Jelita pun Tertipu “Jenderal Amerika”

pacaran_online_tentaraJaringan penipu luar negeri tengah mengincar penikmat online Indonesia. Kisah kali ini tentang seorang ibu muda, sebut saja Jelita, yang ditipu oleh seorang “jenderal Amerika” setelah berkenalan lewat facebook. Sebagaimana dikisahkan oleh Fey Down lewat Kompasiana, Jelita awalnya berkenalan dengan seseorang bernama Brigjen Michael Edward yang berprofesi sebagai tentara Amerika yang katanya sedang bertugas di Afghanistan. Perkenalan di bulan Juni 2013 itu dimulai dengan chat (bincang-bincang), saling bercerita tentang hal-hal kecil seputar kehidupan mereka. Jelita yang sedang dalam proses perceraian, mengisahkan masalah yang dihadapinya kepada Michael. Michael pun selalu ringan dan bijak menanggapi kisah ibu beranak satu ini.

Hubungan jarak jauh di dunia online ini pun semakin hangat. Di bulan Agustus 2013, Michael secara terbuka menyatakan ketertarikannya, meski Jelita telah menyatakan bahwa ia hanyalah seorang buruh dengan gaji kecil yang menjadi tulang punggung keluarga, menghidupi anak dan suaminya yang menganggur. Tetapi Michael begitu telaten menenangkannya bahkan menyatakan cintanya pada Jelita.

Di bulan Agustus 2013 tersebut Michael pun memberi tahu bahwa tugasnya di Afghanistan akan berakhir bulan Oktober 2013 dan akan segera menemui Jelita sesudahnya. Ia akan berlibur ke Indonesia bersama anaknya, sekaligus berkenalan dengan Jelita dan keluarganya. Jelita pun merasa menemukan harapan baru.

Di awal September 2013 Michael tambah serius. Ia menanyakan alamat rumah dan telepon Jelita agar lebih mudah berkomunikasi katanya. Ia pun berjanji akan mengirimkan hadiah untuk membeli mobil dan apartemen agar dapat dipakai dan ditempati saat ia datang ke Indonesia nantinya. Akan tetapi Jelita menolak. Ia merasa tidak memerlukan uang. Jelita hanya butuh kehadiran Michael.

Micahel mengalah. Ia berjanji tidak akan mengirim uang, tetapi hanya “hadiah kecil.” Awalnya Jelita juga menolak ide tersebut. Hati kecilnya takut tersandung masalah hukum jika menerima sesuatu dari luar negeri atau dari seseorang yang tidak ia kenal baik. Bisa saja orang tersebut mengirim narkoba atau barang terlarang lainnya bukan? Akan tetapi Michael tidak kurang akal. Ia berhasil membujuk Jelita, meyakinkan bahwa ia akan bertanggung-jawab dan tidak akan mengirim barang yang aneh-aneh. Jelita pun memberikan alamat rumah dan nomor teleponnya.

Beberapa hari kemudian Michael memberi kabar bahwa ia telah mengirim hadiah tersebut. Ia berpesan agar Jelitanya dengan hati-hati karena harganya sangatlah mahal. Penasaran, Jelita pun menanyakan isi paket tesebut. Michael menjawab dengan mengirimkan foto-foto isi paketnya, sekaligus informasi bahwa didalamnya terdapat juga uang tunai senilai $1,5 juta, hasil uang pensiunnya di Afghanistan. Jelita pun memarahi Michael karena mengirim barang dan uang yang bernilai begitu besar. Akan tetapi Michael tetap sabar dan bijak meredam emosi Jelita dan mengatakan bahwa paket tersebut adalah sebagian tanda cintanya demi masa depan mereka berdua nantinya.

Setelah aneka modus dan taktik di atas, perhatikan modus selanjutnya…

Michael menginformasikan bahwa paket hadiah tersebut dikirim melalui GM Express, berangkat dari Afghanistan 19 September 2012 dan akan diantar langsung oleh kurir bernama Mr. Victor Pedro. Karena dikirim kilat, paket akan tiba di Indonesia sehari kemudian. Michael menginstruksikan agar Jelita berada di rumah untuk menerima paket tersebut, dan agar Jelita mengikuti instruksi Pedro supaya paket tersebut dapat sampai dan diterima dengan baik. Tidak lupa Michael memberitahu bahwa Jelita harus membayar airpirt tax supaya paket tersebut dapat keluar dari bandara.

Tanggal 20 September 2013, Pedro menelepon (081291806569) memberitahukan tentang paket tersebut. Sesaat kemudian seorang yang mengaku petugas bandara menelepon, untuk menanyakan identitas penerima barang, dalam hal ini Jelita. Tidak lupa si petugas memberitahukan bahwa paket tersebut sudah sampai dan Jelita hanya perlu membayar senilai Rp11,5 juta ke bagian keuangan bandara. Ketika Pedro menelpon, Jelita mengatakan bahwa ia tidak memiliki uang sebanyak itu. Pedro pun menyarakankan supaya Jelita meminjam dulu kepada teman atau sanak keluarga, mengingat isi paket jauh jebih berharga. Jelita toh bisa membayar pinjaman tersebut nantinya.

Jelita menerima saran Pedro. Dengan uang Rp5 juta di tangan, Jelita pun menjual gelang yang dipinjam dari saudaranya. Segera Jelita mengirim pajak untuk paket tersebut ke nomor rekening yang disarankan Pedro yaitu rekening BRI atas nama Florina Widiawati. Setelah uang terkirim, Pedro dan petugas bandara tersebut berjanji mengurus paket secepatnya. Akan tetapi beberapa jam kemudian Pedro menelepon bahwa ia tidak dapat mengantar langsung paet tersebut karena mendadak menerima tugas untuk segera ke Singapura. Akan tetapi Pedro berjanji bahwa paket telah dititip ke rekannya, Mr. Clifford Wonder dari UN Cargo. Jelita hanya perlu mengikuti instruksi Mr. Cliff.

Sore harinya, Jelita ditelepon pihak UN Cargo dan meminta Jelita ke Jakarta untuk pengecekan tanda pengenal sekaligus menandatangani beberapa dokumen. Jelita juga diminta membayar asuransi atas paket tersebut senilai Rp35 juta. Jelita jelas kesulitan. Ia pun menghubungi Michael memberitahukan kesulitannya. Akan tetapi Michael meyakinkannya dan meminta Jelita untuk mengusahakan membayar asuransi tersebut agar paket hadiah tersebut dapat diantar ke alamat.

Jelita pun meminta bantuan orang tuanya. Mereka mengumpulkan perhiasan emas yang ada untuk dijual. Beruntung, niat tersebut tidak dilanjutkan. Seorang kakaknya di luar negeri memberitahu tentang sepak terjang para penipu semacam Michael di dunia online. Jelita selamat dari penipuan yang lebih besar, akan tetapi ia terlanjur meminjam ke saudaranya. Kembali putus cinta, Jelita pun bingung bagaimana membayar kembali hutangnya.

Sebagai informasi, Michael menggunakan nomor 0447526074979. Nama-nama perusahaan yang disebutkan di atas tentu saja fiktif. Sementara nomor rekening dan nama-nama ‘petugas’ adalah bagian dari  jaringan penipuan tersebut.

Tips dan Saran Menghindari Penipuan ini:

  • Jangan mudah jatuh cinta pada orang yang baru Anda kenal di dunia online.
  • Mereka bisa mengaku tentara Amerika atau Inggris yang sedang bertugas di daerah konflik. Ada juga yang mengaku anak pengusaha kaya atau presiden di negara yang sedang konflik dan ingin melarikan hartanya yang dikuasai pemberontak.
  • Jika ia menyatakan cinta, waspadalah. Dia akan mengunjungi Anda? Lebih Waspada lagi!
  • Dia akan mengirimkan hadiah atau uang? Seharusnya Anda sudah tahu apa yang sebaiknya dilakukan: Anda siap-siap ditipu, segera putuskan hubungan dengannya.
  • Jangan pernah memberikan data pribadi seperti email, nomor telepon, akun facebook, alamat atau rekening kepada orang yang tidak Anda kenal baik.
  • Jangan pernah membuka apalagi membalas email dari orang atau perusahaan yang tidak Anda kenal.

Untuk memahami modus penipuan ini, kami sarankan Anda juga membaca:

 

Iklan

Comments

  1. saya mengalami hal yang sama, dia mengaku seorang tentara didaerah konflik,dengan nama kapten wilson joe bisa diliat di FB akan memberikan dana investasi, semua kata-katanya rancu, tapi alhamdulilah saya tidak dirugikan materi karena ketika dia meminta saya bilang tidak bisa dengan cara seperti itu, hanya saja saya telah mengirimkan data pribadi saya , ini pengalaman buat teman-teman agar tidak mudah percaya begitu saja,

  2. Akun fb penipu itu akun cangkang fb nama indonesia yg tlh ditinggalkan pemiliknya, di sessi dr jakarta. Aq tiap bulan dpt

  3. Saya hampir tertipu dari seorang kapten Mr.Richardbright, dgn email embel2nya richardbright655@yahoo.com mengatakan dalam isi email pada saya: “Begitu ia melihat saya di jejaring sosial fecebook ia tertarik. Katanya dia seorang tentara America; bertugas di divisi di Afganistan. Aia akan menginves dana untuk saya sebesar $71,6 trillyun.dan emas seberat 50kg. Dia meminta agar saya memberi data-data saya berupa, Nama,No hp.,No rek,No ATM.tapi begitu di acses di spam oleh :http://www.jwspamspy.net/ jadi tidak terjadi semua nya…. Bila ada yang dihubungi oleh email tertera di atas maka jagn coba tergiur semuanya adalah fiktif…

  4. saya juga dapat pesan yg sama di fb saya dari Sersan General bernama Jefferson ollar yang katanya bertugas di Afganistan. Awalnya saya bingung, darimana dia tahu akun saya. sembari cari info, pesannya saya balas saja. hitung2 saya bisa mengaplikasikan bahasa inggris yang saya punya.
    Ketika saya searching di internet tentang nama-nama tentara yang bertugas di afganistan, saya temukan ternyata banyak yg punya kasus seperti saya.
    klo seperti itu, saya cut saja sebelum terlalu jauh…
    Terima kasih sharing dan infonya…

    • Terima kasih kembali juga untuk Anda karena telah berbagi. Satu tips penting dari kisah Anda adalah: segera google di internet nama, nomor telepon, email atau data lain dari orang yang mengajak Anda kenalan. Bisa jadi mereka adalah penipu, seperti dalam kisah Anda. Terima kasih atas sharing tips-nya.

  5. Tulisan saya ada disini…he he he he he makasih ya

  6. Saya ingin bertannya, ada seseorang kenalan saya dari inggris, dan dia sedang dalam masalah bajak laut sih infonya, dan dia mengirimkan uangnya ke saya, dengan menggunakan, SKYSAFE SECURITY AND DELIVERY COMPANY
    Email: customerservice@skysafesecurity.com, saya diberikan ariway bill dll, apakah ini salah satu modus penipuan? karena saya antara percaya dan tidak, jika ini benar saya harus membantu dia dari pembajak, bisa bantu saya, bantu saranya ya .. terimakasih sebelumnya

    • Dapat dipastikan itu penipuan. Modus ini sudah dipakai ke banyak orang. Perusahaan yang dia sebut juga fiktif. Waspada. Merek apasti akan terus meyakinkan dan menghubungi Anda dengan berbagai cara.

      • Terimaksih banyak informasinya, awalnya saya pikit ini money laundry, tp saya trus mencari tahu, karena saya takut money laundry, dan jumlah uang yang katanya dia kirimkan sebesar 250.000 pouns, karena jumlah yang cukup besar akhirnya saya mencari tahu dan menemukan forum ini, jadi benar ya ini sudah dipastikan bahwa ini adalah penipuan, karena saya masih tidak percaya, niat sangat ingin membantu dia. terimakasih atas jawabanya.

  7. Nanda R.Winata says:

    saya baru saja mengalami msalah yang sama. baru terjadi kemarin. tapi saya menolak untuk mengirimkan uang. cerita sama cuma namanya jendral Matthew lewis, duda beranak satu yang mencari calon istri melalui jejaring sosial facebook. Alhamdulillah saya cepat tanggap dan tidak merugikan saya sedikitpun. saya masih menyimpan nomor Hp Mathew lewis dan katanya agen diplomat tersebut buat jaga-jaga. bagaimana caranya agar bisa terungkap semua dan saya ingin sekali membongkar sindikat tersebut..

  8. Bisa dikatakan bahwa saya salah satu manusia yang kenalan dgn banyak teman secara online. Sekarang pun sedang menjalin hubungan dengan seseorang yang saya temui secara online, dia seorang kapten dari US yang dulu pernah serving di iraq dan kosovo. kami kenal sudah 5 tahun dan secara serius menjalin hubungan baru 2 tahun. Mungkin ada beberapa yang gadungan, tapi satu hal yang harus diingat jika kita going online, bahwa semua orang bisa jadi siapa saja dan apa saja di situs jejaring sosial. Karena itu pakailah pemikiran yang sehat dan logika yang baik. jikalau dia ingin mengirim paket, tidak ada penerima yang harus membayar, apapun itu bentuknya. Ada baiknya setiap informasi yang diberikan, langsung dicek ulang. Di awal saya selalu meminta bukti otentik berupa foto, foto saat dia sedang bertugas, atau berkumpul, dan saya selalu minta lebih dari 50 foto, jangan mau jika dia hanya mau bicara melalui skype, suruh dia telepon atau sms sesekali, cinta itu butuh pengorbanan kawan. saya sudah bertemu robert, kami sudah menghabiskan waktu beberapa kali, sudah kenal dengan kawan-kawannya, dan tak pernah sekalipun dia minta uang sama saya. ini sekedar tips, jikalau kamu berbagi email, pakailah email yang jarang dipakai. jikalau kamu berbagi alamat, kasihlah alamat kantor. jikalau dia meminta nomor rekening kamu dengan alasan mau mengirim uang, jangan langsung kamu berikan, tapi cermati dulu, bilang saja kamu lebih nyaman dikirim dengan metode lain, misalkan western union atau moneygram. diatas semuanya itu, jangan gegabah, selalu utamakan akal sehat.

    • Aduh mbak…aq jg gitu kenalan usianya 48 th jg ngaku tentara afghanistan,aq dah terlanjur ngasih emailku yg biasa aq pakai,tp dia tdk tanya alamat cm tanya dari mana asalnya. Gmn bahaya gak ya?

  9. Terima kasih kawan atas infonya,,

    • Saya ingin bertanya, apakah benar uang dari luar negeri harus dicuci dengan cairan kimia?

      • Itu tidak benar… waspada modus tipuan ug meminta uang u membeli bahan kimia demi mencuci uang yg katanya sangat banyak..

      • dunia maya memang ayiikk, tapi jangan smpai terlen/ terhipnotis secara alami sehingga lupa akan kewajiban kita sebagai orang timur. modus orang luar negri melakukan penipuan dan orang indonesia banyak yang terjerat ??? aduuhhhh??? please hati2 dongg… maya ,/tak terlihat/ jauh/ mana mungkin kita tahu apa yang dilakukan di sana, ,, please hati ya” teman fb semua

  10. Aku hampir menjadi korban jendral bule juga persis seperti cerita diatas. Untung masih pake akal sehat & logika,jd gk sampai ketipu. Stlah cari info dengan browsing ttg penipuan” online,justru jd buat aku ingin ikuti alur permainan mereka. Dan aku berhasil buat mereka marah karena tdk berhasil menjadikan aku korban mereka. Aku bilang tidak akan membayar apapun sblum paket kiriman sampai ketangan aku dan aku juga minta kwitansi resmi dari pihak bandara sbg bukti pembayaran. Dan itu z udh buat mereka gk mw hub. Q lg.
    Untuk yang lainnya, jgn sampai tertipu yaa.

  11. ya…,sayapun,, dalam rentang waktu juni s.d. agustus, mengalami hal yang sama dengan cerita ini,, saya sangat terpukul kala itu,, karena “dipaksa” harus meminjam uang kepada teman saya!! saya termasuk korban penipuan seperti ini,, ia mengaku kolonel dari satua tentara Inggris yang sedang bertugas di Libya, awalnya ia bercerita, suaminya telah gugur dalam pertempuran, dan ia memiliki seorang putri, dan memiliki$3juta US Dollar hasil dana pensiunannya… smoga pengalaman saya seperti ini tidak dialami oleh orang lain..

  12. OMG Sumpah, gw pengen ketawa di puncak gunung rinjani sambil guling2 ke kawah nya. Gw jg sama vroh, awal nya perknalan sama kyak yg di atas cuman namanya doang yg beda. Namanya Mr. Richard Beardsley, profesi Captain controlling sekelompok pasukan di Pakistan-Asal USA. Menyatakan cinta sampai ngirimin gw lirik lagu K-Ce & jojo ALL OF MY LIFE hahhahaha kamfret lagunya g enak bgtz soal nya agak rap gw g terlalu suka. Tpi dengr lama2 jd suka jg soalnya kata2 nya tuh sumpah ngenengin abizt. Lanjut soal harta nya mau di kirimin ke saya dalam bentuk koper karena sebulan yang lalu di titip di sebuah perushaan di Iraq tp batas wktunya cuman sbulan jdi dia rencana akan lebih baik di titip di saya krn saya adalah calon istri pret yg baik hahahhaa. Tp gw pntar masih nanya dlu, apa g punya kluarga yg lain yg bs anda percayai fan katanya istrinya mningggal,kdua ortu mninggal dan skrang yg dia punya adalah kedua anaknya dan saya. Cpat amat gw jd bgian dr hdupnya hahhahaha, nah gmna cranya mau ngirim brg itu? Dia nyuruh gw kasih alamat dll. Gw blg, gw jg btuh data pribadi kamu. Pintarnyaaaaaa…. tapi blom balas, tenang adj Qt bakal brpura2 memutar otaknya kebetulan gw lagi belajar speak in english, ada manfaatnya jg ni. Bljar grtis coy hahahaha qt tungggu klnjutan crtanya gmna? Btw Thanks ya, ini sangat membantu, tadi nya gw pkir yg di kirim bakal narkoba makanya gw jg agak muter2 in dia. Dan sekarang sedang berlangsung chat nya. Aneh nya abizt ngebalaz chat gw langsung non akftif fb nya. Ap akun nya banyak kale ya? Ud dlu ya crta gw kbyakan hehheheh

    • Hi, salam
      Sy ada kenalan dari los angels Us, namanya franklin roger umur 38 tahun, divorced dengan 1 anak, dokter hewan, nomor tlp +1 (914) 722xxx. Saat sy coba dialing nohmornya posisi ada di scardalle, sy belum intens dengan dia, tapi pertama kenal dia langsung mengatakan ingin menjalin hubungan serius dengan sy, dan itu membuat sy merasa sedikit aneh, dan sy lihat fotonya rada beda dgn foto2 yg lain, terakhir ini dia menanyakan sy apa kado Valentin dari sy buat dia? Dan dia minta nama, no.tlp, alamat dan email, pertanyaan sy belum dia jwb..sy punya feeling kuat kalo ini 80% adalah scammer, dia minta alamat fb ya sy kasih, tp fb sy adalah private account, rencana sy mau ngerjain nih scammer

  13. Alhamdulillah akhirnya saya menemukan titik terang bahwa seorang yg mengaku sebagai tentara inggris bernama erman weking gea itu adalah penipu, untung saya cepat2 search ke goegle tentang tentara inggris ternyata banyak modus penipuan seperti ini, komunikasi saya sama orang yg mengaku tentara inggris yg sedang di tugaskan di afganistan itu belum lama mungkin sekitar semingguan gitu, tp setelah saya tau banyak info di sini saya jadi tau bahwa saya sedang di incar penipu, hehhehe tp saya sementara masih meladeni orang itu mau saya bikin ribet sendiri, biar usaha dia untuk menipu saya sia2, saya pastikan tidak akan terbuai karna saya sudah tau kalo dia akan penipu, saya mau kerjain dia ajha

  14. jika menerima info cari kebenarannya

  15. alihasahatan says:

    yang jelas kalau paket sudah dikirim dari luar negeri pasti biayanya sudah dihitung sampai ketangan yang menerima paket….

    • Sekarang terjadi sama saya kenal lwt fb, banyak perbincangan, mencari istri. Punya dana pensiunan dan mencari orang yg dpt dipercaya utk menyimpanan dana yg sebesar $1,2 juta dolar. Sisa nya buat saya 10% ) dana konvensasi. Klu dirupiah kan lumayan ya buat beli rmh baru. Awal nya saya tidak percaya, tp diyakin kan berkali2 bahwa dia tidak menipu saya, karna saya bilang anda mau menipu saya tidak akan mendapatkan apa2. Ya sdh saya ikutin aja mau nya dia, dia mtk alamat saya kasih. Kt nya tggu saja sdh dikirim melaui kurir kekebalan PBB. Hmmm…..sdh tau crt di atas. Mohon kasih saran apa yg saya harus lakukan klu dia mengkonfirmasi pengirimannya?

  16. Saya pun pernah kemarin ketipu 10 juta ya sama fi Kirim paket Dari London yg sinya katanya uang pouds 15,000 dan emas putih dan hp Samsung dan IPhone s6. Dan banyak juga barang2 bet harga tapi ALHAMDULILAH saya selamet Karna barang Itu sempat di cek dulu ternyata semua photo barang nya Itu dan Surat nya editan ) alias bodong

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: