Strategi Investasi Emas Ditahun 2016

investasi_emas_2016_Bagi Anda yang suka mengoleksi emas sebagai investasi, tahun 2016 belum tidak akan menambah nilai investasi emas secara optimal. Data Bloomberg menunjukkan bahwa harga emas saat ini berada pada harga $1070 per ons troi, atau turun 12,20% dibandingkan awal tahun 2015. Sejumlah analis pun sepakat bahwa indikator-indikator ekonomi belum akan mendukung peningkatan harga emas secara signifikan tahun ini.

Sebagaimana kita ketahui, harga emas dunia sangat erat kaitannya dengan nilai tukar dollar. Kenaikan kurs dollar dipastikan akan menekan harga emas. Terakhir kali tanggal 17 Desember 2015 lalu, Amerika telah menaikkan suku bunga 25 basis poin. Tahun ini diperkirakan the fed rate masih akan naik sekitar 25-50 basis poin, setelah pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) pada bulan Maret mendatang, yang tentunya diikuti dengan penguatan nilai tukar dollar.

Grafik harga emas setahun terakhir. Bloomberg.

Grafik harga emas setahun terakhir. Bloomberg.

Jika hal ini terjadi maka harga emas akan bergerak maksimal sampai $1200 per ons troi. Sejumlah analis malah memperkirakan harga maksimalnya hanya sampai $1100. Pengaruh kuat dolar terhadap Rupiah juga sangat terasa. Karenanya harga emas PT Antam juga diperkirakan takkan naik melebihi Rp600 ribu per gram di tahun ini.

Satu-satunya faktor pendongkrak harga emas adalah perayaan tahun baru China yang jatuh pada bulan Februari. Namun, tekanan dollar masih lebih kuat dari efek ekonomi perayaan tersebut.

Lalu bagaimana mensiasati kondisi ini?

Emas, sebagaimana instrumen insvestasi lainnya juga dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tidak ada jaminan kepastian bahwa harganya atau nilainya akan selalu naik. (Baca juga: Memahami investasi emas).

Namun jangan berspekulasi mendapatkan untung dari investasi emas di tahun ini.

Sebagian orang mungkin mempertimbangkan untuk menjual emasnya saat ini sebelum turun terlalu jauh. Akan tetapi jika Anda justru tertarik membeli dan berinvestasi emas, sebaiknya canangkan bahwa investasi Anda bertujuan jangka panjang. Minimal 5 atau 10 tahun. Dalam jangka waktu tersebut diharapkan telah ada perubahan berarti dalam nilai investasi emas Anda. (Pict credit: DailyFinance.com)

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: