Tipuan Nigeria: Permintaan Transfer Uang

gfi_com

(Pict by: gfi.com)

Tujuan utama para penipu di luar sana adalah menjarah uang Anda sebanyak-banyaknya. Selain aneka penipuan yang dibahas di website ini, terdapat juga jenis penipuan yang dikenal sebagai tipuan Nigeria 419 (Nigeria 419 scam). Disebut tipuan Nigeria karena jenis tipuan ini bermula besar-besaran dari Nigeria, sementara angka 419 merujuk pada pasal Undang Undang Nigeria yang mengatur tentang kejahatan tersebut.

Tipuan Nigeria pada dasarnya menjaring para korban dengan berbagai cara, terutama melalui internet untuk mengirimkan sejumlah uang. Biasanya mereka mengatakan bahwa mereka menguasai sejumlah uang besar di negara mereka yang tidak bisa diakses karena konflik. Mereka meminta bantuan Anda untuk menampung uang tersebut di rekening Anda supaya dapat dipergunakan tanpa diketahui oleh ‘pemerintah jahat’ di negara mereka (atau alasan masuk akal lainnya). Atau terkadang mereka menjanjikan komisi dalam porsi yang besar untuk Anda nantinya. Untuk itu mereka meminta tolong agar Anda membayar ‘sedikit’ biaya pajak dan adminstrasi agar dapat mengambil uang tersebut dan mengirimkannya ke rekening Anda. Tidak lupa, mereka juga meminta nomor rekening dan data-data bank Anda.

Awalnya mereka mungkin meminta jumlah yang tidaklah seberapa. Setelah Anda mengirimkan uang tersebut, mereka dengan aneka alasan yang sangat masuk akal akan meminta Anda mengirim uang dalam jumlah yang lebih besar sebelum mereka mengirim uang tersebut kepada Anda. Demikian selanjutnya sampai mereka telah mendapatkan jumlah yang cukup. Yang jelas Anda tidak akan pernah menerima uang yang dijanjikan.

Jika Anda belum pernah menerima email seperti dalam penjelasan di atas, kami menemukan beberapa email spam di inbox kami sebagaimana terlihat di bawah ini:

Nigeria scam

Mereka bukanlah orang yang kami kenal. Dan topik atau subject email sangatlah mencurigakan. Anda akan terbiasa dengan cepat mengetahui email tipuan nantinya. Ok, mari kita lihat 2 email di atas. Pertama, ini bunyi email tipuan dari Mr. Marrama Umar:

URGENT & CONFIDENTAIL

Dear Friend,

I am Mr.Marrama Umar, I currently hold the post as the Audit Account Manager of our bank in Ouagadougou Branch, Burkina-Faso. I got your contact from a reliable web directory. We can see actually that the world is a very small place to meet people but what matters most for me is to transact with a person with full trust. I have developed the trust on you after one week of fasting and praying. Due to the trust, I made up my mind to disclose this confidential business to you.

We are imposition to reclaim and inherit the sum of US($10.5) Million without any trouble, from a dormant account which remains unclaimed since 6years the owner died. This is a U.S Dollar’s account and the beneficiary died without trace of his family to claim the fund.

The fund belong to our deceased customer who died with his entire family in Iraq War 2006, leaving nobody for the claim and as such, I decided to contact you to enable us claim the fund. Your share is 40% while 60% for me. This transaction is 100% risky free.

Your integrity and trust worthiness will make us succeed without any risk. Please if you think that the amount is too much to be transferred into your account, you have the right to ask our bank to transfer the fund into your account bit by bit after approval or you double the account.

If you are interested to help without disappointment or breach of trust,Contact me for more details.

so that I will guide you on the proper banking guidelines to follow for the claim. After the transfer, I will fly to your country for sharing according to our agreement.

Assurance: Note that this transaction will never in any way harm or foiled your good post or reputation in your country, because everything will follow legal process.

I am looking forward to hear from you soonest.

Yours faithfully,

Mr.Marrama Umar
Banque Régionale de Solidarite( BRS),
ouagadougou,Burkina Faso

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca email tersebut? Apakah Anda tertarik? Jika jawabannya ya, Anda akan sangat mudah terperangkap penipuan Nigeria.

Meski bernama tipuan Nigeria 419, para penipu tidak lagi didominasi gembong Afrika. Para pelaku kejahatan ini bisa berasal dari bagian bumi manapun. Mari kita buka contoh tawaran pinjaman (Loan Offer) dari Gulf International Bank:

We are Gulf International Bank (UK processing unit) offers loan to any one who might be in need of a loan for any financial concern. for further Information contact Us on our Private E-mail: ( internationalbank.gulf@yahoo.co.uk )

Meski menggunakan nama besar Gulf International Bank, email di atas sama sekali tidak terlihat professional sebagaimana seharusnya email bank. Selain tidak menggunakan tata bahasa yang baik, email tipuan tidak menyebut nama lengkap orang yang dituju karena mereka memang tidak mengenal korbannya. Mereka hanya mengirim email secara serampangan. Mereka menggunakan alamat email gratisan, suatu hal yang tidak mungkin bagi sebuah industry perbankan. Anda bisa menyebut keanehan lainnya?

Contoh email berikut sepertinya tidak berbahaya. Email ini (ceritanya) berasal dari seorang gadis yang melarikan diri dari Rwanda kaena perang sipil. Dia mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang pengusaha industri emas, yang telah tewas dalam konflik tersebut. Ia ingin berkenalan dengan Anda. Hmmm…

Nigeria scam_email

Meskipun terkesan tidak berbahaya, modus ini sangat umum digunakan dalam tipuan Nigeria. Bisa ditebak arah dari email ini adalah tipuan dengan penawaran warisan dari ayahnya yang dia sebut pengusaha industri emas. Sekali Anda membalas email ini, mereka akan membombardir Anda dengan sejumlah email yang pada intinya menggiring Anda untuk mengirimkan uang ke rekening mereka.

Selain meminta nomor rekening, kemungkinan mereka akan meminta alamat. alasannya mereka akan mengirim uang dalam jumlah besar atau paket barang berharga untuk Anda. Selanjutnya Anda akan menerima bukti pengiriman barang/atau uang, bentuknya sangat meyakinkan, akan tetapi uang atau barang tersebut tidak benar-benar ada alias fiktif. Mereka kadang beralasan bahwa barang ditahan oleh pihak Bea Cukai atau Bank dengan alasan belum bayar pajak. Lalu Anda diminta membayar pajak tersebut agar bisa mendapatkan uang/paket tesebut. Tidak sedikit yang tertipu oleh modus ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca: Penipuan dengan Modus Pengiriman Paket dari Luar Negeri.

Facebook scam

Pancingan romansa online? Waspadalah!

Ciri-ciri Tipuan Nigeria:

  1. Anda dihubungi atau mendapat email dari orang yang tidak dikenal (email spam),
  2. Email tersebut mengatakan memperoleh email Anda dari suatu sumber terpercaya, tetapi mereka sendiri tidak menyebut nama Anda di awal email. BIasanya mereka hanya menggunakan: Dear Friend, atau Hello Friend
  3. Menawarkan uang dalam jumlah besar dengan bumbu cerita hasil konflik, terperangkap perang, warisan kerabat, dll,
  4. Meminta data rekening Anda,
  5. Meminta mengirimkan uang ke rekening mereka,
  6. Terkadang menggunakan nama perusahaan ternama,
  7. Kalimatnya sopan tetapi kebanyakan menggunakan bahasa Inggris yang payah,
  8. Menggunakan alamat email gratisan seperti yahoo, gmail, hotmail, aol, dll.
  9. Email jenis ini umumnya masuk di folder spam, tetapi terkadang juga ada yang lolos dan masuk ke inbox Anda.

Apa yang sebaiknya Anda lakukan:

  1. Gunakan akal sehat,
  2. Jangan membuka email dari orang tidak dikenal,
  3. Jangan mudah tergoda tawaran yang menggiurkan,
  4. Jangan membuka, mengklik link, atau membalas email spam. Untuk menghindari kemungkinan serangan virus, segera hapus email spam dari forlder computer Anda,
  5. Jangan pernah memberikan data perbankan, ATM atau data kartu kredit Anda kepada orang lain,
  6. Jangan menerima kiriman uang atau permintaan untuk membeli/membayar sesuatu dari orang yang tidak Anda kenal. Bisa saja Anda dijebak dalam tindak kejahatan pencucian uang (money laundering),
  7. Jangan pernah mengirim uang ke orang yang tidak Anda kenal.

Ketahui Aneka Modus Penipuan Lainnya:

Iklan

Comments

  1. Emang benar , awas hati2. Saya juga mengalaminya ,, ni lah contoh penipuannya
    276 Garden Close, Broadway line, pe92yp
                                                                Nigeria.
    MOTTO: We are FIDELITY, we keep to our WORDS.
                                    LETTER OF APPROVAL OF YOUR LOAN FUNDS.
     
    Hello Customer Rush Mulyana,
     
    We are writing you this letter to inform you that your loan in amount of $100,000.00 USD has been approved in the mentioned name (Rush Mulyana) for transfer. You have been enlisted amount our next batch of clients that will be receiving their funds in the next couple of days. Please be informed that you will only be enlisted amount (batch B) clients upon payment of the application, processing and administrative transfer charge for your loan amount. The approved funds will be insured using a hard cover insurance policy, the content of the insurance policy covers both the borrower and the lender. We ensure our funds are well secured because of the risk involved in international lending business.
     
    Note the following stated below.
     
    (1) Your monthly payment is $1,916.66 USD for a period of 5 year (60 months)
     
    (2) Repayments start five months after you must have gotten your funds transferred to your designated bank account.
     
    (3) We have verified the Authencity of your information’s provided and the board has resolved to approve your loan amount of $100,000.00 USD. Approved for immediate transfer.
     
    (4) If you are to meet up with the repayment, you will be given five months extension prior to any legal action.
     
    This letter of Approval is in according of the Money Laundering Monitoring Council and commercial bar association of Nigeria.
     
    Thanks for your understanding and God bless you.
    Keep me posted as soon as possible. Before we can move to the next step.
    Best Regards
    Mr. James Bone.
      hati 2 jgn percaya ni penipuan

  2. Mlm, saya mw mnt pendapat saya kn lg butuh uang dan saya mencari geogle .pinjaman uang tanpa jaminan dan di setujui tetapi dngn syrat saya harus menranfer sejumlah 185$ .dan karna saya sngt membutuhkan bsk saya kan tranfer tu uang . Kira” itu penipuan bukan ya Pa mksh. Atas saranyta

  3. Hampir tiap hari trima email spt di atas. Malah ada email temen yang dihack, lalu kirim email ke sy utk minjem uang dng alasan dicopet saat wisata di suatu negara.

  4. Memang benar banyak sekali penipuan dari Internet. Jika kita menemukan tawaran yang berhubungan dengan uang, sebaiknya diabaikan dan jangan bertransaksi yang MEMANG tidak jelas. Termasuk MMM Mavrodi, harus anda tinggalkan dan jangan bicarakan kepada siapapun, kecuali BAHAYA nya ikut MMM Indonesia. Jika akan membantu orang, bantulah orang miskin, dan jelas keadaannya, mungkin keluarga kita yang tidak mampu. Bahkan beli barang melalui Internet juga harus dihindari, karena anda tidak melihat barang tersebut. Jika ada cacatnya, maka anda akan rugi sendiri. INGAT! Tinggalkan MMM Indonesia dan apapun namanya MMM tersebut. Berbahaya karena uang anda akan hilang kapanpun saja. Namun jika anda memang tidak keberatan kehilangan uang anda, silahkan saja coba ikut MMM Indonesia. Selamat berpikir….!

  5. Pagi admin….saya baru saja mengalami kejadian serupa sprt teman2…cm saya blm smpt kirim duit atau apalah ϔƍ mrk bthkan…cm saya sdh mengirimkan alamat n foto kopi ktp, ϔƍ mau saya tanyakan apakah mrk akan menyalah gunakan foto kopi ktp saya atau tidak?terima kasih admin

    • Penyalahgunaan ktp memang bisa juga u aneka kejahatan.. Kemungkinan mereka atau orang lain tapi masih sindikat mereka akan menghubungi Anda lagi .. JANGAN pernag mengirim duit, apapun alasannya!

  6. Thanx HMI,krn info ini q gk jd korbannya.
    komplotan ini menghubunyi saya via mesenger fb bernama jeff remond,ngaku mayor jendral yg lg tugas d afghanistan. Dy mengaku sudah lama menyukai dan berniat menikahi saya. Dy mendapt royalti dr pemerintah afghanistan krn misinya berhasil dan ingin mengirimkan uang trsebut u menikahi saya dan membuka usaha properti di indonesia,bayangkan z uang yg akn dikirim sbsr $2,5 juta,sungguh fantastik bkn. Dy akn mengirim via kurir diplomatik dgn pangkatnya skrg. Alasan dy tdk mau mengirim ke keluarganya karena pemerintahannya sangat memantau seluruh kegiatannya,dan kalau ketahuan dy mendapatkan uang royalti itu dy akn dipenjara.
    Dy mengirimkan paket itu melalui pengiriman diplomatik yang dirasanya aman dari pemeriksaan karena dy msh punya power besar sbg seorang jendral. Saya hanya disuruh menunggu d rumah sampai kurir tersebut memberikan paket trsbut kpd saya.
    Awalnya dy blg saya tdk perlu mengeluarkan uang apapun krn dy sudah membayar smw@ dr afghanistan, ttpi ujung ujungnya dy blg saya hanya perlu membayar u pihak bandara supaya paket tu tidak dihambat d bandara.
    Yang membuat saya smkin curiga,kenapa paket ini dibawa oleh kurir tetapi diperiksa lg oleh pihak bandara,kecuali paket kiriman yg tdk dbw oleh seseorang br saya percaya akan dicek oleh petugas. Dy blg jika kurir sampai d bandara dy akna menghubungi saya,karena saya kemarin diminta olehnya alamat dan nmr hp saya.
    Sesampainya kurir tersebut d bandara,dy menelepon saya dengan bahasa inggris yang saya rasa berantakan mengatakan pihak bandara meminta saya membayar biaya sebesar Rp.15 jt supaya paket tersebut bs lolos dari pemeriksaan dgn cara mentransfer dan kurir td berkata pihak bandara akn menelepon saya.
    Tdk lama kemudian ada panggilan msk ke hp saya mengaku pihak bandara,dan ternyata seorang wanita yang menyuruh saya utk segera mentransfer uang tsb.
    Untung saja sblumnya saya udh mencoba u browsing ttg penipuan” via online,dan sayay juga membaca tulisan ini,jd saya sdh bs mengantisipasinya.
    Stlh wanita td meminta saya u transfer saya jawab; saya akan bayar biaya itu setelah barang sampai ke tangan saya. Dan saya juga bilang bahwa saya sudah konfirmasi dengan pihak bandara dan pihak bandara menyarankan saya untuk tidak mengirimkan uang sebelum barang saya sampai kpd saya,tetapi hanya dengan memberikan langsung kepada orangnya langsung,dan saya diminta untuk meminta kwitansi resmi untuk tanda bukti pembayaran( pdhl saya tdk pernah menghubungi pihak bandara manapun dan itu hanya karangan saya saja), dan ternyata smw itu membuat wajita itu kesal dan mengatakan kalau kurir itu akan dipersulit mereka,saya bilang silahkan saja,saya tidak perduli,dan dy lgsg menutup tlp dengan sangat marah krn tdk berhasil menipu saya.
    Terimakasih utk Hmi,krn tulisan anda membuat saya tidak jd korban mereka,dan untuk yang lainnya berhati” lah jangan sampai menjadi korban mereka berikutnya.
    Maaf klw saya berbgi kisah saya,krn saya tdk ingin yg lainnya terjebak oleh mereka.

  7. ahmad siswandi says:

    Dear Admin,

    jadi semua pinjaman pribadi loan seperti sarah wong,clara alderman,alexandra,amanda semuanya bohong ya..
    ke 4 loan itu saya email berdasarkan kesepakatan maka harus bayar biaya ada pendaftaran dan biaya imf melalui western union.post
    cuma semua alamat dana tersebut ke nigeria beda2 kota ada Mr,ada Mrs
    saya tanya kenapa dikirim kesana mereka bilang akuntan keuangan mereka.
    untungnya sewaktu dipos petugas tanya ID saya lupa nulis dikonfirmasi balik by email.
    saat ini saya ragu,saya minta ID/ktp/passport loan tidak diberi minta hp dikasih no telpon negara,males ah habis nanti pulsa.
    posisi saat ini saya masih email2an…penasaran ..kenapa tidak dikirim kerekening mereka saja,saya cari facebook dan data mereka semuanya nihil,tapi kalau kita klik nama loan satu2 ada diwebsitenya.
    oh ya min saya minta rekomendasi loan yang betul2 legalitas dan memang ingin menolong orang susah,dan cari dana tambahan,sekalian untuk usaha.
    pembayaran dijamin dah..bisa survey klw memang ada perwakilan di sini..
    atau telpon langsung…atau email..tolong ya min carkan…dibank2 saat ini kayaknya pada sulit..entah ada apa ini dengan bank2 kia…

  8. maaf saya butuh dana bayar hutang,,,sy dpt info dr nigeria tapi hrs transfer 150$ apa benar ya??? apa ada yg mau ks pjman lewat internet? mhn pencerahan,,tks

  9. Saya tahun 2014 kemaren saya juga terkena tipu jg dngan yg bernama norman juliet saya kenal melalui media facebook. Dia mengatakan bahwa pket yg d krm kan oleh norman juliet itu tertahan d beadan cukai sukarno hata uang yg saya kirm kan ke rekening bnk perorangan. Yg bernama supiyanto lewat bnk bca uang yg saya krm kan sdh 55jt dan saya sdah pernah bertemu dngan org yg mengatakan bahwa dia bekerja d United nasional dia mengatakan kalw brang tersebut berada d kantor united nasional .kalaw andatidak dapat menebus brang tersebut maka km akan memproses anda.itu yg d bicarakan oleh mr james kepadasaya

  10. Halo, saya Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana untuk individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (XXXloans@XXmail.com). —-(telah diedit untuk menghindari penipuan. red)

  11. Taufiqurrahman says:

    Halo admin, mohon informasi terkait pinjaman dari nigeria melalui amanda loan firm apakah ini benar ? karena saya cek di gogle untuk amanda loan firm sepertinya memang benar ada ya ? mohon infonya ya

  12. saya dapat inbox di fb saya yang mengatakan bahwa JAME MASCORO adalah seorang perwira amerika dia di tugaskan di Syria, dia mau memberikan paket yang berisi uang senilai 450000 USD, dia memberikan copy bukti pengiriman paket ke saya melalui Wordwild Diplomatik Packed dan saya harus membayar pajak bila paket tersebut telah sampai di bandara dan saya akan di tlp langsung dari pihak kurir nya dia menggunakan paket AIRWAY BILL, apakah ini benar atau penipuan

  13. Saya sudah tertipu jutaan sungguh saya sangat bodoh skrng saya tidak mempunyai uang sama sekali,sekarang saya bingung harus gmn lagi

    • Saya juga korban dr web dating.pria amerika yg mengaku sbg army di afganistan.dan memberikan saya uang dan dokumen di dlm box itu.surat itu hrs sy ttd agar dia bisa keluar dr sana.sdh puluhan juta uang saya keluar.bank tsb atas nama pribadi bank bri cab kramat jati dan panin bank cabang harmoni.

  14. Apakah bener pinjaman luar negri melalui Western Union itu ada? Tp kenapa pake biaya dl. Saya heran segampang itu. Adakah yg bs ksh penjelasan.

  15. Oh my God…2 minggu yg lalu saya baca artikel tentang pinjaman/saintloans. Lalu saya dengan PD nya memberikan data bank saya dan foto KTP saya. Lalu saya diminta untuk membayar biaya administrasi $125.00 saya lalu mulai curiga. Lalu saya menyampaikan “bagaimana kalau biaya administrasinya dipotongkan dipinjaman, tapi tdk disetujui dgn alasan itu sudah prosedur. Dan akhirnya saya biarkan email dari loans tersebut. Lalu hari ini saya mendapat email lagi dgn kata2, saya akan dibantu membayar biaya administrasi sebesar $60.00 jadi saya hanya membayar sisanya $65.00, tapi saya masih ragu lalu mencoba mencari info tentang penipuan loans dan ternyata benar dugaan saya. Untung saya blm ke Western Union. Thanks God. Tapi apakah nantinya foto ktp saya dan bank account saya akan disalahgunakan? Apa yg harus saya lakukan? Apakah saya harus menyampaikan ke pihak bank? Tapi saat ini saya sedikit tdk kuatir krn bank account saya saldonya nol. Tapi takutnya kalau suatu saat bank account saya ada saldonya, apakah akan aman aman saja? Terimakasih atas info yg sangat bermanfaat

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: