Maksimalkan Internet untuk Bisnis Anda

Jika bisnis Anda tidak terdapat di internet, maka bisnismu tidak akan berjalan

Bill Gates – Founder Microsoft

Nasihat di atas disampaikan oleh salah satu pebisnis terkaya dunia, dan patut menjadi perhatian pebisnis zaman now dalam menjalankan usahanya. Bill Gates menegaskan perlunya memanfaatkan internet untuk mempercepat laju perkembangan bisnis.

Internet seketika membuat bisnis Anda bisa diketahui dan dilihat oleh banyak orang dari seluruh dunia.

Lalu apa saja pilihan yang bisa dilakukan memanfaatkan internet mendukung kemajuan bisnis Anda?

Ada banyak pilihan yang bisa Anda coba dan kebanyakan diantaranya gratis.

MARKETPLACE

Daftarkan produk / bisnis Anda di marketplace seperti toko online agar bisa langsung dibeli oleh calon-calon konsumen Anda di dalam negeri maupun dari luar negeri. Ada banyak platform yang bisa Anda gunakan seperti Tokopedia, Shopee, Lazada ..dll .. sampai dengan Ebay, Alibaba, dan Amazon.

Begitu banyak orang yang sukses memasarkan produknya dengan memanfaatkan beragam platform yang ada sesuai kebutuhan.

Sebagai pebisnis, pastikan Anda memiliki toko online di marketplace untuk menjangkau pasar Indonesia yang sangat besar ini.

MEDIA SOSIAL

Media sosial tidak dapat dipungkiri telah menjadi ajang rumpi online yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan atau memasarkan produk tanpa batas. Apalagi membuat akun medsos itu gratis.

Hampir semua bisnis sukses pasti memiliki salah satu atau beberapa saluran media sosial populer seperti Facebook, Instagram, Youtube, Tiktok dan lain-lain. Karena itu sangat disarankan Anda sebagai pebisnis juga memiliki akun media sosial untuk membantu pengenalan dan pemasaran produk.

Mulailah dengan media sosial yang Anda pahami. Luangkan waktu untuk mendesain tampilan media sosial yang baik dan profesional dipandang. Upload informasi produk atau bisnis Anda secara teratur untuk membangun komunitas follower yang berpotensi menjadi pembeli atau refferal bisnis Anda.

GOOGLE BISNIS

Google sebagai salah satu sumber informasi terbesar dunia, juga menyediakan fasilitas gratis untuk meningkatkan kemungkinan calon klien menemukan bisnis Anda di dunia online. Namanya adalah Google Bisnis.

Saat Anda mencari suatu alamat kantor/perusahaan di Google lalu muncul informasi alamat, lengkap dengan informasi nomor telepon, website, bahkan titik peta lokasinya; berarti kantor/perusahaan tersebut telah memanfaatkan Google Bisnis dengan baik.

Segera daftarkan juga usaha Anda ke Google Bisnis supaya dapat muncul juga disaat seseorang mencari sesuatu yang terkait dengan produk atau usaha Anda. Lengkapi dengan foto-foto tampilan bangunan Anda juga untuk memudahkan orang menemukan alamat lokasi usaha Anda.

Google Bisnis juga gratis tis. Wajib banget buat semua pebisnis yang telah memiliki lokasi usaha fisik seperti toko, cafe / restauran, penginapan, apotik, kantor, kampus dan sebagainya.

WEBSITE

Kalau sudah punya medsos dan toko online apa masih perlu website?

Website memiliki tujuan yang sama dengan semua hal-hal yang sudah dibahas di atas yaitu membantu membuat bisnis Anda tersedia di internet dan bisa diakses oleh semua orang dari seluruh dunia, lokasi usaha, kontak dan sebagainya.

Hampir sama dengan informasi yang bisa ditampilkan di media sosial. Namun website memiliki keunggulan tersendiri.

Website merupakan rujukan informasi bisnis yang lebih dipercaya dibanding media sosial. Saat mendengar tentang suatu nama bisnis, orang akan langsung mencari alamat website-nya dan berusaha menemukan lebih banyak informasi di website. Website berfungsi sebagai company profile perusahaan, yang tersedia secara online.

Itulah sebabnya, bisnis yang memiliki website cenderung lebih dipercaya dibanding bisnis yang tidak memiliki website.

Tidak heran bila bisnis yang serius pasti memiliki website yang juga dikoneksikan dengan media sosialnya. Website merupakan komponen yang wajib dan penting dimiliki oleh bisnis Anda juga.

Pelajari cara membuat sendiri website untuk bisnis Anda di ARD Institute.

IKLAN: GOOGLE ADS dan FACEBOOK ADS

Beriklan di media sosial memudahkan orang untuk memasarkan produk dan menjangkau pasar lebih luas tetapi dengan biaya yang sangat murah.

Salah dua media iklan yang paling banyak dipakai pebisnis saat ini adalah Google Ads dan Facebook Ads. Masing-masing memiliki keunggulan, terutama karena afiliasi bisnisnya yang meraksasa.

Google ads tentu sangat terkait dengan mesin pencari Google yang juga memiliki Youtube. Facebook yang juga terafiliasi Instagram dan Whatsapp memiliki pasar yang sangat luas di area media sosial yang semakin digandrungi. Nama-nama ini mewakili pasar raksasa yang terbuka luas bagi bisnis Anda juga.

Dengan memanfaatkan Google Ads atau Facebook / Instagram Ads, iklan Anda akan muncul diplatform-platform tersebut serta di website dan aplikasi yang bekerjasama.

Apa perbedaan kedua metode iklan ini, bagusnya pilih yang mana?

  1. Google Ads: mentarget orang-orang yang sedang mencari produk atau jasa Anda. Sebagai pengiklan, Anda menetapkan keyword tertentu dan lokasi yang ditarget yang kemungkinan relevan dengan hal yang sedang dicari oleh calon konsumen Anda.
  2. Facebook / Instagram Ads: Anda menawarkan produk atau jasa Anda kepada segmen tertentu yang Anda target dengan menentukan beberapa kategori yang Anda tetapkan.

Dengan mempertimbangkan pangsa pasar dunia online yang begitu luas, Anda sebagai entrepreneur harus memahami bagaimana menggunakan Google ads dan/atau Facebook ads untuk meningkatkan omzet bisnis Anda.


Siapkan diri Anda dengan memaksimalkan kemudahan berbisnis zaman now yang diberikan oleh internet. Pilih dan lakukan sesuat keperluan atau target bisnis yang ingin Anda capai.

Salam sukses pebisnis cerdas Indonesia.

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: