Penipuan Modus MLM atau Network Marketing

mlmMulti Level Marketing (MLM) pada dasarnya adalah usaha legal yang baik. Tidak sedikit orang yang sukses menjalankan bisnis network marketing ini jika disertai dengan usaha yang sungguh-sungguh. Dengan perkembangan teknologi informasi, MLM juga kini terwujud dalam bentuk affiliate marketing (biasanya berupa penjualan software, ebook online, virtual products, dll). Keduanya dijalankan secara berjenjang alias multi level. Hanya saja dalam affiliate marketing, member hanya mendapat bonus sekali dari setiap pembelian / penjualan produk, sementara dalam MLM, member bisa memperoleh berbagai macam bonus.

Saking bermanfaatnya, bisnis MLM bahkan menjadi salah satu bisnis andalan masyarakat yang membantu menggerakkan roda ekonomi Amerika.

Meskipun demikian, perlu disadari bahwa tidak sedikit bisnis MLM dan affiliate marketing yang menjalankan penipuan pyramid (Pyramid Scheme, kadang disebut arisan berantai, phonzi) yang sebetulnya merupakan bisnis illegal. Tipuan Piramid dijalankan dengan mewajibkan para member menyetor dana. Lalu untuk mendapatkan bonus, para member harus merekrut member (atau downline, nasabah, investor) lainnya,…demikian seterusnya. Biasanya investasi ini tidak melibatkan penjualan produk.

MLM legal dan tipuan piramid memiliki kemiripan dalam pelaksanaan bisnisnya sehingga masyarakat awam banyak yang tertipu.

Dengan banyaknya korban yang berjatuhan, tipuan pyramid menjadi bisnis terlarang di berbagai negara. Akan tetapi para penipu tetap mencari berbagai cara untuk menipu lebih banyak korban. Mereka menyamarkan bisnis tipuannya dengan rapi dalam bentuk aneka bisnis MLM ataupun affiliate marketing. Mereka menawarkan produk akan tetapi bisa berupa:

  1. Produk murah, tetapi sampah alias tidak bermanfaat (biasanya dalam bentuk software atau ebook).  Software atau ebook tersebut biasanya bersifat bombastis seperti: menjadikan website Anda seperti ATM, cara mudah untuk mendapatkan keuntungan online, cara cepat menjadi sukses dan kaya lewat bisnis online, cara mudah untuk sukses bisnis property, serta aneka software yang mereka klaim sangat bagus, tetapi pada dasarnya tidak laku dijual.  Susahnya lagi, Anda tidak bisa mencoba produk-produk tersebut sebelum membelinya,
  2. Produk mahal, tetapi tidak berkualitas. MLM yang menyamar dalam bentuk MLM resmi biasanya menjual produk mahal tetapi tidak fokus dalam penjualan produk. Mereka menawarkan produk, tetapi sebenarnya mereka mengincar uang calon member dengan menawarkan produk sampah yang mahal tersebut. Sekilas bonus sepertinya diperoleh dari penjualan produk. akan tetapi dengan harga yang sangat mahal sementara produknya biasa saja, perusahaan MLM jenis ini pada dasarnya menjalankan tipuan piramid.

Dalam kenyataannya, bisnis MLM gadungan masih sangat marak di Indonesia. Bisa jadi karena rendahnya pemahaman masyarakat tetapi minat berinvestasi dan berwirausaha semakin tinggi. Biasanya bisnis ini berkembang di kalangan pertemanan atau keluarga. Sering juga diadakan dalam bentuk seminar, atau pertemuan. Belakangan, dengan perkembangan teknologi, bisnis ini menjerat para korban melalui email, facebook, website dan aneka jejaring sosial untuk menjerat lebih banyak korban.

Baca juga: Aneka Tren Bisnis Gadungan yang Mengancam Rakyat Indonesia

Sebagaimana sudah terjadi dalam banyak kasus bisnis MLM dengan tipuan piramid, member yang mendaftar akan semakin berkurang dan uang yang masuk semakin sedikit sehingga tidak bisa membayar komisi untuk member / downline yang telah terlebih dahulu bergabung. Pada akhirnya, mereka yang ikut bisnis ini kebanyakan akan berakhir buruk, bukannya untung..

Sayangnya, pemerintah Indonesia belum jeli  dalam hal ini sehingga bisnis tipuan ini masih marak dan sering menimbulkan kerugian serta keresahan masyarakat. Jika usaha ini dijalankan oleh perusahaan yang berasal dari luar negeri, tidak dapat dihindarkan lagi bahwa akan terjadi pelarian modal besar-besaran ke luar negeri dalam berbagai bentuk seperti bentuk uang pendaftaran member/downline, uang keanggotaan tahunan, serta pembelian pakat produk yang juga tidak sedikit. Bisnis ini membuka peluang bagi perusahaan asing untuk mengeruk uang rakyat secara ilegal.

Berdasarkan panduan di berbagai negara, Anda harus sudah mulai waspada akan bisnis arisan berantai atau tipuan piramid jika:

  1. Ditawari untuk bergabung ke suatu bisnis dimana Anda harus merekrut orang lain agar memperoleh pendapatan (bonus),
  2. Tidak ada produk atau jasa yang ditawarkan. Kalaupun ada biasanya sangat mahal dibanding produk sejenis yang ada di pasaran,
  3. Bisnis tersebut mungkin juga termasuk menjual atau menawarkan produk yang bertujuan untuk menyamarkan tipuan piramid (arisan berantai). Dalam bisnis piramid, biasanya mereka lebih tertarik mebicarakan ‘peluang bisnis’ dibanding produknya. Sekali lagi mereka hanya mengincar uang Anda.

Biasanya mereka mati-matian mengklaim bisnisnya sebagai bisnis yang ‘legal dan resmi’ dengan menunjukkan surat-surat NPWP, SIUP, TDP dan lain-lain. Dokumen-dokumen tersebut hanyalah dokumen standar untuk mendirikan suatu usaha, tetapi bukanlah penentu legal tidaknya operasional usaha tersebut.mlmCiri-ciri MLM / Network Marketing yang baik:

Sekali lagi, MLM adalah bisnis yang legal bisa jadi merupakan peluang usaha yang sangat baik. Hanya saja Anda harus jeli menganalisa sebelum memilih MLM untuk bisnis Anda. Beberapa indikator berikut bisa menjadi penanda MLM yang baik:

  1. Memiliki produk yang benar-benar unggul dan berbeda dari produk sejenis yang ada di pasaran, sehingga Anda tertarik menjadi DISTRIBUTOR, bukan hanya sebagai member,
  2. Harga produknya masuk akal dan memiliki keunggulan sehingga memiliki kemungkinan laku dipasarkan. Tidak jarang MLM gadungan menjual produk yang sebetulnya dapat diperoleh dengan mudah di pasaran.
  3. Produknya kemungkinan akan terus dipesan orang dalam waktu singkat, sehingga volume penjualan Anda akan selalu ada meski tidak merekrut member baru.
  4. Memiliki sistim bonus yang jelas dan berimbang,
  5. Bonus dihasilkan dari penjualan produk, bukan dari hasil rekruitmen member (downline),
  6. Berkantor di alamat yang jelas dan memberikan dukungan (customer service) yang baik.
  7. Telah beroperasi dalam jangka waktu yang lama dan /atau diterima baik di negara-negara maju. Meskipun demikian banyak juga MLM baik dan prospektif yang terus bermunculan. Para pebisnis MLM yang berpengalaman biasanya berlomba-lomba untuk mendaftar lebih awal saat peluncuran suatu MLM baru.

Hampir semua MLM di Indonesia saat ini (baik yang berkantor di luar negeri, maupun di dalam negeri) memenuhi kriteria di atas. Karena itu gunakan logika dan kejelian analisa Anda untuk bisa membedakan mana MLM yang baik dengan bisnis tipuan pyramid.

Cermati kata-kata orang yang mempromosikan suatu bisnis MLM. MLM dengan tipuan pyramid biasanya menawarkan peluang penghasilan dengan ‘merekrut orang sebanyak-banyaknya.‘ karena mereka lebih mementingkan rekruitmen anggota dibandingkan penjualan. Jika mereka membujuk Anda dan mengatakan ‘Silahkan Anda gabung di perusahaan kami. Hanya dengan menyetor sekian, …lalu Anda harus mencari sekian orang… pasti Anda akan mendapat bonus sekian…dst..(mereka tidak atau hanya sedikit sekali berbicara tentang produk)…dapat dipastikan Anda akan digiring ke suatu bisnis MLM yang mempraktekkan arisan berantai. Sadari sebelum terlambat dan Anda terlanjur memperdaya orang lain.

Banyak MLM Gadungan yang Menyamar Sebagai Bisnis Money Game (Phonzi / Pyramid Scheme)

Apakah Bisnis MLM Tersebut Akan Membuat Membuat Anda Bangga?

Bisnis MLM memang sering mendapatkan sorotan negatif karena masyarakat belum menghargai dunia marketing dengan baik. Akan tetapi, tidak sedikit juga bisnis MLM yang terkenal baik dan memiliki reputasi terpuji di kalangan masyarakat.

MLM yang baik pada dasarnya akan membimbing setiap member baru menjadi ‘pemilik toko atau usaha’ yang selanjutnya akan menawarkan produk perusahaan tersebut agar mendapat bonus dari penjualan paket produk. Bukan berforkus pada mencari member atau downline baru.Dengan produk yang berkualitas, pebisnis MLM legal tentu dengan bangga menjadi distributor produk tersebut dan terang-terangan menawarkannya.

Dalam kenyataanya, banyak pebisnis (member) MLM atau network marketing yang tidak terang-terangan dalam menjalankan bisnisnya. Mereka menggunakan nama samaran di dunia online. Bisa jadi karena mereka tidak bangga dengan perilaku tidak terpuji bisnis mereka atau member di dalamnya.

Anda bisa menilai hal ini dengan mengunjungi fan page suatu bisnis MLM di facebook. Jika MLM tersebut murni usaha MLM legal dan tidak menjalankan tipuan piramid, biasanya identitas para membernya jelas, menggunakan nama sebenarnya, bukan nama samaran. Karena usaha atau bisnis yang baik, seharusnya membuat membernya bangga untuk berbisnis secara terang-terangan. Semoga Anda bisa semakin waspada dan cermat dalam menilai tawaran-tawaran bisnis MLM yang saat ini semakin ramai di Indonesia.

Baca juga: Tips Memilih Bisnis MLM Terbaik

Keputusan di Tangan Anda.

Sebelum memutuskan untuk bergabung ke suatu MLM, Anda harus jeli dalam menilai tawaran bisnis MLM Anda supaya Anda tidak menjadi korban arisan berantai dan pada akhirnya mengorbankan orang lain juga. Terlebih lagi, Anda harus lebih waspada terhadap berbagai tawaran peluang bisnis atau MLM dari luar negeri. Bisa saja tanpa Anda sadari, Anda terlibat dalam bisnis ilegal yang mengakibatkan pelarian dana masyarakat ke luar negeri. Cepat atau lambat, bisnis seperti ini akan menarik perhatian pemerintah dan menjadi terlarang.

Jika Anda ditawari peluang usaha dan produk MLM atau Network Marketing, baik secara online maupun offline, pastikan sekali lagi hal-hal berikut:

  1. Apakah Anda punya kemampuan menjual atau memasarkan produk?
  2. Apakah produk tersebut bermanfaat? Produknya mungkin canggih, tetapi apakah Anda (dan orang lain) akan memanfaatkannya?
  3. Apakah Anda sungguh ingin membeli produk tersebut? Apakah Anda membutuhkannya? Jika Anda tidak butuh produknya, mungkin produk tersebut juga tidak akan laku Anda pasarkan.
  4. Jika Anda ingin bergabung dalam bisnis, apakah Anda mampu menjual produk tersebut? Apakah Anda memahami produknya dengan baik? Apakah produknya akan laku di pasaran?
  5. Jika Anda menjawab TIDAK untuk poin nomor 3 di atas, Anda berarti hanya akan mencari downline alias nasabah baru, bukan menjual produk. Akibatnya Anda akan terlibat dalam bisnis piramida, bukan jual beli produk. Dalam bisnis piramida, biasanya orang tidak terlalu peduli dengan produk. mereka hanya ingin mencari korban yang akan menyetor uang sebanyak-banyaknya. Karena upline akan mendapatkan uang dari setoran yang masuk.output_ogLVkN

Jika usaha seperti ini masih berjalan saat ini, bisa jadi karena memang belum ada aturan pemerintah yang jelas tentang bisnis MLM dan pyramid scheme. Semoga pemerintah Indonesia bertindak cepat dan tegas untuk melindungi rakyat dari aneka praktek bisnis ilegal.

Ketahui Aneka Modus Penipuan Lainnya:

Comments

  1. Apakah MLM spt talkfusion termasuk modus tipuan Piramid ? mohon penjelasan bagi yg mengerti, TKS

  2. Terima ksih atas pencerahanya,,,

  3. Penekanan pada produk yang benar-benar kita butuhkan,dan tentu dibutuhkan banyak orang sehingga kita memiliki rasa optimisme yang tinggi dalam menawarkan ke orang lain..konsep ini yang paling saya sukai dari tulisan Anda!

  4. Kalau stiforf gimana gan

  5. Anda menyatakan MLM terwujud dalam affilate marketing.maksudnya gmn nih.
    MLM dan affiliate marketing beda jauh kan?
    cara kerja affiliate marketing adalah menjual produk milik orang lain.dalam dunia offline bisa disebut Makelar. Tugasnya adalah mencari pembeli, bukan mencari downline

  6. Terimakasih… sy suka threadnya. tulisan begini yg sdh lama sy cari. so, bgmn kita menyikapi di masyarakat lingkungan sekitar kita dengan adanya bisnis2 seperti ini yg jelas2 itu menurut kita penipuan atau pyramid, atau sejenisnya? maksud sy apakah memungkinkan di negara kita ini untuk melaporkannya atau bagaimana?…. trims jawabanya

    • Terima kasih atas komentar Anda. Sistim hukum dan perundang-undangan kita saat ini belum memiliki efek cegah…antara lain belum ada aturan yang jelas untuk mendeteksi cepat seperti apa sih modus-modus bisnis atau MLM yang ilegal. Sistim hukum yang ada adalah model pemadam kebakaran. Setelah ada korban berteriak atau melaporkan telah tertipu, barulah aparat bertindak. Semoga info-info Howmoneyindonesia.com dapat menghindarkan masyarakat dari aneka modus penipuan.

  7. Apakah mc-indonesia.com termasuk penipuan?
    mohon penjelasaannya.
    terimakasih.

  8. Btw bagaimana menurut anda tentang bisnis K-LINK dan ORIFLAME ?

    • Pendapat orang bisa berbeda-beda…artikel ini hanyalah salah satu yang bisa dijadikan panduan awal untuk mendeteksi suatu potensi penipuan dgn berkedok MLM atau network marketing. Keputusan akhir tetap di tangan Anda..

      • Betul..saya sepakat pendapat orang berbeda-beda ! yang ditanyakan Hairani : K-LINK dan ORIFLAME…..coba yang ditanyakan “Haerani” bukan MLM ” KLINK dan ORIFLAME..misalnya Qbule..Bossventure atau VSI milik ustad Mansur pasti jawabannya”Hati-hati terhadap bisnis seperti itu, karena bisnis yang seperti itu cenderung SCAM,Skema Ponzi,Money Game dan lain2″ …. ……hadehh….jual produk lagi ….capeeek jadi SALES ..mas bro ! Terima Kasih

  9. KALAU TElexfree dan Qbule? ,bagaimana menurut penulis.mohon penjelasannya

  10. baca “Ciri-ciri MLM / Network Marketing yang baik”
    Hadeeh ……tersirat jelas maksud dan tujuan postingan yang coba disampaikan oleh admin blog “http://howmoneyindonesia.com”………………………intinya para pengunjung diarahkan untuk mengikuti MLM yang ada produknya….ini tanggapan saya ADMIN yg baik hati. Sudah capeek saya jalan nawarin produk..kejar point ternyata omong kosong

  11. Yang sekarang lagi tren kan usaha penipuan seolah punya bisnis beneran padahal cuma kedok muslihat untuk menjaring duit orang2 miskin otak, tapi serakah… Lihat saja MMM, Qbule, Bossventure, Stiforp…dst… Mau punya produk atau gak punya produk, kalau tipu2 ya sami mawon.. Sadarlah sebelum terjerat..

  12. Kalau begitu apakah bossventure juga berbahaya? saya melihat bahwa pemiliknya salah satu Kadin jkt, dan kenapa jika itu MLM yang tidak baik, tidak ada tindakan dari pemerintah? Saya heran karena sudah 2 tahun di indonesia. Ada ga UU yang mengatur hal ini? mohon jawabannya ya penulis. terima kasih.

  13. Febrian Ryanto says:

    Ngomong soal penipuan, BossVenture, IndexGb, Qbule, CV Panen Mas, Koperasi Langit BIru, VSI Ustad Mansyur dll dll…kan sama aja tuh semua modusnya… Mereka ingin terlihat seolah punya usaha beneran…promonya gembar-gembor…ngajak orang gabung, alias setor duit… Lha, sederhana aja. Kalau memang bisnis yg bagus, kok ngemis2 minta orang ikutan? Emang ga punya modal?…

  14. Rival Inuanto says:

    intinya apakah benar telexfree itu mrpkan salah satu modus bisnis penipuan ( money game atau pyramid scheme) yg sekarang marak di indonesia.

  15. tolong dong review VSI ustad yusuf mansyur.. Terima kasih.

  16. sy member sebuah MLM, mungkin sy bs minta pendapat om penulis, apakah MLM yg sy jalani ini termasuk baik atau tidak karena tidak ada indikator seperti diatas, hanya saja MLM sy memberikan :

    1. usia perusahaan blm ada 10 thun
    2. gratis cek-up setahun sekali
    3. asuransi kematian
    4. bonus memang didapat dari penjualan lasung dan pencarian downline
    5. harga produk terbilang mahal
    6. ada beasiswa

    hanya sj blm ditentukan asuransi, rumah sakit untk cek-up dan sekolah (untuk Indonesia)

    terima kasih atas jawaban om penulis untuk masukannya, semoga bermanfaat unt sy

    • Walaupun informasi yang Anda berikan belum lengkap, ada beberapa alasan untuk menolak tawara tersebut:
      1. Kejelasan bisnisnya tidak ada. Kantor dan penanggungjawab di Indonesia bagaimana, apakah sudah ada. Menurut informasi Anda, perusahaan asuransi dan RS-nya belum jelas. Bagaimana mungkin Anda bergabung ke bisnis yang tidak jelas. Lalu menawarkan bisnis tak jelas tersebut ke orang lain.
      2. Sudah jelas bahwa bonus diperoleh dari pencarian downline. Ini jelas moneygame…bonus dibayarkan dari uang yang disetor pendaftar terdahulu. Tinggal menunggu waktu saja usaha2 ini akan ambruk sendiri.
      3. Fasilitas lainnya seperti asuransi dan beasiswa hanya kedok. Intinya, napas bisnis begini bergantung penuh pada setoran para member. Jika sudah tidak ada member yang bergabung, maka berhentilah urat nadi bisnisnya…

  17. admin jangan bisnis MLM deh… mending tetep konvensional aja sampe tua

  18. supriyono says:

    Bagaimana dengan yang satu ini. http://wingsnetwork.com mohon admin analisa demikian terimakasih..

  19. namasayabella says:

    Bagaimana dengan bisnis MLM Moment http://moment2us.com ? apakah tipuan piramida atau nyata? mohon bantuannya, terimakasih

  20. Informasi dari wesbitenya terlihat bahwa Moment2us belumlah stabil, baru memulai usaha. Hendaknya pelajari benar produknya, apakah memiliki keistimewaan dan berpotensi laku di masyarakat. Anda sebagai distributor tentu ingin menjual banyak bukan? Tanyakan pula tentang perijinan, termasuk izin Depkes atau POM jika terkait obat dan makanan. Saran kami, sebaiknya pelajari dahulu lebih mendalam.

    • Secara legalitas, perusahaan2 ini memiliki perizinan yang memadai dari pemerintah RI. Produknya jelas, dan dilengkapi izin dari instansi terkait. Untuk menghindari penyalahgunaan bisnis yang sering mengarahkan MLM ke moneygame, setiap member harus benar-benar memperhatikan ketentuan perusahaan dalam operasionalnya. Pastikan pula harga-harga produk tidak menjadi jauh lebih mahal dibandingkan produk sejenis yang dijual di luar mekanisme MLM.

  21. Thanks pentjerahannya suhu

  22. Hati-hati bagi yang melanggar Ketentuan baru ttg Bisnis Penjualan Langsung (Single atau Multi Level Marketing),

    Baru disahkan Undang Undang Republik Indonesia No.7 tentang Perdagangan yg berlaku mulai 11 maret 2014.   

    Beberapa pasal penting sbb:
    -Pasal 7.3) :Distribusi Barang secara langsung sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan menggunakan pendistribusian khusus melalui sistem penjualan langsung secara:
    a. single level; atau
    b. multilevel.

                             
    -Pasal 8:
    Barang dengan hak Distribusi eksklusif yang diperdagangkan dengan sistem penjualan langsung hanya dapat dipasarkan oleh penjual resmi yang terdaftar sebagai anggota perusahaan penjualan langsung

     
    -Pasal 9
    :Pelaku Usaha Distribusi dilarang menerapkan sistem skema piramida dalam mendistribusikan Barang

    (Penjelasan skema piramida pasal 9: Yg dimaksud dgn “skema piramida” adalah istilah/nama kegiatan usaha yg bukan dr hasil kegiatan penjualan Barang. Kegiatan usaha itu memanfaatkan peluang keikutsertaan mitra usaha utk memperoleh imbalan atau pendapatan terutama dari biaya partisipasi orang lain yg bergabung kemudian atau setelah bergabungnya mitra usaha tsb).
    -Pasal 105: Pelaku Usaha Distribusi yang menerapkan sistem skema piramida dalam mendistribusikan Barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah).

                           
    -Pasal 106:
    Pelaku Usaha yang melakukan kegiatan usaha Perdagangan tidak memiliki perizinan di bidang Perdagangan yang diberikan oleh Menteri sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun atau pidana denda paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah)

  23. sehubungan dgn UU perdagangan yg br di launching/di sahkan..
    1.apakah ada rujukan utk perusahaan MLM mendapatkan surat ijin khusus utk bergerak dgn sistem MLM yg sah dan sesuai kriteria pemerintah ??
    2.byk MLM yg juga bs mnjadi solusi penghslan dan merubah taraf hidup masyarakat Indonesia mnjadi lebih baik/Sukses bg keluarga ..yg kebanyakan mereka bukan lulusan sekolahan atau boleh di katakan di pandang sebelah mata bahkan tidak di anggap oleh masyarakat kelas atas yg punya titel..krn mrk tukang becak atau seorg kuli..
    >sudahkah Pemerintah memikirkan dan menyediakan pemecahan masalahnya ?? pekerjaan pengganti mungkin ??..lapangan pekerjaan bg member MLM yg jmlahnya banyak sekali..
    3.seharusnya MLM dari luar negerilah yg hrs di perketat atau di larang masuk Indonesia krn jelas tdk memiliki ijin berjualan di wilayah RI.
    4.utk Admin HMI tlg review lengkap semua perusahaan yg menyalahi UU perdagangan tersebut ???
    5.sy setuju dgn Admin HMI,..knp praktek modus piramida di perusahaan investasi dan asuransi tdk ada UU nya juga..krn perusahaan investasi dan asuransi skrg jg pke skema pirmida…
    thx Admin…

    • Hello Dorkas,
      Kita sepakat bahwa masih ada hal-hal yang harus diperbaiki oleh pemerintah kita ataupun asosiasi terkait. Semoga artikel-artikel dan ulasan di Howmoneyindonesia dapat semakin membuka wawasan betapa pentingnya mengatur bisnis MLM/network marketing agar dapat membawa kebaikan bagi semua pihak.
      Kami kurang setuju jika MLM dianggap bisnis yang tidak baik. Ada banyak kok MLM yang baik, hanya saja tidak sedikit pula bisnis gadungan yang mendompleng sebagai MLM atau meniru skema bisnis MLM.
      Mengenai piramida, mohon pembaca jangan salah kaprah. SEMUA organisasi atau bisnis di dunia pasti BENTUKnya piramida. Nah, yang ilegal adalah bila menjalankan skema PONZI, alias money game, dan semata bertujuan mengeruk uang para member yang bergabung tanpa didukung produk yang berkualitas.
      Supaya lebih jelas, mohon baca juga ini ya: https://howmoneyindonesia.com/2014/04/02/skema-piramidaponzi-dalam-modus-mlm-dan-jual-beli-resmi-dilarang-di-indonesia/

  24. Admin HMI, berkaitan dgn UU perdagangan resmi..gmn dgn MLM luar negeri MMM ( tdk ada produk) dan talkfusion (byk produk yg di tawarkan,bisa di dpt dgn gratis produk sejenis)….dan gmn dgn perusahaan dlm negeri seperti http://www.meliasehatsejahtera.com (MLM produk kesehatan) & http://www.motorimpian.com (Jasa Marketing)..terima kasih Admin HMI…

  25. hello Admin, sy mau minta tlg lagi utk review beberapa perusahaan MLM yg di tawari teman sy, nama perusahaannya PT.ACJ ( Agung Cipta Jaya ) http://www.rewardhebat.com & NSRmarketing http://www.nsrmarketing.com & Enimart http://www.eni.co.id
    PT.ACJ & Enimart adalah perusahaan dlm negeri sdgkan NSRmarketing perusahaan dari malaysia….terima kasih banyak atas bantuannya…

  26. yulianto says:

    kalo dengan yg ini gmn? bisa bantu cek n ricek? Bisnis Network Marketing PT. Moment Jaya Indonesia Glucogen NETWORK Community

  27. den bagus says:

    Saat ini sangat gencar di FB..twiter..kaskus tentan bisnis MMM ( Mavrodi ), yg jelas2 MONEY GAME. Tapi banyak jg yg tertarik dengan keuntungan 30% setiap bulannya. Bgm menurut anda..? padahal diluar negeri sudah dianggap PENIPUAN. Kok di Indonesia dibiarkan berkembang dengan pesat..? apakah tidak ada yg mengawasinya..?

  28. zaenmelia says:

    Saya setuju dg ulasn admin HMI bahwa bisnis mlm bisa membantu permasalahn perekonomian rakyat indonesia, tp mlm yg benar” legal dan adil dalam bagi hasilnya, saya sendiri sampe sekarang menjalaninya dan hasilnya bisa membantu kesehatan dan kesejahteraan keluarga saya.

  29. Mlm itu kbanyakan penipu itu orang dari cina smua. Saya sudh 3 kali ke china n kbanyakan dsana penipu. Dan mlm di indonesia di dominasi mereka.. Sadar prend kita hanya dikeruk uang nya dengan mudah sama orang2 bajingan itu. Lebih baik kerja yg pasti untuk uang yg pasti. Jgn pernah bermimpi untuk dapat uang banyak tanpa bekerja..

    • Saya suka dengan artikelnya. Thanks admin dan semua reviewnya. Saya jg seorang netwoker. Saya paham betul bisnis MLM adalah bisnis yang sangat menjanjikan. Sedikit menambahkan saja. Ciri2 MLM murni.
      -memiliki SIUPL
      -biaya pendaftaran gratis. (Jika bayar maka baiayanya murah atau biayanya seharga produk yg di dapatkan)
      -produk berbasis premium. Tapi harga terjangkau dan relatif murah. Jadi sangat mudah di serap konsumen.
      -support sistem yg jelas. (Pelajari support sistem sblm anda memutuskan untuk join)
      -memiliki gedung sendiri, minimal berdiri selama 5 tahun.
      Sekian sedikit sharing dr saya. Paradigma MLM adalah penipuan harus di hilangkan. Saya sebagai pelaku MLM sangat menyayangkan paradigma org indonesia. Mudah2n bermanfaat 🙂 085959280132 Panji

  30. Bagaimana indexgb apakah itu termasuk investasi bodong atau penipuan???

  31. apakah Oriflame termasuk mlm tipuan apa yang baik?

  32. Gmn menurut anda tentang bisnis MLM dari perusahaan PT.Asuransi Jiwa Central Asia Raya ini,mohon tanggapan nya?thx

  33. Kalo pengen membangun jiwa kewirausahaan melalui MLM, coba di “sofie martin”. MLM murni, legal, jelas, tdk ada unsur penipuan.
    Keuntungan 30% trgantung usaha membernya

  34. Mohon di cek lg mengenai http://www.mc-indonesia.com (MCI)
    apakah boleh(legal)/tidak.
    sy sdh baca ulasan ttg QNET,tp beda dg MCI.
    di MCI tdk ada biaya daftar/taunan,tdk ada setor uang,tanpa tutup poin,tanpa target dr pysat.
    utk mjd member cukup beli salah 1 produk sekitar 1jutaan.
    intinya siapa jualan : dpt bonus, hanya sj sistem bonusnya 1 orang punya 2x terus ke bawah.
    mohon di cek lg&mohon penjelasannya.

  35. Bagaimana dengan bisnis MLM Jeunesse? masuk skema ponzi gak yah?

  36. kalo MLM multi payment indonesia gimana?mohon penjelasannya?tq

  37. kalo DBS itu gimana gan

  38. bagaimana dengan MYMART GLOBAL

  39. kl Milyarder Union atau Milyarder University trmsk MLM yg baik atau g y? ktny itu pnya Indonesia, mhon pnjlasanny Admin HMI,tks..

  40. Bagaimana dengan mymart global
    Situsnya http://www.mymartglobal.com

    Terima kasih HMI

    • Mymartglobal menyatakan kerjasama dengan PT RNI tetapi belum jelas seperti apa. Di sisi produk ternyata hanya jualan propolis. So, cermati baik2 cara kerja bisnisnya…apakah produknya bakal laris ataukah sebagai member nantinya Anda harus sibuk cari2 member…

  41. Makasih banyak atas artikelnya sa’ngat bermanfaat 🙂

  42. bisnis MLM semua ada resikonya. Tidak ada bisnis yg tanpa resiko, hanya pilihlah bisnis MLM yg sudah kredibel dan terbukti bertahun-tahun dalam melayani customer…
    Bahkan sekarang bisnis asuransi menggunakan sistem MLM koq.

  43. Halo,saya member Moment Jaya,saya tertarik membaca artikel ini krn ada nama Moment Jaya Penipu/penipuan phonzy tapi saya baca artikelnya tdk ada nama Moment Jaya,karena site ini termasuk yang memberikan rasa kepercayaan terhadap si pembaca,saya ingin meluruskan ttg Moment Jaya,sebagai member di awal saya jg ragu apa benar member bisa mendapat jutaan perhari,sangat tdk masuk diakal,saya member sudah 1,5 tahun dengan penghasilan 1-5jt perhari,spt how money ungkapkan bahwa MLM itu adalah mencari mangsa..sebenarnya tidak..jika MLM tersebut memiliki produk yang sangat membantu,ada bukti atau hasilnya bagi keluhan yang mereka derita,hal” berat yang ternyata mereka sudaah menyerah dengan medis,dan semua bukti testimonial saya lihat dengan mata saya sendiri krn saya,ibu saya memakai produknya,saya termasuk org yg mengedepankan logika,dan selama ini banyak didikan saya yang sukses bersama moment,mrk sangat terbantu dgn produk jg bisnisnya.Dan di Moment tiap bonus sll dipotong pajak penghasilan yang diteruskan untuk dibayar ke pemerintah.Jadi moment jg membantu pergerakan ekonomi secara tidak laangsung .dari awal member saya banyak mendengar berita miring tentang moment,saya bkn pecinta MLM tapi saya menemukan hal lain pada Moment,bkn krn saya member saya membela Moment,tp saya rasa perlu meluruskan pendapat miring diluar ttg Moment,dan anggapan bahwa hanya petinggi2 awal yg berhasil,itu dipatahkan di moment,banyak member baru yg melebihi upline dia krn kerja keras dia sendiri..jadi semoga direview kembali ttg Moment Jaya,krn dengan salah 1 produknya yaitu biocell saya bisa membuat program anak pintar dr golongan tidak mampu,saya kirimkan biocell,jg anak” bayi yg terkena penyakit billier saya bantu dgn produknya tanpa saya suruh membeli.. ^^ saya hanya member,nama saya Media Fransisca 🙂

    • Kalo PRUDENTIAL aman gx ??mohon penjelasanya

    • @media fransisca, jika Moment Jaya mengaku sebagai MLM,
      1. apakah Moment Jaya punya SIUPL?
      2. apakah sudah bergabung di APLI?

      jika jawabannya tidak/belum…Mengapa tidak dan belum?

      MLM yang tidak punya ijin SIUPL adalah MLM Ilegal!

    • Mbak… saya yakin anda tidak akan bertahan lama di moment… 🙂

      Selagi moment masih menggunakan titik titik dan harus ada keseimbangan dan lain2…

      Productnya mungkin bagus… tapi kemahalan untuk product yang sama lainnya dengan kinerja dan hasil yg jg sama…

      Masalah komisi 5 jt per hari ya itu hak nya anda 🙂 atau malah bisa menjadi tanggung jawab…

      moment kantor gk jelas drmana… obat atau supplementnya dr mana… dan ya sekali lg… jangan terlalu banyak boongin orang2… heheheheh

  44. Thanks atas pencerahannya…
    Mau bisnis MLM masih ragu

  45. Setuju ama article ini..

    Yang cape jualan, katanya kayak salesman,, ya ikutin aja piramid atau money game… pasti cepet duitnya… dijamin…

    Ya masalah berkah atau gak urusan masing2 sih…

    Atau anda bisa juga mengalihkan kemampuan jualan anda ke temen2 anda sehingga anda jadi punya banyaknperwakilan yan jg menjual produk tersebut… dalam arti kata downline…

    Seperti kata penulis fokus terhadap productnya.. teliti lagi… apa darimana dan bagaimana…

    Saya udah 12 tahun di dunia MLM dan juga skrg saya punya 5 cabang kedai makan dgn omset rata2 1 kedai 300jt per month..

    Banyak ilmu yang saya dapat di mLM dan begitu saya terapkan ke usaha yang lain menjadi sangat membantu mengembangkan usaha saya…

    So kalau ada yang masih komen capek jualan dan males jadi salesman, ya mending lu cari kerja dan makan gaji aja…

    Karena sampai skrg pun saya masih jualan… saya dan seluruh jaringan saya berjualan… just imagine… 😊😊😊😊

    Salam…

    • Nah,saya salut sekali,kk ini punya pengalaman panjang ternyata,pasti kalo saya compare systemnya kk pasti sangat mengerti 😀 kali2 tangkapan saya yg lemah,atau kebodohan saya krn tidak memiliki pengalaman di MLM,tp seperti saya bilang lho kak,kita itu sama,orang dagang pula,bedanya,kk keren banget punya omzet 300jt,saya ngambil receh doang,saya nemplok ke kk aja ya,siapa tau ketularan suksesnya,hehe..saya hanya bisa mengelola online krn tidak pernah boleh keluar rumah. Syukurnya dari laptop kecil saya, bisa memberi lapangan pekerjaan pd org kecil,pdhl adanya mereka dirumah,cukup menghibur kesepian saya krn aturan ketat yg wajib saya taati.. Two tumbs up buat kk yg memiliki pengalaman luar biasa dan bisa mengembangkan usaha dengan bebas..saya banyak batasan,kadang suka menangis saat banyak larangan,jd seperti gadis kecil saja ^_^ bolehkah saya belajar ilmunya kk?:D saya salut dgn org2 yg memiliki ilmu diatas org yg hanya menerima dan puas 🙂 piss kk

  46. business model mlm sudah mempunyai konotatif negatif dimata banyak orang, menurut pendapat pribadi saya, tidak akan ada sebuah business yang memperlukan business model mlm apabila produk mereka berhasil. singkat kata, produk yang berhasil tidak memerlukan “kecap”an orang marketing, produk itu akan menunjukan fungsi dan keunggulan nya, melebihi dari presentasi marketer nya. semut datang mencari gula. secara alami, jika produk itu memang bermutu maka orang akan berbondong-bondong menggunakan dan mencari produk tersebut. TF bisa masuk di Indonesia karena tidak jarang orang mencari jalan pintas menuju kekayaan (bukan kesuksesan). dengan mencari member lain (download) maka upline akan mendapatkan keuntungan secara finansial. apabila Anda mengamati business model mlm TF, tidak hanya Anda harus bekerja secara konsisten untuk mencapai target, Anda juga harus menyetorkan investasi pertama Anda yang tidak sedikit nilai nya. untuk nominal 20jt, banyak usaha kecil yang bisa Anda jalani. apabila Anda hidup didunia maya, online shop tidak kalah mudah nya untuk dijalani. dan apabila Anda hidup di dunia maya, maka Anda akan sudah tau (meskipun kadang kita sudah sadar namun tersamarkan oleh iming-iming hasil) banyak software gratis yang dapat menandingi bahkan mungkin melebihi fungsi TF. sukses selalu untuk Anda semua.

  47. kalo member get member yg produknya pulsa dan ppob gimana pak?

  48. Saya mw tanya lw mlm tupperware berjualan produk n mencari downline tuch legal ga Gan? Ap termasuk penipuan?

  49. Gimana dengan MLM oriflame

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: