QNET: MLM Bisnis Gaya Hidup atau Money Game Semata?

bg_Bars_en

Pic: QNET Official

QNET (dulunya Questnet) merupakan perusahaan multi-level marketing (MLM) didirikan pada tahun 1998. Menjelang usia 15 tahun ini, QNET mengklaim telah memiliki member dan konsumen di lebih 100 negara. Berkantor pusat di Hongkong, QNET saat ini memiliki 25 kantor/keagenan dan lebih 50 stockist yang tersebar di 22 negara. Di Indonesia sendiri QNET berkantor di Jakarta, Surabaya dan Denpasar dengan didukung dua stockiest di Pontianak dan Balikpapan.

Lalu mengapa begitu banyak kontroversi tentang QNET. Benarkah QNET merupakan bisnis piramida atau bisnis tipuan sehingga hanya bisa berkembang di desa-desa dan tidak bisa menembus negara maju?

Bisnis dan Produk QNET

Ketika diluncurkan pertama kali tahun 1998, QNET (kala itu disebut Questnet) hanya mempromosikan koin emas dan perak unik melalui sistim MLM. Tidak lama kemudian bisnis koin koleksi tersebut mendapat sorotan dan disebut money game yang dinyatakan illegal di beberapa negara. Questnet di demo oleh para membernya dan petinggi-petinggi Questnet kala itu berurusan dengan hukum.

Beberapa tahun berselang, Questnet kembali muncul dengan nama baru: QNET dengan produk yang lebih beragam tetapi tetap mempertahankan cara pemasaran jaringan atau sistim MLM. Kini produk QNET telah merambah dunia produk energi, makanan suplemen, perawatan kulit, telekomunikasi, barang mewah (jam tangan dan perhiasan), produk pengaturan berat badan, peralatan rumah tangga, pendidikan online, dan paket liburan.

Keberadaan QNET di Indonesia diwakili oleh badan usaha bernama PT QN International Indonesia. Produk QNET yang terkenal antara lain produk energy seperti Biodisc dan Chi Pendant. Meski QNET mengatakan bahwa produk-produk energy tersebut bukanlah obat, tetapi banyak testimonial para penggunanya yang memanfaatkannya untuk tujuan-tujuan kesehatan bahkan peyembuhan. Selain itu QNET juga menjajakan barang peralatan rumah tangga, makanan suplemen, sampai paket liburan dan edukasi online.

Peluang Bisnis atau Money Game?

Sebagaimana perusahaan MLM lainnya, QNET memberikan peluang kepada setiap membernya untuk menjadi distributor produk-produk yang diedarkan oleh QNET. Untuk menjadi member QNET, Anda harus*:

  1. Membayar biaya Pendaftaran : $10 (sekitar Rp100 ribu)
  2. Memilih dan membeli salah satu produk mulai harga $370  sampai $12.500 (sekitar Rp3,6 juta – Rp124 juta).
  3. Membayar biaya tahunan: $30 (sekitar Rp300 ribu).

Sebagai distributor, para member berhak mendapatkan bonus atas penjualan produk yang dilakukan member tersebut dan jaringannya.

Besarnya bonus QNET secara garis besar terbagi 2 yaitu:

  1. Retail Profit, ada juga yang sebut bonus langsung. Bonus ini diperoleh seorang member saat berhasil menjual stau produk ke calon member/konsumen. Besarnya bonus adalah sebesar selisih harga member dengan harga katalog. Masing-masing produk memiliki selisih harga sendiri dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan QNET.
  2. Step Commission, kebanyakan menyebutnya bonus pasangan. Bonus ini diperoleh saat seorang member memperoleh jumlah penjualan tertentu di jaringannya dan dihitung berdasarkan poin produk yang disebut BV (Business Volume). Besarnya Step Commission adalah $225 – $300 per step, sesuai level member tersebut.

Pembayaran bonus dilakukan melalui cek, e-card (e-money khusus QNET) atau transfer tunai ke rekening member (QashOut).

Dalam prakteknya, beragam tanggapan masyarakat menyikapi bisnis QNET. Tidak sedikit berita miring yang beredar, termasuk isu-isu penipuan yang sempat marak diberitakan media massa.

Di berbagai negara, termasuk di beberapa daerah di Indonesia, tidak sedikit yang mencurigai QNET sebagai bisnis money game karena presentasi-presentasi yang diadakan para member QNET lebih banyak berbicara tentang rekruitmen (mencari anggota) dan bukan menjual produk, sehingga terkesan seperti praktek piramida (pyramid scheme).

Meski QNET jelas menyatakan bahwa QNET bukanlah cara pintas untuk sukses, tidak sedikit member QNET yang memberikan janji-janji berlebihan tentang potensi keuntungan bisnis QNET. Selain itu, kecurigaan money game muncul dari mahalnya harga produk-produk QNET dibandingkan produk sejenis, sehingga terkesan sebagai sarana mengumpulkan uang dalam jumlah besar dari para membernya. Hal ini dapat juga dilihat dari peningkatan harga produk QNET dari waktu ke waktu yang sangat signifikan, sehingga memperkuat aroma praktek piramida.

Baca juga: Ponzi: Akar Utama Penipuan Bisnis/Investasi

Praktek Tidak Terpuji

Berbagai informasi di masyarakat juga menyebutkan bahwa banyak oknum member QNET yang menaikkan harga produk dari harga normal tanpa menjelaskan secara terbuka alasan kenaikan harga tersebut. Modus ini terjadi karena QNET memang tidak mencantumkan harga-harga produknya secara transparan. Data tersebut hanya bisa dilihat oleh para member. Akibatnya banyak calon member yang tertipu karena harus membayar lebih mahal dari seharusnya.

Di beberapa daerah sejumlah member Qnet diberitakan menderita kerugian karena perilaku leader Qnet yang membawa kabur uang para calon member atau tidak mencairkan bonus sebagaimana dijanjikan. Produk yang seharusnya diterima dalam hitungan hari, kadang mundur menjadi berbulan-bulan atau tidak diterima sama sekali. Akibatnya, tidak sedikit yang mengeluh merasa tertipu.

942110_668450616504369_1586092047_n

Sebagian dari ratusan produk QNET (QNET Official)

 

Sepintas, munculnya perilaku tida terpuji tersebut kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:

  1. Sistim bisnis QNET saat ini murni e-commerce, alias semua transaksi resmi harus dilakukan melalui internet dengan menggunakan kartu kredit atau e-card (e-money khusus QNET). Sementara penduduk Indonesia terutama yang di pedesaan masih banyak yang belum paham internet, termasuk sistim bisnis QNET. Akibatnya muncul celah yang rentan dimanfaatkan oleh upline atau leader QNET untuk mempermainkan data dan informasi QNET.
  2. QNET tidak transparan menampilkan data harga produk. Akibatnya para member dan leader-nya bisa mempermainkan harga sesuka hati dan berpotensi penipuan.
  3. Meski dijalankan secara e-commerce, QNET belum sepenuhnya menjalankan bisnis secara online. Bila seseorang melakukan pemesanan produk lewat internet, produk tersebut tidak dikirimkan langsung oleh kantor QNET Indonesia, tetapi harus diambil ke kantor QNET atau stockiest. Bisa dibayangkan jika pembeli bertransaksi online di Manado, harus mengambil ke Jakarta atau Surabaya. Pun jika memilih opsi tidak mengambil langsung ke kantor, QNET akan mengirimkannya otomatis dari kantor Hongkong atau Malaysia, yang mana pengiriman ini memakan waktu minimal satu bulan. Dalam prakteknya ada member yang menunggu produk sampai lebih 3 bulan.  Suatu hal yang tak lazim di dunia online shopping.
  4. Sistim pembayaran bonus masih menyulitkan member. Penggunaan metode e-card dan internet membuat ketergantungan yang tinggi terhadap upline atau leader sehingga rawan penyelewengan dan penipuan. Bahkan banyak member yang percaya bahwa bonus QNET dibayarkan oleh upline. Sementara penggunaan QashOut sangat memberatkan para member karena adanya potongan biaya yang tinggi setiap transaksi dan adanya potensi kerugian selisih kurs.
  5. Mekanisme pengawasan QNET sepertinya belum memberi efek signifikan untuk menertibkan perilaku salah di kalangan member. QNET terkesan lepas tangan. Berbagai isu mengatakan bahwa kemungkinan QNET serba salah terutama untuk menindak para member atau jaringan tertentu yang telah berkontribusi besar bagi QNET selama ini.

Selain itu, QNET juga menghadapi tudingan berupa informasi-informasi keliru yang menyesatkan, antara lain:

  1. QNET bukan MLM. Yang benar, QNET merupakan perusahaan MLM (kadang disebut juga network marketing). Tidak ada yang salah dengan mlm. Yang salah adalah penerapannya di lapangan yang sering membuka jalan ke praktek-praktek penipuan atau money game.
  2. QNET merupakan jaminan kesuksesan. Melalui panduan resminya, QNET menegaskan dan tidak pernah menjanjikan keberhasilan atau kekayaan. Untuk mencapai kesuksesan finansial, seorang member QNET harus menjadi penjual produk (distributor) aktif dan mempromosikannya kepada orang lain. Besarnya bonus yang diperoleh seorang member adalah sesuai dengan keaktifan melakukan penjualan dan membina jaringan di bawahnya.
  3. QNET melalukan investasi besar di Indonesia. Sejauh ini, QNET tidak melakukan investasi apapun di Indonesia. Produk-produknya kebanyakan dibuat atau dirakit di negara lain termasuk China. Ke depan, QNET kemungkinan juga akan merakit salah satu produknya yaitu pemurni udara, di India.
  4. Petinggi-petinggi QNET ditangkapi di Indonesia dan berbagai negara. Isu ini sudah sangat lama ditemukan di Wikipedia. Petinggi-petinggi QNET mungkin pernah berurusan dengan hukum, tetapi tidaklah ditangkapi. CEO Qi Group (induk perusahaan QNET), Vijay Eswaran bahkan tercatat sebagai salah seorang usahawan berhasil di Asia dan sering menjadi pembicara di forum-forum bisnis internasional, termasuk World Economic Forum.

Untuk menghadapi tantangan permasalahan di lapangan serta internal system yang belum mendukung, QNET harus banyak berbenah dan meningkatkan pelatihan-pelatihan bagi para membernya dikuti pengawasan terhadap perilaku member yang tidak terpuji.

Apakah QNET merupakan Bisnis yang Tepat untuk Anda?

Sebagaimana  saat menganalisa perusahaan MLM lainnya, QNET dapat menjadi bisnis yang baik bagi orang yang tepat. Untuk menjawab pertanyaan di atas Anda perlu memastikan ke diri Anda:

  • Apakah Anda memerlukan salah satu produk QNET?
  • Apakah Anda ingin dan mau menjadi distributor produk QNET?
  • Apakah Anda dapat mempromosikan produk QNET kepada orang lain?
  • Apakah Anda memahami tata cara bisnis QNET dengan baik?

Jika Anda menjawab tidak, kemungkinan Anda berpotensi menjalankan bisnis QNET secara money game, yaitu hanya mengajak orang menyetor uang, lalu meminta orang tersebut mengajak orang lain menyetor uang dan selanjutnya. Orang yang tidak tepat akan menjadikan QNET sebagai bisnis piramida alias arisan berantai.

Info lebih lanjut tentang QNET dapat diperoleh di http://Qnet.net.

*Sesuai daftar harga QNET per 5 Juni 2013. Produk termurah tersebut adalah Amezcua Lifestyle Set, sementara produk termahal dipegang oleh produk pendidikan online QNET: Master in Business Administration.

 

Comments

  1. Tuh…suami ka2k q yg udah masuk jd qneet sampai skrg blum bs bayar hutang sama q,totalnya kurang lebih 45juta. Q minta malah ngajak gaduh,ka2k q jg dah dicekokin sama dukun kali y sampai durhaka sama ibuk q. Gayanya aja selangit…belum kaya sombongnya dah sampai kepala,otak dia g mikir kalau rmh yg dia bgun diatas tanah q. Katanya dia ikut bisnis ini dia akan sukses,beli rmh pinggir jln dan beli mobil. Kalo q sih ikut seneng klo pnya sodara kaya,tpi mikir tu hutang. Kata leader2nya yakin kalo bakal sukses dan kaya dg penghasilan 1minggu 150juta(menteri aja kalah gajinya),tu pinjamin dulu dia duit biar bisa bayar hutang sama q,jgn omdo aja…!!!

  2. andik23772@gmail.com says:

    rejeki ada yang atur

  3. Q net penipuan yang cantik…

  4. bener gan, teknologi berkembang sangat cepat seperti waktu… secepat kilat ,

  5. dwie setsetya says:

    saya ditipu oleh member Qnet!

    • Tdi siang saya bru sja plang dri tmpat perkumpulang bisnis qnet.smpe mlm ini saya gk bisa tidur krna sya mkir trus tntang qnet.
      Saya ragu dan bimbang.saya harus membil brang yg hrga ny sngt mhal and tdi tau apa arti itu brang.
      Klo emang bisnis itu cpt menghasilkan uwang alias cpat kaya…
      Loh kox knapa orang yg ngjak saya udah 6bulan krja alias ikut qnet blm jga bisa beli apa pun rmh nya aja msh ngotrak alias ngekoss. Dia blang kta akan sukses man klo ikut gabum sma qnet.

  6. kenapa ya untuk mengundurkan diri dari jaringan itu tidak bisa?

  7. sebenarnya z juga trtarik dgn bisnis Qnet tpi bnyk kerguan yg muncul pertama saat pembelian barang kita tidk pernah tau berpa hrg aslinya dan bagaimna mndaptkan itu produk krn yg mreka presentasekan hanya bgaimn merekrut org…seharunya klw memng itu hrg produk tidk pipermainkan hrus ada surat tanda terima atau semacamx yg keluar lansung dr perusahaan

  8. Kalau bisa. Saya minta uang saya kembali. Dari harga pendaptaran. Saya merasa tidak nyaman bisnis ini. Karna aplan yg gak bertanggung jawab. Saya sedih karna saya orang miskin. Saya daptar juga. Hasil dari gadaikan kebun orang tua saya. Saya tidak rela. Saya merasa di injak injak harga diri saya oleh aplen saya. Yg tadi.nya belum bergabung aplen bermuka modus itu baik. Tapi saya sekarang sudah gabung. Malah berani kepda sya marah marah. .suruh cari orang buat masuk Qnet. Cari orang mah gampang. .cuman dari uang nya ini yang mereka gak punya. .sampai 2 bulan ini. Saya tidak pernah di kabari oleh aplen saya. Mungkin dia tidak peduli lagi sama saya. Saya minta kepada tim Qnet dimana saja. Saya minta tolong. Saya minta uang saya kembali 8jt. Itu saja. .yang saya gak enak di bisnis. .sya maklum orang bodoh. Yg gak bisa mencari orang untuk masuk di qnet ini. Sampai saya di tanya sma aplen saya. Kalau kamu gak bisa cari orang untuk masuk. Saya berani bayar TCO kamu. Tp mana bukti.nya . .

    • Hai Mas…

      Sedih deh baca tulisan Mas’nya…padahal sudah bantu upline’nya…pastinya upline mas dapat penghasilan tambahan dari Mas’nya…

      Bisnis yang baik adalah bisnis yang sama – sama menyukseskan setiap member – membernya,,,tapi bukan tanpa kerja keras dan usaha.

      Saya perkenalkan bisnis AZARIA dari AZARIA AMAZING STORE…

      Mengapa AMAZING? Karena sistem yang kami miliki bukan MLM. Kami memiliki system sendiri yaitu QUALIFIED MARKETING dimana di system ini kita member TIDAK harus memiliki keseimbangan kaki – kiri kanan (system binary / pyramid) untuk kemudian mendapatkan BONUS. Di system ini juga TIDAK MEWAJIBKAN kita belanja produk – produk yang TIDAK KITA BUTUHKAN untuk mengejar TUTUP POIN.
      TIDAK ADA YANG NAMANYA TUTUP POIN

      Hanya bermodalkan 1,4JT sekali seumur hidup, sudah dapat JOIN di BISNIS AZARIA INI.
      Dan bukan hanya terdaftar sebagai member, dengan 1,4JT anda mendapatkan 3 produk premium, yang setara harganya dengan harga pendaftaran anda.

      Apa keuntungan BISNIS INI?

      ANDA AKAN MENDAPAT BONUS 1 JT BERKALI – KALI SETELAH PEREKRUTAN PERTAMA…

      Ilustrasinya begini:
      Ajak join si A, status kita QUALIFIED, artinya kita baru dianggap layak untuk mendapatkan BONUS setelah ini…perusahaan melihat hasil usaha dan kerja keras kita untuk mendapatkan member disini.

      Kemudian kita ajak join si B (input member melalui web resminya), 1JT masuk ke rekening anda dalam 1 x24jam

      Kemudian kita ajak join si C (input member melalui web resminya), 1JT masuk ke rekening anda dalam 1 x24jam LAGI…

      Kemudian kita ajak join si D (input member melalui web resminya), 1JT masuk ke rekening anda dalam 1 x24jam LAGI…

      begitu seterusnya sampai anda benar-benar kagum dengan system ini yang dapat menggendutkan rekening anda.

      TIDAK SAMPAI DISITU SAJA!

      Jika B ajak join B1, anda mendapat 1JT, B tidak karena status B menjadi QUALIFIED
      (anda yang dibayar karena anda yang mengenalkan AZARIA kepada si B)

      B.1 ajak JOIN B.1.1, anda mendapat 1JT lagi…

      begitu seterusnya…bayangkan kalau itu anda juga dapat dari member C, D, E dan seterusnya yang notabene punya keinginan untuk SUKSES BERSAMA AZARIA…

      TIDAK HANYA BERHENTI DISITU LAGI…

      Saat member pertama anda si-A memiliki penghasilan sebesar 5JT (6 member) anda mendapatkan Royalty Fee sebesar 10% yaitu 500rb karena walaupun member A hanya membuat status anda QUALIFIED, anda tetap mendapatkan BONUS karena anda yang mengenalkan AZARIA kepada si-A

      AMAZING BUKAN???

      Selain itu masih ada lagi BONUS’nya… AZARIA MEMANG GOKIL…

      Kita bisa mendapatkan SHOPPING FEE 20% saat member kita melakukan pembelanjaan produk – produk AZARIA sebesar 1JT, sehingga SHOPPING FEE yang anda terima sebesar 200rb…

      SAYA YANG SUDAH MENJADI MEMBER DAN SUDAH MERASAKAN NIKMAT BONUSNYA SAJA MASIH TERKAGUM – KAGUM DENGAN SYSTEM DI AZARIA INI…

      APALAGI ANDA…

      INGAT! PADA SAAT MENDAFTAR…UANG DITRANSFERKAN TIDAK DITRANSFERKAN KEPADA SAYA SEBAGAI SPONSOR / UPLINE ANDA…
      MELAINKAN KEPADA KANTOR PT, UNIONFAM AZARIA BERJAYA ATAU MELALUI AUTHORIZED DISTRIBUTOR YANG DIAKUI OLEH AZARIA…DIBUKTIKAN PADA WEB RESMI AZARIA PADA BAGIAN DISTRIBUTOR, kindly check our website myazaria.com

      AZARIA NO TIPU – TIPU
      AZARIA NO MLM
      AZARIA NO MONEY GAME
      AZARIA NO TUPO (TUTUP POIN)

      AZARIA IS THE BEST CHOICE I CHOOSE!!!

      YUK GABUNG BARENG TEAM SAYA…
      TEAM HOKI AZARIA – ELFRIDA SEJUTA HOKI

      BB: 7EB91384
      WA: 081289340562
      LINE: elfridafernandalyno
      IG: e;fridafernandalyno
      FB: Elfrida Fernanda Lyno

      JANGAN SALAH PILIH BISNIS…JANGAN SALAH PILIH UPLINE…JANGAN SALAH PILIH TEAM…

      JANGAN TUNDA JOIN…TUNDA JOIN = TUNDA SUKSES!

      SALAM SUKSES BERSAMA AZARIA…
      SALAM SEJUTA BERKALI – KALI

    • ogi putra says:

      Saya orng Medan dan tepat nya tdi mlam tgl 09-06-2016 saya diajak seorng temen untuk maen ke kota tebing tinggi, katanya ada kerjaan utuk saya disebuah perusahaan dn lbih menjanjikan hasilnya. singkat cerita saya brangkat ke tebing tinggi walaupun harus izin tidak msuk kerja. Dan trnyata saya dibawa kesebuah cafe disitu sudah banyak orang dengan berbagai karakter, saya langsung dijak msuk kdalam sebuah ruangan sedrhana lengkap dengan sound system organ tunggal saya dipersilahkan duduk teman saya tadi kluar ruangan tinggal saya disitu dengan orang2 yg tidak saya kenal. Dalam hati saya sudah bisa menebak apa maksud dri smua ini, ternyata benar dugaan saya trnyata persentasi MLM Qnet namanya, BUSYET BANGET DAH….Saya kenak tipu ….!!!!!! gumam saya dalam nada pelan.
      Mau gak mau saya trpaksa ngikutin acara yg membosankan itu,,,,banyak sekali cerita sukses dangan komisi puluhan juta rupiah perminggu.orang susah jadi kaya mendadak dan banyak lagi crita yg sangat diragukan tentang kebenarannya.Hati saya tetep menolak smua cerita yg diberikan oleh mentor2 handal yg dalam orasinya membentak2 smua audiens yg diruangan itu, ada yg kagum ada yg heran dan ada juga yg mengguk2 tanpa paham apa yg dijelaskan oleh mentor2 trsebut. bagi saya inti nya tetep saja Qnet itu adalah MLM dengan sistem piramida walaupun mereka tidak menyebutnya begitu.
      sampai acara selesai lantaran saya menghargai temen saya tadi maka saya tidak langsung beranjak plang mka saya duduk dulu di cafe itu dan disitu pun saya masih juga di prosfek habis2san oleh empat orang mentor sekaligus untuk menyakinkan saya supaya saya mw bergabung jdi member di Qnet.
      8.300.000 juta rupiah bkan saya tidak punya bisa saja malem itu saya jdi member disaat itu jga. tpi bagi saya uang segitu sangat tidak masuk akal jika hanya untuk membeli produk yg berupa bongkahan kaca doang, CHAKRA mereka menyebutnya. dan hal itu sebagai syarat untuk mendapatkan hak kerja atau TCO atw dikatakan sbagai member Qnet.
      Tpi saya tidak trpancing begitu saja trlebih lgi itu trmasuk uang riba dlam ajaran islam ya walupun mereka mengatakan itu halal dan telah mendapatkan legalitas dari MUI. masa iya sich dalam beberapa minggu bisa puluhan juta hasilnya sementara kerjanya hanya mencari orang untuk join bersama. gak masuk dlam logika saya. sehebat2 bisnis proses gak sebegitu singkatnya dan butuh perjuangan kerja keras dan doa.
      Dan yg membuat saya muaknya lagi, masa saya diintruksikan untuk tidak bercerita kpada orang tua dan orang2 terdekat kita alias disuruh berbohong dengan berbagai alasan . logika dari mana coba mau berbisnis tpi harus berbohong pada orang tua , gimana mw dpet berkah dri ALLAH sedangkan sama orang tua saja sudah berbohong. bukankah berkahnya ALLAH itu adalah keridhoan dari orang tua kita.
      menurut saya gak usalah ikutan yg begituan buang2 uang dan waktu saja. masih banyak cara untuk kaya selain ikut MLM. apa yg sudah ada cukup kita nikmatin dengan bersykur. dengan smakin banyak kita bersyukur kepada ALLAH maka semakin banyak pula rejeki yg diberi kepada kita,,,,INSYA ALLAH.

    • Kk apa benar qneet ini nipu doang.. Soal nya saya skarang lgi dibujuk biar gabung dg qnet ini. Tapi saya masih and bimbang mau ikut qnet ini

  9. bisnis apapun kalau tidak dikerjakan sesuai sistem dan petunjuk perusaan maka akan sia sia, artinya ketika mengambil keputusan kita telah siap mengerjakan dan siap dengan segala resiko yang ada. anda kerja anda sukses anda tidak kerja maka anda akan gagal. sukses untuk anda yang bekerja dan belajar terus saya yakin anda sukses’

  10. Saya mau tanya tentang pendaptaran dengan uang yg 8500.000

    • saya memang sempat kagum dengan bisnis ini …tapi karna saya tidak bida mengundang orang mkany saya gk mau gabung…..

  11. Apakah Qnet memiliki produk yg d sebut dg cakra.
    Apa benar pembelian cakra tersebut senilai 8,2 jt.

  12. wah didumai juga lagi marak marak nya qnet.tapi biaya daftar nya 8 jutaan,bukan 100 ribu,dan cara merka merekrut member dengan cara disuruh nipuin org tua..haha untung saja saya menolak.tapi mereka tetep bersikukuh kalo qnet itu halal .tapi sayang nya saya tidak percaya…

  13. iya gan ku juga pernah di jerumusin orang ..ktanya mau di ajak kerja .. di indomaret eh ternyata di bawah kesitu ..

  14. Kemarin tepatnya hari minggu 10_04_2016
    Awalnya saya jg diajak temen.kata temen ayu ikut saya mau ad acara makan2 n ad acara peluang usaha.
    Dalam benak pikiran saya bertanya” dngn penasaran ad apa yach tmen ngajak makan”?
    Pas sampe tempat tau” nya suruh dengerin ikut presentasi team qnet u/bergabung…paa setelah acar itu selesai team leader ny suruh ngisi data(aplikasi)dan bahkan KTP saya ditahan.
    Saya bertanya” KENAPA KOQ MESTI KTP DITAHAN”….
    Pulang”pun saya gk bisa tidur mikirin Ktp saya ditahan…
    Untung nya ajh uang saya blom masuk.

  15. nekadx kelewatan g masuk akal perusahaanx bagus, tpi oknumx g ad yg beres, masalah harga produkx sebetulx hanya ratusan ribu aj g nyampai jutaan saya uda tau smuax kebusukan oknum Qnet

  16. rizki ashari says:

    logikanya, apakah bisa kita dapat keuntungan begitu banyak tanpa ada apa-apanya? leader-leader mereka bilang caranya mudah dan segala macam, nyatanya beda jauh dari harapan. baru dengerin seminarnya saja, kita udah dihina, dibentak-bentak, dan diremehkan. jadi buat saudara-saudara sekalian, lebih cermat dan kritis saja dalam memilih bisnis.

  17. lebih baik kita tekuni saja pekerjaan kita walupun hasilnya mungkin gak semanis janji janji bisnis yg menggiurkan yg penting hasilnya pasti bukan hanya mengharap mimpi

  18. tepat hari minggu kmrin ini..saya diajak teman ibu saya pergi ke Kediri.bilangnya sich main dan jalan2,tp sialnya..malah saya dan ibu saya diajak ke sebuah rumah..mewah sich,tp smua orang pada tidurnya jempalitN kyak ikan asin di teras,gazebo,mushola dan garasi rumahnya.sblumnya saya berfikir itu adalah tmpat pengobatan alternatif atau orang pintar.tp sialnya..saya salah!!!itu adalah tmpat perekrutan mamber2 baru Qnet.dr mulai jam 09.00-16.00 saya seperti orang pilon mendengarkan orang presentasi kesana krmari gag jelas dengan menjanjikan komisi jutaan rupiah tiap minggu apabila bergabung ke dalamnya.hello…jutaan rupiah itu yg gaji nenek lo.untung saja saya dan ibu saya sudah faham dgn seluk beluk MLM.yg saya kcewakan knpa msh banyak orang yg mau dibodohi dan diiming2i yang banyak secara instant.bhakan yg ikut dlm avara itu adalah orang2 tua,ibu2,dan kebanyakan orang2 desa.miris saya liatnya ya allah.dn knpa jg mereka harus berbihong dan menghalakan segala cara agar bisa mendapatkan member2 baru.ya semoga saja mereka cepat sadr.dn pembodohan ini cepat berakhir!!!

  19. Sya tegaskan bagi temen2 klo anda d ajak gabung ke qnet jangan mau , klo anda mau pasti anda nanti kecewa ! Karena sya udah mengalaminya … uang 8,5 jt sya raib untungnya uang sya bukan dari hasil pinjeman org tua atau temen
    Penghasilan gede tp dari hasil menipu = haram

  20. ayu lestari says:

    Saya juga tertipu,, wktu itu sya mash blum tau pa* tentang bisnis mlm,, dasar leader jahanam, tdk tau malu, mmbawa kabur uang sya,, dihubngi tp selalu saja mngelak… mudah*an hidup lu susah smpe mati,, gk akan bahagia smpai 7 turunan… jadi tukang tipu dn suatu saat pasti lu akn rasa pndritaan yg gk akn pernh habis.. anak bini lu susah smpee gk ada yg bakal suka dn mninggalkn kmu,,, sampai lu minta maaf di aku bru kturunanmu bisa hidup dlam kedamaian… #biasa di panggil mames leader q.net yg di prospekkan di salatiga, tp di bgian prkmpungan terpencil yg saya tdk tau jlannya… klo sya ingat almatnya lngsung sya kesana brsma polisi

  21. Penipuan dapat terjadi disetiap kesempatan. Dimana saja. Kapan saja. Perusahaan, MLM, Direct Selling, atau konvensional, adalah sebuah wadah. Baik atau buruknya sangat tergantung pada oknum yang memanfaatkan wadah tersebut. Jadi kejahatan dapat terjadi kapan saja di mana saja. meski saya baru sebatas mengamati, mencermati, berusaha untuk memahami, namun saya sudah dapat menyimpulkan, bahwa qnet merupakan sebuah peluang mewujudkan mimpi kesejahteraan. Tetapi menjawab pertanyaan berikut adalah penting.

    Apakah QNET merupakan Bisnis yang Tepat untuk Anda?
    Sebagaimana saat menganalisa perusahaan MLM lainnya, QNET dapat menjadi bisnis yang baik bagi orang yang tepat. Untuk menjawab pertanyaan di atas Anda perlu memastikan ke diri Anda:
    Apakah Anda memerlukan salah satu produk QNET?
    Apakah Anda ingin dan mau menjadi distributor produk QNET?
    Apakah Anda dapat mempromosikan produk QNET kepada orang lain?
    Apakah Anda memahami tata cara bisnis QNET dengan baik?
    Jika ya silahkan lanjut anda seorang manager
    Jika Anda menjawab tidak, jangan paksakan.
    Kemungkinan Anda berpotensi menjalankan bisnis QNET secara money game, yaitu hanya mengajak orang menyetor uang, lalu meminta orang tersebut mengajak orang lain menyetor uang dan selanjutnya. Orang yang tidak tepat akan menjadikan QNET sebagai bisnis piramida alias arisan berantai.

    Info lebih lanjut tentang QNET dapat diperoleh di http://Qnet.net.

  22. bener gak sih bang ini itu penipu soalnya cewek ku udh masuk tu di perusaan q net

  23. Tadi saya baru aja diajak sama sahabat saya sendiri, sebenernya saya juga nggak pengen percaya tapi gimana? Soalnya dia sahabat saya. Mohon saranyya

  24. irsyad dula'ibad says:

    saya dulu ikut quesnet, bayar 8jt, yg seharusnya bayar 8,5jt sampe sekarang gatau kelanjutannya, biodis aku gadapet gara2 kurang 500rb.. bener2 merasa tertipu eng..waktu itu adanya di daerah ciamis..

  25. Kemarin selasa 1 november 2016 , saya di kasih tau sama temen saya sendiri kata dia ada lowongan kerja yang gaji nya luar biasa, disitu saya langsung tertarik untuk mengikutinya, karna yang nawarin itu saudara saya sendiri, saya langsung temu in dia di bekasi tapi setelah saya sampai di bekasi gak langsung bisa ke tempat KERJA kata a besok RABU baru bisa interviu nah jadi saya nginep dulu satu mlam disitu nah besok pagi a saya di suruh mandi pagi-pagi banget sekitar jam 4 sehabis mandi saya langsung berangkat ke tempat interviu saat saya datang sudah ada ratusan orang yang ngantri untuk masuk sebuah ruko kecil yang gerbangnya belum di buka , saya heran ruko sekecil ini tapi yg ngantri ingin masuk saking banyk a ampe cempet” an , setelah nunggu agak lama gerbang ruko pun di buka dan orang” disitu pun berdesak desak an untuk naik ke lantai atas(2) untuk sekedar bisa nempatin tempat duduk , setelah saya dapet tempat duduk dan berdesak desak an dengan orang banyak , malah di tambah suara musik musik yang keras nya luar bisa , disitu saya bingung kenapa ada suara musik dan orang” di sekeliling saya pada joget gak karuan , tapi saya ikut in aja apa yang ada di ruangan itu , setelah itu ada orang msuk yg jadi presenter di acara itu, dy memperkenlkn diri dan menerangkn kenpa kalian semua di kumpulkan disini… setelah itu dy memanggil seseorang yang kata a akan MENJELASKAN tentang Bisnis QNET… setelah di jelaskan saya heran kata temen saya di pabrik jam kenapa yg di jelas kan malah (1 kiri 1 kanan Tugas Anda beres/selesai ) saya disitu merasa heran gak tau apa yg dia omongin saya hanya mendengarkan apa yg dia jelaskan tanpa tau apa maksud dan tujuan nya , disitu saya udh ngerasa gak nyaman dengan Usaha yg dia jelaskan, Setelah itu saya tanya sama temen aku kenapa kok jadi kaya gini saya heran a temen saya malah maksa saya untuk tetep dengerin tetep konsentrasi sama apa yg di jelaskan di depan lagi lagi saya hanya mendengarkan dan mendengarkan apa yg dia jelaskan dan dia menjelaskan untuk gabung Di QNET anda cukup mengeluarkan uang 10.jt untuk mendapatkan TCO , setelah itu anda cukup menycari 2 Orang/Temen (1 kiri 1 kanan) tugas anda selesai … dan masih banyak lagi guys pokok a yg dia omongin/jelaskan tetang bisnis QNET, Tp menurut saya pribadi bisnis ini belum bisa untuk langsung di percaya

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: