Iklan

Daftar Contoh Bisnis Online (BO) Bodong (Money Game) dari Luar Negeri

Bisnis Online (BO) belum tentu bisnis beneran...

Bisnis Online (BO) belum tentu bisnis beneran…

Ribuan tawaran bisnis investasi online datang dan pergi. Tetapi waspadalah karena kebanyakan diantaranya hanyalah money game (Ponzi atau skema piramida), alias bukan investasi yang sebenarnya. Mereka biasanya menjanjikan keuntungan besar, tetapi pada titik tertentu saat member baru semakin sedikit, bisnis ini tutup dan korban pun baru sadar tertipu.

Membedakan bisnis tipuan dengan bisnis legal bisa menjadi tidak mudah karena bisnis tipuan pun lihai meniru dan menyamar seolah bisnis resmi. Tidak sedikit pula yang menyamar sebagai bisnis MLM tipuan sehingga memperburuk citra bisnis MLM. Parahnya, penanganan bisnis online tipuan di Indonesia juga belum menggembirakan, sehingga membuka celah para penipu memanfaatkan booming akses internet. Ciri utama dari bisnis tipuan online saat ini adalah:

  • Menawarkan hasil investasi yang pasti dan di atas normal. Sejatinya, tidak ada investasi yang memiliki kepastian.
  • Menggambarkan diri sebagai cara mudah untuk mendapatkan uang, cara cepat untuk kaya, dan aneka janji-janji sejenis.
  • Marketing plan biasanya menggambarkan bonus dari sistim rekrut-merekrut saja, dan bukan berjualan produk/jasa.
  • Menjual produk tak bermanfaat seperti ebook “Cara cepat untuk kaya” dan semacamnya, serta replika website untuk menjajakan bisnis tipuan yang sama.
  • Tidak memiliki usaha yang jelas. Di website/presentasi mereka bisa saja mentakan sedang berbinis ini itu, tetapi pada dasarnya tidak benar alias bisnis pepesan kosong.
  • Tidak memiliki kantor yang jelas dan bisa dihubungi. Kalaupun ada, biasanya hanya kantor sewaan yang bisa ditingggal kabur saat bisnis kolaps,
  • Penanggung-jawab tidak jelas. Selalu periksa di bagian “Contact Us/Hubungi Kami” untuk mengetahui alamat kantor dan penanggung-jawab perusahaan.
  • Tidak memiliki layanan nasabah (customer service) yang baik dan siap membantu permasalahan nasabah.
  • Tidak memiliki izin investasi atau izin menggalang dana masyarakat.
  • Dll.

Jika Anda ditawari suatu bisnis investasi online tetapi mengandung beberapa dari ciri-ciri yang disebut diatas, sebaiknya pertimbangkan kembali sebelum mengambil keputusan untuk terlibat lebih lanjut.

Di artikel lainnya kami telah menampilkan ratusan website money game asal Indonesia, serta model-model bisnis online yang harus diwaspadai. Berdasarkan penelusuran kami dan masukan dari pembaca, di artikel ini kami menyajikan daftar money game (Ponzi) dari luar negeri yang pernah dan/atau saat ini / akan menyedot dana dari masyarakat Indonesia:

Jenis-jenis usaha money game yang tidak tercantum dalam daftar di atas bukan berarti investasi yang aman. Beberapa diantaranya bahkan mungkin sudah tidak bisa diakses karena tutup dan berganti dengan nama lain. Daftar ini pun akan semakin panjang berdasarkan perkembangan bisnis tipuan yang makin marak ini.

Memberantas bisnis semacam ini tentulah tidak mudah karena ketiadaan payung hukum untuk melakukan pencegahan dini. Selain itu, para member dan upline bisnis money game biasanya sangatlah banyak dan lebih gencar mensosialisasikan bisnis bodongnya. Akibatnya upaya-upaya edukasi seolah tenggelam dalam gemuruh ombak dan memerlukan upaya yang lebih keras dan cerdas.

Untuk melidungi diri sendiri, upayakan selau untuk memperluas wawasan. Jika Anda memang memiliki dana menganggur, cobalah untuk belajar dan memulai investasi yang benar dan mencoba berbagai peluang usaha yang baik. Jangan sampai keserakahan sesaat menjerumuskan hanya karena silau oleh tawaran muluk nan manis.

Rakyat Indonesia memang butuh bisnis dan peluang usaha, tetapi bukan peluang usaha tipu-tipuan. Cerdaslah menganalisa sebelum mengambil keputusan. (/BR-No2)

 

Iklan

Comments

  1. sunardi 303 says:

    Bagaimana dengan MMM menurut penulis? BO bodong atoau bukan, berdasarkan tawarannya mereka tidak menyatakan sebagai BISNIS tetapi suatu sitem untuk saling MEMBANTU? Mohon penjelasan konkritnya? tq

  2. Sir, mohon diulas bisnis RAF (Rican ad Funds) dan PTC Probux. Saya masih penasaran, karena kl saya ikuti di ismmagic news, pendirinya masih berusaha bertanggungjawab terhadap kemacetan pembayarannya. mungkinkah beroperasi kembali. demikian juga dengan Probux. terima kasih.

  3. gimana analisa dengan ini http://www.pegasusbullion.com ??

  4. Indra Suwandi says:
  5. Siapa nie yg punya blog..
    Saya tanya..dari mana cara admin blog ini menganggap klo pommycity itu bodong..jangan ngaur klo ngomong.

  6. bagaimana dengan bossventure.com

  7. U-invest.com sudah masuk scam ya bos? Sepengetahuan saya berdasarkan websitenya itu resmi lho bos…

    • Di negara kita tidak ada istilah scam, sampai ada yang melapor ke polisi karena dirugikan. Manakah yan glebih baik. Menunggu korban, atau berusaha mencegahnya? HMI mengambil opsi yang kedua. Sudah kewajiban moral kami untuk memberitahukan kedok sebenarnya dari bisnis-bisnis money game, untuk mencegah korban di masyarakat kita.
      Dalam Uinvest, bisnis yang digambarkan oleh bisnis tersebut tidak bisa diverifikasi kebenarannya. Istilahnya bisnis pepesan kososng. Murni skema piramida..
      Bangsa Indonesia harus pintar. Jangan mau dibodohi oleh orang lain hanya karena mereka lebih pintar bahasa Inggris. Jangan biarkan pula sesama bangsa INdonesia malah mengedarkan bisnis money game di kalangan teman atau kerabatnya.

  8. Bagaimana dengan http://www.powerfullphp.com ???

  9. klo http://www.ingon.org dan bitmoney.asia bagaimana ya?

  10. dalam bisnis dan Invest In Indonesia dalam hal penipuan ini tidak ada perusahaan atau organisasi MLM yang berwenang dalam sertifikasi Investasi ,,, maybe Investment In Indonesia kudu lebih di perhatikan lagi ya.

  11. Min, mohon dibantu untuk review http://www.glucogennetwork.com/ itu termasuk dalam skema ponzi atau bukan yaaa….?
    Thanks 🙂

    • Glucogennetwork.com merupakan MLM dengan produk Moment. Suatu bisa bisnis masuk kategori ponzi bila menawarkan produk dengan harga sangat mahal dibanding produk sejenis di pasaran. Selisih harga yang besar merupakan “area” bermain para pemanin money game (ponzi). Karena itu, sebaiknya Anda meneliti sendiri, apakah produk atau bisnis tersebut diperdagangkan secara wajar. Selain itu Anda dapat membaca juga ciri2 MLM yang baik di sini: https://howmoneyindonesia.com/2013/11/27/bagaimana-memilih-mlm-terbaik/

      • Oke min sudah saya baca artikelnya…thanks infonya, bener2 bermanfaat…
        kalau dipelajari dari marketing plannya di http://www.glucogennetwork.com/?m=plan&id=bisnisberkat kok condong mengarah ke ponzi yg menggunakan beberapa barang yg diperjual belikan untuk sedikit menyamarkan skemanya hehehe….semoga saya tidak salah, mohon koreksinya ya min kalau saya salah….terima kasih admin yg baik udah berbagi informasi yang bermanfaat tentang dunia network marketing 🙂

  12. Benny wahyu says:

    asean paradise (web resminya http://www.aseanparadize.com dan http://www.asean-union.com) apa termasuk BO Bodong dan penipuan pak, mohon pencerahan dan analisanya. Project nya katanya real di laos, batam, tawau. Dan mereka mengeluarkan sertifikat trust unit dari lembaga keuangan di Labuan-malaysia.

  13. Saya juga tertipu dgn BO yg namanya Euro Star Express, dgn menjanjikan keuntungan 150rb rupiah per hari, saya menanamkan modal 8,5jt. Memang pd awalnya bisa ditarik dananya, sampai jumlahnya 3,5jt. Sisanya msh 5jt tertahan d sana, dan sampai skrg tdk bs ditarik lagi. Ini website nya: http://www.esxsystem.com
    Harap berhati2lah bagi para investor jgn mudah tertipu sama BO spt ini dan sejenisnya.

  14. beruntung sekali saya menemukan artikel ini. sebab saya saat ini selain bergerak dibisnis cuci sofa dan cuci springbed, saya sedang mencari2 bisnis online untuk sampingan. dan setelah membaca artikel ini, saya jd mikir 2x untuk menginvestasikan uang d bisnis online..
    terima kasih banyak atas infonya..
    salam..

  15. boss bgmna bonus n DB mulai 15 september 2014 kok tdk ad partisipan MB… padahal sy ada 3 accunt lo.. jangan2 php jg pinsan n tutup alias ambruk y boss…

  16. Skrg muncul lagi bisnis money game/HYIP terbaru namanya SMS NUSA atau http://www.smsnusa.com.

  17. Admin….
    Bsa jelaskan globallshare BO bodong
    …alnya ag anggotanya…biar lebih paham gtu.dia minta biaya adm $19….trim’s.

    • Yang jelas Globallshare bukan bisnis, kalau gak mau disebut penipuan…soalnya belum ada yg sukarela mengaku ditipu bukan? Lagian apa yang ditawarkan Globallshare, banyak tersedia gratis, mengapa harus beli, apalagi bayar admin fee segala. Singkat kata, Globallshare hanyalah money game, bukan bisnis… Be smart Indonesia!!

  18. gw ngikut MMM, PHP, 2fx.ltd smuanya kolappp n duit ngilang gag tau rimbanyaa.. yg tersisa tinggal satu bitcoin.co.id yang masih cair tiap minggunya.. lumayan buat gantiin duit yg ilang.. gw mao nanya ttg bitcoin apa dia akan berumur lama???

  19. Kalo bisnis Wandermind.inc ?
    menurut anda gmn?

  20. Sy mau tanya kalau dg bisnis menabung disertai asuransi dr PT AJ CAR gmn kira2…?

  21. klw kokajang yg sedang boming itu termaksud money game y mohon dojawab

  22. siti munawwarah says:

    Kalo MLM melia sehat sejahtera tuh gmn ya min?

  23. kalo dream for freedom masuk money game juga dong?

  24. Bagaimana dengan D4F atau dreeam for freedom ?? Yang lagi populernya skrng . Apa kah itu BO bodong apa bukan ? Tolong infonya ya min thanks

    • Kurang lebih sama, namanya saja yang berbeda. Ada banyak model2 MMM tiruan saat ini, tetapi modusnya (seolah2) bantu-membantu, sambil mengharap keuntungan lebih banyak. Yang jelas mereka bukanlah investasi.

      • memang bkn investasi bro.
        Komunitas

      • D4dream itu komunitas manusia membantu manusia , katanya , tapi kalau dilihat marketing plannya , manusia menggibuli manusia lainnya , buruan ikut , mumpung belum scam / macet dan mumpung masih banyak orang yg bermental pesugihan gaya baru , cepet kaya ndak usah kerja , mending pasang togel aja , ngak merugikan orang lain , kalau miara tuyul mikir – mikir dulu ya.

  25. bagaimana kalau investasi http://kokajangcommunity.com..????
    mohon bantuannya ya.. 🙂

  26. mohon dijelaskan mengenai kokajang yang lagi boming itu?.. karna sempat tergiur dengan hasilnya

  27. prospek keuntungan yg tdk realistis seharusnya sdh cukup membuat org curiga bahwa itu kemungkinan besar investasi bodong. Sayangnya banyak org lebih dikendalikan oleh emosi ingin cepat kaya drpd logika yg jalan…

  28. kalau promonesia.com gimana min ?

  29. coba di telusuri min soal promonesia.com alias D4F yg lg booming? yg provit 1% stiap hr per 15 hr cair

  30. supriyadi says:

    Hanya saran min bukan ingin kontroversi.
    1st investasi dimanapun tidak ada yang menjamin walaupun itu deposito yg di katanya di jamin. Contoh kasus bank swasta yg di likuidasi. Kmn penjamin saat nasabah banyak yg dirugikan?
    2nd gunakan selalu idle money anda saat ingin berinvestasi
    3rd dalam investasi anda harus tau kapan mulai dan kapan harus berhenti
    4th high risk high return jd kenali risiko anda dalam berinvestasi
    5th kalau anda hanya menabung daya beli uang anda akan semakin menurun jika anda tidak berinvestasi

  31. Promonesia gimana min? Tolong ditelusuri, Ane barusan diajak gabung.

  32. Niatkan sewaktu mendaftar ke PREDOM yaitu membantu orang lain ( LEADER ANDA ) untuk cepat menjadi orang kaya , sehingga kalau terjadi scam anda tidak mengelus dada. waspadalah – waspadalah , penipuan terjadi karena ketamakan anda.

  33. KETAMAKAN akan mengantar anda ke kuburan investasi bodong

  34. Wah clicksure termasuk jga ya gan… Ane bRu tau….thank banget infonya…

  35. bagaimana dengan dream for freedom(d4f),sekarang sudah ganti nama nesia?????

  36. Tolong kasih info juga tentang KIS (Komunitas Indonesia Sejahtera) yang sekarang lagi gembar di bicarakan. terima kasih

  37. Bagaimana dengan OneLife OneCoin yang menyatakan bahwa itu turunan dari bitcoin yang sdh tdk aktif lagi namun dengan penemu yang berbeda?

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: