Iklan

3iNetwork, Bisnis Asuransi Jiwa dengan Sistim MLM Murni

3inetwork-asuransi-jiwa-central-asia-raya-carPT Asuransi Jiwa Central Asia Raya (CAR) memasarkan salah satu produk asuransi jiwanya, CARLink, dengan mengadopsi sistim multi level marketing (MLM) murni. Sistim jaringannya disebut 3iNetwork yang menawarkan peluang usaha bisnis asuransi bagi setiap nasabahnya. Bagaimana sistim kerjanya? Trus, apa kelebihan dan kelemahannya dibanding asuransi sejenis?

Pada dasarnya, semua pemasaran produk asuransi yang menggunakan sistim agency (keagenan) member-get-member alias cari-cari anggota, dengan menerapkan cara kerja mirip MLM. Produknya ya proteksi, jiwa dan/atau kesehatan. Tidak sedikit juga produk asurasi yang disertai iming-iming tabungan investasi (unit link).

Sebaiknya Anda telah membaca: Perlu gak sih Ber-Asuransi?

Nah, 3iNetwork pun demikian. Pemasarannya menjelaskan keuntungan menjadi nasabah serta peluang mendapatkan bonus tambahan bila berhasil mengajak nasabah lainnya. Makin banyak yang diajak tentu bonus makin besar, persis mekanisme MLM. Hanya saja, sebagaimana banyak produk asuransi lainnya, asuransi CAR ditawarkan sebagai tabungan investasi serta potensi bisnis MLM bagi yang mau menjalankannya, dan sepertinya tidak mengedepankan fungsi asuransinya. Padahal 3iNetwork katanya jualan asuransi.

Nah, kalau ingin jualan tabungan, mengapa tidak ke bank saja atau berinvestasi langsung pada produk-produk investasi?

Lalu apa bedanya dengan asuransi lainnya?

3iNetwork sepertinya mengkhususkan diri pada kalangan nasabah asuransi pemula, ibu-ibu, atapun keluarga muda dengan penghasilan terbatas. Hal ini terlihat dari tawaran premi bulanan yang hanya Rp350 ribu (CARLink Pro-Mixed). Nasabah hanya diminta tertib menabung selama 5 tahun saja. Nilai investasi pun (diharapkan) berkembang sesuai pertumbuhan pasar reksadana.

Feature-nya produk ini pun masih sederhana yaitu hanya asuransi jiwa dan tabungan investasi. Tetapi bagi mereka yang baru melangkah ke dunia asuransi, produk ini bisa dipertimbangkan. Selain peluang membiakkan uang dalam tabungan, nasabah juga mendapat proteksi asuransi jiwa sebesar Rp21 juta sampai usia 74 tahun. Artinya, jika nasabah meninggal dalam periode tersebut, meski baru sebulan mendaftar (misalnya), ahli waris akan memperoleh santunan sebesar Rp21 juta.

Lalu bagaimana dengan kesehatan? Ini bisa jadi plus minus asuransi CARLink. Sesuai dengan kelas yang disasar, CARLink sepertinya ingin mengajari orang betapa pentingnya dan mudahnya berasuransi, termasuk dengan modal kecil sekalipun. Ilustrasi sederhana yang selalu dibawa para agen memudahkan nasabah bagaimana mereka bisa merencanakan tabungan teratur untuk tujuan-tujuan jangka panjang seperti pendidikan anak, tetapi di sisi lain nasabah terproteksi.

Di kelas ini, nasabah sebaiknya berusaha mendapatkan perlindungan kesehatan melalui program BPJS yang juga sangat murah. Akan tetapi jika belum memiliki asuansi kesehatan, maka CARLink sepertinya kurang tepat. Masyarakat sebaiknya mendahulukan asuransi kesehatan sebelum membeli polis asuransi jiwa. Selain itu, sebaiknya dipertimbangkan lagi proteksi jiwa yang hanya Rp21 juta.

Di sisi lain, bila bertujuan menabung, pahami dengan baik biaya-biaya, potongan premi dan sebagainya yang bisa menghambat laju perkembangan investasi. Menabung untuk tujuan jangka panjang sebaiknya dilakukan melalui produk-produk investasi, bukan asuransi. Apalagi jika asuransinya tidak menjamin kelanjutan tabungan jika tertanggung mengalami cacat tetap atau meninggal.

Peluang Usaha

Sebagaimana asuransi dengan sistim keagenan lainnya, CARLink melalui 3iNetwork menawarkan peluang bagi nasabahnya untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan ikut mencari nasabah. Syaratnya cukup mudah yaitu mencari 3 nasabah. Target selanjutnya cukup ringan yaitu minimal 1 nasabah per bulan.

Sistim bonusnya cukup menarik antara lain:

  1. Bonus referensi (14,29% ditahun pertama, 7,14% ditahun kedua, 3,57% ditahun ketiga)
  2. Bonus Elit 10% National Premi Value
  3. Bonus Posisi 40% National Premi Value
  4. Bonus Level 82% National Premi Value

Premi yang cukup kecil membuat CARLink sangat mudah ditawarkan ke berbagai kalangan. Bagi mereka yang ingin mencari penghasilan tambahan, kemudahan ini bisa mejadi peluang usaha dengan sistim kerja yang lebih santai. Selain fiturnya sederhana buku panduan CARLink sudah dilengkapi dengan ilustrasi tabungan untuk segala usia, mulai usia 1 – 59 tahun. Dengan demikian agen tidak perlu repot membawa laptop saat menawarkan produk ini kepada nasabah baru.

Kesimpulannya

Produk asuransi ini akan lebih bermanfaat jika Anda memang rajin mencari member alias mengajak orang lain bergabung, lalu membangun tim member-get-member tersebut. Jika Anda hanya ingin berasuransi, maka sebetulnya perlindungannya sangatlah minim. Pada posisi ini, lebih baik beralih ke BPJS, karena cakupannya cukup memadai dengan premi maksimal hanya Rp60 ribu saat ini.

Soal tabungan? Anda bisa mendapatkan hasil lebih banyak jika Anda menyimpannya dalam bentuk produk investasi seperti reksadana dibanding menabung di asuransi.

Sekilas PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya 

PT AJ Central Asia Raya didirikan pada tahun 1975, dan menjadi salah satu perusahaan asuransi nasional yang sukses melewati 3 dekade hingga saat ini telah menghimpun aset menjadi Rp3,81 triliun. Dari segi resiko, PT AJ Central Asia Raya sangat aman dengan risk based capital (RBC) mencapai 216%. Tidak heran jika PT AJ Central Asia Raya menjadi perusahaan asuransi nasional pertama yang berhasil menggondol Platinum Award dari majalah bisnis InfoBank, selama 10 tahun berturut-turut (1999 – 2008).

Info lebih lanjut dapat diperoleh di website PT AJ Central Asia Raya.

 

 

Iklan

Comments

  1. CAR ini membuat orang bisa freelance agent tanpa perlu terikat dengan waktu dan target.
    Yang punya waktu luang bisa pelajari dulu di http://www.carbandung.wordpress.com

  2. Kian marak saja penjualan asuransi dengan cara MLM..
    Mengapa perusahaan Asuransi tidak masuk dalam APLI jika memasarkan produknya dengan cara MLM?
    Bonus yang dibayarkan kepada Member merupakan dana Akuisisi atau Pemotongan sebesar 60% dari Premi Tahun Pertama setiap Pemegang Polis, jadi setiap Member menerima Bonus dari Uangnya Sendiri dan Uang Orang Lain yang masuk dibawahnya.
    Sisa Dana yang terkumpul dari Premi selama 5 tahun setelah Akuisisi (60% tahun ke-1, 25% tahun ke-2, 10% tahun ke-3, 5% tahun ke 4, 5% tahun ke-5) yang diinvestasikan nilainya Dapat Cenderung Berkurang dari Pokok Simpanan dan hal tersebut tidak dijelaskan sebagai Faktor Resiko selain Kemungkinan Berkembang – sekali lagi – masih kemungkinan BUKAN KEPASTIAN.
    Seseorang yang menanamkan uang kepada Lembaga Investasi untuk dikembangkan maka Ia memiliki Hak untuk tahu dan Lembaga tersebut Wajib memberitahukan ke mana dan dalam bentuk apa dananya dikelola, jika saham maka saham apa perusahaan mana, demikian juga jika reksadana atau obligasi, sehingga jelas pemanfaatan dan hasilnya, sedemikian disarankan oleh Otoritas Jasa Keuangan.
    Secara Administratif memang Polis diparaf oleh Agent bersertifikasi AAJI, namun secara Prosedur Penjualan Asuransi yang dilakukan bukan oleh seorang Agent berserfikasi AAJI melainkan oleh seorang Member Networking apakah tidak melanggar aturan?
    Kewajiban seorang Agent juga terabaikan dengan tidak adanya penjelasan rinci, jelas, dan tegas dari setiap klausul yang tercantum dalam Pengajuan Asuransi sehingga dapat menimbulkan resiko kerugian bagi Pemegang Polis karena ditolaknya Klaim saat terjadi Resiko Mortalitas – Kematian Tertanggung akibat ketidakjelasan hubungan antara Leader. Member, Agent, dan Nasabah yang muncul oleh sulitnya berhubungan dengan Agent serta akibat promosi dalam presentasi yang lebih mengutamakan iming-iming networking untuk mengembangkan downline daripada produk asuransinya sehingga pemahaman tentang berasuransi yang benar dan taat asaz menjadi rancu.

    • wah .. ulasannya bagus dan lengkap sekali pak de mupeng .. terimakasih ..jadi bisa lebih berhati2 nih dalam menerima info penawaran mengenai bisnis ini.. mohon pencerahan yang lain lagi jika ada perkembangan beritanya ..sekali lagi terima kasih . salam !

  3. Hadi Susanto says:

    Tolong minta lebih jelas lagi tentang i3network asuransi ; bonus penjualan, brpa dapat claim bila meninggal stlh menjadi anggota selama 20 th (misalnya), bagaimana klo investasi diambil stlh 10 th., bgmana dpt info.secara lengkap sblm masuk anggota.

    • Seumpama sy baru 2 bulan bergabung dgn tabungan 700.000,trus sy mau berhenti krn sesuatu sebab,apa dana sy bisa langsung sy tarik?

      • Bisa pak..yang perlu saya garis bawahi disene.. pahami dlu produknya:
        a. CAR 3I ini unit link (jadi ada biaya standar seperti unit link besar lainnya). Jadi jangan kaget klo misal di tahun pertama bapak ter potong bisa sampe 70% ..jadi ya dari 700ribu bapak, mungkin skitar 180ribu yang bisa cair..
        b. CAR 3I HANYA MEMBERI asuransi Jiwa..Seperti postingan diatas, UP jiwa masih dibawah 100 juta. nyawa seseorang lebih murah daripada Mobil bekas :=(
        c. Dan karena Unit Link, tidak dijamin LPS diserahkan ke mekanisme pasar tanpa dijamin nilainya.

        Kalo bole di analogikan, misal ada program beli motor gratis TV. Pertanyaan saya sederhana, bapak lebih tertarik dapet motor atau TVnya? Jika orang memang fokus beli motor, pasti akan fokus tipe MOTOR apa,cocok dlu ma motor, dan TV tidak jdi prioritas.

        Sama seperti asuransi ini, bapak beli asuransi tabungan, Apa tujuannya?Fokus utamanya dpet GRATIS bayarnya atau Fokus Manfaatnya ?
        OPSI Pertama : Kalau Fokus dpet tabungan gratis, Apa syarat gratisnya ?
        Opsi ke Dua : Kalau fokus manfaatnya-salah satunya dana tunaiApa saja manfaat/sifat dana tunai yang diberikan oleh CAR ?gampang likuid kah?adakah ptongannya?
        BAPAK MAU PILIH OPSI 1 ATAU OPSI 2 ?

        Klo saya ringkas dengan kata2 saya sendiri —>
        Program ini memberi Bonus referal networking(Referensi yang beli dari bapak- referensi bpak ga beli, ya bapak ga dapet bonus)bukan berbentuk tahapan bca tapi Unit Link dengan bonus referensi . Di saat asuransi lain TIDAK MENCANTUMKAN BENEFIT yang didapat oleh agentnya, CAR 3i malah melakukan sebaliknya sebagai iming2 bonus bagi yang berjuang memasarkan, tapi karena program yang dirancang sederhana, untuk manfaat yang lebih komplek tidak disarankan mengambil CAR.

        Bagi yang berminat konsultasi gratis, bisa menghubungi saya di 21741A1C atau whatsapp +6289651663242. Saya senior Consultant dari Panin Sekuritas
        Thx u mimin yg ud approve –

      • Bagaimana cara tarik tabungan dari CAR… saya mau berhenti. No line telpon dan sms yg tertera tidak ada jawaban atau balasan.

  4. moch ismatullah says:

    kenapa member CAR 3i tidak di kasih ID cart berbentuk ATM

  5. sy ikut CAR bbrp bulan yg lalu (3/4 bln), hr ini blum ada polisnya, bahkan nomer blangko isian ( yg warna biru) itu blum masuk dalam sistem CAR. Up line sy susah dihubungi, uang sdh sy setor. dimana sy hrs melapor? Saya di Medan.

    • Halo bapak/ibu Endri,
      Terima kasih atas informasinya. Langkah awalnya adalah menghubungi agen marketing yang merekrut Anda. Kedua, silahkan hubungi kantor CAR di kota Anda. Dari pertanyaan Anda, tersirat bahwa agen tidak menjelaskan dengan baik hak-hak Anda, termasuk kemana harus mengajukan klaim bila Anda sakit atau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Semoga ini tidak terjadi pada nasabah lainnya.

  6. apabila dalam jangka waktu 5th seorang nasabah setorannya lancar, apakah dengan sepenuhnya dana nasabah tsb dapat diambil 100%?
    dan dana yang sudah masuk akan ditanam di perusahaan apa saja? bukti yang pasti

  7. myahputranst says:

    APA BLA SY SDH BGABUNG 3 BLN DAN SDH PUNYA GRUB 10 ORANG DAN BULAN BRKUTNYA SY TIDAK MEREKRUT MEMBER BARU APA YG SY DAPATKAN DRI PT CAR DRI APA YG SDH SY LAKUKAN SELAMA 3 BLN SEBELUMNYA MHN PENJELASAN

  8. Saya adalah nasabah CAR dengan sistem 3i tercatat pada bulan 10 tahun 2014 . Saya terdaftar di cabang surabaya dengan 12 nomer polis di antarnya adlah 57941 ( 5digit terkhir).
    Saya di janjiakan pada awal ikut adalah pada bulan pertama saya harus membayar 4premi sekaligus dengan memakai nama keluarga saya sebesar 350rb x 4 = 1,4jt di tamabah bea admin 50rb x 4 = 200rb jadi total 1,6jt per 4premi karna tawaran sangat menggiurkan saya ambil 12 premi sekaligus sehingga saya mebayar total oada bulan pertama adalah 1,6jt x 3= 4,8jt dan pada bulan berikutnya adalah 350rb x 12 = 4,2jt..
    Pada perjanjian awal saya akan mendapat bonus dari pembayaran premi bulan pertama adalah Sebesar sekian persen dan bertambah hingga bulan ke 5 yaitu sebesar 4,2jt per 4 premi karna saya mengambil 12 premi jadi 4,2jt x 3 = 12,6jt/ bulan..
    Tapi pada pemabayaran bulan pertama sampai ketiga saya tidak kunjung mendapatkan uang bonus sebesar yg di jelaskan oleh marketing CAR cabang surabaya.. dan pada bulan ke 4 saya di himbau untuk cuti premi hingga bulan ke 5 pada saat bonus sempurnah sebesar 12,6jt (dari 12premi) tapi pada bulan ke 5 pun saya tidak mendapatkan apapun..
    Nah menurut perjanjian awal bahwa “JIKA BONUS TIDAK KELUAR SEBESAR 12,6JT UNTUK 12PREMI MAKA UANG AKAN DI KEMBALUKAN TOTAL KESELURUHAN YANG SUDAH DI BAYARKAN” tapi hingga sekarang uang hanya di kembalikan kurang lebih sebesar 3,4jt saja padahal saya telah melakukan pembayaran bulan pertama ( 4,8jt ) bulan kedua ( 4,2jt ) dan bulan ke tiga ( 4,2jt ) sehingga total uang saya adalah 13,2jt ..
    Nah yang ingin saya tanyakan kenapa uang saya tidak di kembalikan secara utuh sesuai dengan perjanjian awal..??
    Mohon jawabannya pada pihak CAR untuk merespon pertanyaan saya..
    Karna saya merasa di TIPU..
    silahkan hubungi saya di 085746640454

    • Agus Priyadi says:

      Dear pak Taufik, bapak daftarnya ke perorangan atau agen atau langsung ke kantor CAR pak ? khawatirnya ada oknum oknum tertentu yang sengaja memanfaatkan bapak …

      saya pribadi ikut CAR sudah 1 tahun pak , sejak juni 2014, daftar cuma 1 350rb saja, sampai sekarang, tujuannya memang nabung buat sikecil pak 🙂

      kalau saya lihat ilustrasi bapak, harusnya gabung dulu 1 tabungan dulu pak, sehingga keluar nomor polis nya , habis itu baru dilanjutkan dengan tambahan tabungan keluarga, biasanya komisi tersendat karna nomor polis belum keluar pak, (ini yang kadang ngurusnya ribet pak)

  9. Saya mesti banyak membaca disini, Plus minus mesti dikumpulkan semua ya.. suapaya lebih smart, saya sendiri baru join 1 minggu, namun memang belum semua yang ada di CAR ini saya paham.

  10. Saya agak meragukan bisnis ini.
    Pasti diantara anda ada yg sudah tau bisnis MMM, nah, saya dapat pin BB dari iklan MMM yg muncul di tv saat itu. Iseng2 saya add, ternyata di BBnya, dia mempromosikan bisnis ini (lho kok bukan MMM? Pdhl pin BB dia yg tercantum di iklan MMM di tv swasta)
    Dan saya mulai meragukan bisnis ini sejak… “polis” awal dan selanjutnya ditransfer ke nomer rekening dia! Memangnya ada ya, asuransi yg ditransfer ke rekening pribadi?
    Saya juga member asuransi dan anggota AAJI, dimana jelas ada peraturan dilarang membayar polis dengan menitipkan uang ke karyawan maupun AGEN.
    Please be aware of CAR 3i Network

    • Malam Pak Michele bapak benar tidak ada di CAR ini transfer ke rek Pribadi yang ada transfer ke rek CAR.dan di buku petunjuk ada cara transfer nya dan transfer ke mana.setelah saya baca memang banyak disalah gunakan sistem promosi CAR,oleh agen2 dan orang2 yang mencari keuntungan pribadi.jadi kita harus mencari informasi sebanyak2nya pak.

    • setuju. ini adalah sistem pyramid dan lucunya sudah ada UU yg mengatakan yg boleh menjual asuransi adalah agen asuransi yg sdh punya lisensi, bukan sembarang org… hati hati.. ini bukan bisnis MLM

  11. Saya ber gabung dengan 3i car dan saya
    Msh agak bingung menawar kn bisnis ini
    mana solusi nya…?

  12. Saya baru masuk di bulan Mei 2015, di bulan Juli nama saya sudah terkirim di web 3i-Network.com sebagai member. Nomor Polis sudah dikirim via sms. Namun saya belum tahu siapa Agen (AAJI) yang membawa berkas saya ke CAR. Terus saya juga kepingin tahu bagaimana prosedur pengambilan tabungan sebelum maupun sesudah 5 th, yang dijanjikan. Terus terang kalau saya menawarkan pada calon nasabah, banyak yang ketakutan uangnya sulit keluar. karena ini sebuah proses panjang, dan mungkin pemegang polis meninggal duluan, sehingga ahli waris kebingungan melakukan prosesnya. Sedangkan agennya tidak dikenalkan oleh upline kepada nasabah. Bagaimana ini para leader bisa memberikan pencerahan tentang hal ini?

  13. Saya sdh rutinn byar Rp 350 setiap bulan dan sy selalu dapat sms konfirmasi pembayaran tsb setelah 2 atau 3 hari kemudian, dan dalam sms tsb juga disebutkan jumlah investasi per bulan ini sudah berapa. namun sy dapat info dari upline (person yg mengajak utk join) bahwa pembayaran saya masih 0. Saya jadi bingung nih

  14. Biasanya penipuan dilakukan oleh oknum2 tertentu, kita sbg nasabah or member hrs lbh bijak menyikap inventasi apa pun yg akan kita ikut. Banyak hal memang yg kurang di jelaskan oleh org yg merekrut kita di3i, sy banyak tanya and minta di masukan ke group yg ada di bbm disana bnyk leader2 or nasabah atau member2 yg juga sdh bergabung jd kita semua bs saling tanya. Satu hal lg sy akan melibatkan diri sy utk ikut acara training atau seminar nya.

  15. Yang paling membingungkan saya, untuk web resmi-nya dari 3i tidak bisa diakses. Saya juga baru ditawarkan teman kerja di hari ini. Tertarik untuk melihat lebih jauh. Tapi informasi yang saya terima simpang siur antara satu teman dengan teman lainnya. Dan mereka pun bangga kalau untuk menarik nasabah baru, tidak diperlukan lisensi padahal mereka tidak paham sepenuhnya mengenai sistem 3i ini. Hanya tertarik dengan iming-iming penghasilan rutin setiap bulan. Mohon informasi lebih jauh mengenai sistem ini. Beberapa blog yang saya baca, isinya sama. Hanya copy paste tanpa ada komentar dari orang lain yang kritis terhadap sistem ini.

    Terima kasih atas informasinya.

  16. Ya harus di jelaskan detailnya yg namanya duit,,,, sekecil apapun berharga jgn sampai tertipu sama janji manis oknum2 yg berniat jahat,,, saya juga mau daftar tapi saya ptimbangkan dulu,,, baik buruknya,,, untung ruginya,,, terus latar belakang perusahaanya,,,

  17. tadi siang ibu saya di tawari ikut tabungan car oleh tetangga, di promosi tetangga bilangnya kalai car ini anak perusahaan bca dan asuransinya bca.
    untung ibu tanya ke saya dulu.
    saya sendiri karyawan bca cabang kuta, setau saya car dulu memang sempat kerjasama dengan bca, tapi bca sudah memutuskan tidak pakai car lagi.
    tolong dunk dari pihak car sendiri memberikan sangsi ke agen yang bertindak mengataskan bca seperti ini. bca untuk saat ini juga punya product asuransi sendiri.
    karena saya juga di kantor sering terkena conplain karena masalah seperti ini.
    tolong juga pemasaran product ke agensinya lebih di tingkatkan wawasannya dan di jaga ketat.
    karena setau saya pemerintah sendiri melarang pemasaran asuransi dengan embel2 tabungan bulanan, tetapi mempromosikan asuransi ya asuransi, tapi bonus uangnya bisa di ambil dan bahkan bisa berinvestasi. tolong junga di jelaskan secara rinci apa plus minus investasi asuransi dan apa saja potongan atau biaya akuisisinya..
    kasian orang awam yang tertipu mikirnya uang bakal berlipat ganda aja.
    trimakasi.

  18. .Saya hanya menyimak, dalam berbisnis seperti ini, oknum” bisa saja berdatangan, karna area yang luas dan perketatan terjangkau, saya ingin ikut gabung, bukan karna iming” bonus ini dan itu, hanya karna ada income and insurence, kalau masalah investasi itu hanya bonus, jadi jangan terlalu berharap, seperti yang dikatakan bpk sutrisno, kita mw beli motor hadiah tv, yang kita perlukan motornya apa hadiahnya, jadi serupa, seperti income and insurence itu motornya, trus hasil investasi itu tvnya ..
    Saya masuk akun bank BRI, kebetulan lagi promo, jadi bikin buku britama trus dapat asuransi, cuman disayangkan tidak ada income (namanya juga bank) ..
    Saya ingin ikut gabung namun nyimak ang browsing dulu, mohon informasinya 🙂

  19. Sekarang asuransi sudah banyak yang menggunakan sistem jaringan. Ini sebuah kreatifitas untuk mempopulerkan asuransi dan agar orang2 mulai sadar akan pentingnya asuransi.

  20. Jgn coba2 asuransi kayak ginian, ada apa2 mau klaim dimana?yg masukin kita itu gak mau peduli lagi,awalnya aja bicara manis2,pas mau klaim dicuekin suruh urus sendiri

    • pak adi kalo mau klaim di kantor cabang CAR terdekat , dengan menunjukan buku polis (sekarang di CAR dilengkapi dengan e-polis sebagai ganti kalo buku polis hilang) dan terutama kartu identitas kita sesuai dengan buku polis/e-polis . paling di kantor CAR cuma ngeluarin uang 50rb buat ganti cetak ulang buku polis yang hilang .
      soalnya 4 bulan lalu saya baru aja ikut ngurus/bantu (klaim) punya teman saya yang baru bayar premi/ikut 2 bulan dia meninggal dunia (bantu keluarganya claim di CAR)

  21. Yusneli Siregar says:

    Bagaimana asuransi ditinjau dari segi agama? mohon penjelasannya. Terimakasih

  22. sy dri kendari, ad tman yg ajak gabung k car 3i tpi sy msih ragu stlah myetor 350ribu tiap bulanx krna ssuatu hal sy tdk dpat menyetor lagi ap uang sy yg slma menyetor akan ttap utuh n siapa yg akn brtggung jawab klw sy akn mgambil smua tabungan sy d car 3i? ap ad kantor cabang car 3i di kendari.?

  23. lebih baik pilih asuransi yg jelas,kantornya di mana..? dan kita setornya harus di kantor asuransi tersebut…bukan lewat transferan yg menggunakan banyak rekening…ini jelas bikin pusing dan akan bermasah di kemudian hari..saya hari ini juga baru di prospek oleh orang yg mengaku dari 3i network..tapi sy iya iyakan saja dan sy tidak tergiur iming iming hadiah dan income yg besar bagi sy itu omong kosong..terus terang sy sdh punya 3 polis dari asuransi terpercaya..sy tidak akan tergiur akan pendapatan besar..jng sampai termasuk dari santri kanjeng dimas ya…hehehe hanya tergiur ung berlipat lipat tanpa berfikir uang kita bisa kembali atau tidak,berfikirlah yg nyata..jangan bermimpi…

  24. Saya baru 3 bulan ikut CAR, mungkin beruntung ya dapet up line yang bener, karena semuanya lancar… Niat utama saya memaksa diri untuk menabung, maklum orang kecil.. syukur udah dapet rekrut 3 member lumayan… Saya gak kejar bonus, cuma memanfaatkan waktu kumpul2 sama teman2 aja.

  25. Kalau msu nabung ya di bank aja aman di jamin lps

  26. Apakah bisnis ini ada landasan hukum yg menaungi, katanya dilindungi oleh ojk…

    Klo memang dilindungi ojk tolong lampirkan buktinya, saya dari kemarin lihat di web resmi ojk tapi tdk menemukan nama pt tersebut tercantum di ojk.

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: