Tipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri

Beaq CukaiPenipuan dengan modus pengiriman uang atau barang, hadiah, hibah ataupun warisan dari luar negeri semakin marak akhir-akhir ini menjerat sejumlah korban. Biasanya calon korban dijerat melalui perkenalan online, ataupun email spam yang dikirim para penipu online. Menurut Faudzi Ahmad dari Bagian Penyuluhan dan Layanan Informasi Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta, banyak para korban yang datang ke kantor Bea Cukai menanyakan paket yang katanya tertahan oleh Bea Cukai.

Dari dokumen yang dibawa oleh para korban, terungkap bahwa mereka tertipu oleh kawanan sindikat yang meminta para korban mengirim uang ke rekening tertentu agar paket mereka dapat diantar ke alamat. Menyikapi hal tersebut, pihak Bea Cukai menandaskan bahwa semua pembayaran terkait pajak atau bea masuk barang kiriman, harus dilakukan melalui bank pemerintah, langsung ke nomor rekening atas nama: Bendaharawan Kantor Bea Cukai, bukan ke rekening perorangan.

Akhir bulan Mei 2013 lalu, pihak kepolisian meringkus setidaknya empat orang yang beraksi di Bandara Soekarno Hatta. “Mereka menjanjikan pada korban untuk proses pengambilan sekaligus pengiriman barang impor ke tempat tujuan, dengan meminta bayaran tapi barang tersebut tidak benar-benar dikirimkan,” jelas Kasubdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Helmy Santika, saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, sebagaimana dilaporkan KOMPAS.

Barang tidak jadi dikirimkan karena sebetulnya paket tersebut tidak pernah ada alias paket fiktif. Karena itu masyarakat perlu waspada dan mengenali modus tipuan ini sebelum terlanjut terjerat.

Kenali Modusnya

Penipuan jenis ini tergolong jenis “tipuan Nigeria“. Pengirim barang biasanya berkenalan dengan korban melalui email spam atau aneka modus penipuan facebook. Korban biasanya diimingi hadiah undian, barang hibah, sumbangan, atau warisan dalam jumlah besar, sehingga mudah terperdaya. Selanjutnya para penipu akan mengirimkan tanda bukti pengiriman paket (airway bill / AWB) yang bentuknya sangat meyakinkan. Tidak jarang pula mereka menggunakan ‘International Diplomatic Courier’ dan mengatasnamakan lembaga-lembaga internasional atau diplomat negara tertentu.

Baca lebih lengkap: Modus Tipuan Nigeria

Korban yang menerima airway bill tersebut, jika tidak teliti, akan segera percaya jika penipu lainnya menelpon lagi mengatasnamakan petugas Bea Cukai atau petugas cargo bandara yang meminta pembayaran ongkos kirim atau bea masuk agar paket bisa diantarkan. Tidak jarang penelpon mengancam akan mengembalikan paket jika tidak segera dibayar dan diambil. Penerima paket terkadang juga diancam akan dituntut karena melecehkan ‘Diplomatic Courier.’

Pihak Bea Cukai menegaskan bahwa jika masyarakat menghadapi situasi tersebut, segera sadari sebelum terlambat bahwa Anda kemungkinan sedang menghadapi penipu.

Kenali Ciri-ciri Penipuan Pengiriman Barang

Penipuan pengiriman barang dari luar negeri sebetulnya dapat segera dikenali, antara lain:

  • Penerima barang mendapat pemberitahuan tentang kiriman barang melalui email SPAM, facebook atau media sosial lain, dari orang/pihak yang tidak dikenal, atau baru saja dikenal di dunia online,
  • Pemberitahuan tersebut berupa surat atau bukti pengiriman dengan format yang sangat meyakinkan (lihat gambar di bawah), terkadang juga menggunakan nama-nama institusi, terkenal. Perusahaan yang tertera di bukti tersebut biasanya tidak terdaftar di Indonesia.
  • Pengirim dan penerima barang (kebanyakan berlainan jenis kelaminnya) biasanya berkenalan dari internet (baca juga: Penipuan Kencan Online).
  • Penerima barang diminta mengirim ongkos kirim atau pajak/bea masuk ke rekening pribadi, biasanya atas nama wanita.
  • Penerima barang diberi jangka waktu yang singkat untuk mentransfer uang, dengan berbagai alasan atau ancaman,
  • Jika uang sudah ditransfer ternyata barang kiriman tidak pernah diantar ke penerima barang (karena memang tidak ada) atau penerima barang diberitahukan melalui telepon agar mentransfer uang lagi karena masih ada biaya yang harus dibayar supaya barang bisa diantar.
  • Apabila penerima barang tidak bisa atau tidak mau melakukan transfer uang dan menginginkan menyerahkan uang tunai secara langsung, biasanya “mereka” menjanjikan untuk bertemu di Bandara Soekarno-Hatta dan setelah penerima barang datang ke Bandara Soekarno-Hatta “mereka” membatalkan pertemuan dengan berbagai macam alasan (atau memindahkan tempat pertemuan dan pada akhirnya akan dibatalkan juga) dan meminta penerima barang untuk mentransfer saja dengan memberikan jangka waktu yang singkat.
Bea cukai

Para penipu menggunakan dokumen yang terlihat meyakinkan, tetapi perusahaan-perusahaan tersebut tidak terdaftar di Indonesia.

Mengecek Kiriman Dari Luar Negeri

Pengiriman barang dari luar negeri kebanyakan menggunakan perusahaan ekspedisi (perusahaan jasa titipan/PJT) misalnya Fedex, DHL, atau melalui kantor pos.  Pengiriman model ini, biasanya diantar langsung ke alamat penerima barang (door to door service), kecuali apabila barang kiriman tersebut:

  • beratnya lebih dari 100 kg;
  • terkena peraturan larangan dan/atau pembatasan dari instansi terkait; atau
  • dikenakan pungutan bea masuk dan pajak dalam rangka impor (ada rincian bea masuk, PPN, PPh Pasal 22 impor, dsb.)

Dalam hal Anda mendapat informasi karena barang Anda masih bermasalah karena salah satu atau ketiga poin di atas, jangan segera membayar apapun sebelum Anda mengecek kebenarannya. Untuk mengetahui kebenaran kiriman tersebut, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • jika barang dikirim melalui pos, silahkan hubungi Kantor Pos tersebut, atau mengecek nomor bukti pengiriman paket Anda langsung secara online melalui http://posindonesia.co.id. Lebih lanjut, Anda dapat menanyakan: tanyakan nomor, tanggal, nama pengirim dan penerima kiriman pos dan cobalah dikonfirmasi ke Kantor Pos Tukar Udara di bandara kedatangan;
  • jika barang dikirim melalui PJT, silahkan hubungi nomor telepon PJT tersebut. Ada baiknya Anda tidak menghubungi langsung nomor yang ada di dokumen, tetapi carilah nama perusahaan tersebut secara online (google) lalu hubungi nomor resmi yang dicantumkan secara online. Pastikan juga PJT tersebut telah memiliki izin operasi dari Ditjen Pos dan Telekomunikasi. Jika Anda ingin menanyakan ke kantor Bea Cukai, pastikan Anda juga mengetahui nomor dan tanggal Air Waybill, nama pengirim dan penerima, nama pesawat dan nomor penerbangannya, agar dapat dilakukan pengecekan dengan cepat.
  • Hubungi Kantor Bea Cukai terdekat. Anda bisa mendapatkan daftar alamat kantor Bea Cukai di daerah Anda dengan mengecek di http://beacukai.go.id.

Ingin mengecek kiriman barang secara online? Silahkan baca artikel ini: Begini Caranya Mengecek Kiriman Barang dari Luar Negeri.

Sekali lagi ditekankan untuk segera menyadari Anda ditipu, jika seseorang meminta Anda membayar ke rekening perorangan. Untuk pembayaran bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PDRI) selalu menggunakan Surat Setoran Pabean, Cukai dan Pajak (SSPCP) yang dibayarkan langsung ke bank pemerintah (bukan bank swasta) atas nama Bendaharawan Kantor Bea dan Cukai.

Jika Anda terlanjur telah tertipu dan mengirimkan uang, segera hubungi pihak berwajib agar dapat melacak keberadaan pelaku secepatnya.

Iklan

Comments

  1. herianto gultom says:

    Tadi pagi berkisar jam 10:15 ada yg nlpn saya katanya paketnya udah nyampai di bandara sukarno Hatta dari afghanistan, yg nelpon seorang wanita pegawai bandara, saya lupa namanya, nomornya masih ada tlg di cari tau apakah ini benar atau cuman modus penipuan. Ini nomornya 087881231145 paket di kiri ke a/n Hermato heru sinaga itu nama teman saya . Dalam 1bln ini memang ada wanita kewarga negaraan america sebagai tentara yg bertugas di afghanistan yg sering online dgn saya, bisa dibilang hubugan kami di dunia maya ini pacaran. Katanya jika barang tersebut tidak di ambil hari ini maka akan dianggap barang ilegal. Jdi tidak akan bisa diambil lagi.

    • Itu penipuan. Paket tersebut tidak pernah ada. Orang2 yang menelpon Anda termasuk “si bule” itu, semuanya komplotan. Profil facebooknya kemungkinan palsu dan menggunakan foto orang lain. Aslinya sih biasanya orang Nigeria… Sudah banyak korban, hati2..

  2. saya juga barusan memberikan nama,alamat dan nomor telpon kepada penipu tersebut,langkah apa yang harus saya lakukan ?? apakah data tersebut bisa membahayakan kartu kredit saya ??

  3. Saya terima kiriman dr london dr tgl 06/09/2015 sampai skarang belum nyampai ke saya. Dengan no Air Way Bill AEAC0155408. Kira2 penipuan apa bukan yaa??

  4. Barusan td jm 10.55 saya di tlf pakai nomer malaysia,dia bilang saya dpt kiriman paket dan hrs transfer 800$ supaya paketnya cepat di antar,tp saya tsk mau krn sebelumya saya sudah baca2 pngalaman org2 di blog ini,pdhal sy memang ada kenalan org america itu yg katanya mau krm hadia,ternyata dia jg nyuruh saya agar mau transfer,tp sy gk mau trus dia blokir nimer saya,untung saya gk kena tipu macam ni.

  5. Ernawati dan erianto gultom says:

    Kalau ada telpon dan mengatasnamakam kiriman dr london jgn sekali2 dipercaya, apakah selama ini anda kenala secara langsung dg mereka, setidaknya tau identitas dg jelas dan akurat, kalau hanya di dunia maya please pertimbangkan dg matang resiko yg bakal terjadi, saya adalah korban yg sdh kena uang saya sekitar total 580juta sampai saat ini saya belom lapor,

    • Postingan yg bermanfaat.terima kasih

    • 4th yg lalu sy jg mengalami penipuan dg modus deposit dr luar negeri.negaranya sy lupa tp mrka mengirim melalui email suami.msh ingat namax juwita WNI yg nikah dg WNA menetap dLN dn suamix sdh meninggal.supaya bs cair uangx hrs ad penjamin.modusx sgt rapi &akhirx dsuruh transfer utk biaya pengiriman dutax.kena 21jt lebih pdhl saat tu sy hamil tua.sy tdk melapor.

    • ERNY SULISTIAWATI says:

      saya juga pernah tertipu dengan modus seperti itu…..karena sy tidak mengecek dulu cara pengiriman paket….tetapi sudah terjadi tinggal saya membayar hutang saja…..untuk teman2 yg lain jgn mudah percaya dengan org lain yg baru anda kenal apalagi cuma mengenalnya di dunia maya……waspadalah teman2 supaya tdk banyak lagi korban seperti sy

  6. euis rahayu says:

    pd tgl 25 sept 2015…tman saya di canada mengirimkan paket diplomatik diamond courier group.nomor paket”a DNZ740BN 991705…beberapa hari kemudian saya di telpon seorang wanita yg mengaku bernama ibu DITA dr bagian custum jasa paket bandara ngurah rai…dia meminta uang 10 juta…ini no tlp BU DITA 085778004410…saya tidak tau ini penipuan atau tidak saya langsung transfer keesokan hari”a melalui rekening Bank BNI atas nama WICAsono…tolonk di cek…makasih

  7. Untuk ibu Euis Rahayu, apakah teman ibu yg di canada itu teman nyata atau teman dunia maya ? Kalau teman dunia maya, sdh jelas ibu sdh tertipu. Sy punya pengalaman, bbrp kali. Mereka adalah komplotan. Dan jangan heran kalau mereka ternyata berkomplot juga dg orang indonesia. semoga tidak ada lagi korban…..

  8. Min .. saya dapet email dari MERCHANT SECURITY EXPRESS. Kalo paket akan tiba di Indonesia 2 hari lagi dari skotlad. Dan di Emailnya ditulis klo ada pembayaran sebelum paket samapai rumah. Itu gimana ya min?

    • Masalahnya, kalau paket tersebut dari orang yg Anda kenal hanya melalui online, kebanyakan adalah tipuan.
      Apalagi kalau belum apa2 sudah minta bayar ini itu..
      Dalam topik barang kiriman, apapun alasannya, jangan pernah kirim uang ke rekening atas nama perorangan.
      Itu pasti penipuan.

  9. Makasih buat blognya yg bermanfaat, mau nanya donk, kita kita kan da tau kalo misalnya paketnya dimintain transfer ini itu tu boongan.. terus bagaimana kalo sampai ada paket yang diterima tapi isinya barang yg berbahaya contohnya narkoba? Seperti yang sudah banyak saya baca di internet. Bagaimana cara mengantisipasinya? Thanks sebelumnya.

  10. saya sudah melakukan tips poin 2 dan 3 untuk point 1 menyusul , Aerona

  11. Saya dpt teman di FB namanya James Christopher Fredric salah satu cetingannya begini :JUM 09:14

    Madu saya khawatir ketika Anda tidak bisa menjawab FB Anda, Anda adalah harapan masa depan saya dan saya percaya Anda sebagai hidup saya, ini adalah apa yang saya ingin Anda lakukan untuk saya sekarang sangat penting. Sebenarnya saya memiliki sekitar Lima Ratus Ribu Dolar AS (USD $ 500,000,00) secara tunai dengan perusahaan keamanan di Afghanistan dan barang-barang penting lainnya, seperti
    No 1) A set perhiasan berlian.
    No.2): 1 iPad Apple dan, 2 iPhone Apple dengan Apple pertama Laptop
    No.3): 2 set perhiasan emas dan emas putih.
    Uang ini saya mendapatkannya sebagai hadiah saya dalam pelayanan oleh pemerintah Afghanistan untuk mendukung saya untuk pekerjaan saya baik di tanah mereka.

    Sekarang sayangku. Saya ingin memindahkan uang ini kepada Anda segera, sebelum meninggalkan untuk tugas misi mematikan ini di bagian utara Afghanistan, dalam kasus jika sesuatu terjadi padaku sekarang Anda sangat dekat dengan saya.
    Saya ingin memindahkan uang ini dengan kekebalan diplomatik jasa pengiriman kurir untuk Anda di negara Anda segera, sehingga Anda dapat menyimpan dan menyimpan uang untuk saya sampai, saya datang untuk bertemu Anda di negara Anda, setelah saya kembali dari misi mematikan ini dalam 1 waktu bulan.

    Karena saya masih bekerja untuk pemerintah saya tidak bisa menyimpan uang tersebut dan tidak dapat mengirimkannya ke negara saya untuk saat ini, aku hanya ingin kau menerimanya sebagai teman saya terbaik dan keluarga terdekat. di negara Anda dan jika saya gagal untuk memindahkan uang ini sebelum saya meninggalkan negara ini. Saya akan kehilangan itu. Silakan berpikir tentang hal ini dan membalas segera,

    Dia begitu gencar mengirim saya pesan dan meninta alamat saya untuk mengirim barang2nya …… berikut pesan tsb ……

    Bagaimana kabarmu hari ini, Semoga Tuhan memberkati Anda untuk perawatan Anda, Seperti yang Anda tahu saya tidak punya keluarga lain kecuali Anda dan Lena putri saya, saya percaya Anda begitu banyak karena Anda memiliki hati yang baik dari seorang ibu, saya akan bepergian ke tugas misi ini segera, dalam kasus jika sesuatu terjadi pada saya, Silahkan inilah informasi saya, saya akan seperti Anda untuk menjaga Lena, dan merawatnya sebagai putri Anda sendiri, ketika Anda menerima uang ini.

    1) Nama saya: James Christopher Fredric
    2) My Home Town Glendale-California-Alamat No-21 Rosemary Ave California. kode jalan. 09.453
    3) saya Nomor ID CARD. E38L58837997
    4) alamat kedua; Kamar ada 65 ,, Kashmir Rumah Rajaji MargAnsari Square, Shahr-e-Naw, Kabul, Afghanistan?
    3) Telepon No .. 19167427410.

    Seperti yang Anda tahu karena masalah krisis di Afghanistan, saya tidak bisa bergerak jumlah besar seperti uang dengan bank atau western union? Saya ingin pindah uang ini kepada Anda oleh Kurir diplomatik perusahaan jasa pengiriman kekebalan, sehingga Anda dapat menerimanya sebagai bagasi, di mana tak seorang pun akan tahu tentang pengiriman ke Anda. Di lain untuk memindahkan uang semua yang perlu Anda lakukan sekarang adalah untuk mengirim saya (1) NAMA LENGKAP ANDA (2) ALAMAT LENGKAP ANDA (3) PRIVATE NOMOR TELEPON ANDA, (4) EMAIL ALAMAT, (5) Anda NOMOR ID CARD. . Jadi saya bisa memulai semua pengaturan pengiriman dan ketika yang selesai saya akan memperbarui Anda tanggal dan waktu keberangkatan diplomat. Dan segala sesuatu yang perlu Anda ketahui. Membalas

    Tapi pesan tsb saya diamkan saja ….. semoga bermanfaat …..

    • Sikap Anda sudah benar. Pesan tersebut di atas asli bertujuan menipu. Kelihatan sekali pengirimnya tidak bisa berbahasa Indonesia. Namun ia menterjemahkan pesannya menggunakan Google translate atau semacamnya, sehingga kalimatnya terasa kaku.
      Tidak usah ditanggapi kecuali kalau Anda ingin terjebak dalam masalah…

  12. Halo teman saya yang indah,

    Semoga Allah Mahakuasa terus memberkati Anda dan keluarga Anda untuk respon yang sangat baik dan cepat Anda ke email saya, menunjukkan kesediaan Anda untuk membantu saya mentransfer dana ini untuk tujuan investasi di negara Anda. Am juga terkesan oleh orang dan saya merasa saya telah menemukan orang yang tepat, tapi waktu yang akan memberitahu. Seperti yang Anda tahu, keberhasilan transaksi ini akan tergantung pada saling kepercayaan total kami. Saya ingin semuanya menjadi jelas bagi Anda sekarang, tetapi Anda harus membaca dengan seksama.

    Karena kebijakan PBB di Irak, ada rencana untuk memindahkan beberapa pasukan dari Irak jadi saya akan berada di antara orang-orang yang akan pindah. Saya tidak bisa mengambil uang ini ke Amerika Serikat karena sejak mereka tahu saya sebagai personil militer, mereka akan ingin tahu bagaimana saya datang tentang hal itu. Karena ini, saya telah membuat pengaturan untuk Palang Merah diplomat agen untuk memindahkan dana ini. Pertanyaannya adalah siapa yang akan bertanggung jawab atas uang di ketidakhadiran saya? Ini adalah persis mengapa saya perlu bantuan Anda. Saya ingin menjamin Anda bahwa Anda tidak akan berdiri risiko dalam hal ini karena saya telah memetakan strategi untuk memiliki kotak ini pindah dari sini dengan aman Melalui sarana Diplomatik dan Anda harus menjaga semuanya rahasia sampai Anda menerima kotak dan tidak mengungkapkannya kepada orang lain untuk alasan keamanan. Saya telah membuat semua pengaturan tentang bagaimana melaksanakan transaksi dan saya akan berada di negara Anda dalam waktu dua minggu. Pastikan bahwa Anda menjaga semuanya rahasia sampai Anda menerima kotak konsinyasi.

    Rencananya: Kotak akan meninggalkan di papan jet Palang Merah dari Baghdad Rabu, tiba Bandara Internasional Jarkata, Indonesia pada hari Kamis, 12 November dari 2015. Setelah kedatangan, Anda harus menghubungi diplomat bagi Anda untuk mencapai kesepakatan dengan dia tentang bagaimana dan di mana kotak akan dikirimkan kepada Anda di negara Anda. Saya harus memberinya nama lengkap Anda, alamat pengiriman dan nomor telepon Anda baginya untuk membuat logistik yang diperlukan terlibat. Saya sayang diplomat akan menghubungi Anda untuk informasi lebih lanjut dan diplomat akan di Bandara Internasional dengan kotak konsinyasi dan diplomat adalah orang Sudan dan mencoba untuk menanggapi dia sebagai segera setelah dia menghubungi Anda karena saya memiliki maju semua informasi Anda untuk diplomat.

    Contact diplomat adalah sebagai berikut
    Nama: Chris Williams

    Catatan: Itu harus jelas bagi Anda bahwa diplomat itu tidak menyadari isi kotak karena saya hanya akan mengatakan kepadanya bahwa itu berisi barang-barang pribadi Anda. Maka Anda harus mengambil kendali dan mencapai kesepakatan dengan dia sebagai salam untuk pengiriman kotak untuk you.You akan membantu diplomat untuk mengamankan tag kuning diplomatik di Bandara sebelum ia pindah ke negara Anda untuk menyampaikan kiriman ke kamu. Karena saya diperintahkan untuk tidak membuka kiriman. Tag kuning diperlukan untuk menghindari kebiasaan dan agen keamanan lainnya di bandara tidak mencari kiriman, hal ini sesuai dengan United Nation diplomatik tindakan pengiriman. Jangan takut pada apapun OK, saya berjanji saya akan mengejutkan Anda segera setelah saya datang ke negara Anda.

    Anda harus harus menyadari bahwa Anda akan membantu diplomat untuk mendapatkan tag kuning diplomatik ada di Bandara sebelum ia pindah ke tujuan Anda, diplomat tidak akan memiliki keraguan bahwa kotak milik Anda karena saya diperintahkan tanpa waktu kotak akan terbuka atau diplomat search.The akan memanfaatkan kekebalan diplomatik untuk memastikan bahwa kotak tersebut disampaikan kepada Anda sebagai paket diplomatik yang harus bebas dari segala bentuk cek di bandara.

    Kotak: Kotak berisi uang dan itu akan dilindungi dengan kode pin yang saya akan membuat tersedia untuk hanya Anda saja. Anda tidak akan dalam hal apapun mengungkapkan isi kotak diplomat untuk alasan keamanan. Saya mengatakan kepadanya bahwa adalah belonging.That pribadi Anda mengapa tag kuning diplomatik butuhkan dari dia di bandara. Segera setelah Anda menerima kotak dan kode pin, Anda harus memiliki diingat bahwa persentase Anda akan menjadi 50% dari total jumlah sementara Anda harus memastikan bahwa persentase saya sendiri dari 50% utuh. Begitu saya datang ke negara Anda dan Anda dapat membantu saya untuk berinvestasi dalam usaha yang menguntungkan baik di negara Anda. Saya akan menghubungi Anda lagi segera setelah kiriman tiba di Bandara Internasional dan pastikan Anda mengikuti instruksi dari diplomat menghindari masalah di bandara dengan uang.

    Salam hormat,
    Sgt. Rahmat W. Francis.

    apakah ini juga modus penipuan? tadi pagi saya di telefon seorang pria asing yang ngaku agen diplomat dan menyuruh saya mentransfer uang 7,5 juta dan saya bilang gak ada uang,dan dia menyuruh saya mencari pinjaman dan saya bilang tidak begitu nanggapain saya bilang lagi sibuk,dan berapa saat di telefon lagi dan tidak saya angkat dan hp saya matikan,sorenya hp saya buka dia sms bilang ” HELLO” dan tidak saya bales dan hp saya matikan lagi sampai sekarang,untungnya saya browsing ketemu artikel ini dan say lihat coment modusnya mirip” semua dengan yang di imel kan ke saya,saya terlanjur memberikan data identias saya,apakah membahayakan bagi saya? terima kasih.mohon bantuanya.

    • Tentu saja itu penipuan. Gunakan akal sehat dan jangan mudah tergoda karena tipuan semacam ini sudah banyak makan korban.

      • Hahaha intinya maah mana ada orang mau percayakan uangnya dalam jumlah besar bahkan ke orang yg sudah di kenalnya. Entah itu bisnis atau modus warisan dll… Hati hati aja… Harusnya di jaman yg sulit percaya sama org bgni kalian kudu engeh. Penipu bukan cuma dari sindikat… Di kantor/ tempat kerja kalian aja bisa nemuin modus yg sama… Iming iming akhirnya tar sok tar sok 😅,alhasil jatah / gaji kalian gk keluar wkwkwkwk

      • Milindasutra Milinda says:

        Saya dengar sudah tertangkap orang orang penipu itu?apakah uang kami bisa di kembalikan?

  13. Terima kasih atas semua yang telah disampaikan melalui media ini,saya sekarang ini sedang menghadapi kiriman ( palsu ) seperti yang bapak /ibu/ Sdr /sdri.tuliskan diatas,

  14. Pada pertengahan bulan ini mungkin saya yg kena tipu ,berawal berkenalan di fb,mengaku kirim paket, Dan ada yg Nelpon dari pihak bea cukai minta transfer uang sebesar 20 jt tpi karena sy lg di saudi sbg tki maka Sy kirim lewat westrn union dan pake uang real saudi sebesar 6000 sar21.360000 ke alamat Ratna Dewi ktanya bagian keuangan di kantor bea cukai bandara sukarno hatta. Jln mendawai 1.no.10 rt 007 rw 007, kelurahan keramat pela kecamatan kebayoran baru jakarta selatan. Setelah berhasil mereka minta saya kirim uang lagi 50 jt.dan dari situ sy mulai curiga .saya berharap pihak pabean bandara sukarno hatta meneruskan ke pihak yg berwajib menyelidiki alamat trsbut,Dan nope 085813499189, atas nama yulianti dewi yg ngaku dri bea cukai.memang sangat di sayang kan saya telat membuka blog ini dan terlanjur kena tipu. Trim’s

  15. selamat siang sy baru sj di hubngi aleh pihak yang mengatasnamakan dirinya dr agen global security express service yg mengimpormasikan bahwa paket kiriman sy dr new york telah tiba dan agen tersebut meminta sy menstransfer sejumlah uang ke rekening pribadi Bank BJB syariah a/n Liana, saat dihubngi sy meminta nomor customer service kantor yg bs sy hubngi namun si agen menyatakan tdk punya, jk mau m’hubngi langsng ke no tlpon pribadi agen, sy minta sistem pembayaran COD tp yg bersangkutan jg mengatan itu tdk bs di lakukan karna kantor mereka di jakarta, sy sdh dpt air bill dr si pengirim paket tapi sy msh bingung apakah benar atau Apakah ini termasuk penipuan jg. Adakah no kontak kantor bea cukai yg bs sy hubngi.

  16. adi purnomo says:

    Saya mau lapor saya juga dapat kiriman yang katanya dalam bntuk box dari london.ktanya bsok smpai di bandara soekarno hatta.dia mminta transfer 13.750.000.saya harus melapor kemana ya pak/bu???
    Mereka kirim lewat ocean wave delivery no tracking 01234332.
    Terima kasih
    Adi purnomo
    082213770033

    • Kenapa harus lapor pak? Apakah Anda sudah mentransfer? Kalau Anda tidak mengirim duit, kan belum ada kerugian… Jadi ngapain repot. Yang jelas, paket tersebut tidak ada, hanya akal-akalan mereka untuk memeras.

  17. Apakah kasusnya selama ini selalu meminta transfer uang? Saya memiliki teman FB yg sebenarnya cukup lama berkenalan. Sejak September 2015 lalu. Dan tadi malam teman saya itu mengirimkan pesan yg kurang lebih mirip dg yg teman² share
    “Hi dear, i miss you so much, i want you to do me a little favor, i did diamond and gold business with local Afghanistan people here and we make big money for the business but i don’t know where i will keep my money because I went to some Afghanistan bank to transfer my money to my bank account in America but Afghanistan Authority and banks did not allow me to transfer my money to America because i don’t have bank account here in Afghanistan because American government did not allow all soldier to open bank account in Afghanistan, and Afghanistan law said only companies or people that have registered business in Afghanistan can transfer money out of Afghanistan through bank.

    And if i did not send my money out now my authority will seize all my money when i will go back to America because my Authority will search all my bags and if they see my money they will seize all, so i don’t want to lose my money that is why i make a plan to send all my money to you through security company so that you will safe my money for me until i visit you in Indonesia on April because i will go back to America on April and will visit you in Indonesia ending of April.

    So i have already made arrangement with Afghanistan security company to help me deliver my money to you in Indonesia, the Afghanistan security company will send a man who will carry my money in safe box from Afghanistan to Indonesia and deliver to you in your house, the company said all the need now is your full name and house address also your phone number, so please send me your full name, house address and phone number…”

    Sampai sejauh ini saya belum memberikan alamat saya, meski dia punya no HP saya untuk Whatsapp.

    Mohon pencerahannya. Terimakasih

  18. om saya dapet email dari london seorang ibu dri aceh tinggal dilondon…sebatang kara..yg mau memberikan hartanya untuk kegiatan sosial kemudian minta tolong sama saya untuk menjalani kegiatan tersebut..saya sudah kasih identitas, dan si ibu sudah kirim paket berisi uang….apakah itu juga penipuan???

    • Waspada. Modus ini banyak dipakai untuk penipuan. Jangan pernah mengirim uang atau membayar, apapun janji manisnya…

    • Pasti Ibu Tri Muharyat kan? Saya tertipu namun belum terjerat menjadi korban. Nama Tri Muharyat D/A. Eamont close Le2 no.42 Leicester united, No telp. +447980660333 Suami nya Kena Stroke akhirnya Meninggal dunia tggl 16 agustus 2015. Trus paket dikirim via Agen International LLOYC Courier. Hahaha Hampir saja merugikan saya. Terima Kasih HowMoneyIndo.com

  19. Saya benar2 tertipu saya berhubungan seseorang bule dan di iming imingkan mengirim perhiasan dan ipon 5 dan laptop serta berupa uang dollar yg begitu banyak,tapi saya bersyukur teman saya menyadarkan ku,setelah itu saya ke bank terdekat saya juga di sadarkan oleh cs x bank .dan disitu saya percaya 100 persan penipu. Dan kalo ini penipuan sampai dia menggunakan nomor luar negeri sampai dia menghubungi saya,tapi seorang wanita meminta Biaya 15.225.000,sampai dia mengir packing barangx seola benar.ini nmr luarnegri yg si bule pakai 447840361983 dan ini sala satu chat saya dgn dia =Madu item akan mengambil 4 atau 5 hari untuk tiba di negara Anda. saya di bandara sekarang, saya akan menelepon Anda setelah saya tiba di Amerika Serikat. Sayang saya benar-benar benar-benar merindukanmu dan saya harus memberitahu Anda bahwa aku mencintaimu dengan sepenuh hati. Saya telah mengirim Anda item dengan (STAR LOGISTICS DAN KEAMANAN TERBATAS), mereka akan menghubungi Anda setelah mereka tiba di negara Anda. Aku membeli Anda saya telepon baru 5, laptop dell, parfum desainer dan satu set emas. Madu saya punya amplop coklat berisi dokumen saya pribadi dan £ 50.000 dalam, maka £ 5000, untuk Anda, hanya untuk pemeliharaan dan untuk membuat Anda bahagia sampai kita bertemu segera. dan menjaga £ 45.000 yang tersisa bagi saya di akun Anda sampai aku datang ke negara Anda, saya akan menggunakannya untuk investasi saya katakan ketika saya tiba di negara Anda setelah kerja saya. Madu-hal yang tidak cukup bagi saya untuk menawarkan apresiasi cinta Anda kepada saya, tapi saya hanya ingin membiarkan Anda tahu bahwa Anda selalu di hati saya. Madu saya harus membayar untuk biaya internasional menyebabkan Anda mungkin akan diminta untuk membayar biaya lokal sebelum pengiriman paket untuk Anda. Selalu merawat sangat baik dari diri sendiri untuk saya dan jangan lupa bahwa saya peduli tentang Anda, saya akan menghabiskan tiga minggu dengan beberapa hari sebelum datang untuk bertemu dengan Anda di negara Anda, sangat mencintaimu Sayang. Berikut adalah gambaran dari apa yang saya kirim ke Anda, pastikan semua item yang lengkap ketika mereka dikirimkan kepada Anda dan menulis kepada saya setelah Anda menerima kiriman, Jaga selalu dan Tuhan memberkati Anda. pelukan hangat dan ciuman.

  20. Sekarang ini saya sedang berhadapan dengan stuasi seperti ini. dan dalam 2 s/d 3 hari kedepan barang akan sampai. Dan si bule berkata, bahwa kemungkinan akan ada biaya Cas lokal atas paket tersebut dan bisa saja tidak ada. Dan itu tergantung kebijakan peraturan pemerintah di Indonesia ini . mereka memang terlalu pintar memakai kata kata “SAYANG” destinasi pengiriman barang mulai dari UK – DUBAI – MALAYSIA – INDONESIA. dan dia mengatakan mengirimkan Perhiasan, Jam tangan, Ipad, dan Uang.
    ketika aku menyarankan uang di kirim melalui Bank, dy berkat “tidak perlu, karna di dalam box jg itu Aman” saat itu saya curiga. ini adalah penipuan.
    sibule mengirimkan barang melalui UKExpress Delivery. tgl pengiriman barang 05/02/2016
    nomor WAY BILL : 1Z 819 133 D8 2950 2400.
    bagaimana saya mengecek kebenaran barang tersebut ada ato tidak ???
    thanks HMI

    • Tidak usah dicek bu. Kalau paketnya benar, Anda akan menerimanya di rumah. Tapi bila ada yang menelpon minta bayaran, dan ditransfer ke rekening pribadi, itu pasti penipuan. Cerita tentang paket hanyalah modus penipuan.

  21. kebanyakan yg jadi korban ko ibu2 yah..

  22. justina.w.m.saruning says:

    saya berkenalan dengan seorang bule dari amerika Serikat di FB katanya dia seorang tentara yang bertugas di Afganistan, pada beberapa hari kemarin dia inbox saya katax dia mengirim paket yang menjanjikan lewat kurir diplomatik, dan barangnya sudah tiba pada hari minggu kemarin. tadi pagi saya di telp oleh seorang wanita yang bernama martha inggriani yang mengaku bahwa dia adalah petugas BEA CUKAI yang bertugas di bandara soekarno hatta, dia mengatakan bahwa paket yang dikirim kepada saya sudah ada di bandara dan saya harus membayar izin keluar bandara sebesar 9 juta, baru paketnya bisa di kirim lanjut ke alamat saya. saya mohon bantuannya apakah ini benar atau kira2 langkah apa yang harus saya ambil?.

  23. Baru saja saya terima inbox FB seperti ini atas nama REGINA ANNA EDENHART mengaku dari syria apakah oleh nama tsb teman2 pernah di inbox via FB ??

    Ok, Biarkan saya memberitahu Anda segala sesuatu sekarang. Silakan mempertimbangkan apa yang saya ingin memberitahu Anda sekarang sebagai sangat rahasia.
    Saat ini saya memiliki sekitar $ 10 Juta Dolar dalam lemari besi keamanan, dan uang itu dari rekening aktif yang telah berlangsung di bank di sini selama lebih dari 25 tahun. Mantan pemilik uang meninggal dan tidak meninggalkan di belakang nama siapa pun ‘AKAN’. Semua upaya untuk mendapatkan kerabat terbukti gagal.
    Saya ingin memindahkan uang itu ke negara Anda dengan diplomatik kekebalan Courier sehingga Anda dapat menyimpan uang untuk saya sampai saya datang ke negara Anda untuk bertemu dengan Anda.
    Aku tidak punya banyak waktu untuk tinggal di sini karena Perang Saudara ini.
    dua anak kecil dan jika sesuatu terjadi pada saya di sini saya akan kehilangan uang ini dan tak seorang pun akan mengurus anak-anak saya. Jadi saya telah mengambil keputusan besar untuk mengirim uang ini kepada Anda. Jadi jika sesuatu yang buruk terjadi dalam hidup saya, saya tidak akan menyalahkan diriku sendiri karena anak-anak saya akan aman dengan Anda. Saya telah bekerja untuk pemerintah saya selama 25 tahun, tapi aku punya apa-apa untuk menunjukkan untuk itu, saya tidak bisa menyimpan uang ini di sini. Jadi saya hanya ingin Anda untuk bertindak sebagai keluarga saya menerimanya di negara Anda dan jika saya gagal untuk memindahkan uang ini sebelum saya meninggalkan negara saya, saya akan kehilangan uang ini dan itu akan hangus dalam lemari besi dan akan menjadi milik pemerintah buruk.
    Ketika Anda menerima uang, Anda akan mengambil 30% untuk penggunaan pribadi Anda dan menjaga tersisa bagi saya sampai saya datang untuk melihat Anda dan kemudian Anda dapat deposit ke rekening bank atau menyewa safety box di bank dan menyimpannya.
    Saya meyakinkan Anda bahwa transaksi ini bebas risiko dan saya jamin 100% sebagai sangat aman.
    Seperti yang Anda ketahui karena perang di sini di Suriah, adalah mustahil untuk mentransfer uang melalui transfer bank, sangat sulit karena kebijakan dan peraturan perbankan yang ketat. Bank sangat ketat sekarang, jadi aku hanya akan mengirim uang kepada Anda oleh kekebalan diplomatik sebagai paket kurir sehingga Anda akan menerimanya di negara Anda.
    Untuk memindahkan uang ini kepada Anda, semua yang perlu Anda lakukan sekarang adalah untuk mengirim saya nama lengkap dan alamat dan nomor telepon sehingga saya dapat menyelesaikan pengaturan di sini dan mengirim uang ini kepada Anda di negara Anda. Ini adalah hidup saya dan karir saya bisa berakhir indah jadi sekali lagi Anda harus menjaga rahasia ini dan tak seorang pun harus tahu tentang hal itu, hanya saya dan Anda.
    Saya menunggu jawaban Anda dan informasi lengkap Anda.
    Saya menunggu jawaban Anda segera.

  24. Besok saya di infokan dapat hadiah dari orang yg biasa teman chet di fb..katanya jangan bilang siapa2 klo di paket nya itu ad uang nya??jangan2 itu sama modus penipuan juga.

  25. baca komen gemes sendiri.entah masyarakat kita terlalu mudah ditipu atau terlalu napsu dapet iming2an hadiah dari penipu.Intinya begini ajadeh simple.

    KALAU SAMPEAN DIMINTA UANG.ITU HARUS KE REKENING NEGARA.BIASANYA FORMNYA BERBENTUK SETORAN TUNAI DAN FORM TERSEBUT HANYA BISA DIAMBIL DI KANTOR BEA CUKAI DAN SAMPEAN PASTI DITELFON SM ORANG BEA CUKAI LANGSUNG UNTUK DATANG KE KANTOR APABILA PAKET SAMPEAN BERMASALAH DAN PERLU ADA YG DIBAYAR. KALAU MEMANG BAYAR PAJAK.PAJAK TERSEBUT AKAN DIBAYARIN DULU OLEH KANTOR POS.DAN SAMPEAN AKAN DIMINTA DATANG KE KANTOR POS BIASANYA BERBENTUK SURAT ATAU TELFON .BUAT BAYAR PAJAK.ITUPUN BLANKO PEMBAYARAN ADA DIKANTOR POS.BUKAN VIA TRANSFER.SELAIN DARI CONTOH KASUS DIATAS 100% PENIPUAN.

  26. Hehehee… Terima kasih Tuhan saya menemukan artikel ini kalau tidak sepertinya saya juga akan kena tipu, modusnya sama seperti yang teman2 alami. Saya ada kenalan dr sosial media yang katanya akan datang ke Indonesia bulan April 2016 ini dan sekarang dia sedang mengirimkan paket hadiah kepada saya, ini daftar isi paket yang dia kirimkan :
    1.Golden wrist-watch.
    2.Apple laptop
    3.Apple iphone 6(Gold ,128GB)
    5.Italian hand bag
    4.Body perfume
    6.Golden nackless
    7.rose flower
    dia juga menyampaikan “I put all the gifts in a parcel and I also put 50,000 pounds in envelope inside the parcel.I registered the parcel with the AIR EXPRESS COURIER DELIVERY SERVICE company so that they will deliver it to you and I paid charges in my country but the agent of the company said that local charges has to be paid by the receiver of the gifts in her country when the parcel arrive in your country. so if there’s charges to be paid in Indonesia ..you please pay so that they will deliver the parcel to you immediately” dan pagi ini ada yang telp saya namanya Yanti dengan nomor telp 085711956869 mengaku dari petugas Cargo bandara dan meminta saya mentransfer uang $600 untuk service charges and insurance dari paket yang akan saya terima. Beruntung saya ketemu artikel ini jadi saya tidak perlu transfer yaa…

    Akan tetapi data nama lengkap, alamat lengkap dan nomor telp saya mereka mengetahuinya apakah itu akan berbahaya bagi saya ?
    semoga tidak disalah gunakan oleh mereka.

    Terima kasih sekali yaa, artikelnya sangat membantu dan mencegah orang dari penipuan.

  27. Saya baru saja kenalan dengan orang inggris di facebook dia meminta alamat serat no telpon katanya mau mengirimkan hadiah untuk saya, akhirnya saya berikan alamat tetapi no telpon saya palsukan…

    karena saya takut itu penipuan, kalau begitu apakah saya masih bisa tertipu untuk membayar biaya bea cukai gt…

  28. Siti Romlah says:

    Saya baru tadi pagi di hubungi sama ibu indah maria nomornya 081288277857, kasih info ada kiriman paket dari Mr. Mezen Al Sharief di UK, dia teman FB saya, saya di minta transfer uang Rp. 6.578.900 untuk Local Chlarance Charge, nanti paket baru di kirim ke alamat saya, tapi saya ga transfer karna saya takut penipuan, lalu nomor itu sms “bagaimana ibu kelanjutan penyelesaian paketnya?”, tapi tidak saya respon.

  29. Ahyar Rusyaidi says:

    Alhamdulillah, Syukran.. saya saat ini sedang dalam Proses menunggu Kiriman Hibah dari seseorang “Dermawan” di Leicester city di Inggris, banyak bujukan dan Pernyataan yg begitu meyakinkan namun saya mulai Curiga saat paket yg hendak dikirim akan diantar Oleh seorang Kurir yg kemudian meminta biaya sebagai Jasa Kurir tersebut. Setelah saya baca artikel ini maka Saya sadar dan sangat yakin bahwa ini adalah Penipuan meskipun saya belum mengeluarkan uang sepeserpun namun sy paham bahwa Modus Penipuan seperti ini memang banyak menggaet Korban. Semoga tidak Adalagi Korban berikutnya. Terima Kasih howmoneyindo.com

  30. Saya baru-baru tertipu dengan atas namakan pengiriman,dari london dia bercerita seorang perempua dari aceh yang tinggal di sana mengirimkan document keluarga tapi ternyata katanya uang,pengiriman dengan menggunakan united nation.couirer,herannya saya tinggal djakarta tapi kenapa dia harus turun di bali,awalnya terus dari perwalian uno bali tersebut minta dkirimkan uang dengan dalil biar barang bisa keluar ilegal,sementara pengirim berkata lepas dari pengawasan,akhirnya saya kirim sebesar,10700000;selang tak berapa lama dia telephon kembali minta di kirimakan uang dengan alasan anti teroris,sebesar 37jt,setelah dibayar petugas bernama sara tersebut menyakinkan bila tidak ada permintaan dana juga pemeriksaan,karena udah pegang surat tersebut.diberi lah jadwal keberangkatan dari bali kejakarta,tapi disini terjadi keanehan yaitu tiket pesawatnya tidak tertanda namanya martin. smit yang berangkat,itu.setelah kita nunggu di bandara soekarno,sedang di situ terdapat jadwal penerbangannya jam 4 sore,dari bali,kita telphon belia berkata baru mau berangkat jam5,(bila djakarta jam 5 maka di bali jam6 ),terjadi keanehan tersebut kita sadar,juga surat salinan document anti terorist tidak saya dapatkan ,sedang saya sudah transfer sebesar biaya tadi,dan dia telphon dengan berkata pengirim ketangkap,loh ko bisa katanya lepas dari semua scan di bandara,dan berita acaranya dalam koper tersebut uang terus pengirim di tahan di bandara bali.

  31. Saya juga hampir tertipu seseorang melalui Facebook online
    Alamat dan identitas saya sudah terlanjur saya bagi
    apa yang harus saya lakukan?
    memang benar ada yang menghubungi saya dia mengaku bernama lili dari bandara international Ngurah Bali
    +62895348866398
    dia meminta saya harus membayar pajak
    Karena melebihi dari yang ditetapkan

  32. alhamdulillah saya masih dilindungi allah saya hampir saja tertipu dengan modus pengiriman uang sebesar $ 5,000.00 ( lima juta USD) dari mr marthinus kambey seorang brigandir jenderal amerika yang ditugaskan keafganistan dia mengirikan paket melalui nama agen Diplomat Mr Brian Makanzie tapi saya gk percaya masa belum kenal sebulan sudah mengirimkan uang sebanyak itu, penipu itu bilang harus membayarkan pajak bandara ( Clearance tax) saya tanya berapa pajak untuk mengeluarkan paket anda tapi tidak dijawab lalu saya coba buka digoegle berapa biaya paket dari afganistan tapi ternyata itu semua penipuan, mks infonya howmoney indonesia

    • Syukurlah Anda tidak sampai tertipu jaringan penjahat. Bantu sebar infonya ke rekan2 atau keluarga supaya tidak terjerat…

      • Ya allah kenapa kejadian sudah menimpa saya saya baru dapat baca artikel ini.kejadian saamya sama persis dengan teman disini padahal hati merasa dibohongin tapi perasaan penasaran ini bikin saya sampai transfer ke orang itu sejumlah sepulu juta.apakah bisa saya minta bca untuk tarik kembali duit yang saya setorkan pada mereka.

  33. Edward Litaay says:

    terima kasih untuk howmoneyindonesia,, saya sangat bersyukur membaca artikel ini, 3 hari kemarin ibu saya berkenal dengan salah satu warga negara amerika yang katanya si dia ingin mentransferkan uang untuk ibu saya $3.200.000, dan ibu saya mendapatkan 20% dari jumlah itu, dia meminta data pribadi ibu saya, dan ibu saya telah memberikan data pribadinya. semalam dia inbox lagi di obrolan mama saya katanya sih dia tidak bisa mengirimkan uang melalui western union, jadi dia kan mengirimkannya melalui AGEN TW AIR COURIER DELIVERY SERVICE. dia juga memberikan no telpnya. nama ibu itu KRISMAWATI SRINURSIYAH. no telpnya : +447548387371. saya takut akan terjadi sesuatu terhadap ibu saya. karna ibu saya telah memberikan data pribadi beserta no telpnya, yang saya mau tanyakan apakah akan terjadi sesuatu untuk ibu saya karna telah memberikan data pribadinya untuk orang tersebut. mohon balasannya saya takut terjadi sesuatu sama ibu saya, thansk all

    • Komplotan ini mungkin akan terus menghubungi ibu Anda karena mereka sudah mengetahui no handphone… Jika Anda merasa terganggu, tidak ada sahahnya menggangi nomor hp. Pengalaman selama ini, mereka hanya berani menghubungi calon korban melalui medsos, email, atau hp. Tidak berani bertemu fisik karena mereka juga takut dijebak dan tertangkap.

  34. Terima kasih sdh dpt informasi yg sangat penting dr artikel ini,,karena belakangan ini saya punya kenalan dr spanyol,seorang wanita namanya tabassum qailah,,dia berjanji mau mengirimkan uang katanya mau investasi d indonesia mendirikan masjid dan sekolah,,dan katanya paketnya akan tiba tgl 25/4/2016 tp yang aneh dia janji bertemu di suatu tempat,,bknnya klo paket kt terima di rumah,,,nahh disitu sy curiga,,alhamdulillah setelah baca artikel ini sy yakin klo tu penipuan,,cuma sayang no hp sm alamat rmh sy mereka sdh tau,,,

  35. Saya td pagi di telpon kata nya pketan sya sdh sampai di Indonesia, di Bali, pengiriman melalui pos, tetapi sya di suruh transfer uang dulu baru pket akan dikirim, no hp yg menelpon saya 082211042979
    Apakah ni penipuan jg? Mohon bantuan penjelasan nya

  36. Terimakasih untuk info hari ini saya di minta transfer uang senilai 3000 usd untuk penerimaan barang kiriman dari bule yg baru saya kenal di london..ktnya dia kirim hadiah tas.sepatu jam tangan and uang 20 000 pound..saya curiga ini modus..dia kirim dr global asia expres.ada track id number..dan saya di tlp wanita dari malaysia..smoga info ini bs membantu teman teman..jangan mudah percaya ama org yg baru dikenal

  37. dextron ethon says:

    Waduuuuhhh….terimakasih sekali atas infonya. Saya juga mendapat pesan di facebook seperti anda. Tapi pengirimnya perempuan yang bernama Gen LILIANA CORDONA TRIJILIO. Hampir saya tertipu tapi untung saya masih sempat cari info di google dan temukan berita ini. Terimakasih banyak.

  38. Ya Allah. Saya bersyukur membaca artikel ini. Ini yang saya rasakan saat ini. berkenalan lewat FB, ngaku kapten tentara amerika yg bertugas di afganistan. Akan mengirimkan uang sebanyak $1.700.000, emas, hp apple, samsung galaxy 3 dan barang berharga lainnya. paket nya akan sampai tgl 10 mei 2016 besok ini. Tapi perasaan saya gak enak, makanya saya baca2 artikel, tapi saya sudah mengirimkan identitas lengkap. Terimakasih HowMoneyIndonesia.

  39. Saya dapat paket parcel isinya ada uang 18.500 pound .
    Tapi td baru nyampai di malaysia dan kurirnya minta kirim uang ke rekening atas nama joshua louis. Ada alamatnya juga di Penang, Malaysia.
    Alasannya saya disuruh trf 750 dolar buat nebus brg karena ada uangnya. Saya juga ada resinya 468005909664 kurir DSL. Emang ada nyampe di malaysia dan katanya kena airport tax. Apa itu benar?

  40. saya juga di add oleh bule dar amrik bekerja di us army di afganistan.sudah hampir 3 minggu via email.dia blg mau bertemu dan menikahi saya.dia duda anak 1.james wright 45 tahun.ganteng sih.dan sweet banget ngomognya.samapai dia blg mau resigdan dari pentagon sudah acc dia kelaur,tapi harus ada ttd saya sebagai istrinya.dia mengirim paket yg isinya USD 15.000.000 dan brg di kirim ke indo smpi kmrn tgl 13 Mei 2016.saya disuruh bayar 12jt dan 48 jt utk ass. dan 60 jt untuk biaya anti korupsi.dengan rek pribadi. Anggi Miranti Panin bank harmoni : 0622026652. dan BRI Kramat Jati Nicko Ramadhan Saputra.
    Transfer yang terakhir tidak saya bayar.saya shock sekali dan stress.
    Jika ada pihak berwajib yang membaca ini mohon di tangkap orang tersebut,Sampai sekarang HP org itu masih aktif. 08577.3485362 dan 085771046153

  41. Saya mau tanya apakah benar kl pengiriman diplomatik di Bali ada? Dan apakah benar krn saya blm membayar sejumlah uang kekurangan maka paket tertahan di bandara. Padahal sy sudah byr bea cukai sebesar 8.500.000 dan 5.000.000 krn dokumen kurang lengkap shg harus diurus oleh diplomatik. Sepertinya sy sdh tertipu. Mohon masukan

  42. Yenli Wijaya says:

    Saya dapat kiriman hadiah dari tmn di USA dan skrg sudah sampai di indonesia.lalu dari pihak kargo telp ke hp sy dari no hp dia .dan sy di haruskan membayar 8.5jt baru sy bs menerima kiriman paketnya.dan dia sms ke sy no rek BRI an.TOBER. namanya bahagian kargo di lantai 2 bandara soekarno hatta.pada saat sy tanya no resi pengiriman dia ga mau ksh tau sy disuruh bayar dl.Apakah ini penipuan?sy minta no telp kantor dia blg ga ada.klo sy ga ambil paketnya hari ini kena charge 150rb per hari..apakah benar?thx

  43. Dzaky ananda says:

    salam Admin info ini sangat bermanfaat harap semua teman share blog ini saya juga dapat pengiriman seperti ini .. belum terlambat

  44. Mirip sama yg saya alami sekitar 2013, katanya bule itu mau kirim diamond, laptop & uang $10.000 dari caniago, besoknya saya di tlp wanita katanya dari pihak bandara malaysia dia bilang paket udah sampe malaysia dan saya disuruh transfer $450 utk bayar pajak kalo ga transfer hari itu jg paket dimusnahkan/dikembalikan ke pengirim, saya bilang saya gada uang trs saya bilang saya akan bayar pas paketnya dtg (padahal mau bayar pake duit yg di paket itu biar saya ga keluar duit trs saya jg minta bule nya transfer ke saya buat bayar pajaknya tp dia ga mau…hahaha ya jelas ga mau wong dia mau nipu masa ditipu jg), akhirnya saya ga ambil paketnya dan bule nya marah2…semua sosmed dia delete…oiya ketinggalan ternyata no.rekening bank yg dia kasih saya cek ke bank bersangkutan ternyata itu bank jakarta *cape deh katanya dari malaysia tp ternyata pake bank sini…bagus deh kalo semua pelaku udah ke tangkap mah

  45. tapi saya cepat buka internet ada tidak nama tuan james christopher fredric ini alamat nya ternayata palsu untung Allah masih mebuka pikiran saya tidak jadi kena tipu ini semoga allah menghukum orang ini yang seberat2 nya sdh byk orng yg ditipu dengan memakai nama orang bule ini sekali penipu tetaplah penipu

  46. Saya punya kawan yang mengaku orang inggris nama nya jefford hill. Sudah seminggu kami sepakat untuk pacaran. Dan dia bilang sudah kirim kan aku uang dalam jumlah besar melalui jasa trans world shipping logistics. Dan dia bilang dalam waktu 2-3 akan sampai di indonesia. Yang saya herankan dia tidak mau kirim uang lewat rekening bank dengan alasan teror isis. Tolong bantu saya, apakah ini jg modus penipuan…?

  47. +447031803985 ini adalah nmr orang yg mengaku bernama jefford hill dari inggris. Tapi nmr itu tidak pernah bisa di hubungi

  48. Ryandhika.sbj says:

    Saya juga punnya teman yg di tlp langsung dari Inggris yg akan menitipkan uang kpd teman saya dalam bentuk cas yg akan dikirim dari Inggris langsung entah ini penipu atau real. Saya akan tunggu berita selanjutnya ya dri temen saya.

  49. Sy terlambat membaca artikel ini..sy tertipu oleh seseorang yg bernama RENO SAPUTRA apakh nama itu benar apa ngga..dia blg krj d sebuah perusahaan asing perakit kapal..di awal ngga ada yg aneh..dia cerita ttg pekerjaanya…d sebuah pulau dket perbatasan philipina..dia cerita kalo smpat boatnya kena badai semua dokumen,handphone hilang…sedangkan dia ngga punya keluarga hanya punya ibu dan anak 1 msh kecil..krn istrinya meninggal gara2 kanker..dia ceritatakan proses pemakaman istrinya yg ngga bisa azanin dr jauh..krn ngga bisa plg..krn msh terikat kontrak krj..waktu dia berangkat ibunya mau pindah krn mau beli rmh baru…jadi lost contact sm ibu dan anaknya..dia kontrak krj 3 thn..skrng udah mau habis kontrak..nah dia blg bingung..krn gajinya akan cair apabila ada penjamin..krn prnh terjadi karyawan langsung terima gaji..mndapat kecelkaan..keluarga dr karyawn itu minta gaji k perusahaan lg..makanya perusahaan harus ada penjamin utk cairkan gajinya…awalnya sy tersentuh juga sm ceritanya(mklum perempuan indo kbykn mudah kasihan ya.)terus.dia minta tlg kepada saya sebagai penjamin..agar bisa plg mncari ibu dan anakknya…sy tanya apa yg bisa sy bantu..dia cmn minta no rek sy..dan ID ktp saya..cmn itu…sy kirimkan..nah..setelah sy kirim melalui bbm..dia minta hub bpk arif kurniawan bagian HRD..kalo sy sebagai penjamin atas nama bpk reno saputra…sy hub k pk arif itu..dia terima..dia menanyakan data sy dan no rek saya…terus dia blg karyawan yg brnama reno saputra adalh benar karyawan PT ASL SPYMARINE.dan akan putus kontrak 2 hari lg…dan gajinya d rinci 800 jt..d potong cashbon sisa 710 jt…nanti akan d bayarkan setelah surat2 penjamin d setujui oleh pimpinan perusahaan…jujur saya tidak tertarik sm jumlah uang dr gajinya yg d blg..
    Akhirnya sy d kasitau kalo surat2 penjaminnya kurang lengkap..jd harus lengkap..dia bisa bantu utk mmbuatkan surat kelengkapanya..sy blg ..di bantu aja…dlm komunikasi sy sm reno..dia sdh serah terima jabatan..dan skrng menunggu info dr kantor pusatnya…nah..di ainilah sy terperangkap..
    Pk HRD itu kalo mmbuat surat itu minta tlg k orang yg bisa..dg biaya 6600 ribu…sy udah ngeh..wduuhh kalo gini udah ngga benerr…..sy d tlpon sm reno gmn infonya..sy info spt apa adanya..si reno truss menelpon sy..memohon di bantu utk d ikutin kt pk arif..dia cmn ingin mencari ibu dan anaknya….akal sehat sy udah mulai hank d bikin..pdhl sy udah blg..sy ngga punya uaang….dia trus minta tlg…sampe akhirnya sy mau bantu cari pinjeman k temen..sy ingin dia bersumpah atas nama ibu dan anaknya..dia blg atas nama tuhan ibu dan anak sy..tlg d bantu…akhirnya sy transfer..dan seyelah itu ada lg alasannya..katanya kapal yg mau menyebrang rusak jd harus sewa heikopter..walahhh…udah naik pitam sy krn dlm hati kecil sy ..sy tertipu..pdhl uang itu utk biaya masuk sekolah anak sy…..selang bbrp minggu sy katanya dpet paket dr luar negeri..hampir sama dg cerita temen2….sy balas email yg nlg paketnya udah sampe dan ada biaya bla..bla…dengan F**K YOU D*MN….dan sy maki2 habis tu bule..sy block semua kontaknya…hati2 dg dunia maya..kalo dah minta uang..cpet2 tutup komunikasi

  50. rimakasih…artikelnya sangat bermanfaat….

    • Saya kena bule bernama nicolas smith …rayuan gombal dan saya di imingkan mencari mobil dan rumah mewah….karna saya tdk percaya …dia menyakinkan saya dengan akan beri saya uang 2.5 jt dolar dia bil berupa kotak dan hari jumat di kirim dan senin sampai di bandara di suruh byr pajak …..3.5 jt rupiah agar bs diantar dr situ sampai skarang menyakit kN cara orng yah..

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: