Iklan

Penipuan Kencan Online

Online-Dating-ScamMedia internet yang telah memasuki jutaan rumah tangga Indonesia. Internet dapat diakses dengan mudah termasuk melalui perangkat handphone dan aneka gadget pintar lainnya. Kemudahan berkomunikasi dengan dunia luar mendatangkan ancaman penipuan online yang semakin meningkat. Salah satunya melalui modus pertemanan atau kencan online.

Roby, lajang 32 tahun, seorang karyawan suatu perusahaan terkemuka di bilangan Sudirman, Jakarta. Beberapa minggu yang lalu tanpa sengaja ia berkenalan seorang makhluk manis bernama Bianca, asal Italy lewat facebook. Mereka cepat menjadi akrab dan sering bertukar foto, cerita termasuk hal-hal pribadi. Sesekali mereka bertemu secara live lewat video Skype.

Roby pun tak keberatan membelikan beberapa hadiah kecil buat si kenalan barunya. Sepertinya Bianca menyukai Roby dan ingin segera ke Indonesia. Bianca menceritakan bagaimana kerinduannya menikmati eksotika Indonesia…menelusuri pulau Bali berdua dengan Roby. Hal-hal ini diungkapkan berulang-ulang sehingga Roby pun tak keberatan mengirimkan sejumlah uang untuk biaya tiket pesawat Bianca ke Bali. Mereka akan menghabiskan beberapa hari bersama di sana. Roby pun telah memesan hotel sesuai tanggal rencana kedatangan Bianca.

Apa daya, Bianca tak kunjung datang. Roby hanya bisa menyesali kekonyolan dan kebodohannya. Ia pun hanya menceritakan kisah ini agar kejadian yang sama tidak menimpa orang lain.

Kisah Shinta sedikit berbeda. Ia berkenalan dengan seorang pria Australia juga lewat email yang nyasar ke inbox-nya. Sebagaimana banyak wanita Indonesia yang senang dengan wajah bule, Shinta girang dengan perhatian Andrew yang sering menyapanya secara romantis lewat email ataupun facebook. Walaupun pacaran jarak jauh, Shinta sangat bahagia seolah ia selalu berdekatan dengan Andrew. Entah berapa forto Andrew yang dikoleksinya.

Kebahagiaan Shinta semakin memuncak ketika Andrew berencana untuk datang menemui keluarga Shinta langsung. Mungkin ia akan melamarku, pikir Shinta berbunga-bunga. Kira-kira 2 minggu sebelum rencana kedatangannya Andrew memberi kabar bahwa ia mengirim suatu paket special untuk Shinta, langsung dari kotanya, Sidney. Paket tersebut akan tiba dalam 2 hari.

Benar saja, besoknya Shinta mendapat bukti pengiriman ‘Special Package’ lewat email. Dalam bukti pengiriman tersebut terlihat detail paket berupa berat lebih 100kg. Shinta bertanya-tanya, apa gerangan yang dikirimkan Andrew seberat itu. Dalam email yang menyertai bukti pengiriman tersebut disampaikan bahwa paket telah berada di Sidney dan akan segera dikirim setela Shinta mengirimkan uang sejumlah $700 (sekitar Rp 7 juta) ke perusahaan pengiriman barang tersebut. Metode pengiriman uang disampaikan lewat email yaitu melalui Western Union dengan kode tertentu.

Shinta yang tidak pernah menggunakan Western Union, segera meminta bantuan Desy, temannya, untuk mengirimkan sejumlah uang ke ‘perusahaam pengiriman’ tersebut. Beruntung rekan Shinta sedikit paham tentang apa yang terjadi.

“Jika kamu mendapat kiriman dari luar negeri, mestinya kamu gak perlu bayar apa-apa ke luar negeri dong. Kan semua sudah dibayar oleh pengirim di sana,” kata Desy. “Kalaupun ada yang harus dibayar, biasanya pajak atau bea masuk sesuai aturan Indonesia. dan dibayarkannya ke perusahaan di Indonesia atau Kantor Bea Cukai.”

Awalnya Shinta sulit diyakinkan bahwa ia kemungkinan ditipu. Ia merasa yakin Andrew adalah pria idamannya, pria yang baik dan tidak mugnkin menipunya. Di hari kedua ketika ia tidak juga menerima paket yang dijanjikan, ia mencoba menghubungi Andrew. Ia pun membaca artikel: Tipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri.  Ketika Shinta mencoba mengkonfirmasi, Andrew tiba-tiba hilang kontak dari Facebook. Ia tidak juga membalas email. Shinta Online-Dating-Scam1barulah sadar bahwa ia hampir menjadi korban penipuan online.

Apa yang dialami Roby dan Shinta di atas hanyalah dua di antara begitu banyak cerita korban romansa online. Para penipu dapat menggunakan cara apapun untuk mendapatkan korban. Selain berpotensi kehilangan harta benda, para korban bisa saja kehilangan nyawa akibat romansa online.

Jette Jacobs, perempuan asal Australia Barat, merupakan satu diantara banyak korban kencan online yang diekspos media. Awalnya Jette berkenalan dengan seorang pria melalui internet. hubungan online mereka begitu akrab. Sang pacar pun pernah mengunjunginya, sehingga Jette semakin yakin. Ia pun tanpa sadar telah mengirimkan lebih $80.000 (lebih Rp800 juta) kepada si pacar. Suatu ketika Jette memutuskan untuk mengunjungi sang pacar ke negaranya. Rupanya itulah perjalanan terakhir Jette. Sehari setelah tiba di negara tersebut, ia ditemukan sudah tak bernyawa di hotelnya. Pelaku kejahatan tersebut tidak ketahuan sampai saat ini.

Pertemanan online, juga berpotensi menjerat para korban menjadi pelaku kejahatan seperti menyelundupkan uang, narkoba,dan barang berbahaya lainnya, tanpa disadarinya.

Facebook_scam

Waspadai penipuan modus ‘Jenderal Bule”

Sharon Amstrong, seorang warga Selandia Baru, memutuskan untuk menemui pacar online-nya di Argentina. Dalam salah satu penerbangan mereka di Argentina, Sharon ditangkap karena dialah yang menjinjing kopor yang di dalamnya ditemukan narkoba. Narkoba tersebut diselipkan sang pacar tanpa sepengetahuan Sharon. Kisah cinta Sharon pun berakhir di penjara kelam Argentina.

Kasus-kasus di atas, bukan tidak mungkin juga sangat marak di Indonesia. Bisa jadi karena ketidaktahuan, kurangnya sosialisasi serta ketidakhatihatian dalam menjalin pertemanan. Media sosial seperti facebook dan email memang kerap menjadi media yang paling mudah (baca juga: Aneka Penipuan Facebook). Lewat email para penipu seperti mengirimkan email spam yang sering digunakan juga untuk tipuan Nigeria, demi menjerat korban.

Bagaimanapun modusnya, perlu Anda ketahui bahwa:

  • Para penipu dengan modus kenalan online, akan melakukan cara-cara yang halus untuk mendapatkan simpati Anda. Proses perkenalan bisa berlangsung lama, dan mereka akan terlihat sangat sabar dan baik. benar-benar ideal untuk Anda,
  • Waspadalah bila ia mulai ‘berani’ minta uang. Bisa saja caranya halus dengan alasan orang tua atau adiknya sakit, harus segera dioperasi dll. Atau mungkin seperti kisah Roby, yang membelikan tiket pesawat karena sangat rindu bertemu,
  • Mereka akan melakukan apa saja sampai mendapatkan uang Anda. Kedepankan logika, jangan hanya menggunakan perasaan dan simpati semata,
  • Berhati-hatilah jika si dia meminta data perbankan misalnya nomor rekening dll. Bisa saja bukan Anda yang menerima uang, sebaliknya uang Anda yang melayang pergi.
  • Jika seseorang akan mengirim uang ke rekening Anda atau meminta bantuan Anda untuk membeli sesuatu, waspadalah. Bisa saja Anda dijebak secara halus ke dalam tindak kejahatan pencucian uang (money laundering).
  • Tidak sedikit juga kasus di Indonesia, dimana para wanita diperdaya, dijadikan teman kencan, diajak jalan-jalan ke luar negeri, tetapi pulangnya dititipi narkoba, baik disadari atau tanpa disadari. Bisa dibayangkan bagaimana tragis akhir dari romansa seperti ini.
  • Dia akan mengirim paket hadiah dengan nilai besar? Wah, ini modus lama yang telah sukses menguras uang para korban.
Facebook scam

Penipuan lewat Facebook, bisa menimpa siapa saja.

Tips Menghindari Penipuan Lewat Pertemanan Online:

  • Dalam segala hal, utamakan logika dan nurani Anda untuk mengambil keputusan. Apa yang terlalu menarik, bisa saja menjadi penyesalan Anda seumur hidup,
  • Hindari pertemanan yang terlalu akrab dengan orang yang tidak dikenal,
  • Sadari tanda-tanda bahaya dalam kencan online. Misalnya bila teman online Anda mulai meminta data-data pribadi, termasuk nomor rekening, nama bank, atau nama-nama anggota keluarga,
  • Jangan pernah mengirimkan uang ke orang yang baru Anda kenal secara online, apapun alasan mereka. Tidak sedikit yang sangat lihai memancing simpati dengan berbagai cerita karangan.
  • Jangan pernah membuka email dari pihak atau orang yang tidak Anda kenal, atau pihak yang Anda yakini tidak pernah berurusan dengan Anda sebelumnya. Itu bisa jadi email SPAM yang bisa berisi virus untuk mencuri data pribadi Anda (Phising), penipuan dengan modus menang undian, permintaan uang, atau ajakan pertemanan yang berpotensi berakhir tragis.
  • Pertemanan yang baik memiliki proses panjang. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal.

Ketahui Aneka Modus Penipuan Lainnya:

Iklan

Comments

  1. Saya ingin informasi tentang member cupid.com , dari Dammam Arab Saudi umur 44 th orang India. Apakah dia jg punya hubungan dengan wanita lain selain keluarga sy. Karena adik sy merasa patah hati sudah 3 th menjalin hubungan dan ktnya mau datang,tetapi sampai skrng ditunda terus dg alasan pekerjaan.sy hanya ingin menolong saudara sy unt berfikir realistis.t ksh

    • Fakhruddin Atasoge says:

      Gampang, caranya pura-pura jadi wanita lain dan mencoba kenalan… rayu.. setelah itu tunjukkan chattingan tersebut ke adik anda.. niscaya adik anda akan memahami kalau dia itu adalah penipu…

  2. saya pernah mau dikirimi uang dari irak dgn alasan negara irak lagi konflik,pemerintah irak melarang tranfer lewat bank,dan katanya mau minta tolong,,tp harus kirim alamat,no hp,kartu. identitas,uang akan dkirim lewat palang merah internasional,
    saya tak perlu kuatir karena semua biaya dia yg tanggung

  3. Wah…untung sy baca artikel ini…tp dr awal memng sy rada sedikit curiga. Emailnya so sweet bngt . Memng sih dia blm mnta uang tp kok datanya hilng ya di website jodoh. Tp yah sy ikuti aja smpai mana maunya…klo ud mencurigakan yah …bye bye…

  4. Benar sekali, saat ini lagi marah penipuan di dunia maya. coba sharing pengalaman atas penipuan yang terjadi selama ini di ke situs laporpolisi.com, agar masyarakat tahu dan antisipasi atas semua bentuk penipuan yang terjadi selama ini

  5. hampir saja saya percaya meski rasa penasaran itu kerap datang karena memang belum lama kejadiannya baru kemarin mereka meminta uang untuk biaya pengiriman barangnya, kenal belum ada seminggu via email tidak ada no telephon yg bisa di hubungi karena sibuk kerja sebagai jurnalis di medan perang dan juga tidak bisa mengirimkan uang atopun barang yg mau di kirim kemudian dia menitipkan barangnya kepada salah seorang temannya yg seorang jendral purnawirawan untuk mengirimkan barang tersebut via kurir tapi temannya bilang uang pengirimannya kurang dan meminta saya untuk segera mengirimkan uang tsb via western union, akhirnya saya ragu kemudian bertanya kepada teman saya yang lain yg pernah tinggal di afganistan bertanya apakah di sana ada bank ato western union? mrk bilang ada. nominalnya memang tidak terlalu besar tapi terasa aneh saja mereka buat alur ceritanya benar benar masuk di akal semua. ini sekedar sharing saja mungkin ada yg pernh mengalaminya juga bisa berbagi dengan saya. terimakash

    • Saya pernah mengalami seperti ini dpet kiriman barang dr luar yg harus saya tebus senilai 5jt an.. ada yg tlp orng indonesia dan sepertinya modus” ini orng indonesia jg pelakunya…
      karena saat itu yg tlp sy cewek pake bahasa indonesia yg mengaku dr agen pengiriman barang,mreka menyatakan sy dpet kiriman yg harus ditebus senilai 5jt an hrus dikirim dlm wktu max 1minggu..jls saja sy ga mau…
      kt mereka kl brng ga di ambil dlm wktu 1mnggu maka brng akan dikirim balik ke negara asalnya…
      sy hnya berfikir kl sy kirim uang 5jt sedangkan sy blm tau pasti apa yg dikirim…
      kt si bule itu hadiah natal n sejumlah uang untuk saya dan kluarga…
      untungnya sy pake logika jd slamat dechh…

    • Hi Mba Ainan, aku jg pernah mengalami hal ini. Perkenalan via fb, ternyata foto anaknya jg Ada di komplotan yg lain. Spt nya mereka lihai. Semoga Tuhan membalasnya dan membuat mereka jera. Aamiin

  6. Saya baru saja mendapatkan email dari tman yg blm lama saya kenal ,dia bilang akan memberikan saya kado valentine,ternyata tadi sorw saya dapat email yg isinya dya sudah kiri. Paket yg isinya tas,camera ,hp iphone apple,satu set diamond dan uang $40.000…sbg wanita saya senang tp ada kecurigaan,saya tanya teman kata tmn hati” penipuan dan ,diperkuat dgn artikel disini saya baca sangat membantu agar saya tidak tertipu

  7. Jangan pernah percaya dengan orang yang mengatas namakan orang lain dan foto yg di gunakan foto orang lain juga. Dengan alasan orang tua sakit dll nya, harap di waspadai terutama modusnya fotonya pramugari yang sengaja di upload oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan niat tidak baik untuk menipu orang lain.

  8. Selamat malam , saya ingin menanyakan apakah sudah ada yg pernh di inbox denga. Nama facebool John donalds ,
    Kalau sudah ada tolong berbagi info yah agar nyokap percaya ,soalnya itu bule lagi ngedektin nyokap dan lagi iming iming ingin transfer uang

    • saya saat ini ada yang dekatin namanya Donald Talley, dia sangat romantis kepada saya tapi saya layanin aja. tapi saya sadar bahwa dia adalah seorang penipu. dia mengaku seorang tentara di amerika dan sekarang bertugas di syria, dan katanya dia mau mengirim uang ke saya melalui pbb,dan saya ikutin permainannya, 3 hari kemudian katanya uangnya sudah sampai di bandara bali dan disuruh saya transfer 9 juta rupiah untuk pembayaran pajaknya, tapi saya tau kalau dia penipu.

  9. Saya punya pengalaman saya berkenalan dg seseorg di sosmed dating Tinder…pada waktu itu saya yg mengajak berkomunikasi terlebih dahulu…hingga akhirnya kami dekat bertukar foto..saling berkomunikasi by tlp dan saling dekat sebulan bahkan sampai melibatkan anaknya yg msh kecil…dll sampai akhirnya org ini yg berasal dari Louisville mengatakan akan dtg ke Indonesia utk stay 2 bln utk mengenal lebih dekat …dan dia mengirimkan sejumlah uang untuk.akomodasinya disini bersama anak balitanya. Namun setelah dia melakukan check transfer deposit saya dpt telpon dr agent pengiriman uang tsb yaitu B money transfer services worlwide..setelah konfirmasi ini itu mereka meminta saya utk mentransfer uang sejumlah Usd 800 agar check tsb dpt di dilanjutkan proses transfer ke bank saya kebetulan bank Mandiri.saya sempat bertanya alamat dan tlp agent tsb tp tdk saya dapatkan dg alasan itu dirahasiakan..mereka hy bilang alamat di denpasar namun alamatnya tdk dot saya temukan. Jadi ini adalah modus baru…mohon hati2

  10. Jika anda menemukan bentuk penipuan secara online, jangan ragu untuk laporkan langsung ke kepolisian dan share juga semua bentuk penipuan online dan kejahatan online ini langsung ke situs laporpolisi.com , media online sharing berbagai informasi cyber crime di indonesia

  11. Saya ingin berbagi cerita yg pernah Sy alami dan kerugian materi, kenalan tentara Amerika tinggal di Ohio bertugas di syria, punya anak cewek telah menganggap Sy adiknya dan ingin membantu rumah piatu dan berinvestasi melalui saya, pengiriman paket melalui diplomat singkat cerita dengan berbagai alasan paket hrs dilengkapi serifikat utk keamanan paket bisa dicairkan dan dana utk sertifikat yg harus ditransfer ke rek Bank dgn atas nama perorangan, mereka semua komplotan penipu, semoga tidak ada lagi korban penipuan seperti saya, krn mereka akan berusaha menguras uang kita dengan berbagai cara setelah kita tidak bisa mentransfer sesuai permintaannya, maka segala hubungan via fb, wa dan messenger semua dimatikan, paket itu sebenarnya bohong krn pd hari akhir utk pengiriman ke rumah tapi saya keairport intenational di Jakarta diplomat sdh tidak aktif dan hilang, bagi yg telah tertipu jgn takut lapor ke polisi dan lengkapi dgn data semua sms dan bukti transfer dan lapor juga ke bank yg dituju rek tsb, kita hanya berharap para komplotan tsb bisa ketangkap walaupun dana mrk di rek sdh kosong, paling tidak jgn ada korban lagi dan sbg pembelajaran Bank utk pembukaan rek harus jelas. Trimksh.

    • Pengalaman yg sangat berharga. Terima kasih sudah berbagi kisah ini. Salam.

      • Faniayanti says:

        Baru2 ini sy jg bkenalan di fb dgn akun issuadin bin hakim ahat.asal dr edinburgh irlandia.blasteran malaysia. Sy hanya iseng mengikuti alur cerita dia selama 20hr..dan pd akhirnya dia minta dibantu finansial krn sedang mencairkan warisan gaji alm.ayahnya di malaysia. Lumayan jg dia sampai terpancing dgn mengeluarkan no.tlp sewaktu dia msh di edinburgh +447708501106 dan no.tlp malaysia +6014027411. Seperti bisa ditebak ujung cerita begitu sy bilang tidak bisa mbantu keuangannya dan langsung sy cek akun facebooknya sudah diblokir. Sy msh punya foto2 tuan issuadin bin hakim ahat. Sy bharap wanita2 indonesia jgn mudah dirayu dengan iming2 dr mereka.pengennya komplotan mereka bisa ditangkap. Krn sy sempat bicara dgn yg mengaku menjafi ibunya.

      • Terima kasih sudah berbagi. Tetaplah waspada dalam menanggapi permintaan pertemanan dari orang. Perlu dicatat bahwa foto yg dipajang penipu PASTI bukan fotonya, tapi foto ORANg LAIN yang bisa saja tidak ada kaitannya sama sekali.
        Jadi mungkin saja foto para pembaca sekalian dipakai orang sebagai pp saat melakukan penipuan.

  12. saya baru kenalan bule tlp +447707950447 Lawson Scooter, ada yg pernah terhubung dengannya? status duda , sepasang anak, Army USA. katanya bln Juni 2016 pernah ke Sentul selama 1 bulan , memberikan pelatihan dan kursus. Awalnya chat biasa, cm saya coba ceritakan masalah penipuan online, dia marah. tp msh chat sich, cuma saya hati2 saja..Mohon saran. Terima kasih.

    • Hati2 saja…apa yg diucapkan atau ditampilkan di dunia maya belum tentu yang sebenarnya… Waspadalah menerima tawaran, janji…apalagi bila kemudian harus membayar dan semacamnya…

    • Tetap waspada dan hati2 saja , saat ini saya juga dekat dengan orang Turkey tetapi menetap di Canada , seorang dosen …tapi saya tetap waspada krn saya aja video call melalui skype menolak alasan sibuk gak sempat .

  13. saya mengalami penipuan berkedok krj d perusahaan asing perakit kapal..modus hidup sebatang kara..namanya RENO SAPUTRA khilangan jejak ibu dan anak.istri meninggal…padahal sy udah curiga saat dia munta tlg utk jaminan dia sebagai istri agar bisa putus kontrak dan keluar gajinya..utk mencari anak dan ibunya…awalnya sy nlg ngga bisa..tp..teruss memohon dan sy sampe sumpahin dia kalo dia ngga bohong atas nama tuhan ibu dan anaknya…dia blg berani iyaa..sy di suruh mnghubungi kepala HRD nya d ktor pusat…skenarionya bener2 d bikin kayak beneran..d minta foto ktp sm no rek utk tranfer gajinya.dan meyakinkan..akhirnya sy transfer 6600.000 k rek atas nama NANA LESMANA ,utk mmbuat surat jaminan katanya…trnyata blom slese..katanya si reno kapal yg mengangkut dia k batam kantor pusat dbatam rusak jd msti sewa helikopter yg biayanya mgkin ngga sedikit….krn sy udah lgsung tutup tlponya…anjriittt…sy bener2 ktipu…..tp komplotanya terus tlpon..reno juga…sy cmn bilang….kamu sudah berani bersumpah atas nama Tuhan ibu dan ankmu….hidup itu berbaning lurus sebrapa nikmat yg km daptkan dr hasil kejahatanmu..akan kamu terima lebih dr itu..sy mengutuk kamu ibu dan ank2mu..selalu mndapat masalah dan musibah..dan tuhan akan membrikan karma saat yg tepat pd waktunya….no hpnya msh aktip.081223909215.PIN BB 7C0919BE
    Bbrp minggu sy mndapat modus lg..dpwt kiriman paket dr luar negeri…ceritanya ngga jauh beda sm temen2 yg lain modusnya…barang udah sampai di sampaikan lewat email pribadi nama emailnya nita rose…sy balas emailnya …F**k You D*mn…
    D WA sy chat..WTF…WTF..WTF….
    TP si bule ngga ngerti mgkin apa itu WTF(what the f**k) msh aja chat yg ngerayu gtu….sy chat dia..jgn ganggu saya…sekali lg kamu ganggu sy sy blg sm kk sy ,kk sy polisi cybercrime….eh dia marah2..katanya apa yg dia lakukan sampe kamu ngomong polisi…sy balas sekali lg…KAMU KOMPLOTAN PENIPU ( dlm bahas english…)sy block semua akses komunikasinya…HATI2 modus penipuan bener2 canggih…kedepankan logika..mereka komplotan dr luar dan dlm negeri…

    • Hati hati wanita teman saya kena tipu oleh us army ngakunya Humphrey Bob Williams, dia bawa barang dan tertahan di Thailand, teman saya menebus $13.000 dan orang itu menghilang.
      Team kerja mereka banyak orang Indo, Thai, juga Malaysia.Danger Lady’s !be aware!!

      • Ia dia ngakunya auditor Bank di Swiss..saat ini dia terus menghubungi saya dan mengancam kalo paket yang yg dia kirim tdk di bayar 12 juta untuk bea anti teroris saya akan dipenjara jrn ada nama dan alamat saya apa yang harus saya lakukan telepon dan SMS terus saja meminta uang itu dan mengancam kalo tidak ditransfer saya akan di penjara

      • Halah…modus bu.. nggak usah dipercaya…

  14. Hari ini saya Jena tertipu sejumlah uang 8,5 juta transfer ke Ari budiansyah..awalnya saya dijanjikan akan dikirim uang dari luar negeri dan siang ini mereka meminta uang 12 juta untuk paket agar tidak discan jrn kl tau isinya uang saya dibilang terlibat money loundryan dan saya diancam akan dipenjara saya muter2 cari pinjaman tapi begitu saya sudah mentok saya berdoa kepada Allah mohon petunjuk akhirnya secara tidak sengaja saya digiring untuk membaca artikel ini apakah kalo saya tidak transfer uang 12 juta saya akan dipenjara krn begitu paket berisi uang dibuka di bandara saya akan ikut terlibat money loundryan padahal saya tidak menyetujui untuk org dari luar negeri itu mengirim uang..mohon yang tau beri saya jawaban karena pihak bandara yg SDH saya transfer 8,5 juta terus mengancam untuk segera transfer 12 jt ditunggu hari ini..tolong beri saya masukan.kalo yg sudah terlanjur saya setorkan 8,5 juta apakah bisa di lacak dari no rekeningnya ke kantor polisi?

  15. Saya mau posting photo wna yang melakukan penipuan caranya gimana yah

  16. Saya berasal dari indonesia.. alhamdulilah setelah saya baca artikel ini saya menjadi waspada karena saya baru baru ini saya diadd oleh seorang major dari us amry yg ditugaskan di Afghanistan.. kayaknya modusnya seperti jelita.. beruntung sekali saya membaca artikel ini.. terima kasih

  17. Apakah ada yang pernah berkenalan dengan nama Frank Johnson Dr UK,dia bilang mau mengirim uang lewat trf Bank langkah awal udah minta biaya admin 300 dollars,tolong chek ya

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: