Qbule, Lagi-lagi Bisnis Pepesan Kosong

Qbule_Indonesia__Aneka rupa penipuan bisnis money game dari dalam dan luar negeri terus menguras duit rakyat Indonesia. Yang perlu diwaspadai berikutnya Qbule dari antah berantah yang katanya berbisnis iklan online (online advertising) dan aneka jasa internet, kini ramai dipromosikan para membernya di dunia maya.

Disebut money game karena bisnis ini bukanlah murni bisnis yang memiliki usaha jelas. Bisnis yang mereka sebut di ruang-ruang presentasi atau aneka promosi di media sosial, tidaklah dapat diverifikasi alias tidak bisa dibuktikan kebenarannya.

Belajarlah dari Kejadian Sebelumnya

Sedikit intermezo, bisnis gadungan seperti ini bisa muncul dalam aneka rupa. Semuanya menawarkan “peluang bisnis” dan meminta orang lain ikut bergabung dengan janji bagi hasil dalam persentase yang aduhai. Yang tradisional, kita masih ingat PT Qurnia Alam Subur, Koperasi Langit Biru, Add Farm dan seterusnya. Lalu yang canggihan dikit pakai istilah bisnis komoditas dan valas, ada Sarana Perdana Indoglobal, Wahana Global Bersama, Gama Smart dan lain-lain. Lalu penipuan dengan modus bisnis emas ada Raihan Jewellery, Gold Traders Indonesia Syariah, Pohon Mas dan banyak lagi, termasuk yang masih bergerilya saat ini. Ratusan ribu nasabah tertipu dengan kerugian mencapai triliunan rupiah yang tak berbekas menyisakan penyesalan bagi mereka yang tertipu.

Lalu di dunia online bermunculan aneka money game yang juga selalu populer karena menawarkan iming-iming persentase komisi yag menarik. Tidak lupa mereka mengemas tampilan website seolah memiliki bisnis legal nan menguntungkan. Diantaranya sebut saja JSSTripler, Just Been Paid, Zeek Reward, Profit Clicking, SpeedyLine, dan banyak yang bisa Anda sebut lagi bukan? Yang masih hangat tentu saja Virgin Gold Mining Corporation dengan bisnis tambang emas gadungan yang berhasil memukau sejumlah besar orang di banyak negara termasuk setidaknya 40 ribu nasabah di Indonesia.

Saat itu tidak ada yang percaya bahwa itu penipuan, karena mereka melihat hadiah dan bonus-bonus bagi hanya segelintir orang. VGMC hanya bertahan beberapa saat setelah melalui gembar-gembor seremoni dipenuhi bagi-bagi hadiah mobil mewah. Kini ribuan nasabah VGMC hanya bisa pasrah menderita kerugian akibat kesalahan sendiri.

Baca juga: Penipuan Modus MLM dan Network Marketing.

Qbule: Bisnis Tak Bertuan

Lalu apa hubungannya dengan Qbule? Qbule sebetulnya tidak ada bedanya dengan perusahaan-perusahaan di atas, hanya berbeda kemasan saja. Qbule berusaha tampil manis dan meyakinkan di websitenya, tetapi dalam beberapa klik segera ketahuan bahwa Qbule tidaklah memiliki bisnis yang jelas, yang dapat diverifikasi kebenarannya. Portofolio Qbule sama sekali tidak menunjukkan bahwa Qbule pernah punya klien bermutu atau pekerjaan besar sesuai dengan bisnis yang digembar-gemborkannya.

Akan tetapi para member, seperti biasa, selalu bersemangat. Yess, mereka akan menampilkan gambar-gambar, grafik dan angka-angka yang menunjukkan betapa besarnya potensi bisnis online seperti periklanan (advesrtising), penelitian (research), dan atau media sosial. Mereka akan berbicara tentang perusahaan-perusahaan besar, negara-negara maju dan sebagainya, tetapi sama sekali tidak bisa menjelaskan bagaimana prestasi atau kemajuan bisnis yang telah dibuat oleh Qbule.

Memang lucu, tetapi modus ini selalu berulang dan dipakai oleh hampir semua bisnis money game bukan? Mereka hanya bisa berbicara tentang keberhasilan orang lain, tetapi bisnis mereka sendiri tak lebih dari pepesan kosong.

Presentasi QBule, berbicara tentang hebatnya bisnis orang lain. Bukan tentang QBule.

Presentasi QBule, berbicara tentang hebatnya bisnis orang lain. Bukan tentang QBule.

Lalu kami mencoba mencari informasi dibalik layar website Qbule. Ternyata Qbule adalah bisnis tak bertuan. Saat membuka link “Contact Us” dengan harapan akan menemukan informasi kantor Qbule. Akan tetapi layar hanya memperlihatkan form untuk menetikkan pesan. Di tab “Who we are” hanya muncul kalimat basa-basi yang menjelaskan bahwa Qbule (katanya) di-manage oleh para profesional di bidang marketing dan periklanan. Akan tetapi siapa mereka? Wallahualam, alias hanya rumput bergoyang yang tahu.

Walaupun demikian, lihatlah betapa gencar rekan-rekan kita mempromosikan Qbule. Mereka tidak ragu menjerat teman-teman bahkan keluarga sendiri demi mendapat komisi dari kegiatan setor-setoran duit alias money game.

Artikel terkait: Aneka Jaringan Bisnis Gadungan Mengancam Indonesia.

Apakah QBule Penipuan?

Sejumlah member QBule memang memperlihatkan bukti pembayaran bonus dari Qbule (walapun belum diverifikasi kebenarannya). Akan tetapi jangan lupa, bahwa bisnis-bisnis tipuan lainnya selalu melakukan hal yang serupa. Gembar-gembor di awal kalau perlu bagi-bagi mobil, rumah mewah, atau liburan wisata ke luar negeri, untuk menarik korban berikutnya. Qbule baru berdiri sekitar bulan Agustus 2013, jadi memang wajar kalau sedang hangat-hangatnya saat ini.

Yang ditekankan artikel ini hanyalah:

  • Qbule tidak terbukti memiliki bisnis nan menguntungkan sebagaimana yang disajikan di websitenya. Link-link ke “project” mereka tidak menunjukkan bukti kerja yang bisa memperlihatkan suatu bisnis yang bonafid.
  • Alamat kantor, pemilik dan penanggung-jawab Qbule tidak diketahui. Bagaimana member dapat bertanya bila ada masalah. Sementara upline hanyalah member biasa juga, bukan perwakilan resmi perusahaan.
  • Dari segi hukum Indonesia, Qbule tidak memiliki legalitas sama sekali untuk menjaring dana dari masyarakat Indonesia

Sayangnya, hukum di Indonesia cukup menyuburkan bisnis-bisnis yang sangat berpotensi merugikan ini. Belum ada aturan hukum yang jelas untuk mengatur money game, phonzi, arisan berantai, MLM gadungan, dan semacamnya. Tidak ada juga yang akan menyebut suatu bisnis sebagai penipuan, sampai bisnis seperti tersebut mulai surut, pembayaran bonus makin seret, lalu ada pihak yang merasa tertipu dan melapor ke penegak hukum. Walaupun sudah merasa tertipu, tetapi bila tidak dilaporkan, tetap saja hal tersebut tidak dianggap sebagai penipuan.

Tidak usah berbicara tentang legalitas karena bisnis seperti ini hanyalah bersihat musiman lalu mati. Mereka tidak akan repot-repot buka kantor di Indonesia. Mungkin ada yang beralasan bahwa bisnis online tidak selalu mesti buka kantor. Itu benar. Tetapi bisnis online juga bukan berarti tanpa penanggung-jawab. Bisnis online yang baik bukanlah bisnis tak bertuan. Kalau pun ada perwakilan atau kantornya, mereka harus bisa menunjukkan bisnis mereka yang sebenarnya. Ini bukan bisnis katanya-katanya…seperti yang sudah banyak menelan korban selama ini.

Nah, jika sampai ada yang tertipu, rasanya sangatlah tidak tepat menyalahkan negara atau pihak penipu sekalipun. Salahkanlah diri sendiri yang mudah tergiur (serakah?) dan sering melupakan pertimbangan logis yang sudah dikaruniakan oleh Sang Pencipta, ataupun nasehat dan informasi yang tersedia begitu melimpah.

Jangan lupa bahwa modus-modus ini akan makin ramai, seramai dunia internet yang tak terbendung tanpa bekal informasi yang cukup. Karena kurang ilmu pula, tidak sedikit orang yang keseleo menyebutnya sebagai bisnis online (BO) walau tipuan-tipuan ini sama sekali bukan bisnis. Kecuali kalau penipuan kini telah dibisniskan pula ramai-ramai.

Kami hanya menginformasikan, Anda yang menentukan.

(Setiap review Howmoneyindonesia.com terbuka terhadap masukan, kiritik atau pendapat yang berbeda serta informasi tambahan. Silahkan sampaikan pendapat Anda kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini atau hubungi kami. Terima kasih.)

Artikel Terkait Lainnya:

Iklan

Comments

  1. jadi JSS tripler itu scam?

  2. coba cek http://www.qbule.com mas bro..? jgn asal main tulis… atau mau saya antar ke kantornya di indonesia,, lebih baik tulisan ini di perbaiki agar tdk jadi fitnah

    • Learning center BUKAN kantor perwakilan atau sesuatu yang berbadan hukum. QBule bukanlah bisnis atau investasi. Kami akan memperbaiki tulisan ini kalau QBule bisa menunjukkan usaha yang jelas. Sesuai analisa kami, QBule tidak ada bedanya dengan bisnis gadungan money game lainnya yang hanya datang mengeruk duit rakyat Indonesia. Kita jangan ikut-ikutan merampok sesama kita dengan iming-iming usaha yang tidak jelas.

  3. PT. Qbule Teknologi Indonesia
    Komplek Ruko Season City blok SH/B/6
    JL. Latumenten Raya

    Itu kantornya, saya udah pernah kesana. Ga percaya buktiin aja sendiri.

  4. Derry Hartanto says:

    Ha ha ha…capek deh…nih orang2 ga kapok2 bawa bisnis ginian. Qbule emang katanya punya proyek apa nih…ceileh..kita dah nunggu2 nih… Yg bisnis katanya-katanya kan lagi ngetren… mudah2n rakyat Indonesia dah pada pintar2lah… jgn mudah percaya bujukan orang2 kayak gini..

  5. Secara logika bisnis ini gak masuk akal dari incomenya..,
    sesuai yg saya perhatikan memang manis diawal, di bayar 1-3x nanti seiring dgn waktu akan kabur,
    saya setuju ama pembuat artikel ini, dan gak ada yg perlu diperbaiki
    memiliki kantor kerja itu gak menjadi jaminan apa lagi kantor bisa sewa sana sini

  6. kalo lihat namanya artinya kibul. ya ga?

  7. Aduh ini orang pada semangat nyari duit yang dari sumber yang gak jelas. Dari namanya saja sudah mencurigakan,
    Qbule = Kibul. So, kalau sudah niat join kudu siap di Kibulin 😀

  8. Kasus Qbule di India. Silakan baca komentar versi bahasa Inggrisnya http://www.complaintsaboutbusiness.in/qbule-fraud-a-bigg-scam-in-india/

  9. mau nipu kah, rampok kah, copet kah, maling kah,,,
    yang penting gue dah dapat banus dari sana, dan yg penting modal gue dah kembali…
    lumayan skrg tinggal keuntungan aza…

    • Kawula Muda says:

      nah ini contoh orang yg mikirin diri sendiri dan tidak tau rasanya kl tertipu. dari sini aja member nya sudah arogan kaya gini, semoga kibul menyusul money game yg lain tutup dan gigit jari. dan undang-undang perdagangan bertindak tegas, sehingga moneygame di indonesia di berantas.
      update terus howmoneyindonesia

  10. mas hendra. tapi hasil yg anda dapatkan, dari hasil menipu saudara-saudara anda.
    apa yang mesti di banggakan ckckckckkckckckckck.

  11. Bagaimana dengan MMM (Mavrodi Mondial Moneybox) yang sedang menjamur sekarang ini, apakah ini tergolong pepesan kosong juga? Bagaimana legalitas dan payung hukumnya?

  12. Info terbaru guy’s…Sudah ada yang konsultasi ke Polda Metrojaya tentang permasalahan hukum PT. Qbule Indonesia…apalagi saat ini kantornya sudah off…jadi siap-siap aja..kena Qbule-in lagi dech…

  13. Dari nama bisnisnya saja kita sudah harus curiga,! qbule
    terang saja kita di kibuli..

  14. fajar sant says:

    Sudah lama aku mo isi komentar disini, tapi baru kini klo aku betul betul betul di kibuli oleh mbah Qbule. mbah..mbah, golek duit kok ngapusi.

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: