Iklan

Kode Pin ATM Anda Mudah Ditebak Orang Lain?

Amankan data perbankan Anda (Gambar: Choice.com.au)

Amankan data perbankan Anda (Gambar: Choice.com.au)

Mencari rejeki untuk ditabung, tidaklah mudah. Alangkah malangnya jika hanya karena tidak membuat pin atm secara hati-hati, saldo rekening seketika bisa amblas diraup orang lain. Pasalnya, kode rahasia atau pin ATM, sebetulnya sangat gampang ditebak; semudah menulis 1,2,3,4. Tidak percaya?

Yahoo.com merilis temuan Nick Berry, ilmuwan sekaligus pendiri Data Genetics, meneliti data password yang sudah dirilis dan dieskpos, lalu dikaitkan dengan sejumlah data pelanggaran keamanan terkait pencurian data. Data tersebut lalu disaring dalam bentuk data 4 digit pin. Sebetulnya terdapat 10.000 kemungkinan kombinasi angka 0 – 9 untuk membentuk 4 kode digit. Berdasarkan data tersebut, Berry menganalisa untuk menentukan kombinasi angka yang paling susah dan paling gampang ditebak.

Berry berspekulasi bahwa seseorang yang menggunakan password 4 digit untuk sebuah akun online atau website, kemungkinan akan menggunakan kode yang sama untuk pin ATM bank mereka. Hasil temuan analisa Berry cukup mencengangkan. Pada tabel 1 terlihat bahwa sekitar 10,71% dari 3,4 juta password empat digit yang dianalisanya adalah: 1234. Password paling favorit di posisi kedua adalah 1111 (6%), diikuti 0000 (1,88%). Sebagai informasi, tahun lalu, SplashData juga mengeluarkan laporan daftar password yang paling sering digunakan dan ternyata: 123456 merupakan pilihan terbanyak pengguna di dunia.

Menurut Berry, sekitar 26,83% password dapat ditebak dengan mencoba 20 kemungkinan saja. “Cukup mengejutkan, betapa mudahnya menebak password-password tersebut. (Penyebabnya) kita terkadang tidak mau bersusah payah untuk mengingat dan tidak ada yang berpikir bahwa (suatu saat) seseorang akan mencuri dompet kita,” kata Berry. Lihat 20 password terpopuler dan sangat mudah ditebak di gambar ini.

Menggunakan Tanggal, Bulan dan Tahun

Password yang paling umum digunakan orang termasuk juga tanggal-tanggal penting seperti tanggal kelahiran, tanggal pernikahan, dll. Padahal, bila menggunakan tahun, mulai dengan 19_ _ dapat membantu untuk mengingat kode rahasia kita, tetapi jelas sangat mudah ditebak. Berry mengungkapkan bahwa kombinasi kode 19 _ _ menempati posisi teratas di analisa temuannya.

“Kebanyakan orang menggunakan tahun atau tanggal lahir, -suatu kesalahan yang fatal karena bila Anda kehilangan dompet, SIM dan KTP Anda juga ada di dalamnya. Jika seseorang menemukan dompet Anda, mereka dipastikan dapat juga dapat mengetahui tanggal lahir Anda. Bila ingin menggunakan tanggal lahir sebagai kode PIN, gunakanlah tanggal lahir orang lain, misalnya orang tua Anda,” saran Nick Berry.

Temuan lainnya yang cukup mengejutkan adalah penggunaan PIN: 2580. Pin ini menempati posisi ke-22 sebagai PIN yang paling sering digunakan. Meski terkesan pin ini acak, jika Anda melihat tombol pesawat telepon atau tombol ATM, akan terlihat bahwa keempat angka ini membentuk pola garis lurus di deretan tengah. Suatu bukti lagi, betapa malasnya kita dalam menciptakan Pin yang tidak mudah ditebak.

Password yang paling susah ditebak.

Pin yang paling susah ditebak dalam analisa Berry adalah 8068. Kombinasi ini hanya muncul 25 kali dalam 3,4 juta data yang dianalisa (0,000744%, lihat table kedua). Mengapa angka ini tidak banyak digunakan? Berry menebak, “Kombinasi ini tidak membentuk pola tertentu, bukanlah tanggal kelahiran, bukan tahun (penting) dimana Columbus menemukan Amerika, dan bukan juga 1776 (tahun kemerdekaan USA).” Kemalasan atau sikap menggampangkan sesuatu memang terkadang bisa berakibat fatal.

Hal-hal menarik lainnya dari temuan analisa Berry adalah:

  • Kode pin terpopuler: 1234 masih lebih popular diibanding gabungan keseluruhan 4.200 kode pin yang paling tidak popular,
  • Sepertinya orang begitu malas untuk menciptakan kode rahasia. 28% memilih kode pin: 12345,
  • Untuk kombinasi kode 7 angka, kode yang paling popular di posisi keempat adalah: 8675309, judul lagu dari Tommy Tutone,
  • Ada kecenderungan orang menyukai penggunaan angka berpasangan untuk Pin: 4545, 1313, dll. Anehnya, mereka tidak menyukai penggunaan angka yang berjauhan. Kombinasi angka 45 dan 67 lebih sering digunakan dibanding 29 atau 37.

Apa kode Pin ATM Anda? Apakah ada kaitannya dengan tanggal lahir Anda? Atau 170845 (tanggal kemerdekaan RI)? Segera ganti Pin ATM Anda sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sedikit kerumitan terkadang diperlukan demi keamanan kita sendiri bukan?

Artikel Terkait Lainnya:

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: