Iklan

Awas, Penipuan Toko Online Batam Mengintai

Penipuan Extra shop_batam shopCindy (bukan nama sebenarnya) girang bukan kepalang melihat iklan murah handphone Samsung S3 yang sangat diidamkannya. Iklan tersebut diperoleh dari ExtraShop, sebuah toko online elektronik yang beralamat di Batam Centre. Handphone canggih yang normalnya dibanderol Rp5 jutaan tersebut, ditawarkan oleh ExtraShop hanya Rp1 juta untuk jangka waktu terbatas.

Sebagaimana dilansir Rumahpengaduan.com, Cindy tidak ingin kehilangan kesempatan emas. Ia menghubungi segera menghubungi toko online Extra Shop. Seperti proses belanja normal lainnya, ia diminta melakukan pembayaran ke nomor rekening yang ditunjuk.

Setelah melakukan pembayaran, Cindy bukannya menerima produk yang dipesan. Ia malah menerima telepon dari seseorang yang mengaku petugas Bea Cukai. Oknum tersebut mengancam dan menuduh Cindy telah melakukan transaksi untuk menadah barang illegal. Dibawah pengaruh hipnotis, korban diminta segera membayar Rp4 juta agar kasusnya tidak dilaporkan ke pihak berwajib. Jika tidak, kasus tersebut bisa masuk pengadilan dengan ancaman denda sampai Rp170 juta, ancam pelaku.

Untungnya korban tidak memiliki saldo sebanyak itu di rekening, sehingga korban terluput dari penipuan material yang lebih besar.

Cerita ini hanyalah salah satu dari begitu banyak modus penipuan toko online yang marak saat ini. Kebanyakan pelaku mengirimkan “info produk murah” atau “program promo” tipuan melalui sms, blackberry messenger (bbm), dan email atau melalui media sosial seperti facebook.

Tips Menghindari Penipuan Toko Online

Satu-satunya cara untuk menghindari penipuan ini adalah tidak mudah percaya terhadap penawaran produk yang terlalu murah dari harga normal. Apapun alasannya. Luangkan waktu untuk menyelidiki toko online tersebut. Jangan lupa google nama toko atau nomor handphone yang diberikan untuk mendapat info lanjutan. Walau tidak semua toko online Batam adalah penipu, tetaplah waspada jika mereka memakai nama atau alamat “Batam.”

Sampai saat tulisan ini dibuat, website toko online tersebut masih dapat diakses. Semoga pihak berwajib dan pihak terkait seperti Ditjen Bea dan Cukai dapat bersinergi memberantas para penipu online ini.

Artikel Terkait Lainnya

Inilah Aneka Modus Tipuan Nigeria di Indonesia

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: