Penipuan Kencan Online

Online-Dating-ScamMedia internet yang telah memasuki jutaan rumah tangga Indonesia. Internet dapat diakses dengan mudah termasuk melalui perangkat handphone dan aneka gadget pintar lainnya. Kemudahan berkomunikasi dengan dunia luar mendatangkan ancaman penipuan online yang semakin meningkat. Salah satunya melalui modus pertemanan atau kencan online.

Roby, lajang 32 tahun, seorang karyawan suatu perusahaan terkemuka di bilangan Sudirman, Jakarta. Beberapa minggu yang lalu tanpa sengaja ia berkenalan seorang makhluk manis bernama Bianca, asal Italy lewat facebook. Mereka cepat menjadi akrab dan sering bertukar foto, cerita termasuk hal-hal pribadi. Sesekali mereka bertemu secara live lewat video Skype.

Roby pun tak keberatan membelikan beberapa hadiah kecil buat si kenalan barunya. Sepertinya Bianca menyukai Roby dan ingin segera ke Indonesia. Bianca menceritakan bagaimana kerinduannya menikmati eksotika Indonesia…menelusuri pulau Bali berdua dengan Roby. Hal-hal ini diungkapkan berulang-ulang sehingga Roby pun tak keberatan mengirimkan sejumlah uang untuk biaya tiket pesawat Bianca ke Bali. Mereka akan menghabiskan beberapa hari bersama di sana. Roby pun telah memesan hotel sesuai tanggal rencana kedatangan Bianca.

Apa daya, Bianca tak kunjung datang. Roby hanya bisa menyesali kekonyolan dan kebodohannya. Ia pun hanya menceritakan kisah ini agar kejadian yang sama tidak menimpa orang lain.

Kisah Shinta sedikit berbeda. Ia berkenalan dengan seorang pria Australia juga lewat email yang nyasar ke inbox-nya. Sebagaimana banyak wanita Indonesia yang senang dengan wajah bule, Shinta girang dengan perhatian Andrew yang sering menyapanya secara romantis lewat email ataupun facebook. Walaupun pacaran jarak jauh, Shinta sangat bahagia seolah ia selalu berdekatan dengan Andrew. Entah berapa forto Andrew yang dikoleksinya.

Kebahagiaan Shinta semakin memuncak ketika Andrew berencana untuk datang menemui keluarga Shinta langsung. Mungkin ia akan melamarku, pikir Shinta berbunga-bunga. Kira-kira 2 minggu sebelum rencana kedatangannya Andrew memberi kabar bahwa ia mengirim suatu paket special untuk Shinta, langsung dari kotanya, Sidney. Paket tersebut akan tiba dalam 2 hari.

Benar saja, besoknya Shinta mendapat bukti pengiriman ‘Special Package’ lewat email. Dalam bukti pengiriman tersebut terlihat detail paket berupa berat lebih 100kg. Shinta bertanya-tanya, apa gerangan yang dikirimkan Andrew seberat itu. Dalam email yang menyertai bukti pengiriman tersebut disampaikan bahwa paket telah berada di Sidney dan akan segera dikirim setela Shinta mengirimkan uang sejumlah $700 (sekitar Rp 7 juta) ke perusahaan pengiriman barang tersebut. Metode pengiriman uang disampaikan lewat email yaitu melalui Western Union dengan kode tertentu.

Shinta yang tidak pernah menggunakan Western Union, segera meminta bantuan Desy, temannya, untuk mengirimkan sejumlah uang ke ‘perusahaam pengiriman’ tersebut. Beruntung rekan Shinta sedikit paham tentang apa yang terjadi.

“Jika kamu mendapat kiriman dari luar negeri, mestinya kamu gak perlu bayar apa-apa ke luar negeri dong. Kan semua sudah dibayar oleh pengirim di sana,” kata Desy. “Kalaupun ada yang harus dibayar, biasanya pajak atau bea masuk sesuai aturan Indonesia. dan dibayarkannya ke perusahaan di Indonesia atau Kantor Bea Cukai.”

Awalnya Shinta sulit diyakinkan bahwa ia kemungkinan ditipu. Ia merasa yakin Andrew adalah pria idamannya, pria yang baik dan tidak mugnkin menipunya. Di hari kedua ketika ia tidak juga menerima paket yang dijanjikan, ia mencoba menghubungi Andrew. Ia pun membaca artikel: Tipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri.  Ketika Shinta mencoba mengkonfirmasi, Andrew tiba-tiba hilang kontak dari Facebook. Ia tidak juga membalas email. Shinta Online-Dating-Scam1barulah sadar bahwa ia hampir menjadi korban penipuan online.

Apa yang dialami Roby dan Shinta di atas hanyalah dua di antara begitu banyak cerita korban romansa online. Para penipu dapat menggunakan cara apapun untuk mendapatkan korban. Selain berpotensi kehilangan harta benda, para korban bisa saja kehilangan nyawa akibat romansa online.

Jette Jacobs, perempuan asal Australia Barat, merupakan satu diantara banyak korban kencan online yang diekspos media. Awalnya Jette berkenalan dengan seorang pria melalui internet. hubungan online mereka begitu akrab. Sang pacar pun pernah mengunjunginya, sehingga Jette semakin yakin. Ia pun tanpa sadar telah mengirimkan lebih $80.000 (lebih Rp800 juta) kepada si pacar. Suatu ketika Jette memutuskan untuk mengunjungi sang pacar ke negaranya. Rupanya itulah perjalanan terakhir Jette. Sehari setelah tiba di negara tersebut, ia ditemukan sudah tak bernyawa di hotelnya. Pelaku kejahatan tersebut tidak ketahuan sampai saat ini.

Pertemanan online, juga berpotensi menjerat para korban menjadi pelaku kejahatan seperti menyelundupkan uang, narkoba,dan barang berbahaya lainnya, tanpa disadarinya.

Facebook_scam

Waspadai penipuan modus ‘Jenderal Bule”

Sharon Amstrong, seorang warga Selandia Baru, memutuskan untuk menemui pacar online-nya di Argentina. Dalam salah satu penerbangan mereka di Argentina, Sharon ditangkap karena dialah yang menjinjing kopor yang di dalamnya ditemukan narkoba. Narkoba tersebut diselipkan sang pacar tanpa sepengetahuan Sharon. Kisah cinta Sharon pun berakhir di penjara kelam Argentina.

Kasus-kasus di atas, bukan tidak mungkin juga sangat marak di Indonesia. Bisa jadi karena ketidaktahuan, kurangnya sosialisasi serta ketidakhatihatian dalam menjalin pertemanan. Media sosial seperti facebook dan email memang kerap menjadi media yang paling mudah (baca juga: Aneka Penipuan Facebook). Lewat email para penipu seperti mengirimkan email spam yang sering digunakan juga untuk tipuan Nigeria, demi menjerat korban.

Bagaimanapun modusnya, perlu Anda ketahui bahwa:

  • Para penipu dengan modus kenalan online, akan melakukan cara-cara yang halus untuk mendapatkan simpati Anda. Proses perkenalan bisa berlangsung lama, dan mereka akan terlihat sangat sabar dan baik. benar-benar ideal untuk Anda,
  • Waspadalah bila ia mulai ‘berani’ minta uang. Bisa saja caranya halus dengan alasan orang tua atau adiknya sakit, harus segera dioperasi dll. Atau mungkin seperti kisah Roby, yang membelikan tiket pesawat karena sangat rindu bertemu,
  • Mereka akan melakukan apa saja sampai mendapatkan uang Anda. Kedepankan logika, jangan hanya menggunakan perasaan dan simpati semata,
  • Berhati-hatilah jika si dia meminta data perbankan misalnya nomor rekening dll. Bisa saja bukan Anda yang menerima uang, sebaliknya uang Anda yang melayang pergi.
  • Jika seseorang akan mengirim uang ke rekening Anda atau meminta bantuan Anda untuk membeli sesuatu, waspadalah. Bisa saja Anda dijebak secara halus ke dalam tindak kejahatan pencucian uang (money laundering).
  • Tidak sedikit juga kasus di Indonesia, dimana para wanita diperdaya, dijadikan teman kencan, diajak jalan-jalan ke luar negeri, tetapi pulangnya dititipi narkoba, baik disadari atau tanpa disadari. Bisa dibayangkan bagaimana tragis akhir dari romansa seperti ini.
  • Dia akan mengirim paket hadiah dengan nilai besar? Wah, ini modus lama yang telah sukses menguras uang para korban.
Facebook scam

Penipuan lewat Facebook, bisa menimpa siapa saja.

Tips Menghindari Penipuan Lewat Pertemanan Online:

  • Dalam segala hal, utamakan logika dan nurani Anda untuk mengambil keputusan. Apa yang terlalu menarik, bisa saja menjadi penyesalan Anda seumur hidup,
  • Hindari pertemanan yang terlalu akrab dengan orang yang tidak dikenal,
  • Sadari tanda-tanda bahaya dalam kencan online. Misalnya bila teman online Anda mulai meminta data-data pribadi, termasuk nomor rekening, nama bank, atau nama-nama anggota keluarga,
  • Jangan pernah mengirimkan uang ke orang yang baru Anda kenal secara online, apapun alasan mereka. Tidak sedikit yang sangat lihai memancing simpati dengan berbagai cerita karangan.
  • Jangan pernah membuka email dari pihak atau orang yang tidak Anda kenal, atau pihak yang Anda yakini tidak pernah berurusan dengan Anda sebelumnya. Itu bisa jadi email SPAM yang bisa berisi virus untuk mencuri data pribadi Anda (Phising), penipuan dengan modus menang undian, permintaan uang, atau ajakan pertemanan yang berpotensi berakhir tragis.
  • Pertemanan yang baik memiliki proses panjang. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal.

Ketahui Aneka Modus Penipuan Lainnya:

Comments

  1. Jika seseorang akan mengirim uang ke rekening Anda atau meminta bantuan Anda untuk membeli sesuatu, waspadalah. Bisa saja Anda dijebak secara halus ke dalam tindak pencucian uang (money laundering).
    Untuk poin yang seperti ini, jika ada korban yang benar2 akhirnya memberi tahu nmr rekeningnya, laly uangnya terkirim, apakah pihak berwenang akan melacak korban krn dianggap melakukan tindakan pencucian uang? pdhl mungkin sj korban karena polosnya ia tidak th masalah pencucian uang. Mohon tanggapannya

  2. hei.. aq jg pernah mengalami itu; sama2 dgn modus “pelaku” sedang kesulitan keuangan. atau “pelaku” akan mengirim barang. bahkan dia mengatakan kalau brang sudah di indonesia. dan karena termasuk brg mewah jadi kena pajak dkk. dan untungnya sampai saat ini aq tidak mengalami penipuan atau mengirimkan uang ke mereka. cm memang caranya halus sekali ya.. kalau tidak teliti dari awal pasti terperangkan

  3. Asri Diana says:

    Terima kasih atas sharingnya. Informasi ini sangat penting bagi siapa saja, terutama para wanita…termasuk wanita dewasa sekalipun.

  4. memang kita para wanita harus hati -hati dan mengedepankan logika, aku pun sering mendapat in box seperti itu , mau ngajak nikah lah , mereka ulet dan tahan lama , tiap hari menyapa dengan luar biasa .., so pakai logika ya para wanita , jangan mabuk dengan kata kata lembut dan mesra yang luar biasa .., soalnya ujung ujung nya orang iseng

  5. saya kena tipu 7 jutaa. sy tidak teriming imingi dengan barang yg dikirimm,tapi penipu memintaa untuk save the box. box itu berenti di malaysiaa. courier malaysia yg bernama fadzlina binti jabbar, meminta bayaran atas bea cukai $500 kmudian RM 300 untuk bayar denda karena isi paket tersebut mengandung uang banyakk. kedua penipu itu teruss mendesakk dan memelasss dengan kata save the boxx…
    sekarang saya ingin menyelidikinya, mohon masukkannya, terima kasih 🙂

  6. Nomor HP PENIPU : 085233790940,081312202890 PIN BB nya 25C3A2B9

  7. Saya sering mendapat e-mail perkenalan dari luar, tapi males nanggapin. Pernah sih ada yang ngaku Jendral Steve Bradley dari USA tapi asal Skotlandia yang bertugas di Afganistan. Modusnya sama dengan cerita diatas dan alhamdullilah saya tidak mengirimkan uang no. rek. a/n felice lie cargo tersebut. Dan sampai sekarang orang cargo tsb. Masih nelponin.. makasih atas sharingnya..

  8. Erja Mahdany says:

    Tiga hari yang lalu saya juga menerima kiriman parcel dari seorang teman yang berpangkat Letnan Wynn Adams Tarrant yang sedang bertugas di Afghanistan. Modusnya sama dengan cerita diatas, saya diharuskan mentransfer sejumlah uang sebesar 22 juta rupiah untuk pajak parcel tersebut ke rekening seorang wanita yang bernama LUSIANA SARI DEWI ke Bank Danamon Cabang Jakarta Roxy Mas. Sampai saat ini kurir yang katanya ada di Bandara Denpasar Internasional masih menelpon saya, begitu juga dengan sang pemilik parcel masih mengirimkan email..Alhamdulillah saya belum sepeserpun mentransfer uang tersebut. Karena saya langsung mengecek rekening tersebut, dan bertanya mengenai proses terima barang dari luar negeri dan mengecek alamat email perusahaan courier tersebut.
    Terima kasih atas sharingnya…

    • Sama2… Artikel ini silahkan dishare untuk mencegah penipuan serupa terjadi pada orang lain…

    • shit, it also happens to me RIGHT NOW. saya udah transfer 4.7jt, setelahnya minta 3000dollar yang katanya untuk bayar anti terorisme declaration, karena kopernya dibawa dari afghanistan. tapi saya tolak dengan alasan gak ada uang segitu. skrg katanya kopernya mau di daftarkan ke UN, dan butuh biaya 500dollar. tapi aku masih mikir2. untuk ketemu link ini di internet, itu pun gak sengaja.
      ini no. kurirnya 085718505492 orangnya(katanya) masih nyangkut di Bali.

  9. suginah utomo says:

    Hai nama saya Gina, saya baru saja mendapat telp dari courrir agen pengiriman barang dari luar negeri (Afganistan), untuk menerima kiriman tersrbut. Tapi karena saya tidak tau apa2 tentang proses dan tatacara penerimaan paket tersebut, maka saya buka media ini untuk mencari tau, bersyukur banyak pengalaman teman2 yg serupa dengan kasus saya ini, tapi disana tidak saya temukan permintaan apapun kecuali diberitahukan kpd saya bahwa nanti akan ada beaya pajak utk penerimaan (bea pajak) yang pengirim sendiri tidak tau berapa biayanya, apakah ini juga sebuah penipuan? Jika iya, apakah yang harus saya lakukan, sementara alamat dan identitas saya sudah terlanjur di pegang mereka, apakah nantinya saya akan kena dampak,atau hukuman meski saya belum melakukan apa2 dari pengiriman tsb? pengiriman sampai hari ini. Jika bukan penipuan mohon dan tolong tunukkan proses dan tata cara penerimaan tersebut. Saya tunggu jawaban anda. Thank
    .

    • Hello Gina, dan teman2 lain yang mengalami hal serupa.
      Sudah benar tindakan Anda untuk tidak menggubris email/telepon yang meminta Anda membayar biaya atas paket yang dijanjikan dikirimkan oleh orang-orang yang baru Anda kenal online. Jangan pernah membayar apapun, walau mereka menggunakan dalih atau ancaman macam-macam. Anda pun tidaklah melanggar hukum, jadi tidak perlu kuatir. Jika Anda telah memberikan email atau nomor telepon, dapat dipastikan bahwa para penipu akan menghubungi Anda lagi, bisa saja menggunakan modus berbeda atau nama samaran lain.
      Aturannya tetap sama: Jangan digubris! JAngan pernah membayar apapun.
      Jika Anda merasa sangat terganggu, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk mengganti alamat email atau nomor handphone Anda.

  10. Saya rakyat kecil hanya Dari salasatu TKI TKW di timur tengah. Sebelumnya saya berniat akan membayar tebusan sawah saya di kampung yang di gadaekan kepada orang. Disamping adanya oln saya niatku semua gagal oleh sebab uangku semua habis di saring oleh petugas diplomatic bandara international Bali. Untuk pembayaran kiriman paket hartakarun tunai 2 juta dolarr amerika serikat.yang akan di kirimkan ke alamat orangtuaku di Indonesia Dari Negara Afghanistan.yang mengaku dirinya sebagai tentara amerika sedang bertugas di Afghanistan. Bahkan kini pembayaranku belum selesei di wajibkan bayar denda.alasan terlalu lama dalam jumlah lebih banyak lagi.dan saya telah berjanji padanya akan saya sanggup membayar denda padanya pada tanggal muda ini. Beruntung saya sejak beberapa hari ini curhat dengan teman di Indonesia Dan mereka megabari saya tentang fiktip.ternyata benar benar keterlaluan dasar penjahat biadab.uangsaya yang sudah melayang tidak akan berkah untuk di makan oleh mereka.karena saya pula betapa susahpayah mencari uang lelah tiada terkira

  11. Wah saya jadi tahu sekarang beberapa hari ini saya sering mendapt pesan yg ngakunya bertugas di UK Army allepo, manis banget kalimatnya tapi sejauh ini hanya minta nomor hp saja tentu saja saya tidak memberinya, tapi anehnya dia kirim email ke saya alamat emailnya iinfo567@yahoo.com, tolong bantuannya itu alamat email apa thnks sebelumnya

    • Yg jelas ini salah satu modus penipuan. Sebaiknya segera tandai email tersebut sebagai spam supaya tidak memenuhi inbox Anda dengan jeratannya. Karena email Anda sudah diketahui para penipu, dapat dipastikan Anda akan menerima email2 serupa dengan dari alamat2 email yang berbeda-beda. Bila email2 tersebut mengganggu Anda, segera ganti email Anda dan jangan berikan kepada oang yang tidak anda kenal baik.

      • Bunda Rissa dan Willy says:

        Turut prihatin yg sudah jd korban…
        Sy sering dpt inbox para lutung keling itu, tp dr awal sy sudah tau itu penipuan. Kbetulan sy punya kwn yg aktif mengkampanyekan romance scammers, jd sy sudah antisipasi dr awal.
        Hr ini sy ngerjain si lutung keling Nigeria, biasa dia memakai foto bule, dan merayu abs2an, sy blg kl sy tdk suka pria bule, sy lbh suka pria Afrika (pdhl sy jijay bgt, hanya jebak dia). Bodohnya dia kejebak dan sy tau wajah asli si lutung….
        Psn sy, yuk jd wanita yg cerdas, jgn mdh dibodohi lutung2 item itu…

      • Terima kasih Bunda Rissa & Willy. Tetap semangat berbagi info tipuan pertemanan online ya bu. Pasti akan sangat membantu banyak orang.

  12. Bunda Rissa dan Willy says:

    Maaf Admin, sy ijin share link utk waspada penipuan di dunia maya terutama di FB.

    https://m.facebook.com/profile.php?id=325636734151185&refid=12

    https://m.facebook.com/WaspadaPenipu?refid=12

    Silahkan dibuka dan di like ya.
    Terimakasih….

  13. Sy berkenalan dgn wanita cantik asal inggris, perkenalan sudah berjalan sekitar satu minggu lewat facebook dan email. Dia berencana ingin menitipkan uang untuk membeli property di indonesia dan mengembangkan bisnis disini. Lalu dia tanpa diminta akan membelikan baju salah satu club sepakbola yang aku suka, termasuk jam tangan emas dan barang berharga lainnya dan uang tunai dalam paket tsb senilai USD $84.000,- serta seikat bunga tanda cintanya yg tumbuh selama seminggu kami kencan online, dia mengatakan simpanlah sisa uangnya sampai aku dtg ke indonesia, untuk pembayaran hotel dan sewa mobil selama di Bandung.
    Tak lama setelah dia mengatakan sudah ditelepon belum oleh pihak jasa pengiriman barang? Aku jwb belum…selang 2jam kemudian ada pihak yg menelepon saya dengan nomer 085781449021 dan dia mengatakan ada kiriman dari Inggris tapi paketnya akan dikirimkan setelah saya membayar biaya tax dan pengiriman sejumlah USD$ 900′- woooowww.
    Lalu aku konfirmasi ke si “temanku” di Inggris dan dia meminta aku dulu yang membayarnya, lalu katanya didalam box paket aku bisa mengambil uang untuk ganti biaya yg sdh aku keluarkan.
    Aku coba membuka website jasa pengiriman dan mengecek nomer ID barang yg dikirimkan tapi gak kunjung kebuka.
    Aku mulai ragu, lalu meminta pihak jasa pengiriman tsb untuk mengirimkan saja dulu barangnya dan aku akan bayar ditempat, namun pihak jasa paket keberatan dan harus tetap ditransfer saat itu juga…
    Lalu aku coba membuka website ini untuk mengetahui prosedur penerimaan paket internasional, ternyata sudah banyak kawan” yang mengalami hal serupa.
    Alhamdulillah aku ga sampe terjebak oleh tipuan cinta wanita bule tersebut.

  14. baca ini gan, penting!! hasil pengalaman dan penelusuranku tentang seorang penipu media sosial, tolong di shared lagi ya gan biar masyarakat indonesia tidak menjadi korbannya

    http://sandinaora.blogspot.com/

  15. trima kasih atas semua penjelasannya, hampir saja saya tertipu

  16. sekarang ini saya sedang mengalami proses penipuan tersebut, orang mengaku bernama Oscar Barry warga Amerika yang bertugas di Afghanistan..awalnya dia sering kirim pesan mesra..bahkan dia mengajak menikah..rayuan mautnya itu bisa membuat wanita terpedaya, dia berjanji akan mengirim harta karun sebesar 3 juta dollar.. untuk dititipkan ke saya dan akan diambil bulan depan sekalian datang untuk melamar dan ingin menjadikan saya sebagai isterinya…beruntung teman pernah cerita tentang penipuan ini dan saya sudah antisipasi tapi iseng saya kerjain dia sengaja saya kasih alamat palsu dan no telf saya yang sudah tidak aktif,dia senang merasa hampir berhasil misinya menipu saya..padahal dia yang saya tipu (dengan kasih alamat dan no.telf palsu)..heheheheh…alhamdulillah saya masih terselamatkan…

  17. Saya banyak menerima spam yang masuk dalam email saya, mungkin awal timbul rasa tidak curiga, karena hari-hari saya dikantor selalu berhubungan dengan rekan bisnis melalui email. tanpa sadar email yang msuk adalah spam, karena sangat menggangu saya penasaran untuk membukanya dan kemudian akan menghapusnya setelah tahu isinya tidak penting. tapi ketika saya membacanya bahwa ada seorang wanita asal rusia ingin berkenalan dengan saya..
    Karena saya tidak merasa curiga, saya membalas perkenalan wanita rusia tersebut… awal perkenalan tersebut cukup baik-baik aja hingga dia menceritakan kesulitan hidupnya dan keinginannya untuk melanjutkan studynya di indonesia. kita berkomunikasi hanya sebatas email, dan dia tidak cukup banyak waktu untuk berlama-lama waktunya hanya 15 menit untuk dapat menggunakan PCnya..saya tidak mengerti apa maksudnya..
    Perkenalan itu sudah berjalan 1 bulan dan dia selalu mengatakan bahwa dia ingin sekali bertemu dengan ku di indonesia.. tapi ada kendala yang dialaminya dengan kepengurusan visa dan paspornya. dia minta tolong kepadaku untuk meminjamkan uang kepadanya untuk visanya karena visanya sudah habis masa berlakunya…dia juga mengatakan kalau aku mengirimkan uang jangan ditransfer tapi melalui jasa pengiriman uang …untungnya saya tidak bodoh, emangnya cari uang itu mudah bos… dia meminta 500 USD. mulai dari penolakan untuk tidak mengiyakan kenginannya, dan masa bodo dengan rayuannya…

    Buat teman yang pria-pria, saya mo berbagi buat info: kalo kalian mendapat email nyasar dari cewek cantik asal rusia tolong jangan ditanggapi, bila perlu maki-maki aja. seperti yang saya lakukan padanya… memaki-makinya…

    Nama penipu tersebu adalah : ELENA TOKVENKO, ELENA PETERNKO,dan lain-lain
    asal : Rusia, Leninsky st.petersburg
    email : marshalady1010@gmail.com, marshalady1012@gmail.com, elenablond474@gmail.com.elenablond475gmail.com,elenablond476@gmail.com, elenapetresburg123@gmail.com.

    Nama samarannya banyak sekali… untuk fotonya kalian bisa cari digoogle dengan mengetik : elena tokvenko
    dan saat ini saya sedang melacak keberadaannya. bagi pengguna facebook hati-hati saat ini dia sedang melancarkan tipu muslihatnya melalui jejaring sosial FACEBOOK.

    Sudah banyak korban dari wanita ini…salah satunya akunnya Elena Rus

    Guys…hati – hati

    • @Milo: Terima kasih informasinya, serta tipsnya. Pasti akan sangat berguna untuk mencegah terjadinya penipuan serupa…

      • guys gw minta perkembangan informasi mengenai Elena Tokvenko, atau Elen Petrenko. gw kehilangan jejaknya, terakhir dia beredar di facebook filipina, singapura
        bagi yang punya info tolong dishare ya…trims

  18. tanggal 14 Maret ada orang masuk ke fb saya,minta kenalan namanya Engineer Jackson Williams warga amerika tugas di Chevron UK di riq. pertama perkenalan permainan kata-kata, kemudian berlanjut dia mulai merayu saya mengatakan akan investasi di indonesia, dia punya banyak uang hasil perjanjian di Qatar. dan uang itu akan dia bawa keindonesia. dia mulai merayu saya, dan saya benar-benar bodoh saya berikan alamat saya nomor HP saya. dan setiap hari dia menelepon saya dengan kata-kata manis, tanggal 9 April 2014 dia bilang uangnya akan masuk ke indonesia dibawa oleh diplomat bernama Danny Johnson. tanggal 11 April pagi saya di telepon, bahwa diplomatnya sudah ada di jakarta dan membawa barang, kalau sampai jam 5 sore bea pengiriman tidak dibayar, maka barangnya akan disita karena kasihan dengan Engineer ini, saya kirimkan uang jaminan Rp. 7.000.000 juta rupiah dari Rp. 20.000.000,- yang diminta. dan mereka menunggu 13.000.000,- sampai besok siangnya. uang itu diikirim ke rekening felice lie cargo di bank mega jakarta. malamnya saya buka internet dan saya dapat bahwa itu semua penipuan. saya telepon di Engineer Jackson William, dia tanya ke saya, saya lihat dimana bahwa dia menipu, saya bilang saya lihat di di internet. Besoknya dia masih sms saya, dan saya minta kembalikan uang saya dia berjanji akan mengembalikan uang saya tapi sampai saat ini uang saya tidak pernah kembali. nomor hp. dari si enginer jackson william adalah +447512860638 (UK-riq cvhevron Company) dan nomor hp wanita penerjemah yang bicara dengan saya +6285692073729 dari bicaranya sepertinya orang indonesia. dan nomor rekening saya transfer uang adalah 01-077-00-20-12557-9 atas nama felice lie cargo.Rp. 5.000.000 lewat trasfer bank dan Rp. 2.000.000,- lewat transfer ATM. saya cuma mau tanya……..kenapa mereka bisa buka rekening di bank mega? siapa mereka sebenarnya ? Tuhan pasti mengejar mereka. saya yakin, mereka pasti akan menerima kutukan dahsyat dalam hidup mereka sampai anak cucunya 7 turunan.

  19. Klik blog aku di http://agustinetutut.blogspot.com

    Atau page aku di : https://www.facebook.com/pages/RomanceDating-Fraud-Penipuan-Berkedok-Cinta-di-Internet/325636734151185?fref=ts

    Dapatkan info-info mengenai scammer/penipu berkedok cinta di internet. Silahkan untuk share informasi atau pengalaman anda disana. Ditunggu, thank you.

  20. Nina Flamboyant says:

    saya pernah mengalami hal yang sama…., awal tahun 2012 saya terkaget2 ketika mengecek inbox ada beberapa pesan dari orang2 yang bukan teman FB saya (masuknya ke “others”).. saya baca satu persatu.. mereka mengajak kenalan, ada yang berprofesi dokter, engineer dsb.. (saat itu saya belum tau yang namanya kejahatan “Nigerian Scammer”), akhirnya satu yang saya balas.. karena bahasa Inggrisnya bagus (itung2 belajar gratis) , dia ngga merayu setinggi langit… kata2nya biasa saja …, mengaku dari UK berprofesi sebagai engineer, duda beranak 1, tak terasa sudah berjalan 4 bulan.. dia berniat datang ke Indonesia, menengok saya sekaligus melamar…, dan sebelum dia datang dia sudah mengirim paket yang berisi laptop, kamera dan semua keperluan dia selama di Indonesia, saat itu saya belum curiga.. menurut saya bodo amat dia mau kirim barang toh saya ngga minta, dan diselingi pesan dari dia, kalo dia menyelipkan uang yang fantastis jumlahnya… . Saya tidak begitu terperangah.. karena saya pikir mana ada orang belum kenal sudah kirim uang begitu banyaknya. Beberapa hari kemudian ada telepon dari seseorang (perempuan) yang mengaku kurir jasa pengiriman barang di Medan, saya diharuskan bayar 18 juta rupiah karena barangnya tertahan di bandara, dg sedikit ancaman jika tidak cepat dibayar… akan terkena denda. Saya tanyakan langsung ke si Bule… katanya “bayar aja honey nanti toh kamu bisa ambil gantinya di dalam paket ada uang yang sangat banyak”. Saya terheran2 kok bukannya bela saya .. malah bela si petugas pengiriman barang. Dia menghiba2… agar saya membayar karena takut barang + uang nya akan hilang. Saya bilang ngga punya uang… petugas kurir tanya punya uang berapa…??saya bilang 1 juta. Si petugas menyuruh transfer… dan saya transfer atas nama (lupa saya) perempuan via BCA. Tidak berapa lama si kurir telpon lagi dan mengatakan bahwa uang masih kurang 17 juta. Saya marah dan saya bentak si kurir.. “kemaren bilang 1 juta bisa.. sekarang bilang masih kurang 17 juta, wah jangan2 ini penipuan” kata saya.
    Tak berapa lama si Bule .. inbox saya nangis2, dan menyalahkan saya, katanya saya ngga bisa dipercaya dan rayuan gombal lainnya. Saya bilang.. ” kalo untuk menerima barang dari dia saya harus keluar duit 17 juta mending saya ngga usah menerima apapun.” si Bule marah2 dan memaki2 saya.. saya heran, kemana tuh rayuan gombalnya selama 4 bulan terakhir ??) saya hubungi beberapa teman saya dan saya ceritakan masalah ini (ternyata ada beberapa teman saya yang pernah mengalami hal serupa… yakinlah saya sekarang kalo saya sedang berhubungan dg Nigerian Scammer). Tak rela saya dimaki2 dengan kata2 kasar… saya ngga kehilangan akal saya gertak tuh si Bule.., saya bilang bahwa ” teman saya sudah cek langsung ke Bandara di Medan, ke bagian Cargo menemui Bapak Kepala langsung, dan beliau berkata bahwa ‘tidak ada paket dari UK atas nama si Bule X’ ” . Ternyata gertakan saya berhasil, tak berapa lama FB saya diblokir sama si Bule… tapi FB nya saat itu masih dan sempat saya kerjain beberapa kali. .. hehehe….

  21. Aq beruntung dan selamat dr penipuan kencan online setelah membaca situs tips ini. Aq akn bercerita pengalamanku yang bisa bermanfaat. Awalnya aq iseng ikut kencan online di Indonesia Cupid,dr sekian laki2 yg suka sm aq, ada beberapa pin bb yg aq invited n ada jg contak lwat email. Ternyata begitu byk kejhatan disitus itu,sebutlah zaki salah satu cwok yg tertarik sm aq. Cakep orangnya dr awal dy lgsng akrab n panggl aq syg segala, untungnya aq orgnya g gmpag percaya trnyata benar setiap hr dy mt foto porno,aq jelas menolak,ada jg yg cm bbman porno jg, ada jg mt di invited giliran aq invited eh sombongnya mt ampun,akhirnya aq deltcount mereka krn g jelas n buang2 wkt sj. Ada yg lebih tragis aq kenalan dengn byk bule yg suka sm aq, n aq pilih satu bule namanya philip michle setiiap hr kt berhubungan lewat email dy krm foto n foto anaknya spy meyakinkan, rayuannya selangit akn melamarku dtg ke indonesia awlnya aq percaya. Seperti orang pacaran yg sedang jtuh cinta aq percaya semuanya . Bagmn tdk percaya dr foto dy bkn tampang penjahat, bahasa nya sopan halus, n meyakinkan, hampir 3 bln kt brhubungan, dy berniat dtg ke indonesia akhirnya aq ks tw keluargaku klo bule itu mw dtg mreka gmbira,n apa yg terjadi sungguh aq dibukakan mata ini jg berkat doaq slama ini mhon slalu ptujuk, n benar philip itu mengarang semua cerita bhw dy mw dtg tp singgah dimalysia krn ada bisnis yg hrs diurus tb2 dy telp aq pake no mlaysia klo dy ada masalah n ujung2nya mt kiriman uang sebesar 16 jt? Hah aq kaget aq lgsg ingat klo ini penjahat tp aq smpat shock antra percaya n tdk, dy menagis n memaksa awalnya secara halus aq sruh dy berdoa, tp smua tdk mask logika akhirnya aq py akal mt alamatnya dy dimalysia. Bhw aq bilang ada pamanku dimlaysia mreka polisi n pengacara sp tw bs menolngnya.tdk tgu berapa jam tp 10mnit dy tdk balas. Lgsng aq maki2 dy fuck you gangster..dy msh berkelit. Akhirnya aq smpat shok n menangis laki2 yg slma ini sdh aq anggap laki baik ternyata penjahat,beberapa hr kmudian dy msh krm email n sms tp aq bls maki2. Ini semua pelajaran buat wanita jgn pernah percaya rayuan n berpikir smart,sedangkan dengan org yg jelas didpn mata kita msh bisa menyakiti apalagi didunia maya. Sp tau kalian liat email philipmichael1963@gmail.com..,itu adalah komplotan penjahat.hati2 perempuan

  22. Saya pernah dpt bbrp message dr ‘org bule’ melalui fb messenger. Biasalah…penuh dg kata2 gombal. Krn tujuan saya ingin praktek bhs inggris, jd saya ladenin aja. Tp mmg kita hrs tanggap dan waspada. Salah satu dr mrk krm foto dg pakaian dinas US Army dg pangkat Letjen. Jg krm foto anaknya, plus kata2 gombal mau kawin. Siapa juga yg percaya org mau kawin dg hanya kenal lwt messenger. Sy smpt chatting jg lwt YM dg id dia : jim_page@yail.com. Buntutnya blg mau krm uang dlm jmlh bnyk lwt Diplomatic Immunity Courier Service. Begitu ‘diplomat’ yg bawa brg itu ktnya udh di Jkt, tlp saya dan blg klu saya hrs bayar 25jt spy brg nya bs keluar dr bandara dan diantar ke saya. Saya alasan gak bisa transfer lwt m-banking, gak bisa ke ATM krn lg hujan dan alasan2 lain smp akhirnya dia bosan dan stop tlp saya hehehe. Yg saya heran, foto2 siapa yg dia krm ke saya krn beneran pake seragam US Army n orgnya tampangnya baik banget.

  23. saya juga pernah mendapat inbox di fb dari seorang wanita indonesia yang bersuamikan bule (inggris) dan mengaku suaminya baru meninggal, dan dia mengatakan bahwa ada dana yg besarnya sangat fantastis. keluarga si wanita ada di indonesia akan tetapi ibunya sudah tua dan tidak mampu untuk melakukan hal tsb….. lalu dia meminta saya bersedia menjadi penerima uang tsb melalui kurir seorang diplomat dengan imbalan persentase dari dana tsb. krn dia dihalang2i oleh keluarga suaminya utk membawa dana tsb kembali ke indonesia padahal dana ini berasal dri warisan suaminya yg meninggal dari jerih payahnya selama hidup. dia memberi kontaknya agar saya menghubunginya, akan tetapi saya yg suruh dia hubungi saya. akan tetapi smp saat ini dia jg blm hubungi saya, apakah ini jg termasuk penipuan spt itu? mohon penjelasan…. trims

    • Dari modusnya, dapat dipastikan ini bakal berujung di penipuan. Apalagi bila selanjutnya ia mengatakan telah mengirim uang ..tetapu harus bayar pajak dll.. Silahkan saja dia mengarang cerita, tetapi JANGAN pernah mengirim uang dengan alasan atau janji apapun. Korbannya sdh sgt banyak.

  24. Sy juga mau cek sudah seminggu terima email perkenalan terus rayuan kirim foto lagi nama Joe Danny no.phone 447937430244 dari UK asli Amerika tapi sekolah dan kerja di UK. Insinyur, duda anak 2 wajahnya agak latin kuliah di Huron University USA in London, kalau ada yg tau penipuan atau bukan

  25. ada yang tau ga orang ini penipu apa bukan? namanya Habib Jake asal UK, duda anak 1. dia memaksa saya untuk menerima hadiah dari dirinya. tetapi saya harus bayar biaya pengiriman sekitar 700 USD. tolong infonya ya.. thx..

  26. saya juga sdh 2 minggu terima email & YM perkenalan, namanya Duncan Lawson (dun_lawson101@yahoo.com), ngakunya dokter dari UK, dia ngasi no. tlp +447035930759 dan +447423557545, stlh saya cek foto profilenya di http://www.tineye.com, ternyata ada di beberapa situs social media lainnya dengan nama yg berbeda-beda, stlh sy baca blog ini sy tinggalkan, bisa jadi penipuan, mohon infonya kalo ada yg tau.

  27. Thanks buat info nya.saya juga baru 4 hari ini kenal yng katanya bekerja sebagai tentara US di siriah.sama dengan cerita teman di atas dia juga minta copy passport, telp, dan alamat dengan ceritanya dia ada uang dari perang dan ingin saya yang menyimpannya.singkatnya Dia kirim bukti via email juga,bahwa sudah kirim uang berupa box melalui agent UN, dan kmrn brg datang tapi sy di suruh ganti biaya $1500..saya pikir ini aneh banget ne, orang kirim brang kok malah harus byr.Sampai dengan hari ini itu co dan para agent masih suruh saya kirim.
    Yang mau sy tnyakan, itu passport emang mau di buat apa? Apa nantiny masalh buat saya.thanks

  28. terima kasih ini barusan dapet dari africa development bank kug email e ke spam teruss.. jadi curiga makasih yaa,…

  29. share dong..ni ada juga yg masuk di beetalk..nama nya willy ngaku nya kerja di pbb gaza..sempat telponan pake nomor luar negeri..dan dy menjanjikan mau kirim uang..
    tapi sy tolak karena banyak penipuan juga…

  30. Terima kasih banyak ya karena saya banyak mendapatkan informasi disini. saya baru saja mengalami kejadian yang serupa. beberapa minggu ini saya berkenalan dengan seorang bule asal UK. Dia kirim pesan lewat akun LinkedIn saya, namanya James Miles. ngakunya dia kerja di Amey construction. Emailnya johnmilesmillion@yahoo.com dan no telponnya : +44-8719743884, rayuannya selangit. Tapi dari awal saya udah curiga, sepintar2nya penipu pasti ninggalin celah juga. makanya saya juga rajin cari informasi seperti ini dan saya balik ngerjain dia sampai akhirnya dia stop kirim email ke saya karena mungkin sudah mulai kesal. saya juga ada bebarapa fotonya, Saya juga pernah mengalami hal serupa tapi kali ini pelakunya orang Indonesia sendiri. jadi saya sudah peka dengan penipu2 seperti mereka ini. dimana ya saya bisa share cerita dan foto penipu ini supaya bisa berguna dan bermanfaat buat yang lain? makasih infonya

    • Silahkan kirim cerita Anda dan foto2 tsb ke howmoney.indonesia@yahoo.com. Pasti akan bermanfaat bagi pembaca lainnya. Terima kasih.

    • Wah seminggu yg lalu saya juga dapet email dari johnmilesmillion.com yang juga ngeAdd dari akun LinkedIn saya. Saya juga udah curiga dari awal abis gak lazim dan secepat itu ngungkapin sayang and cinta. Awalnya masi saya ladenin cuz penasaran juga ampe mana dia mo nipu tapi lama2 males juga cuz buang2 waktu…so girls hati2 ya jangan sampe kena tipu ama yang model beginian.

    • Dear Ria,

      Saya juga di message melalui linkedin oleh org yg bernama John Miles email johnmilesmillion@yahoo.com nomor telp ++448447742664 , ngaku kerja di amey construction engineer, dia akan bercerita bahwa dia ditinggal meninggal sama istrinya. Sama gak? ehmm, aku lagi kerjain balik nih =)

      • Hai Ica,
        Kamu juga lagi berkomunikasi ya sama John itu?
        Aku juga nih, beberapa minggu lalu dia kirim message di akun LinkedIn.
        Kata-kata manis banget ya, dia memang bilang kalo istrinya meninggal.
        Tuker informasi yuk, biar kita bisa kerjain dia hihi

      • OMG beruntungnya kita ngga ampe ketipu ama tuh bule stress,,hahahaha,,saya juga dapat email dari johnmilesmillion@yahoo.com ceritanya sama istrinya meninggal,,kerja di AMEY plc,,untung nanya se mbah google dan ketemu disini,,Ica,Ria boleh tuh dikerjain balik,,,

  31. Makasih infonya..
    Bermanfaat sekali.. 🙂

  32. Terimakasih teman2, setelah membaca artikel ini saya jadi tersadar. Sebenarnya sudah sebulan ini saya berkenalan dengan wanita asal Arab, di akun facebook bernama Taima Aishya dia mengirim uang sebanyak 2jt dollar. Besok rencana kiriman tersebut sampe. Akan tetapi dia sdh meminta alamat rumah saya, Fc KTP, alamat email dan no Hp. Apakah data2 itu akan disalah gunakan. Padahal saya belum melakukan transakasi apa2. Salahkah saya akan kekuatiran penyalahgunaan data2 saya. Terimakasih sekali bisa berbagi. Salam

  33. Haloo teman2 semua…
    Saya ada cerita penipuan menarik nih, yang barusan saya terima sore tadi tertanggal 13-03-2015. Berikut isi pesannya:

    Dewi Trisnawati
    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    Saya minta maaf memilih media sosial ini untuk menghubungi Anda. saya lakukan hal ini karena Saya pikir ini cara yang lebih mudah untuk berkomunikasi dengan Anda,Saya tahu Anda akan terkejut saat menerima pesan dari saya, karena kita tidak mengenal satu sama lain dan,namun saya sangat membutuhkan bantuan anda.
    Saya melihat profil Anda dan hati saya merasa yakin Anda bisa dipercaya untuk membantu saya dalam menerima dana saya sampai saya kembali ke indonesia,Ijinkan saya untuk memperkenalkan sedikit tentang diri saya sehingga Anda akan memahami saya lebih jauh lagi.
    Nama saya adalah Dewi Trisnawati, saya berasal Indonesia tapi sampai saat ini kita berkomunikasi ini saya tinggal di london. Saya menikah dengan seorang warga negara Amerika Serikat dan memiliki satu anak perempuan. Suami saya adalah satu dari sembilan penumpang yang meninggal pada 7 Juli 2013 kecelakaan pesawat di Alaska Amerika Serikat.
    Ayah saya adalah seorang warga negara Indonesia, tapi dia tinggal di Singapura dan ia bekerja dengan sebuah perusahaan konstruksi, Dia menikah dengan seorang wanita Bristish, yang bekerja di perusahaan yang sama dengan dia di Singapura maka dan mereka memiliki seorang putri, itu adalah aku – Dewi. Saya adalah satu-satunya anak dari orangtua saya, mereka bercerai dan maka ibu saya merencanakan untuk membawa saya bersamanya ke london tetapi ayah saya membawa saya Bersamanya, saya hanya tinggal dengan ayah saya. Beberapa tahun kemudian, ayah saya pensiun dan kami pulang ke Indonesia, saya tinggal di Indonesia sampai saya dewasa
    Beberapa tahun setelah tinggal di Indonesia, ayah saya meninggal bertengkar tentang masalah properti dengan adiknya. Setelah ayah saya meninggal, hidupku menjadi tidak nyaman karena paman saya menolak untuk menjagaku Jadi, saya memutuskan untuk kembali ke Singapura dan mencari pekerjaan. Kemudian saya bertemu dengan suami saya seorang warga negara Amerika, yang pada saat itu perusahaannya dari Amerika Serikat megirim beliau untuk bertugas di Singapura. Setelah dia selesai tinggal di Singapura, dia membawa saya untuk tinggal di london dan di sana kami hidup berbahagia sampai pada kecelakaan pesawat yang membawaku jauh dari suami saya.
    Setelah meninggalnya suami saya, kerabat suami saya ingin aku dan anak saya untuk menderita, karena ingin mewarisi dan menguasai seluruh aset rumah dan juga termasuk kompensasi finansial dari perusahaan pesawat udara untuk almarhum suami saya sebagai kompensasi. Tapi mereka tidak tahu bahwa ada sebuah dana pribadi yang suami saya telah sisihkan untuk putri saya dan untuk kelanjutan hidup kami,dan jumlah uang yang beliau sisihkan mencapai($ 3,700.000), saya telah memutuskan untuk memindahkan uangnya tersebut ke negara saya Indonesia. sebelum orang asing ini akan mengambil segala sesuatu dari saya
    Saya mohon bantuan Anda untuk membantu saya menerima dana ini dan simpan di Indonesia, karena saya ingin kembali ke negara saya. itu sebabnya saya menncari waktu untuk menulis ini kepada Anda secara pribadi, Saya menunggu balasan Anda sesegera mungkin.
    Anda dapat menghubungi saya di saluran telpon:+447784-788739 atau +447031876861.
    saya tunggu balasan positif Anda,senang berkenalan dengan anda.
    Walaikumsalam,
    Dewi Trisnawati
    Dapat dipastikan ini adalah penipuan juga…

  34. Wah ternyata nama jhon miles terkenal jg sbg penipu :D…sy jg dikontak sm si jhon dr UK ini ngaku kerja di amey construction, duda 44 thn, istri meninggal 8 bln stlh pernikahannya krn kanker, tdk punya anak, anak tunggal dr orang tuany, br kontak dgn perempuan lagi stlh istrinya meninggal…kesepian berharap bs memiliki keluarga dan anak bersama sy ..ya kurang lebih spt itu…awalny invite via linkedin krn setau sy linkedin resmi kbykan para pekerja yg punya utk cari kerja dan jaringan dan jhon ini jg berteman dgn tmn saya ya sy accept ..bsknya kontak sy via inbox ingin kenalan dan sdkt memuji..sdkt info biodatanya dan minta alamat email sy…sy sdh mulai curiga krn tmn2 bilang utk iseng dan bls emailny utk liat mau apa orang ini..akhirnya email berlangsung 2 minggu…krn lama2 males dan bosan…sy tembak lgs minta foto dia sm istrinya, orang tua dan perusahaannya..mungkin krn jhon ini merasa sdh kena skak mati sm sy..bingung takut ketauan…uda dech email sy ga dibls2 :D…kl bs sy jg mau upload foto2 jhon miles yg dia kirim ke sy supaya orang lain bs berhati2…

  35. Malam,..thanks ud di balas oleh HMI.
    Sy mau tnya dengan teman” ada yng kenal ga sama Rich ricardo ngaku nya punya anak 1 ne tinggal di london kerja manager kontraktor, sy kenal baru 2 bln melalui media interpals.net dan berlanjut ke Fb..tapi ini tiba2 baru saja dia menghilang dri daftar contac friend di facebook, stelah sy di suruh buka email yng sblmnya dia minta email saya krn I dia ingin menunjukkan bukti prjanjian kerjasama dgn malaysia.apa maksudnya ya tiba2 hilang dan keliatanya nama sy di fb di blokir, apa ga masalh juga sy kasih email sy.thnks yaaaa

  36. Saya juga sekarang jg lagi berkenalan ma cewek bule rusia. Awalnya jg dari situs perkenalan cupid.com singkat kata aku knalan ma tuch bule. Ini hati melayang2 brooo… dia kirim email tiap jam antara jam 2-3sore. Dia kirim fotonya…biyuuuuhhhh ayune ra eram eram. Dah sebulan ini komunikasi. Smakin2 smkin deket aja. Sampe botak ini kepala gra2 balesin emailx pke bahasa inggris…. ini saya lg ngegombalin doi…. sekalian belajar bahasa inggris gratis gt. Kl ujung2nya nipu kayak si john ma elena,aku cut ae. Oh y trims ya atas infone…..

  37. Awal bulan April ini saya diajak berkenalan via fb messenger dengan bule bernama Brian Whitly, ngakunya dari Scotland, kata-katanya manis, dia dia bilang hari ini akan kirim hadiah buat aku (awalnya aku menolak, tapi dia maksa terus, akhirnya luluh deh kukirim alamat rumahku), penipu atau bukan ga ada salahnya waspada, apalagi setelah baca pengalaman teman-teman di sini. Kalo ada yang pernah kenalan dengan orang yang sama, please share ya…

  38. Saya prnh ditipu cow, yg ngaku pelaut, ini org indonesia
    Hati2 klo kenal cow di medsos ngaku sbg pelaut n kerja di pertamina

  39. Terima kasih infonya. Sangat bermanfaat. Ada yang tau nama facebook philip larm clarck?

  40. Saya skrg lg bingung nih..ada bule rusia namanya timothy..ngakunya dia insinyur bid perminyakan..nah dia ada projek di malaysia..terbang dr US transit ke china trs sampe di malaysia..sampe di malaysia dia telp pake no malaysia..tiba2 bsknya dia ksh khabar klo kartu atmnya gak bisa dipake krn bermasalah..bisa aktif dlm wkt 48 jam..nah dia minta pinjam uang saya untuk hotel n makan sebesar 2000 USD..saya bil mana ada saya uang segt..trs turun2 menjd 1500..trs 1000..trs akhirnya 300…nah dia pake krm ft pasportnya ke saya..tdnya srmpet percaya krn kasian..tp yg aneh dia minta di krm uang 300 USD itu ke norek pegawai hotel wanita wni tpt timothy nginep..an Yulia ningsih 4960100759167cimb niaga..krn katanya norek dia sendiri lg gsk aktif sampe kurun wkt 48 jam…mnrt temen2..itu kasus peniouan bkn..krn klo ngeliat pasport USA nya sih bener..sama kaya foto2 yg di krm ke saya..yg curiga kok pake norek indonesia…wkt saya bil knp perusahaan dia gak bertg jwb sama dia..dia bil katanya ini project pribadinha dia sponsorin pake dana pribadi..

  41. Bahasan yg menarik nih. Sy jg brusn dpt pengalaman romance scam. Awalnya dia krm inbox ke tagged. Ya udh dladeni aja, itung” blajar bhs inggris. Blom genap seminggu kenalan udh bilang belikan hadiah pdhl ga ada yg minta. Sy blng ga mau malah dianya marah”, pikiran logis jalan, mana ada orng baru kenal langsung kirim” barang. Barang tak jd dikirim, lanjut lah chatting seperti biasa. Dia cerita 2 tahun lalu disakiti cwe ditinggal lari sama cowo lain dan uangnya dibawa kabur sebanyak 30rb pounds. Sy iyakan aja tp gak semudah itu sy percaya. Hari ke 11 pagi hari di bilang akan ke kantor pos untuk kirim barang. Sy tanya apa aja isi paketannya, dia bilang 3 tas wanita, 3 parfume, 2 tshirt dan coklat. Masih saya iyakan saya, tapi saya jadi makin waspada karna modus yang seperti ini sudah banyak. Sore harinya dia kirim gambar paket yang dikirim dan dia bilang juga mengirim uang 20rb pounds untuk biaya hotel dia nanti. Helloo….. ktnya barusan dbwa kabur uangnya skrng krm uang sbnyk itu???gak logis bgt yak. Dan lucunya gambar paketan yg ktnya dikirimkan itu jelas” masih nampak bekas editan, editannya kurang rapi karena terlihat jelas ada alamat website onlinenya di atas gambar paket tersebut. Mungkin krna ngeditnya trgesa’ kali ya pengen cepet” dpt duit dr hasil nipu :mrgreen::mrgreen::mrgreen::mrgreen:. Sy cm bilang “i dont want the money, i already know the pic is fake”. Awalnya marah bilang “how dare you say that”. Sy timpali lagi “the pic of package os copying from web” sambil pasang emote nyengir. Dia cm bilang “thanks”. Malu ketauan kedoknya dia. Syukur Alhamdulillah trnyta sy masih dilindungi sama Allah dari orang” yang seperti ini

  42. Tmnku ada yg dah ketipu ma cowok indonesia.. kalo dah terlanjur gt. Apa ga bs di lacak lwt nmr rekening nya ya?? Mhn info

  43. saya juga pernah mengalami hal serupa. awalnya kita berkenalan di jejaring sosial skout. dia seolah2 menjadi pria idaman yang sangat perhatian dan memahami korbannya. singkat cerita saya bertemu dengan dia yang akhirnya menjadi pacar saya. dia iming2 i saya masa depan yg indah2.. pertunangan dan pernikahan tentu nya. dia juga menyisihkan sedikit uang untuk saya setiap bulan. setiap yang dia katakan dan dia lakukan mampu membuat saya iba.hingga di pertemukan saya dengan perempuan yg katanya ibunya datang dari luar kota ingin berkenalan dgn saya. saya pun pada akhirnya melakukan hal serupa.saya bawa kerumah untuk di perkenalkan pd keluarga saya.

    dia punya ke inginan untuk membuka saham sejenis forex untuk masa depan berdua. tapi dia butuh modal besar dan ingin patungan dengan saya. awalnya saya keberatan. tapi pada akhirnya di satu titik saya luluh , saya berusaha mempercayainya. dia tak lagi memberi uang kecilnya untuk saya. uang saham juga ternyata seluruhnya modalnya dari saya. dan ketika saham anjlog uang saya habis. dia pergi lari dari tanggung jawab dan janji2 nya. yang dia lakukan adalah mencari nasabah baru. dan perlahan meninggalkan nasabah lama yg sudah tidak punya apa2 lagi. biasa nya si pelaku tidak punya tanda pengenal. kalaupun dia punya pasti itu palsu. saya sempat mencari tau siapa dan bagaimana si pelaku dari teman2 wanitanya. saya pernah di suruh untuk berhati2. tapi dia tidak menjelaskan hati2 yg bagaimana. no hp, fb dan bb nya saya masih punya dan aktif. saya coba hubungi tapi dia seperti menghindar. dia bilang akan mengganti uang saya. tapi untuk bertemu lagi kesannya dia seperti ketakutan. tepatnya hari ini saya sudah berhenti menghubungi pelaku. saya sudah ikhlaskan yg terjadi. karna setiap perbuatan pasti nanti ada akibatnya.

  44. Modus yg blm terungkap mulai tahun 2013 sampai skrg 2015 adlh oknum yg memakai akun fb indra mualim pelni sampai skrg oknum tersebut mencari mangsa khususnya wanita yg di pcrin lwt medsos dngn modus penipuan uang u/ biaya mutasinya, klo bs perlu di tindak lanjuti dan klo indra msh hdp atau keluarganya tlng sgra di konfirmasi.sy prihatin kasihan dngn yg asli dn keluarganya.. akunnya dn fto”nya di bajak oknum jahat utk tindakan kriminal penipuan identitas.

  45. selamat malam, saya mau sharing nih kemarin saya dapat kiriman paket dari Amerika no telp teman saya pakai kode amerika +1 (910) namanya collins.
    lalu hari ini saya dapat telp kalau saya dapat kiriman dari amerika barangnya sudah sampai di jakarta terus saya kena pajak sebesar $650 atau 9.600.000 Rp.

    pertama pihak cargo telp saya pakai no 02131700338
    lalu telp lagi 085881991195
    untuk melakukan
    detail pembayaran dari paket pa collins
    transfer ke bri 052201000045563
    rendy cargo
    650 usd

    yang saya mau tanyakan
    kenapa dia bisa tau itu paket dari pa collins dan apa mungkin bohong karena kodenya no kode amerika

    saya coba tanyakan airway bills
    invoice
    packing list
    kepada pihak collins..

    setelah itu saya menanyakan pula invoice
    packing list
    kepada pihak cargo pihak sana membalas bahwa airwaybills dan invoice sudah dikirim ke email pengirim paket berada di bandara bukan berada di kantor. tolong kirimkan resi paket dan alamat no id pengirim untuk verifikasi kepemilikan paket..
    bagaimana menurut anda yang sudah berpengalaman ?

  46. baru saja saya kena penipuan online oleh perkenalan dari salah satu perempuan berasal dari Indonesia tetapi mengaku berdomisili di London Inggris, kronologinya dia inbox di face book, ingin berkenalan dan meminta tolong, karena semenjak umur 13 tahun ditaruh dipanti asuhan, hingga umutnya 31th namanya Harmalia punarchi lauren, (kalau teman mau liat fbnya masukkan nama tersebut) belum pernah pulang ke indonesia, dia besar dan belajar dr beasiswa serta menikah oleh laki2 dari texas serta anaknya meninggal karena kecelakaan pesawat, dan setelah suaminya meninggal dia diberi peninggalan harta yang cukup, dan uang itu akan dititipkan sm dan dia meminta tolong untuk dibuatkan usaha di indonesia, seperti cerita diatas banyak sekali yang dia ceritakan ke saya, tp saya coba menolong karena rasa kasian tetapi apa yang terjadi, saya seperti kena hipnotisz seperti orang yg tdk sadar, dan pola fikirkupun merasa tdk sehat, seakan saya seperti dalam kendalinya, tolong kepada semua teman yang membaca hati2lah, sekarang harta benda saya habis, hingga masih menanggung hutang ratusan juta, saya kena tipu, Rp. 583.000.000 lima ratus delapan puluh tiga juta, sekarang aku sadar bahwa semua yang aku lakukan adalah kebodohan yg tdk berujung, saya harap semua teman berhati2lah, semoga saja ini merupakan curahan hati saya, dan aku berdoa semoga orang yg mempunyai dan menhendaki seperti itu nantinya dapat balasan sesuai dg perbuatannya..

  47. dan laki yang diberitanggung jawab di indonesia namaya Hom edward johnson, dan dia mengaku petuga UN (PBB) Setelah saya konfirmasi kebenaran di kantor UN tdk ada manusia hitam yg bernama Hom Edward Johnson, ini nomor rek yg saya transfer, Bank Mandiri. Name: Sari Oktaviani. Rek: 9000-0307-18028.
    Bank BNI. NAMA, LIDYAWATI. NO REK, 0372395368
    Tolong pak di transfer uangnya ke ini. Bank Mandiri. Account Number: 10300-0648-2711. Account Name: Ayu Wandira
    Number accountnya 3080310357 Mardiah BCA
    Bank BNI a/n Reni Aprilia. No. Rek 0327137785

    • Coba lapor ke pihak berwajib. Barangkali bs d telusuri dan d bekukan no reknya. Mudah”an mas Budi dpt ganti rejeki lebih dr Allah,

  48. Saya juga hampir mengalami penipuan seperti ini di tanggal 5 oktober kemmarin awalnya saya hampir percaya dengan kiriman resi yang dikirim untung saja saya konfirmasi dengan temen yang bekerja di bandara Soekarno Hatta dan mencari informasi2 dari internet dan menemukan blog ini….Thx ya yang sudah berbagi. Akun fb dia: Alfred milton

  49. betul bangat, tapi… saya juga punya BF online dri USA dia akuntan .. kami sdh 1 tahun, hanya blum ketemu, tapi dia udah 3 x transfer ke rekening aku, melalui westren union
    sblumx aku juga nyari tahu dia, di google,, dan memamg dia benar2 kerja di perusahan salah satu di NY, dia benar2 akuntan, ahli pajak, aku juga liat fotox di profil perusahan itu.
    sampai skrg hub kami masih baik, tapi aku bkn matre, dan bukan scammer juga..
    tapi apakah dia benar2 bkn scammer??

  50. mbak Diah… sebenarnya itu yg harus aku lakukan, namun saya benar2 kehabisan uang buat biaya pengurusan, karena harus lapor ke Polda jakarta, supaya cpat pengungkapanya, tp yakin orang jahat sewaktu nanti pasti tertangkap

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: