Tipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri

Beaq CukaiPenipuan dengan modus pengiriman uang atau barang, hadiah, hibah ataupun warisan dari luar negeri semakin marak akhir-akhir ini menjerat sejumlah korban. Biasanya calon korban dijerat melalui perkenalan online, ataupun email spam yang dikirim para penipu online. Menurut Faudzi Ahmad dari Bagian Penyuluhan dan Layanan Informasi Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta, banyak para korban yang datang ke kantor Bea Cukai menanyakan paket yang katanya tertahan oleh Bea Cukai.

Dari dokumen yang dibawa oleh para korban, terungkap bahwa mereka tertipu oleh kawanan sindikat yang meminta para korban mengirim uang ke rekening tertentu agar paket mereka dapat diantar ke alamat. Menyikapi hal tersebut, pihak Bea Cukai menandaskan bahwa semua pembayaran terkait pajak atau bea masuk barang kiriman, harus dilakukan melalui bank pemerintah, langsung ke nomor rekening atas nama: Bendaharawan Kantor Bea Cukai, bukan ke rekening perorangan.

Akhir bulan Mei 2013 lalu, pihak kepolisian meringkus setidaknya empat orang yang beraksi di Bandara Soekarno Hatta. “Mereka menjanjikan pada korban untuk proses pengambilan sekaligus pengiriman barang impor ke tempat tujuan, dengan meminta bayaran tapi barang tersebut tidak benar-benar dikirimkan,” jelas Kasubdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Helmy Santika, saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, sebagaimana dilaporkan KOMPAS.

Barang tidak jadi dikirimkan karena sebetulnya paket tersebut tidak pernah ada alias paket fiktif. Karena itu masyarakat perlu waspada dan mengenali modus tipuan ini sebelum terlanjut terjerat.

Kenali Modusnya

Penipuan jenis ini tergolong jenis “tipuan Nigeria“. Pengirim barang biasanya berkenalan dengan korban melalui email spam atau aneka modus penipuan facebook. Korban biasanya diimingi hadiah undian, barang hibah, sumbangan, atau warisan dalam jumlah besar, sehingga mudah terperdaya. Selanjutnya para penipu akan mengirimkan tanda bukti pengiriman paket (airway bill / AWB) yang bentuknya sangat meyakinkan. Tidak jarang pula mereka menggunakan ‘International Diplomatic Courier’ dan mengatasnamakan lembaga-lembaga internasional atau diplomat negara tertentu.

Baca lebih lengkap: Modus Tipuan Nigeria

Korban yang menerima airway bill tersebut, jika tidak teliti, akan segera percaya jika penipu lainnya menelpon lagi mengatasnamakan petugas Bea Cukai atau petugas cargo bandara yang meminta pembayaran ongkos kirim atau bea masuk agar paket bisa diantarkan. Tidak jarang penelpon mengancam akan mengembalikan paket jika tidak segera dibayar dan diambil. Penerima paket terkadang juga diancam akan dituntut karena melecehkan ‘Diplomatic Courier.’

Pihak Bea Cukai menegaskan bahwa jika masyarakat menghadapi situasi tersebut, segera sadari sebelum terlambat bahwa Anda kemungkinan sedang menghadapi penipu.

Kenali Ciri-ciri Penipuan Pengiriman Barang

Penipuan pengiriman barang dari luar negeri sebetulnya dapat segera dikenali, antara lain:

  • Penerima barang mendapat pemberitahuan tentang kiriman barang melalui email SPAM, facebook atau media sosial lain, dari orang/pihak yang tidak dikenal, atau baru saja dikenal di dunia online,
  • Pemberitahuan tersebut berupa surat atau bukti pengiriman dengan format yang sangat meyakinkan (lihat gambar di bawah), terkadang juga menggunakan nama-nama institusi, terkenal. Perusahaan yang tertera di bukti tersebut biasanya tidak terdaftar di Indonesia.
  • Pengirim dan penerima barang (kebanyakan berlainan jenis kelaminnya) biasanya berkenalan dari internet (baca juga: Penipuan Kencan Online).
  • Penerima barang diminta mengirim ongkos kirim atau pajak/bea masuk ke rekening pribadi, biasanya atas nama wanita.
  • Penerima barang diberi jangka waktu yang singkat untuk mentransfer uang, dengan berbagai alasan atau ancaman,
  • Jika uang sudah ditransfer ternyata barang kiriman tidak pernah diantar ke penerima barang (karena memang tidak ada) atau penerima barang diberitahukan melalui telepon agar mentransfer uang lagi karena masih ada biaya yang harus dibayar supaya barang bisa diantar.
  • Apabila penerima barang tidak bisa atau tidak mau melakukan transfer uang dan menginginkan menyerahkan uang tunai secara langsung, biasanya “mereka” menjanjikan untuk bertemu di Bandara Soekarno-Hatta dan setelah penerima barang datang ke Bandara Soekarno-Hatta “mereka” membatalkan pertemuan dengan berbagai macam alasan (atau memindahkan tempat pertemuan dan pada akhirnya akan dibatalkan juga) dan meminta penerima barang untuk mentransfer saja dengan memberikan jangka waktu yang singkat.
Bea cukai

Para penipu menggunakan dokumen yang terlihat meyakinkan, tetapi perusahaan-perusahaan tersebut tidak terdaftar di Indonesia.

Mengecek Kiriman Dari Luar Negeri

Pengiriman barang dari luar negeri kebanyakan menggunakan perusahaan ekspedisi (perusahaan jasa titipan/PJT) misalnya Fedex, DHL, atau melalui kantor pos.  Pengiriman model ini, biasanya diantar langsung ke alamat penerima barang (door to door service), kecuali apabila barang kiriman tersebut:

  • beratnya lebih dari 100 kg;
  • terkena peraturan larangan dan/atau pembatasan dari instansi terkait; atau
  • dikenakan pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor (ada rincian bea masuk, PPN, PPh Pasal 22 impor, dsb.)

Dalam hal Anda mendapat informasi karena barang Anda masih bermasalah karena salah satu atau ketiga poin di atas, jangan segera membayar apapun sebelum Anda mengecek kebenarannya. Untuk mengetahui kebenaran kiriman tersebut, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • jika barang dikirim melalui pos, silahkan hubungi Kantor Pos tersebut, atau mengecek nomor bukti pengiriman paket Anda langsung secara online melalui http://posindonesia.co.id. Lebih lanjut, Anda dapat menanyakan: tanyakan nomor, tanggal, nama pengirim dan penerima kiriman pos dan cobalah dikonfirmasi ke Kantor Pos Tukar Udara di bandara kedatangan;
  • jika barang dikirim melalui PJT, silahkan hubungi nomor telepon PJT tersebut. Ada baiknya Anda tidak menghubungi langsung nomor yang ada di dokumen, tetapi carilah nama perusahaan tersebut secara online (google) lalu hubungi nomor resmi yang dicantumkan secara online. Pastikan juga PJT tersebut telah memiliki izin operasi dari Ditjen Pos dan Telekomunikasi. Jika Anda ingin menanyakan ke kantor Bea Cukai, pastikan Anda juga mengetahui nomor dan tanggal Air Waybill, nama pengirim dan penerima, nama pesawat dan nomor penerbangannya, agar dapat dilakukan pengecekan dengan cepat.
  • Hubungi Kantor Bea Cukai terdekat. Anda bisa mendapatkan daftar alamat kantor Bea Cukai di daerah Anda dengan mengecek di http://beacukai.go.id.

Ingin mengecek kiriman barang secara online? Silahkan baca artikel ini: Begini Caranya Mengecek Kiriman Barang dari Luar Negeri.

Sekali lagi ditekankan untuk segera menyadari Anda ditipu, jika seseorang meminta Anda membayar ke rekening perorangan. Untuk pembayaran bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PDRI) selalu menggunakan Surat Setoran Pabean, Cukai dan Pajak (SSPCP) yang dibayarkan langsung ke bank pemerintah (bukan bank swasta) atas nama Bendaharawan Kantor Bea dan Cukai.

Jika Anda terlanjur telah tertipu dan mengirimkan uang, segera hubungi pihak berwajib agar dapat melacak keberadaan pelaku secepatnya.

Comments

  1. oscar kasiepo says:

    Selamat malam HowMoneyIndonesia, terima kasih atas artikelnya yg sangat bermanfaat bagi semuanya agar tidak menjadi korban penipuan. Saya juga mendapat inbox fb dari Seorang janda yg mengaku asal aceh tapi sebelumnya bersuami orang london, inggris. Suaminya meninggal dan memiliki harta banyak. Mereka tak punya anak. Dia sedang dirawat di rumah sakit kanker dan akan memberikan uang dlm jumlah 2,7 juta $ dikarenakan menurutnya saya orang baik yang dapat membantunya mendirikan yayasan amal atas nama dirinya & dia tak punya anak tuk diwariskan. Tetapi alhamdulillah puji Tuhan saya diselamatkan Tuhan dgn membaca artikel ini agar tak terjebak & terlibat modus penipuan ini. Sekali lagi terima kasih banyak atas artikel yg sangat membantu & bermanfaat ini. Semoga Allah SWT memberkati HowMoneyIndonesia & sukses selalu untuk HowMoneyIndonesia, Wassalam.

  2. Saya baru saja mengalami hal serupa..untungnya saya tranfers uang. Ini nomor orang yg kontak barusan meminta uang ke saya.:082261288968.semoga bermanfaat utk berhati hati.terimakasih.

  3. Iya pak…tolong dari pihak kepolisian agar membasmi habis penipuan seperti ini,karena sudah makin merajalela.indonesia termasuk negara paling gampang untuk d masuki orang2 dari luar negri dn kriminal makin menjadi.tolong pemberitahuan tentang pe ipuan paket tidak hanya di infirmasikan via online…tetapi harus di sebarkan melalui sosialisasi dari pihak kepolisia ke masyarakat langsung,karena tidak semua orang mencari tahu ttng paket fiktif ini.dan masih bnyk masyarakat awam yg bermain medsos yg belum paham dn mengerti ttng penipuan ini

  4. Hallo how money indonesia.com
    Saya baru saja hampir tertipu dengan modus yg sama,,,

  5. Saya dan ayah saya baru saja tertipu dengan modus ini kemarin, dia menyamar menjadi tentara amerika yg sedang bertugas di irak, dan setelah beberapa waktu dia berhubungan lewat WA dengan ayah saya dia mau mengirim uang sebesar 2,5juta USD yang ia dapatkan dari pembebasan kilang minyak di irak dari tangan isis, dan ayah saya mendapat bagian sebesar 30% dari nominal tersebut. ayah saya pun tergoda oleh nominal tersebut. dan dia mengirim uang tersebut memakai kurir dari inggris lewat jalur diplomatik, dan tiba-tiba ada seseorang menelfon ayah saya dan dia mengaku sebagai orang TAX di bandara ngurah rai bali, dia menyebut bahwa si kurir landed di bali dan tidak bisa melanjutkan flight ke jakarta dan dia minta uang sebesar Rp6.5juta ke rekening BNI a/n yani maryani (0449978070) setelah uang tersebut sudah di trf beberapa menit kemudian dia kembali menelfon untuk kembali meminta uang untuk surat jalan koper tersebut sebesar Rp10juta karena koper tersebut todak tembus X-ray. saya otomatis langsung mencari kebenaran semua ini, kebetulan saya dan ayah saya sudah berada di bandara Soetta untuk menunggu kurir tersebut, setelah saya menanyakan ke bank BNI ternyata aktivasi rekening yani tersebut bukan dari bali dan uang sebesar Rp6,5juta yg sudah ayah saya trf sudah ditarik. sayapun langsung memberi tahu ayah saya dan mencegah nya untuk tidak mentransfer yang 10jt tersebut.
    modus penipuan ini sangat matang, dia mengirim foto-foto dia selama perang di irak, dan mengirim foto box dan cover berisi uang tersebut kepada ayah saya dan tidak luput foto paspor dari kurir tersebut.
    -nama tentara yg bertugas di irak (Carolline William) sbg: pemeran utama penipuan
    -nama kurir diplomatik PBB (Phillips) sbg: pengirim uang
    -(0815 1464 3418) sbg: orang yg mengaku bagian TAX di ngurah rai
    -BNI a/n yani maryani (0449978070) sbg: rekening penipu
    semoga berguna untuk kalian dan jangan sampai mengalami kejadian seperti saya dan ayah saya 🙂

    • Terima kasih sudah berbagi. Perlu disampaikan bahwa foto2 yg digunakan penipu, bukanlah foto asli dirinya, melainkan foto asli orang lain. Jadi orang dalam foti tersebut juga adalah korban karena foto mereka digunakan untuk menipu orang lain. Tetap waspsda ya guys.

  6. Terima kasih atas artikel pemberitahuan ttg penipuan ini n sangat bermanfaat sekali. Karena hr ini tgl.9 jan.2017 kk sy disuru trnfr sebesar 9jt utk pembayaran tax di bali krn beg2 semua sdh smpe bali smua brg2 yg mau dikirim difoto smua lwt ‘wa’ dan sy lsg ksh tau kk sy jgn mau krm2 uang utk byr tax yg ga jelas itu pwnipuan…alhamdulilah kk sy tdk jd utk m.girim uang trsebut n alhasil penipu tsb marah2 knp tdk jd byr tax nya….trims howmoneyindonesia

  7. Kk sy hmpir tertipu krna hrs trnfr uang 9jt krna sy ksh tau jgn mau krm uang sembarangan n g jelas gt akhirnya penipu tsb menghubungi kk sy lg ‘knp tdk jd byr tax nya n marah ga jls n nomor yg dihubungi pun no pribadi (rahasia ga kliatan nomernya)
    Alhamdulilah Y ALLAH diksh sadar n yang pun msh utuh

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: