TelexFree: MLM Amerika, Jadi Bisnis Terlarang di Brazil

Telexfree_indonesia-640Tuduhan penipuan bisnis multilevel marketing (mlm) Telexfree merebak di Brazil. Padahal Telexfree sendiri didirikan di Brazil pada tahun 2002 lalu, dan dengan cepat menarik minat sejuta member/distributor di berbagai negara waktu itu. Sekitar 800 ribu orang diantaranya berada di Brazil, dan sekitar 15 ribu orang berada di USA, 10 ribu member lainnya di Eropa dansisanya tersebar di berbagai negara termasuk Indonesia.

Telexfree sendiri berkantor pusat di Marlborough, Massachusetts USA dan dipimpin oleh sang pendiri yaitu James Merrill. Sesuai penjelasan websitenya, Telexfree berjualan kartu isi ulang pulsa telepon yang dapat digunakan untuk berkomunikasi di internet, dengan sesama member Telexfree.

Seperti diberitakan berbagai media, belakangan Telexfree menjadi usaha terlarang di Brazil karena tuduhan money game atau pyramid scheme yang disamarkan sebagai bisnis network marketing online. Sejak bulan Juni 2013, pihak berwajib di Brazil telah menutup kantor Telexfree dan membekukan aset-asetnya. Mereka dilarang beroperasi termasuk merekrut member baru karena usaha yang dijalankan perusahaan ini tidaklah memenuhi syarat sebagai perusahaan VOIP (Voice over internet protocol).

Ted Nuyten, pengamat bisnis MLM / Network Marketing dari Belanda, memperingatkan bahwa Telexfree merupakan bisnis yang sangat beresiko tinggi. Baca artikelnya di sini.

(Baca juga: Tipuan Bisnis dengan Samaran MLM dan Network Marketing)

Meskipun demikian, para distributor di Indonesia sepertinya belum mendengar isu ini. Buktinya penawaran bisnis Telexfree masih gencar terlihat di media sosial termasuk facebook. Apalagi Telexfree merupakan perusahaan MLM yang cukup ngetop menurut pembaca Businessforhome.org.

Berbagai produk virtual memang belakangan berkembang dan dikemas dalam bentuk jualan MLM. Sebut saja Talk Fusion, Iwowe, Stiforp, Empower Network, dll. Pro kontra pun menyeruak karena kebanyakan produk tersebut tidaklah dimanfaatkan tetapi kebanyakan para membernya lebih sibuk mengajak orang bergabung dan menyetor duit. Saat bergabung, apakah Anda paham bisnis dan produk apa yang Anda masuki? Apakah mereka hanya mengincar uang Anda?

Sejumlah kasus seharusnya membuat kita sadar akan pentingnya kehati-hatian. Paling tidak, kita bisa belajar dari “peluang-peluang bisnis heboh” sebelumnya seperti Ad Surf Daily, Just Been Paid, JSS Tripler, ProfitClicking, Zeek Rewards, TVI Express dan lain-lain yang akhirnya berguguran bukan? Kemanakah mereka para member yang dulunya berkoar-koar mempromosikan bisnis-bisnis money game ini? Para korban kini hanya bisa meratap menyesali kebodohan sendiri karena melupakan logika dan bisikan nurani.

Hmm…aroma money game memang memikat tapi belakangan pasti menyengat.

Tips Menentukan MLM Baik atau Tidak

Sebelum memutuskan bergabung dengan suatu MLM, sebagaimana Anda menganalisa peluang bisnis MLM tersebut dengan beberapa pertanyaan sederhananya seperti:

  • Apakah produk tersebut istimewa sehingga Anda (dan mungkin orang lain juga) memerlukan dan ingin membeli produk-produk tersebut?
  • Apakah Anda memahami cara menggunakannya?
  • Apakah Anda bisa memasarkannya dan membuat orang lain tertarik membelinya?
  • Bagaimana dengan kelayakan harga dan manfaatnya?

Jika Anda menjawab “tidak” untuk pertanyaan-pertanyaan di atas, Anda kemungkinan hanya akan sibuk merekrut orang untuk memasuki mendaftar MLM tersebut tanpa peduli produknya. Pendapatanpun diperoleh dari rekrutmen (dan iuran bulanan/tahunan), bukan karena menjual produk. Jika demikian, apa bedanya dengan arisan berantai ataupun money game lainnya?

Gunakan analisa dan nurani Anda. Tidak perlu terjun ke dalam api untuk mengetahui bahayanya bukan?

(Setiap review Howmoneyindonesia.com terbuka terhadap masukan, kiritik atau pendapat yang berbeda. Silahkan sampaikan pendapat Anda kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini atau hubungi kami. Terima kasih.)

Iklan

Comments

  1. menurut howmoneyindonesia.com sendiri bagaimana bisnis telexfree?? apakah termasuk legal atau tidak?? kalau bisa dibahas secara lebih detail mengingat bisnis MLM ini sedang booming di indonesia…

    • Belum ada aturan di INdonesia yang mengatur tentang money game. Itulah sebabnya banyak bisnis MLM money game yang berkembang dan menjerat masyarakat kita. Karena itu kami sebatas menyediakan informasi dan panduan saja. Masyarakat sendirilah yang memutuskan. Semoga aturan-aturan yang mengatur bisnis2 tipuan dapat segera terwujud sehingga masyarakat lebih terlindung dari bahaya penipuan.

  2. maaf admin kayaknya penulis artikel ini blm paham betul apa yg ada di dalam bisnis telexfree hehee banyak yang kurang tuh penjelasanya,,,,, atau jangan2 sengaja di kurang kurangi??

    • Informasi Telexfree yang perlu disampaikan sudah memadai, sesuai dengan topik judul. Jika Anda memiliki informasi lainnya, silahkan tampilkan di kolom komen agar dapat dibaca masyarakat juga… Jika info tersebut bermutu dan berimbang, dengan senang hati pula kami akan menampilkan backlink ke website Anda. Terima kasih.

    • antex telexfree tersinggung

  3. Gimana dg bossventure mas?

  4. saya suka kata2 ini ” Tidak perlu terjun ke dalam api untuk mengetahui bahayanya bukan?”
    kebetulan saya sudah menghimbau juga kepada teman yg mencoba menawarkan BOssventure kepada saya dan saya berikan informasi ttg BV berdasarkan logika dan fakta, tapi ya keputusan tetap pada masing2.
    Dia berkata, saya sih berani mencoba aja biar ga penasaran.

    Seharusnya saya jawab: Tidak perlu terjun ke dalam api untuk mengetahui bahayanya bukan? he..he

    Informasi disini sangat bermanfaat, saya bantu share ke FB supaya tidak banyak orang yang menjadi korban hanya karena tergiur oleh uang puluhan juta yang haram karena moneygame itu haram menurut agama dan merugikan banyak orang.

  5. Christian says:

    Hai admin, utk telexfree, ad temen sy pribadi dy active hebat luar biasa dlm 4 bulan dy menghasilkan dr Telexfree 1,6M n jaringan byk, n byk ksaksian n tmn2 sy join bneer2 menghasilkan n byk temen beli Mobil dr income Telexfree.. Dan pasif income ny jg byk yg join krna menghasilkan, sy pribadi sering withdraw dollar ny ud ribuan dollar sy withdraw, itu menurut admin gmn? Apa itu menipu? Mana ad perusahaan yg mau nipu tpi bs kasi komisi dollar sgitu byk, apa pun itu sistem ny piramid scheme ato apa lah, itu bukan menipu bang, byk org ikut MLM dan gagal selalu blg perusahaan menipu, pdhal dy yg join sndri atas kmauan ny, n resiko gagal dy jg tau, tpi knapa dijelek2an perusahaan menipu, org gagal selalu berkoar bung menjelek2an, org sukses tdk pernah berkoar.. Jgn menilai yg gk benar, perusahaan MLM itu bagus byk yg sukses dr MLM, byk yg jadi kaya dr MLM, hny org gagal lah yg otak ny miring dan menjelek2n Tanpa sebab.sehingga perusahaan trsebut tercemar jelek negative gara2 omongan dr si GAGAL. Sblom membuat article ini, survei dolo bang sblom posting, jgn meliat dr org gagal, survei n liat lah org yg ber hasil di bidang MLM trsebut.. Baru posting.. Smoga bermanfaat n pkiran ny terbuka dan jgn negative ttg MLM.. Tq..

  6. Lha …yang di sebelah bagi2 mobil, hadiah liburan ke luar negeri…dst dst… Masih ingat kan VGMC? Tapi bubar juga bow karena emang penipuan money game… Sepanjang kalian masih daftar, bayar iuran …usaha gini2an masih jalan…tapi yakinlah suatu saat akan redup. Mereka berkilah server error lah…systwm down…maintenance dst dst…lalu lenyap tak berbekas… Yg bertahan hanyalah bisnis yang benar2 bisnis BENAR…

  7. gimana dengan BO top-profit99?

  8. Halo semua,, saya punya ide sedikit nih,, menurut saya kita harus dewasa berbisnis. 1. Ketika niat kita berbisnis memang tidak selalu produknya harus kita butuhkan. Begitu juga di bisnis konvensional, apakah pemilik pabrik butuh rokok ? Apakah rokok itu bermanfaat ?. bisa ya, bisa tidak. Yang penting make money. Its a business. Begitu juga dengan MLM.
    2. Sadari semua bisnis ada resikonya. Buka pabrik bangkrut. Ikut MLM produk ga bisa jualan. Saya punya teman pria ikut MLM pembalut wanita. Dia sukses di sana. Apakah semua downlinenya sukses? 70% tidak sukses. Kehilangan waktu dan kehilangan uang operasional dan tutup point. Begitu juga MLM yang lain. Apakah waktu bisa kembali? Tidak. Dewasalah.. Tidak perlu menyesal dan tidak perlu takut. Anda tidak melakukan apa apa sekalipun, itu beresiko. Yang penting sadari resikonya, pelajari dengan seksama, tentukan arah.

    • boby cihuy says:

      saya setuju dengan yang satu ini….
      “Anda tidak melakukan apa apa sekalipun, itu beresiko. Yang penting sadari resikonya, pelajari dengan seksama, tentukan arah.”

  9. Bahas donk ttg mycbs.net

    Itu lebay bgt promonya. 100 juta bisa didapat dg rekrut 2 member, katanya.
    Padahal pakai sistem “fly” dan arisan.
    Para member nya pun kalo ngrekrut org, maksa bgt. Begitu dicek di web nya, produk yg ditawarkan terkesan “diada-adakan”.
    Apalagi iming-iming nya, dg daftar 2,5 juta, bisa dapet voucher 4,9juta.
    Sepertinya mirip-mirip dg bossventure nih.

    Tolong dibahas ya.. tks

  10. Dear admin, web ini sangat membuka wawasan sy mengenai bisnis online. Saya ingin admin membahas mengenai Libertagia krn sejauh pengamatan sy blm pernah dibahas.
    Terima kasih

  11. Yth. Admin, memang pada dasarnya dlm berbisnis saat ini ada 2: bisnis offline (konvensional) dan bisnis online (lagi ramai di bbrp negara berkembang termasuk indonesia). terlepas dari bo2 yg bermodus investasi, ponzi, money game, dll. yg dibahas oleh Admin, ini cukup menambah wawasan dlm mengenal bo-bo yg aman. Dan BO yg legal adalah merupakan PILIHAN & PELUANG BISNIS dlm mencari BEBAS FINASIAL. Nah, mnrt Admin (sepertinya berpengalaman) kira” BO” yg mana yg aman dan legal mnrt hukum dan agama. Mohon pencerahan. tks.

  12. Kalau MMM bgm bos?

  13. Udahhh.. Gak usah MLM yang nilai manfaat produknya lebih rendah dari uang yang di investasikan. Lebih baik trading forex , kelola dana sendiri, transaksi sendiri manual atau pakai otomatis, lebih jelas transaksinya dan resikonya. Yang penting profit walau hanya 5-10 persen sebulan yang penting konsisten.

  14. saya salah satu korban telexfree,

  15. muhammad arir says:

    Apa benar telex free mempromosikan iklan 1 iklan sehari
    Gaji nya $20 per minggu

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: