Mau Dapat Pembagian Keuntungan BRI?

Sekitar 85% dari total keuntungan 2021 Bank BRI yang mencapai Rp31,6 triliun, akan dibagikan kepada masyarakat luas yang menjadi pemegang saham BRI. Ini berarti sekitar Rp26,4 triliun akan ditebar kepada masyarakat yang telah memiliki saham BRI.

Pembagian ini jelas menambah manfaat keuangan yang dinikmati masyarakat investor saham BRI. Pasalnya, harga saham berkode BBRI ini telah meningkat sekitar 455% dalam 10 tahun terakhir (per 02/03).

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BRI pada hari Selasa, 01 Maret 2022 telah bulat memutuskan untuk membagikan 85% keuntungan Bank BRI. Hal ini didasarkan atas data fundamental BRI yang cukup kuat.

Rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio -CAR) BRI masih sangat aman di posisi 25%. Likuiditas BRI juga masih sangat bagus dengan Loan to deposit Ratio (LDR) perseroan masih di level 83%. 

Menurut data RTI Business (02/03), pemegang saham BRI sendiri adalah pemerintah RI sebesar 53,19% dan masyarakat umum 46,81%. Andakah salah satu pemegang saham BRI?

Grafik pertumbuhan harga saham BRI. (Sumber: Google, 02/03)

Bagaimana Caranya Supaya Bisa Dapat Saham BRI Juga?

Menjadi investor saham sangatlah mudah dan terjangkau bagi segala kalangan. Harga saham BRI saat ini sekitar Rp4.500-an. Berarti cukup dengan Rp450 ribuan saja, Anda sudah bisa memiliki 1 lot (100 lembar) saham Bank BRI !!

Selain saham BRI, saat ini terdapat setidaknya 770-an saham yang bisa Anda pilih di Bursa Efek Indonesia.

Anda hanya perlu mendaftar dan membuka rekening investasi saham atau rekening dana nasabah (RDN). Saat pendaftaran, Anda juga sudah bisa mendownload aplikasi online sebagai platform untuk transaksi.

Setelah akun aktif, Anda sudah bisa mulai membeli atau menjual saham yang Anda inginkan.

Namun untuk hasil maksimal dan mengindari resiko yang tidak perlu, sebelumnya sebaiknya luangkan waktu untuk mempelajari beberapa hal mendasar terkait investasi saham. Selain belajar sendiri, Anda dapat mengikuti kursus atau workshop antara lain Kelas Investasi Saham.

Nah, kalau sudah paham, Anda sudah bisa mulai berinvestasi dengan membeli di saham-saham terbaik pilihan Anda sendiri. Selamat menikmati keuntungan berinvestasi saham. (ARD Institute)

  • Artikel ini semata untuk tujuan edukasi investasi dan bukanlah ajakan untuk membeli saham tertentu. Keputusan investasi tetap di tangan Anda.

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: