5 Langkah Cara Mudah Buat Website Bisnis

Top Tips for Freelance Writing Online | Make Money Freelancing!

Saat ini semakin banyak orang berusaha berpenghasilan online, atau mempromosikan diri melalui website. Memiliki website pribadi atau untuk bisnis Anda tidaklah susah. minimal dengan blog. Cara membuat website semakin mudah, tidak perlu memahami bahasa coding atau kursus ini itu. Semua orang bisa membuat blog, termasuk Anda.

Lalu apa perbedaan antara website dengan blog? Blog adalah salah satu jenis website. Biasanya blog dibuat untuk kebutuhan pribadi atau bisnis kecil. Sementara dalam skala besar, atau untuk korporasi disebut website. Website juga biasanya lebih kompleks dibanding blog.

Biasanya blog berisi berita atau informasi yang diposting secara teratur. Karenanya tidak heran banyak blog yang berkembang menjadi website berita. Postingan di blog juga bisa berperan untuk mendukung fungsi website. Misalnya website Anda adalah tentang jual beli mobil, maka ada baiknya blog Anda berisi info-info seputar otomotif.

Untuk memulai membuat blog, bisa menggunakan berbagai platform gratisan seperti Blogger atau WordPress. Blog howmoneyindonesia.com ini menggunalan platform wordpress. Jika Anda baru membuat website sederhana, maka sebaiknya gunakan versi gratis, dengan berbagai keterbatasan tentunya.

Jika Anda bertujuan bisnis, sebaiknya membuat website yang sesuai panduan ini agar lebih bebas menata blog Anda nantinya. Di artikel ini Anda tidak hanya belajar mengenai cara membuat blog bisnis di WordPress selangkah demi selangkah.

1.Tentukan Jenis atau Topik Utama Blog Anda

Segala sesuatu tentu ada tujuannya. Demikian juga dengan blog Anda. Apakah ini blog tentang pribadi Anda, ataukah blog untuk bisnis kuliner? Ataukah blog untuk menampung tulisan-tulisan, ide-ide di kepala Anda?

Ingat, Anda akan mengelola blog ini untuk jangka waktu yang lama. Jadi pastikan Anda memilih topik utama blog yang sesuai dengan hobi dan minat Anda. Dengan begitu Anda akan merasa nyaman dan tidak terbebani dalam membuat konten blog.

Ada banyak topik blog yang bisa Anda angkat. Dari traveling, kuliner, parenting, marketing, teknologi, gadget, olahraga, entertainment, seni, musik, budaya, fashion, kecantikan, dan masih banyak lagi.

Topik mana yang menjadi minat Anda?

Jangan percaya rumor yang mengatakan kalau hanya topik-topik tertentu saja yang bisa menghasilkan uang. Sebab setiap topik punya audience-nya masing-masing.

2. Tentukan Nama Blog (Domain)

Domain adalah alamat yang digunakan untuk mengakses website Anda. Misalnya howmoneyindonesia.com, pajak.go.id, tokopedia.com, dan sebagainya,

Nama domain haruslah unik dan menggambarkan website Anda. Karena itu, domain tidak boleh sama dengan domain orang lain. Sebaiknya pilihlah nama domain yang singkat dan mudah diingat. Hindari menggunakan tanda baca dalam nama domain Anda.

Di akhir nama domain, Anda pun bisa memilih beberapa pilihan ekstensi seperti .com, .net, .info, .id, .org, dan sebagainya. Akhiran .com atau .net adalah yang paling populer. Namun sekali lagi Anda bebas memilih akhiran yang Anda sukai.

Sudah terbayang nama domain apa yang akan Anda gunakan? Sekali lagi, karena nama domain tidak boleh sama, maka sebaiknya pastikan nam domain yang Anda inginkan masih tersedia alias belum digunakan oleh pihak lain. Ada baiknya Anda mengecek ketersediaan nama domain yang Anda inginkan tersebut di BlueHost.com atau di Niagahoster.co.id misalnya.

Kedua nama ini sangat terkenal untuk membantu Anda mewujudkan website bisnis Anda sendiri.

3. Siapkan Bahan untuk Blog Anda

Platorm wordpress hanya menyediakan tempat dan desain untuk blog Anda. Andalah yang harus mengisinya dengan konten-konten informasi, video, gambar sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri.

Karena itu sebaiknya siapkan bahan-bahan website yang akan Anda tampilkan. Bagian sangat penting Anda perhatikan supaya materi yang muncul di website benar-benar menggambarkan bisnis Anda.

Bila bahan sudah siap, maka semakin akan lebih mudah menatanya ke dalam blog atau website Anda.

4. Pilih Layanan Hosting

Hosting merupakan tempat untuk menyimpan semua file website, dari konten, gambar, video, audio, teks, tema, sampai pengaturan sedemikian sehingga blog atau website Anda bisa tayang dan dilihat orang secara online.

Ada berbagai macam hosting yang bisa Anda gunakan, dari shared hosting, cloud hosting, hingga VPS hosting. Lalu jenis hosting mana yang tepat untuk Anda?

Shared hosting adalah jenis hosting yang paling cocok untuk blog atau website yang masih pada tahap awal. Mengapa? Alasannya cukup sederhana, yaitu karena shared hosting adalah jenis hosting yang paling murah dan paling mudah pengelolaannya.

Untuk membeli hosting pun sangat mudah dan terjangkau. Silahkan cek paket promo hosting Niagahoster yang tersedia saat ini.

Anda dapat juga mempertimbangkan untuk menggunakan perusahaan hosting luar negeri yang populer seperti BlueHost.

Kami merekomendasikan memilih salah satu antara BlueHost atau NiagaHoster sebagai perusahaan hosting Anda dan membantu pengembangan blog Anda. Keduanya baik dan dipercaya pengguna. Perbedaannya hanyalah karena satu merupakan perusahaan luar negeri, website-nya berbahasa Inggris.

Jika Anda tidak kesulitan dengan kedua hal ini, maka BlueHost bisa menjadi pilihan Anda. Namun jika Anda terbatas budget atau kesulitan berbahasa Inggris, maka NiagaHoster merupakan pilihan terbaik di dalam negeri.

Silahkan klik kedua link di atas dan jelajahi web-nya untuk menentukan pilihan Anda.

5. Mulai buat Website Anda

Setelah Anda mengetahui dan menyiapkan bahan yang diperlukan, maka sudah waktunya Anda memulai langkah membuat blog Anda sendiri. Perusahaan hosting pilihan Anda, baik Niagahoster ataupun Bluehost akan memandu Anda memulai membangun website.

Fokuskan waktu Anda untuk mensetting blog Anda, seperti layaknya membangun rumah. Membuat pondasinya yang baik, lalu secara konsisten Anda mengisi dengan konten-konten sambil mempromosikan blog baru tersebut ke teman-teman dan keluarga, juga melalui media sosial Anda.

Sudah siap?

Yuk lihat langkah-langkah memulai blog Anda, di NiagaHoster sini. atau BlueHost.

Happy blogging…

 

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: