atau usaha jelas, maka pendapatan para member hanya berasal dari pembayaran member-member di bawahnya. Ini murni arisan pyramid (alias phonzi atau arisan berantai). Ada juga yang menawarkan produk, tetapi produknya seabrek software tak berguna alias sampah atau produk lainnya yang tidaklah terlalu istimewa, alias bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Kalaupun Anda beli, ujung-ujungnya Anda diminta membuat (atau dibuatkan) website yang sama, untuk memudahkan menjalankan tipuan yang sama kepada orang lain.
  • Menampilkan Testimonial atau Kesaksian sukses. Kesaksian ada yang ditulis dalam kalimat panjang-panjang, tentang seorang yang akhirnya menemukan bisnis tepat dan membantunya dalam soal keuangan. Jika Anda jeli, Anda bahkan bisa menemukan beberapa terstimonial yang persis sama, di beberapa website berbeda, dan ditulis oleh orang yang berbeda. Hmmm..? Terkadang juga mereka menampilkan copy rekening. Jika Anda cermati, angka-angka yang masuk di sisi kredit, akan terlihat angka yang sama, hanya berbeda di ekor karena biasanya menggunakan 3 angka terakhir hp. Kenapa angka depannya sama? Karena memang itulah setoran dari para member yang tertipu dan membeli paket sampah tersebut. Setelah membelinya, para member harus membuat website yang sama (tentu dengan nama berbeda) untuk menjalankan tipuan yang sama.
  • Tidak memiliki alamat atau identitas yang jelas. Biasanya bisnis ini dipromosikan perorangan, dengan hanya menampilkan nomor handphone atau email. Kalaupun alamat dan perizinannya ada, Anda masih harus jeli mempelajari bisnisnya dengan menganalisa poin-poin di atas. Jika ada yang mengena, kemungkinan Anda akan terjatuh ke dalam sistim bisnis arisan berantai yang hanya akan membuat Anda sibuk mengajak orang lain setor-menyetor duit, bukannya berbisnis produk yang menguntungkan.
  • Tampilan websitenya kurang lebih sama. Semakin banyak Anda membukanya, Anda akan cepat mengetahui mana website yang baik, mana yang tidak. Karena itu, kami menampilkan lebih 600 website tipuan Indonesia untuk membantu Anda mengenal tipuan arisan berantai di dunia online.

Tipuan online semacam ini tidak akan menjadikan Anda seorang pemasar atau pengusaha online yang sukses. Lihat saja penghasilan mereka di rekening, diperoleh dari hasil tipuan, bukan dari bisnis internet yang legal. Secara berantai, jika Anda bergabung, Anda akan dijadikan juga penipu online, sebagaimana mereka telah menipu Anda.

Link Terkait Lainnya:

Iklan
%d blogger menyukai ini: