Bekerja Dari Rumah, Manfaatkan Website Freelancer Terbaik 2020

Saat ini semakin banyak orang yang menikmati kebebasan berpenghasilan dari dunia online, tanpa terikat waktu kerja yang ketat. Ya, para pekerja lepas alias freelancer kini lebih mudah menawarkan keahlian atau karyanya, dan mendapatkan penghasilan penuh waktu ataupun sebagai sampingan. Work from home telah lama menjadi budaya kerja para feelancers.

Jika saat ini Anda mengalami kesulitan pekerjaan atau sedang mempertimbangkan untuk memiliki waktu lebih luang sambil tetap berpenghaslian, maka manfaatkanlah website-website freelancer yang ada untuk memasarkan keahlian yang Anda tawarkan. Keberadaan situs-situs freelancer ini juga sangat bermanfaat bagi UKM sampai perusahaan besar untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa harus menggaji pegawai tetap. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menentukan web freelancer terbaik yang ingin Anda gunakan.   

Ada ratusan website freelancer dengan ciri khas masing-masing. Dalam artikel ini kami akan membahas beberapa situs web freelance yang bisa Anda pertimbangkan pada tahun 2020 ini. Ada berbagai faktor yang mesti dipertimbangkan web yang baik bagi freelancer; seperti faktor jumlah dan variasi pekerjaan yang bisa diakomodasi, frekuensi peluang baru disediakan, dan tentu saja salah satu faktor pembayaran. Berikut ini beberapa website freelancer yang bisa Anda jadikan sumber penghasihan atau untuk membantu menyelesaikan pekerjaan Anda.

UPWORK adalah salah satu situs web freelance terbaik untuk hampir semua jenis pekerjaan freelancer. Mulai dari jasa pengembangan web, desain grafis, dan bahkan menulis lepas akan menemukan bahwa Upwork menawarkan banyak hal. Postingan aneka jenis pekerjaan terus diperbarui untuk menampung keahlian Anda atau membantu usahawan menyelesaikan pekerjaannya.

Dari bisnis kecil hingga perusahaan besar, banyak jenis perusahaan mencari desainer lepas melalui Upwork. Untuk memasarkan jasa Anda di Upwork bisa dimulai dengan menawarkan tarif sedikit lebih rendah untuk menjaring konsumen Anda. Maklum banyak pekerjaan freelance ditawarkan di Upwork, tetapi ada banyak calon pengguna yang bersaing untuk mendapatkannya.

TOPTAL menyebut diri sebagai jaringan eksklusif dari 3% pengembang perangkat lunak freelance teratas, desainer, ahli keuangan, manajer produk, dan manajer proyek di dunia.

Proses seleksi untuk menjadi bagian dari Toptal sangat ketat sehingga dari ribuan pelamar freelance yang mereka dapatkan setiap bulan, hanya sedikit saja yang diterima. Eksklusivitas ini membedakan Toptal dari begitu banyak situs web freelance lainnya. Sepertinya agak berat untuk masuk, tetapi jika Anda berhasil menembusnya, Anda akan mendapat kesempatan untuk menampilkan pekerjaan Anda di hadapan beberapa nama besar seperti – Airbnb, Zendesk, dan Thumbtack dll yang selama ini telah menggunakan jasa freelancer Toptal. 

FIVERR merupakan salah satu web freelancer yang paling populer. Banyak desainer menawarkan layanan mereka di Fiverr, seringkali dengan harga lebih murah sehingga terkadang ada yang meragukan kualitasnya. Namun demikian jangan berputus asa. Jika Anda dapat membuat niche dan spesialisasi Anda sendiri sebagai freelancer di Fiverr, web ini bisa menjadi tempat yang handal untuk menemukan proyek baru dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan bekerja keras untuk sukses.

FREELANCER mencakup berbagai aspek pekerjaan desain – mulai dari desain grafis dan logo hingga SEO dan pemasaran konten. Website ini memiliki tampilan yang bagus dan memudah navigasi penggunanya, baik bagi para freelances maupun klien. Komunitas di Freelancer.com sangat besar, sehingga banyak beranggapan bahwa Freelancer merupakan salah satu situs web freelance terbaik untuk mencari pekerjaan desain baru.

Jika Anda mencari pekerjaan fleksibel, pekerjaan jarak jauh, atau jenis profesi lainnya, freelancer.com menawarkan banyak prospek potensial bagi Anda.

AQUENT merupakan situs web freelance sudah mapan dan dikenal memberikan pekerja berkualitas tinggi untuk tujuan kreatif, digital, dan pemasaran serta telah memenangkan banyak penghargaan sebagai perusahaan lepas.

Aquent mengutamakan menerima freelancer yang telah memiliki pengalaman kerja setidaknya 2+ tahun. Meskipun demikian para lulusan baru tetap bisa mengeksplorasi pekerjaan yang tersedia dan mengajukan lamaran. Dan jika Anda meragukan seberapa besar nilai keahlian Anda, Aquent menyediakan panduan tarif gaji untuk membantu menetapkan nilai jasa Anda.

GURU merupakan website yang membantu perusahaan menemukan dan mempekerjakan freelancer ahli dari seluruh dunia. Platformnya yang fleksibel dan hemat biaya memungkinkan orang mempekerjakan freelancer dengan berbagai kemampuan mulai dari pemrograman dan pengembangan hingga penulisan dan terjemahan, desain dan seni, penjualan dan pemasaran, dan banyak lagi.

Guru cukup populer dan digunakan oleh lebih dari 3 juta orang. Situs web ini memverifikasi freelancer dan menyediakan informasi skor para freelancer atas semua data transaksi, untuk membantu mempekerjakan freelancer yang profesional dan teruji dari seluruh dunia. Untuk freelancer, Guru cukup fleksibel dalam hal pembayaran dengan menawarkan empat opsi: tarif tetap, per jam, berbasis tugas atau berulang.

99DESIGNS merupakan platform yang khusus mengumpulkan jasa freelancer yang ingin menawarkan layanan desain mereka. Setiap dua detik ada desain baru tercipta untuk klien 99designs. Secara keseluruhan 99designs menyediakan pekerjaan freelance design lebih dari 90 kategori. Dengan demikian, apakah Anda mahir dalam membuat logo, situs web, sampul buku, atau hal lainnya, kemungkinan akan cocok dengan bidang keahlian Anda.

99designs juga menampilkan elemen kolaborasi yang kuat; freelancer dapat bekerja dengan dasar 1: 1 dengan klien, atau mereka dapat bekerja sama sebagai team dalam komunitas kreatif untuk berkolaborasi menyelesaikan proyek dan berbagi anggaran.

PEOPLEPERHOUR digunakan oleh lebih dari 1,5 juta freelancer. Setiap pekerja akan memiliki level sesuai hasil kerja. PeoplePerHour gratis untuk freelancer, tetapi persaingannya bisa sangat menantang. Anda harus selalu meningkatkan dan menetapkan biaya yang wajar untuk membuka peluang lebih besar bagi Anda untuk dipekerjakan.

Sebagai freelancer, Anda hanya perlu mendaftar dan mengisi data keahlian atau jasa Anda. Data ini kemudian dikirim melalui program kecerdasan buatan yang menganalisisnya, kemudian mencocokkan dengan klien yang sesuai. PeoplePerHour bertujuan untuk proses yang lebih efisien, menyatukan desainer dan klien di platform freelance mereka dengan cara yang lebih tepat.

SIMPLYHIRED membuka peluang kerjasama pekerjaan lepas yang sangat beragam. Mulai dari perawatan pribadi hingga teknologi tinggi, dari administrasi hingga konstruksi, ini benar-benar adalah pasar untuk pekerjaan freelance online dan offline. Situs ini mencantumkan pekerjaan dari 24 negara berbeda. Simplyhired juga mencakup sumber daya berguna lainnya seperti direktori perusahaan, kisah sukses, dan kiat pengembangan karier.

SimplyHired tidak memungut biaya bagi mereka yang memasang posting pekerjaan. Para freelancer hanya perlu mengunggah profil diri (riwayat hidup) dan membuat akunnya langsung aktif. Fungsi pencarian kerja sangat mudah dioperasikan, memungkinkan Anda mempersempit fokus pencarian hanya untuk apa yang Anda minati.

Situs ini juga merupakan alat bantu yang bagus untuk pencari kerja, dengan menyediakan panduan tentang penulisan resume, penulisan surat lamaran, dan informasi lain sangat bermanfaat. SimplyHired benar-benar menunjukkan bahwa mereka telah berinvestasi untuk menolong orang lain sukses.

DESIGNCROWD Ditujukan untuk dunia desain, DesignCrowd membantu organisasi dan perusahaan menggunakan partisipasi banyak orang (crowdsourcing) untuk mewujudkan ide-ide mereka. Seorang desainer freelance misalnya, dengan mudah dapat mengirimkan usulan contoh desain melalui web agar dapat dilihat oleh calon pembeli dari seluruh dunia.

Designcrowd menampung lebih dari 600.000 desainer lepas yang membantu banyak perusahaan menemukan konten untuk kontes desain. Layanan ini mengenakan biaya mulai $79 bagi pembeli untuk memposting kontes desain, memberi ruang bagi lebih dari 50 desain dari seniman yang berbeda. 

————————

Keberadaan website freelancer telah membantu begitu banyak orang bisa berpenghasilan dari rumah. Jika Anda sedang mempertimangkan hal yang sama, mulailah mempromosikan diri Anda. Langkah awal ini mungkin agak membosankan, tetapi semua freelancers sukses pun memulainya dengan langkah yang sama. 

Temukan pilihan website freelance yang tepat untuk Anda. Jika Anda menyukai web freelancer tertentu yang belum kami bahas di atas, silahkan sampaikan rekomendasi Anda di kolom komentar. Selamat membangun karir dan berpenghasilan sebagai freelancers sejati.

Alternatif lainnya adalah membuat website sederhana untuk mempromosikan jasa atau keahlian yang Anda miliki. Dengan demikian tampilan bisnis Anda bisa lebih profesional dan terpercaya.

Salam sukses.

Comments

  1. pernah terpikir buat aplikasi sejenis Guru..

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: