Iklan

YSLM Indonesia, Bisnis Investasi Gadungan dari China

cdtup-yslm-indonesia-malaysiaSejumlah pertanyaan masuk kepada kami apakah YSLM/CDTUP di Indonesia merupakan penipuan atau bukan. Tawaran bisnis investasi ini memang sedang marak ditengah silih bergantinya aneka bisnis gadungan dalam dan luar negeri menipu masyarakat. Sebetulnya masyarakat dengan mudah dapat menilai suatu tawaran bisnis apakah legal atau berpotensi penipuan. Untuk pemahaman awal bisa juga baca artikel: Beberapa Model Bisnis yang Harus Diwaspadai.

Latar belakang YSLM/CDTup

YSLM dan CDTup seharusnya merupakan nama dan bisnis yang berbeda secara hukum. Hanya saja dalam berbagai penjelasan para member yang dengan mudah ditemukan secara online, YSLM = CDTup. Usaha ini (katanya) dirintis oleh Zhang Jian, yang dalam semua artikel dikatakan berusia 26 tahun dan berasal dari China. Zhang Jian digambarkan sebagai pemuda yang sukses dan kaya raya dan akan segera menyamai kekayaan para tokoh IT seperti Mark Zuckerberg ataupun Bill Gates. Foto Zhang Jian pun dipajang dimana-mana dalam halaman website para member YSLM/CDTup.

YSLM memiliki dua website resmi yaitu yslm.my (Malaysia) dan yslm.hk (Hongkong). Anehnya kedua website ini sama sekali tidak memberi gambaran apapun tentang bisnis YSLM. Padahal usaha yang legal seharusnya memberi penjelasan resmi yang transparan serta memiliki bisnis, produk jika ada, alamat kantor, susunan penangung-jawab perusahaan yang jelas dan info penting lainnya. Sebaliknya YSLM sangat tertutup. Di website resmi, yang tampak hanyalah tampilan login sebagaimana gambar di bawah ini:

yslm-cdtup-malaysia-hongkong

Namun demikian informasi tak resmi mengenai YSLM/CDTup sangat banyak tersedia di internet. Sejumlah website dibuat oleh para member YSLM untuk menjelaskan bisnis mereka. Katanya bisnis ini bergerak di bidang online shopping (mirip BossVenture?) dan (katanya juga) akan segera mendaftarkan sahamnya di bursa HangSeng. Karenanya para member rajin merekrut member dengan janji pemberian sejumlah lot saham YSLM sebelum terlanjur mahal (kok modusnya sama dengan penipuan IndexGb yang juga sudah gulung tikar?).

Cara Kerja

Nah, YSLM adalah bisnis cari-cari anggota mirip MLM. Hanya saja tidak punya produk, jadi murni Ponzi alias skema piramida. Untuk bergabung dengan YSLM calon member cukup memilih salah satu paket bisnis, mulai paket VIP Rp1,3 juta sampai paket Diamond Rp19,5 juta. Untuk paket-paket tesebut member dijanjikan saham elektronik (e-share) dan bonus. Bonus member dapat diambil tiap 3 bulan sebesar e-share yang ditentukan saat pendaftaran. Ini disebut bonus passive karena bisa diperoleh walau tidak merekrut anggota baru.

Selanjutnya adalah bonus aktif, yaitu bonus yang diperoleh member jika berhasil mengajak orang lain masuk ke bisnis ini. Besarnya bonus adalah 20% dan bonus pasangan sebesar 60%. Masih ada bebrapa jenis bonus lainnya yang pastinya membuat para member gencar menawarkan YSLM kepada calon member.

Darimana asal bonus yang dibayarkan kepada member?

Sosok yang disebut sebagai Zhang Jian, pendiri YSLM.

Sosok yang disebut sebagai Zhang Jian, pendiri YSLM.

YSLM tidak memiliki produk yang diperjualbelikan saat bergabung. Gambaran “bisnis online shopping” dapat dipastikan hanyalah modus yang dipergunakan untuk memberi kesan bisnis bonafid kepada YSLM. Sejumlah toko online yang ditampilkan para member tidak dapat diklarifikasi hubungannya dengan YSLM. Jadi bonus sebetulnya hanya berasal dari uang yang disetorkan para member-member baru yang bergabung di bawahnya, termasuk dari uang Anda jika sudah bergabung.

Sejumlah leader di Malaysia, Singapura, termasuk Indnonesia dll menunjukkan foto-foto uang dan mobil yang mereka peroleh dari YSLM. Dapat dipastikan bahwa mereka memperolehnya karena banyaknya member yang bergabung di bawah jaringan mereka. Dapat dipastikan bahwa Anda akan terus berusaha menarik teman dan kerabat menyetorkan dana mereka ke bisnis ini, jika berharap bisa membeli mobil atau mendapat bonus yang sama. Baca juga: Skema Piramida (Ponzi) dalam Jual Beli Resmi Dilarang di Indonesia.

Legalitas

YSLM ataupun CDTup tidak memiliki badan hukum di Indonesia. Selain itu, YSLM menawarkan investasi saham tanpa izin investasi (mengumpulkan dana masyarakat) dari Otoritas Jasa Keuangan. Jadi bisnis ini beroperasi secara ilegal di Indonesia.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang legalitas, ada pertanyaan yang mengganggu yaitu: Apa hubungan YSLM dengan CDTup? Dalam semua website para member, YSLM selalu diidentikkan dengan CDTup. Gambar-gambar orang yang disebut Zhang Jian selalu ada di CDTup dan YSLM. Akan tetapi tidak ada dokumen resmi yang menyatakan hubungan keduanya. Gambar tentang dokumen legalitas YSLM malah menampilkan CDTup.

Data CDTup di Kementerian Perdagangan Dalam Negeri Malaysia.

Data CDTup di Kementerian Perdagangan Dalam Negeri Malaysia.

CDTup International merupakan perusahaan MLM yang terdaftar resmi di Kementerian Perdagangan Dalam Negeri Malaysia. Sebelumnya perusahaan ini bernama Perfect Nutrients Sdn Bhd. Dari namanya, diperkirakan bidang usahanya perusahaan ini adalah MLM suplemen. Informasi lainnya menyatakan bahwa CDTup berjualan online segala macam barang termasuk peralatan rumah tangga. Namun, tidak ada dokumen legal tentang YSLM, baik di Indonesia maupun Malaysia!

YSLM sendiri telah menjadi perbincangan hangat di Malaysia. Pemerintah Malaysia sepertinya gerah dengan keberadaan bisnis gadungan ini. Apalagi sejumlah member YSLM juga menebar info bohong bahwa Kementerian Perdagangan sempat meminta maaf kepada YSLM.

Menyikapi bahaya bisnis tipuan YSLM dan semacamnya bagi masyarakat, Kementerian Perdagangan Malaysia cepat tanggap dan mengeluarkan release resmi tertanggal 10 Juli 2014. Dalam rilis tersebut, secara tegas dinyatakan bahwa YSLM beroperasi secara illegal (haram) dan tidak memiliki izin (lesen) untuk menjalankan usaha penjualan langsung (direct selling) di Malaysia.

penipuan-CDtup-yslm-malaysia-indonesia

Dijelaskan pula asal muasal bisnis ini yaitu dari China dan disebar oleh seseorang yang mengaku sangat kaya bernama Zhang Jian. Ia menjalankan YSLM dengan janji-janji skim (cara) cepat kaya.

yslm-cdtup-indonesia-penipuan-1

Selengkapnya, surat Kementerian Perdagangan Malaysia ini dapat didownload di link berikut: http://www.kpdnkk.gov.my/c/document_library/get_file?uuid=adea3966-4166-44f4-bfa8-29fd5a45d3f3&groupId=12502 . Dalam surat tersebut tegas pula dinyatakan bahwa pemerintah Malaysia akan menindak tegas siapapun yang terlibat dalam usaha penipuan YSLM.

Menurut harian The Star Malaysia pihak Kementerian Perdagangan telah sedang mengumpulkan bukti-bukti untuk kuat mengambil langkah-langkah selanjutnya seperti penyitaan aset dan pembatalan izin usaha. Sejumlah peggeledahan telah dilakukan di Puchong, Selangor dan Penang, namun pihak pemerintah menyatakan bahwa keberadaan Zhang Jian tidak diketahui. Yang jelas ia akan dicari untuk ditahan dan dimintai keterangan atas usaha ilegal yang dilakukannya di Malaysia. (Mh-DT)

Iklan

Comments

  1. Akhirnya keluar juga Artikel yang dinanti-nantikan..
    Thanks a lot Admin.

  2. Akhirnya…YSLM resmi dibuka lagi kantornya. Buka : http://www.thestar.com.my/Search/?q=yslm…. Ada berita hari ini.Sebenarnya sangat aneh apabila YSLM dijegal. Karena sebelumnya sudah diberikan ijin, lalu dilarang. Itu mencoreng KPDNKK yang sudah memberikan ijin. Kalau memang sistermnya salah atau tidak sesuai pasti tidak diberikan ijin AJL. Di video-nya, menteri KPDNKK sudah memberikan isyarat bahwa ini karena banyak protes dari network lain. Sangat wajar, karena pasti banyak pemain yang pindah dan omset yang lain turun. sudah terbukti YSLM tidak bersalah, dan siap2 booming karena pemberitaan kmrn sudah menjadi marketing tersendiri.

  3. Ogah Malingsia says:

    Harian online The Star Malaysia (http://www.thestar.com.my/News/Nation/2014/07/18/YSLM-still-in-operation-says-minister-We-are-gathering-strong-evidence-before-taking-stern-action-ag/) antara lain melaporkan bahwa YSLM masih beroperasi. Menteri Perdagangan Malaysia (Datu Seri Hasan Malek) mengatakan bahwa pihaknya masih mengumpulkan bukti2 yang memadai agar dapat mengambil tindakan tegas terhadap YSLM, termasuk menyita aset dan membatalkan perijinan perusahaan tsb (We are gathering strong evidence to allow us to take stern action (including) freezing their accounts and revoking their licence. We are going to do all these but we need strong evidence”).
    Sementara Zhang Jian yang katanya orang kaya, keberadaanya tidak jelas dan kini menjadi buronan di Malaysia. Petugas yang menggeledah kantor2 Zhang Jian di Malaysia tidak berhasil menemukannya. Yang pasti ia akan ditahan untuk mempertenaggungjawabkan penipuan yang dilakukannya. Baca di sini ya, biar pada pinter: http://www.thestar.com.my/News/Nation/2014/07/11/Has-millionaire-left-the-country-Zhangs-whereabouts-remain-unclear/

  4. The pre fund for the kulim home.. Now they paying 500k first.. Full 1.5M fund will settle on 19/7/2014 event.. CDTUP really helping people..
    *19/7/2014 (Saturday)
    Its a HISTORY in CDTUP Seri Petaling office, 14th July 2014, 10.20pm…
    A initial of RM432,000 from RM1.2 million is paid on behalf of Zhang Juan Lau Da by Ms Jessie Lai to Batu Grace Homes, Kulim. Hidup hidup CDTUP .
    Bos nyumbang 1,18 JUTA RM!! Brapa milyar rupiah tuh?? Bgitulah dahsyatnya bisnis YSLM, member smakin makmur, bos tetap ingat menabur rejeki bos makin subur!
    Hidup YSLM :D(y)

  5. tolong jugaa review kan ini bisnis
    https://www.dm-advertise.co.id
    makasih sebelumnya

  6. Blog ini adalah buatan Orang yang sirik dengan YSLM.
    takut jaringanya pada habis pindah ke YSLM. ayoo ngaku saja.

  7. Waaaahhh…
    Makanya donk..perbedaaan komentator dengan pemain bola di lapangan adalah…komentator lebih suka koment sana sini..tp yg pemain bola di lapangan lbh tau keadaan lapangan…

    Artinya….makanya…kalau mau ikut bisnis apapun…lebih baik kalau mau komentari itu Join dulu…jadi gmn mau ngerasakan / tau dalamnya..join aja nggak…yg ada adalah ilmu kira kira…

    Sekarang pertanyaanya ? Pertama , Apakah anda join di yslm ?
    Kedua ,klo anda sudah join,apakah anda benar2 menjalankanya atau sekedar join ? ( Ini sama halnya klo sekedar join tp ga djalankan…sperti menikahi seorang wanita…tapi wanitanya tdk di apa apain sama suaminya…gmn bs hamil ?? Nah , sama sprt bisnis apapun…join tok tp ga jalan gmn bs dpt hasil ….? Apapun bisnis nya …banyak action dulu,gali ilmunya…baru kalau sdh smuanya…komentar deh boleh….

    Udah..smntra ini dulu aja…sbntrnya banyak yg mau di cantumkan…tp ya bgitulah…krn informasi yg komentar ini blm gabung…jd monggo monggo saja berkomentar apapun….

    Saran saya…join dulu,gabung komunitasnya,gali ilmunya / informasinya …kbtulan saya koment bgini..krn leader saya yslm sdh berangkat ke kantor yslm atau CDTUP 2x ini..bsk tgl 21-24 agustus kebrangkatan ke 3x..bahkan di malaysia sdh ada toko2nya,ada restorannya,ada stasiun radio nya,ada salon nya dan jualan jg sprt powerbank dsbnya…powerbank nya sndiri berfoto mr zhang jian….kalau bisnis ini tipu2…alhamdulillah saya dan teman2 ya cukup waras kok…kalau ga bagus jg ngapain jg gabung…

    Ayo..berkomentar yg sehat dan bersumber langsung…kita berada di team yg tepat 001 nya indonesia namanya bu ester,001 jakarta namanya bu meli,001 jawatimur namanya pak lucky…saya berada di bawah mreka2…

    More info dan jgn ragu2 untk gabung…
    Chat me…pin 2839196E / 082244453440,..

    InsyAllah amanah…amiinn..

  8. orang orang dengan pemikiran dan tindakan besar untuk kesejahteraan rakyat luas selalu menjadi musuh bagi penguasa yang angkuj, serakah dan tidak mau kekayaannya berkurang, mereka ingin menjajah rakyat secara ekonomi lihat contoh ilmuan Nikola Tesla bisa menemukan energi bebas biaya dan murah ditentang dan dikerdilkan oleh penguasa minyak Rockefeller yg gak mau bisnis minyaknya hancur, Sergey mavrodi dg mmm dengan tindakaan dan pemikirannya menuju sistem keuangan global yg adil dan transparan banyak ditentang bankir serakah, Zhiang Jiang dengan pemikiran dan tindakannya menuju sistem perdagangan yg adil, transparan dan menyejahterakan semua pelaku ditentang padagang nakal, broker saham serakah dan pemerintah yg menutup mata

  9. Kebanyakan yang berkomentar adalah member ² YSLM, untuk diketahuia saja investasi yg bernilai bunga diatas bunga normal / bunga bank adalah produk investasi illegal dan berbahaya.
    Inilah watak & karakter masyarakat kita, suka janji manis, tidak ingin kerja keras tapi pingin kaya, kalo sudah tertipu belum juga sadar atas pengalaman yg sudah sudah.
    Berhati hatilah dgn uang Anda, mungkin akan lebih berguna kalo kita investasikan di perusahaan ² legal yg sudah diakui pemerintah setempat.

  10. September man says:

    semua nya aja min di bilang ilegal , solusi nya apaaa jika bisnis semua yang admin update disebut ilegal ???? jangan suka menjatuhkan bisnis seseorang yang sudah maju , selain YSLM juga dibilang ilegal ,

  11. saya dapat banyak komplainan dari downlin” saya, katanya 3 bulan cair

  12. Banyak Orang mencemoohkan tenteng Kemajuan YSLM, tak lain Orang tersebut adalah kompetitor YSLM, bisnis jaringan baik yg di luar negeri ataupun di dalam negeri sendiri, pada kalang kabut ketika melihat kehebatan sitem yg di miliki oleh YSLM, pada kebakaran jenggot karna bisnis yg di kelolanya sudah mulai berangsur menurun drastis, karna downline2 atau membernya pada pindah ke YSLM, sekarang jamanya pada pintar bro, orang memilih bisnis yang lebih baik dan lebih cepat mendapatkan Incomenya. bagi anda yang masih mempertahankan bisnis yang anda kelola, anda harus pandai membuat sistem yg lebih bagus di banding yslm, Salam Sukses para Pecinta YSLM

  13. Pada kebakaran jenggot Kompetitor2nya yslm. Hahahaha ketahuan banget kalau ada pada mau tumbang mlm2 selain yslm

  14. Ketahuan banget ini pekerjaan kompetitornya YSLM.
    Takut kalah saing ya??

  15. terimakasi atas info ny kmrin sya baru aja di ajak inves kaya gtu tapi sya tnya tnya dan baca google. Harap hati hati apa lagi bagi orng awam kaya saya.

  16. bagaimana ni kabarnya YSLM, apakah sudah down atau masih hidup nich

  17. Leader nya sudah siap2 pindah, yg gigit jari member belakangan.

  18. YSLM hanyalah penipu ulung yang anjing bener kebohongannya….masuk neraka jahanam semua para penipu berkedok seperti..7 turunan jadi gembel yang untuk makan pun tdk bisa karna sudah makan uang hak milik orang lain

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: