Hapal Nomor Call Center, Amankan Duit di Bank

Pihak Call Center bank akan sangat membantu bila ada masalah.

Pihak Call Center bank akan sangat membantu bila ada masalah.

Isu pencurian data nasabah bank Mandiri yang direspon bank nasional tersebut dengan memblokir rekening dan kartu ATM untuk melindungi dana nasabah, sempat membuat resah karena kesimpangsiuran informasi. Salah satu kunci aman dalam soal tabungan adalah mengetahui dan menghapal nomor call center bank kita. Keberadaan para petugas call center akan sangat membantu mengamankan dana nasabah, terlebih bila terjadi masalah. Lho kok bisa?

Sebelum membahas lebih lanjut, kami harap Anda sudah memahami tentang adanya bahaya pencurian data nasabah yang tekniknya kami bahas di artikel sebelumnya. Anda juga harus memahami teknik-teknik pencurian data (phising) agar Anda terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Baca juga: Pin ATM Anda Sangat Mudah Ditebak Orang Lain?

Terkait soal Call Center, ini juga sangat penting Anda pahami. Setiap terjadi masalah apapun terkait tabungan, orang yang pertama HARUS dihubungi adalah Customer Service bank tempat kita menabung. Akan tetapi dalam posisi kita berjauhan dari bank tersebut, maka yang harus segera ditelepon adalah Call Centernya.

Karena itu pastikan Anda mengetahui dan menghapal nomor telepon call center bank Anda. Jika Anda menabung di lebih dari satu bank, Anda harus menghapal nomor-nomor telepon call center-nya masing-masing. Paling tidak catatlah di tempat dimana Anda bisa segera melihatnya. Misalnya di kartu dalam dompet atau dalam daftar kontak ponsel.

Nah, dalam hal ada permasalahan dengan kartu ATM misalnya nyangkut, tidak bisa dipakai, dan sebagainya, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melaporkannya ke pihak call center. Jangan meninggalkan atm sebelum Amda melaporkannya ke pihak supaya mereka mblokir rekening Anda dan menonaktifkan kartu ATM Anda. Hindari pula meminta bantuan selain pihak bank, jika kartu ATM tersangkut dalam mesin. Tinggalkan saja setelah Anda selesai melaporkan permasalahan tersebut ke pihak call center.

Perhatikan pula bahwa di mesin ATM sering ditempelkan stiker berisi nomor-nomor call center masing-masing bank. Akan tetapi tidak jarang penjahat telah menggantinya dengan nomor telepon si penjahat. Jika Anda menemukan tempelan yang tidak benar, hindarilah bertransaksi di mesin ATM tersebut. Dapat dipastikan kartu ATM Anda akan bermasalah dan penjahat sudah menunggu telepon dari Anda sesuai dengan nomor yang ditempelkannya. Kemungkinan penjahatnya juga sudah berada di sekitar situ umtuk pura-pura menolong Anda, tetapi sebetulnya akan menguras rekening Anda.

Baca: Merampok dengan Pura-pura Membantu di Mesin ATM

Apapun yang terjadi, amankan uang Anda terlebih dahulu dengan menghubungi call center. Dengan demikian Anda bisa melanjutkan aktivitas seperti biasa dan pun tak perlu buru-buru ke kantor bank.

Daftar Call Center Beberapa Bank di Indonesia

Nah, supaya tidak repot, di bawah ini kami sudah mendata nomor call center beberapa bank ternama di Indonesia untuk Anda:

  • Bank BCA (021)500888 (bisa langsung 500888 dari ponsel)
  • Bank BRI (021)14017
  • Bank Mandiri (021) 14000
  • Bank BNI (021) 500046
  • Bank Permata (021)500111 (ponsel 63399)
  • Bank BTN (021)500286
  • Bank Bukopin (021)14005
  • Bank Danamon (021)500090
  • Bank BTPN (021)500300, (021) 30026300
  • Bank CIMB Niaga (021)14041
  • Bank Panin (021)500678, ponsel 60678
  • Bank BII Maybank (021) 500611, ponsel 69811

Terakhir, soal Call Center, patut diingat bahwa mungkin sesekali Anda akan menerima telepon dari bank. Ada yang petugas bank betulan, ada juga yang hanya mengaku-ngaku alias penipu. Anda harus waspada jika mereka mulai menanyakan nama lengkap, tanggal lahir, nama anggota keluarga (misalnya nama ibu, nama pasangan dll), apalagi nomor atm/kartu kredit. Segera hentikan percakapan bila mereka menanyakan hal-hal tesebut sebelum mereka mengeruk habis uang Anda.

Anda hanya boleh memberi tahu data tersebut bila Anda yang menelpon. Karena Anda yang butuh bantuan. Biasanya petugas call center bank akan mencocokkan data-data Anda dahulu dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut, sebelum mereka memenuhi permintaan Anda. Lagipula petugas call center biasanya tidak pernah menanyakan lengkap nomor kartu atm/kartu kredit. Paling banter mereka hanya akan menanyakan 4 digit terakhir.

Baca juga: Telepon dari Bank, Ternyata Penipuan Kartu Kredit

So, tetap waspada ya. Selalu telepon ke nomor call center yang benar. Jangan lupa bagikan informasi ini untuk menghindarkan rekan atau keluarga Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

 

Iklan

Comments

  1. AMBIAR OENING, SE says:

    Saya pensiunan PNS, dulunjya tinggal di Padang sekarang tinggal di Baso (Bukiitnggi). Setahun yang lalu saya buka rekening tabungan SIMPEDES pada BRI Baso. Ketika saya mau minta dibuatkan kartu ATM, saya dapat jawaban dari petugas Teller BRI Baso bahwa saya tidak bisa dibuatkan kartu ATM karena umur saya sudah lewat 65 tahun, saat ini umur saya memasuki 68 tahun. Apa memang demikian ketentuan dari BRI ada pembatasan umur untuk pembuatan kartu ATM bagi nasabahnya? Terima kasih.
    Pengirim,

    ambiar oening, se

  2. bagus gan….kunjungi juga blog saya ya…

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: