Supaya Sukses, Lakukan 11 Hal Ini Sejak Usia 20-an

sukses-usia-mudaUsia 20-an bisa jadi merupakan umur yang paling menarik sekaligus krusial dalam hidup. Karenanya menarik pula untuk mendengar tips tentang bagaimana mempersiapkan kesuksesan sedini mungkin, dari mereka yang telah sukses menjalaninya. Bila Anda sudah melewati usia ini, maka artikel ini bisa bermanfaat untuk menyiapkan anak-anak Anda merajut kesuksesan mereka.

Dalam sebuah survey yang dilakukan oleh Quora, sebagaimana dilansir Businessinsider baru-baru ini, peserta diberi pertanyaan: “Apa yang bisa saya lakukan di usia 20-an yang akan membantu saya sukses di masa depan?”

Dari sejumlah masukan yang dirangkum, diperoleh kesimpulan bahwa usia 20-an bisa menjadi pintu sukses dengan melakukan hal-hal sederhana berikut ini:

1. Belajarlah mengatur waktu dengan baik

Mengatur waktu sebetulnya tidak mesti dipelajari di sekolah. Cobalah untuk mengatur jadwal sendiri. Tanpa disadari, di usia muda tersebut Anda akan mulai meletakkan dasar yang baik untuk karir, memulai kehidupan romantis, menjalani kehidupan sosial, sambil tetap memiliki waktu untuk diri Anda sendiri. Dalam situasi ini, Anda harus bisa mengatur waktu dan menangani prioritas. Silahkan mencoba berbagai cara atau pendekatan sampai Anda benar-benar terbiasa dan ahli mengatur waktu dengan baik.

2. Jangan terlalu lama menggunakan smartphone

Generasi masa kini sangat dekat dengan aneka smartphone, bahkan boleh dikata sangat lengket dengan aneka gadget dan aplikasi media sosial. Namun demikian, perlu disadari bahwa jika seseorang menyukai foto Anda di Facebook, atau menyukai artikel Anda di media online, tidaklah sepenting apa yang sebenarnya terjadi di sekeliling Anda. Jika Anda mencoba lebih memperhatikan kejadian nyata di sekeliling, Anda sebetulnya bisa belajar banyak hal, mendengar lebih baik, dan berkontribusi terhadap percakapan sekitar Anda.

3. Bepergianlah (traveling) sebanyak mungkin

Di usia 20-an, Anda sebetulnya sudah cukup dewasa untuk bepergian, dan belajar banyak hal dari lingkungan dan orang lain. Traveling akan membuka kesempatan mengenal berbagai budaya baru dan membuka wawasan akan cara berpikir baru. Selain itu, sering bepergian akan membantu Anda lebih percaya diri, meningkatkan keterampilan berinteraksi, serta menambah berbagai kenangan yang akan memperkaya kehidupan.

4. Kerjakanlah minat (passion) Anda, jangan mengejar uang

Di usia 20-an, Anda kemungkinan belum memiliki pasangan atau keluarga untuk dihidupi ataupun hutang untuk dipikirkan. Nah, untuk sukses, kita bisa menggunakan salah satu tips dari Steve Jobs, sang pendiri Apple: “Jika Anda tidak mencintai sesuatu, Anda tidak akan kemana-mana, tidak akan lembur, dan tidak bisa terlalu menyalahkan keadaan.” Dengan kata lain, saat memperjuangkan apa yang Anda sukai, Anda bisa saja berpeluang memperoleh kehidupan lebih baik, ketimbang tidak melakukan apa-apa atas passion Anda.

5. Pahami siapa diri Anda sendiri

Di usia 20-an merupakan kesempatan untuk memahami apa yang menjadi pendorong terbesar dalam hidup, apa yang mengkuatirkan Anda, pahami kelemahan dan kekuatan, serta siapa yang benar-benar peduli akan diri Anda. Memahami diri sendiri serta apa yang hendak dicapai dalam hidup akan membantu menenangkan pikiran dalam menyiapkan jalan menuju sukses.

6. Jangan lupa memberi

Jangan pernah melupakan mereka yang kurang beruntung. Ada banyak bukti bahwa mereka yang aktif dalam kegiatan sosial, baik dengan menjadi relawan ataupun rajin menyumbang untuk amal, akan menikmati kesuksesan. Berbuat baik akan menuntun ke kehidupan yang lebih bahagia dan sejahtera.

7. Biasakan untuk tidak menghiraukan suara-suara yang melemahkan semangat

Lawanlah suara-suara yang menganjurkan Anda selalu memilih jalan yang mudah. Jika tidak, suara-suara yang sama akan terus mengganggu sepanjang kehidupan Anda, baik saat belajar hidup lebih sehat ataupun mempersiapkan karir yanglebih tinggi. Namun jika Anda berhasil mengatasinya, Anda sebenarnya sedang mendorong diri sendiri ke puncak hidup dan mempermudah Anda menjalani masa-masa sulit.

8. Mulailah menabung (dan berinvestasi)

Apapun kondisi keuangan Anda di usia muda ini, mulailah menyisihkan sebagian uang untuk hal-hal yang tak terduga. Pasang target, misalnya menyiapkan dana cadangan untuk biaya hidup 6 bulan jika tiba-tiba Anda tidak memiliki uang atau penghasilan. Jika Anda sudah bekerja, mulailah ambil program tabungan pensiun sedini mungkin dan berinvestasi untuk masa depan sedini mungkin. Dalam hal ini berlaku prinsip: Lebih cepat lebih baik.

9. Jagalah kesehatan

Usia 20-an merupakan usia yang prima. Karenanya, saat ini pula merupakan waktu yang baik untuk menjalani latihan-latihan olahraga serta menjaga pola makan yang sehat karena tidaklah mudah membangun kebiasaan baik ini saat usia semakin menanjak. Jangan lupa menjaga kesehatan kulit untuk menghindari kerutan yang kadang terlalu cepat datang.

10. Belajarlah sebanyak-banyaknya, baik di kelas maupun darikehidupan sehari-hari.

Jika Anda menginginkan gelar akademis, silahkan dikejar. Akan tetapi Anda bisa juga menambah ilmu sebanyak-banyaknya tanpa mengeluarkan uang sepeser pun atau menghadiri pelajaran di kelas. Kuncinya, rajinlah membaca sebanyak-banyaknya tentang sebanyak mungkin hal atau topik. Belajarlah bahasa-bahasa yang baru, mulailah menulis artikel baik untuk media massa ataupun blog pribadi. Di usia 20-an, Anda memiliki banyak waktu luang yang tidak akan Anda peroleh lagi seiring bertambahnya usia dan tanggung-jawab.

11. Terimalah kekeliruan Anda dan teruslah belajar

Kesalahan dan kekeliruan merupakan hal yang tak terhindarkan sepanjang perjalanan hidup. Jangan bereaksi berlebihan saat melakukan kesalahan, tetapi pastikan Anda belajar sesuatu dari setiap kekeliruan. Jika Anda memahami hal ini dengan baik, Anda akan menjadi pribadi yang lebih sabar terhadap orang lain yang melakukan kesalahan, serta menjadi orang yang mudah memaaafkan.

Sukses itu, dipersiapkan sedini mungkin. Ia tidak datang tiba-tiba.

Comments

  1. bagus, menginspirasi.. 🙂

  2. pengen berinvestasi tapi dimana ?
    dengan modal yang rendah penghasilan lumayan , mohon masukan nya ?

  3. semua tulisan di blog ini sangat bagus, makasih 🙂

  4. Travelling? Ada alternatif yg lebih murah: berinteraksi dengan warga negara asing, baik di socmed maupun di dunia nyata. 2 hari lalu baru saja saya ngobrol-ngobrol dengan turis dari Rusia…

  5. Terima kasih komentarnya teman-teman…kami bersyukur bisa memberi informasi yang baik… Jangan lupa di-share ya…
    Untuk pak Lopez, kalau ingin belajar investasi, kami sudah menyiapkan rubriknya…silahkan dipelajari di: https://howmoneyindonesia.com/ber-investasi/

    Semoga membantu…

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: