Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Asuransi_kesehatan_terbaik_indonesiaSetiap perusahaan asuransi di Indonesia mengklaim diri sebagai perusahaan asuransi terbaik. Namun Anda sebagai konsumen yang ingin melindungi diri dan keluarga (serta aset) dari resiko finansial karena sakit, tidak perlu bingung dalam memilih. Anda hanya perlu mengetahui asuransi kesehatan yang terbaik untuk Anda.

Asuransi kesehatan yang baik selayaknya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Memiliki kredibilitas perusahaan yang baik, cukup dikenal dan terpercaya dibandingkan perusahaan asuransi lainnya. Salah satu indikatornya adalah memiliki kantor cabang dan keagenan di banyak tempat.
  2. Menyediakan fasilitas cashless alias tidak perlu membayar tunai biaya Rumah Sakit (RS). Nasabah asuransi cukup memberikan kartu asuransi saat masuk RS (yang bekerjasama dengan asuransi tersebut). Pasien hanya membayar selisih biaya (jika ada), saat akan meninggalkan RS.
  3. Mencakup penggantian biaya rawat inap komplit, setidaknya penggantian: biaya kamar harian, biaya obat-obatan + laboratorium, biaya kunjungan dokter, biaya harian ICU, biaya pembedahan, bahkan biaya rehabilitasi. Bandingkan layanan masing-masing produk asuransi.
  4. Mempunyai jaringan kerjasama yang luas dengan rumah sakit di dalam negeri (kota dan daerah) maupun luar negeri untuk memudahkan nasabah saat sakit.
  5. Memiliki prosedur klaim yang mudah dan cepat. Baca juga: Tips Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan.
  6. Menyediakan layanan pelanggan (customer service) 24 jam yang siap melayani nasabah setiap saat.

Tidak sedikit tawaran asuransi yang hanya menawarkan manfaat setengah-setengah alias tanggung. Misalnya hanya mencakup penggantian biaya kamar saja, asuransi kecelakaan, dan biaya ICU. Padahal saat Anda dirawat inap, biaya yang pasti juga muncul adalah biaya obat-obatan (dan laboratorium jika ada), biaya kunjungan dokter, dan lain-lain. Sementara biaya ICU tidak selalu diperlukan bukan?

Karena itu, saat menganalisa tawaran asuransi, sebaiknya Anda pahami benar layanan apa yang Anda perlukan. Lalu sesuaikan dengan penawaran yang ada. Tidak semua produk Anda perlukan, walau terlihat manis dan dikemas menarik. Cukup beli satu asuransi kesehatan yang menyeluruh, bukan berbagai asuransi yang hanya mengcover layanan tertentu saja. Hal ini tentu terkait dengan besarnya premi yang harus Anda bayar bukan?

Nah, sehubungan dengan premi, pahami benar keuangan Anda. Pilihlah besaran premi yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda dan keluarga, tetapi sekaligus juga tidak memberatkan kondisi keuangan Anda. Jangan ragu untuk membandingkan layanan serta besaran premi berbagai produk asuransi. Buat apa membayar mahal-mahal jika manfaatnya tidak menyeluruh dan maksimal.

Perlu dicatat pula bahwa penggantian biaya-biaya tersebut pada nomor 2 di atas, disesuaikan dengan batasan biaya yang disebutkan di polis asuransi. Sebagai contoh, jika Anda mengambil polis asuransi yang menanggung biaya kamar per hari Rp500 ribu, maka saat sakit Anda sebaiknya masuk di kelas dengan tarif sekitar Rp500ribu per hari. Di level tersebut batasan komponen biaya obat dan seterusnya juga sudah ditentukan.

Jika Anda memilih kamar yang lebih mahal, maka Anda tinggal membayar selisih biaya-biaya obat dan layanan di kelas tersebut yang tidak tercover oleh asuransi, saat akan meninggalkan RS.

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: