Iklan

Penipuan Modus MLM atau Network Marketing

mlmMulti Level Marketing (MLM) pada dasarnya adalah usaha legal yang baik. Tidak sedikit orang yang sukses menjalankan bisnis network marketing ini jika disertai dengan usaha yang sungguh-sungguh. Dengan perkembangan teknologi informasi, MLM juga kini terwujud dalam bentuk affiliate marketing (biasanya berupa penjualan software, ebook online, virtual products, dll). Keduanya dijalankan secara berjenjang alias multi level. Hanya saja dalam affiliate marketing, member hanya mendapat bonus sekali dari setiap pembelian / penjualan produk, sementara dalam MLM, member bisa memperoleh berbagai macam bonus.

Saking bermanfaatnya, bisnis MLM bahkan menjadi salah satu bisnis andalan masyarakat yang membantu menggerakkan roda ekonomi Amerika.

Meskipun demikian, perlu disadari bahwa tidak sedikit bisnis MLM dan affiliate marketing yang menjalankan penipuan pyramid (Pyramid Scheme, kadang disebut arisan berantai, phonzi) yang sebetulnya merupakan bisnis illegal. Tipuan Piramid dijalankan dengan mewajibkan para member menyetor dana. Lalu untuk mendapatkan bonus, para member harus merekrut member (atau downline, nasabah, investor) lainnya,…demikian seterusnya. Biasanya investasi ini tidak melibatkan penjualan produk.

MLM legal dan tipuan piramid memiliki kemiripan dalam pelaksanaan bisnisnya sehingga masyarakat awam banyak yang tertipu.

Dengan banyaknya korban yang berjatuhan, tipuan pyramid menjadi bisnis terlarang di berbagai negara. Akan tetapi para penipu tetap mencari berbagai cara untuk menipu lebih banyak korban. Mereka menyamarkan bisnis tipuannya dengan rapi dalam bentuk aneka bisnis MLM ataupun affiliate marketing. Mereka menawarkan produk akan tetapi bisa berupa:

  1. Produk murah, tetapi sampah alias tidak bermanfaat (biasanya dalam bentuk software atau ebook).  Software atau ebook tersebut biasanya bersifat bombastis seperti: menjadikan website Anda seperti ATM, cara mudah untuk mendapatkan keuntungan online, cara cepat menjadi sukses dan kaya lewat bisnis online, cara mudah untuk sukses bisnis property, serta aneka software yang mereka klaim sangat bagus, tetapi pada dasarnya tidak laku dijual.  Susahnya lagi, Anda tidak bisa mencoba produk-produk tersebut sebelum membelinya,
  2. Produk mahal, tetapi tidak berkualitas. MLM yang menyamar dalam bentuk MLM resmi biasanya menjual produk mahal tetapi tidak fokus dalam penjualan produk. Mereka menawarkan produk, tetapi sebenarnya mereka mengincar uang calon member dengan menawarkan produk sampah yang mahal tersebut. Sekilas bonus sepertinya diperoleh dari penjualan produk. akan tetapi dengan harga yang sangat mahal sementara produknya biasa saja, perusahaan MLM jenis ini pada dasarnya menjalankan tipuan piramid.

Dalam kenyataannya, bisnis MLM gadungan masih sangat marak di Indonesia. Bisa jadi karena rendahnya pemahaman masyarakat tetapi minat berinvestasi dan berwirausaha semakin tinggi. Biasanya bisnis ini berkembang di kalangan pertemanan atau keluarga. Sering juga diadakan dalam bentuk seminar, atau pertemuan. Belakangan, dengan perkembangan teknologi, bisnis ini menjerat para korban melalui email, facebook, website dan aneka jejaring sosial untuk menjerat lebih banyak korban.

Baca juga: Aneka Tren Bisnis Gadungan yang Mengancam Rakyat Indonesia

Sebagaimana sudah terjadi dalam banyak kasus bisnis MLM dengan tipuan piramid, member yang mendaftar akan semakin berkurang dan uang yang masuk semakin sedikit sehingga tidak bisa membayar komisi untuk member / downline yang telah terlebih dahulu bergabung. Pada akhirnya, mereka yang ikut bisnis ini kebanyakan akan berakhir buruk, bukannya untung..

Sayangnya, pemerintah Indonesia belum jeli  dalam hal ini sehingga bisnis tipuan ini masih marak dan sering menimbulkan kerugian serta keresahan masyarakat. Jika usaha ini dijalankan oleh perusahaan yang berasal dari luar negeri, tidak dapat dihindarkan lagi bahwa akan terjadi pelarian modal besar-besaran ke luar negeri dalam berbagai bentuk seperti bentuk uang pendaftaran member/downline, uang keanggotaan tahunan, serta pembelian pakat produk yang juga tidak sedikit. Bisnis ini membuka peluang bagi perusahaan asing untuk mengeruk uang rakyat secara ilegal.

Berdasarkan panduan di berbagai negara, Anda harus sudah mulai waspada akan bisnis arisan berantai atau tipuan piramid jika:

  1. Ditawari untuk bergabung ke suatu bisnis dimana Anda harus merekrut orang lain agar memperoleh pendapatan (bonus),
  2. Tidak ada produk atau jasa yang ditawarkan. Kalaupun ada biasanya sangat mahal dibanding produk sejenis yang ada di pasaran,
  3. Bisnis tersebut mungkin juga termasuk menjual atau menawarkan produk yang bertujuan untuk menyamarkan tipuan piramid (arisan berantai). Dalam bisnis piramid, biasanya mereka lebih tertarik mebicarakan ‘peluang bisnis’ dibanding produknya. Sekali lagi mereka hanya mengincar uang Anda.

Biasanya mereka mati-matian mengklaim bisnisnya sebagai bisnis yang ‘legal dan resmi’ dengan menunjukkan surat-surat NPWP, SIUP, TDP dan lain-lain. Dokumen-dokumen tersebut hanyalah dokumen standar untuk mendirikan suatu usaha, tetapi bukanlah penentu legal tidaknya operasional usaha tersebut.mlmCiri-ciri MLM / Network Marketing yang baik:

Sekali lagi, MLM adalah bisnis yang legal bisa jadi merupakan peluang usaha yang sangat baik. Hanya saja Anda harus jeli menganalisa sebelum memilih MLM untuk bisnis Anda. Beberapa indikator berikut bisa menjadi penanda MLM yang baik:

  1. Memiliki produk yang benar-benar unggul dan berbeda dari produk sejenis yang ada di pasaran, sehingga Anda tertarik menjadi DISTRIBUTOR, bukan hanya sebagai member,
  2. Harga produknya masuk akal dan memiliki keunggulan sehingga memiliki kemungkinan laku dipasarkan. Tidak jarang MLM gadungan menjual produk yang sebetulnya dapat diperoleh dengan mudah di pasaran.
  3. Produknya kemungkinan akan terus dipesan orang dalam waktu singkat, sehingga volume penjualan Anda akan selalu ada meski tidak merekrut member baru.
  4. Memiliki sistim bonus yang jelas dan berimbang,
  5. Bonus dihasilkan dari penjualan produk, bukan dari hasil rekruitmen member (downline),
  6. Berkantor di alamat yang jelas dan memberikan dukungan (customer service) yang baik.
  7. Telah beroperasi dalam jangka waktu yang lama dan /atau diterima baik di negara-negara maju. Meskipun demikian banyak juga MLM baik dan prospektif yang terus bermunculan. Para pebisnis MLM yang berpengalaman biasanya berlomba-lomba untuk mendaftar lebih awal saat peluncuran suatu MLM baru.

Hampir semua MLM di Indonesia saat ini (baik yang berkantor di luar negeri, maupun di dalam negeri) memenuhi kriteria di atas. Karena itu gunakan logika dan kejelian analisa Anda untuk bisa membedakan mana MLM yang baik dengan bisnis tipuan pyramid.

Cermati kata-kata orang yang mempromosikan suatu bisnis MLM. MLM dengan tipuan pyramid biasanya menawarkan peluang penghasilan dengan ‘merekrut orang sebanyak-banyaknya.‘ karena mereka lebih mementingkan rekruitmen anggota dibandingkan penjualan. Jika mereka membujuk Anda dan mengatakan ‘Silahkan Anda gabung di perusahaan kami. Hanya dengan menyetor sekian, …lalu Anda harus mencari sekian orang… pasti Anda akan mendapat bonus sekian…dst..(mereka tidak atau hanya sedikit sekali berbicara tentang produk)…dapat dipastikan Anda akan digiring ke suatu bisnis MLM yang mempraktekkan arisan berantai. Sadari sebelum terlambat dan Anda terlanjur memperdaya orang lain.

Banyak MLM Gadungan yang Menyamar Sebagai Bisnis Money Game (Phonzi / Pyramid Scheme)

Apakah Bisnis MLM Tersebut Akan Membuat Membuat Anda Bangga?

Bisnis MLM memang sering mendapatkan sorotan negatif karena masyarakat belum menghargai dunia marketing dengan baik. Akan tetapi, tidak sedikit juga bisnis MLM yang terkenal baik dan memiliki reputasi terpuji di kalangan masyarakat.

MLM yang baik pada dasarnya akan membimbing setiap member baru menjadi ‘pemilik toko atau usaha’ yang selanjutnya akan menawarkan produk perusahaan tersebut agar mendapat bonus dari penjualan paket produk. Bukan berforkus pada mencari member atau downline baru.Dengan produk yang berkualitas, pebisnis MLM legal tentu dengan bangga menjadi distributor produk tersebut dan terang-terangan menawarkannya.

Dalam kenyataanya, banyak pebisnis (member) MLM atau network marketing yang tidak terang-terangan dalam menjalankan bisnisnya. Mereka menggunakan nama samaran di dunia online. Bisa jadi karena mereka tidak bangga dengan perilaku tidak terpuji bisnis mereka atau member di dalamnya.

Anda bisa menilai hal ini dengan mengunjungi fan page suatu bisnis MLM di facebook. Jika MLM tersebut murni usaha MLM legal dan tidak menjalankan tipuan piramid, biasanya identitas para membernya jelas, menggunakan nama sebenarnya, bukan nama samaran. Karena usaha atau bisnis yang baik, seharusnya membuat membernya bangga untuk berbisnis secara terang-terangan. Semoga Anda bisa semakin waspada dan cermat dalam menilai tawaran-tawaran bisnis MLM yang saat ini semakin ramai di Indonesia.

Baca juga: Tips Memilih Bisnis MLM Terbaik

Keputusan di Tangan Anda.

Sebelum memutuskan untuk bergabung ke suatu MLM, Anda harus jeli dalam menilai tawaran bisnis MLM Anda supaya Anda tidak menjadi korban arisan berantai dan pada akhirnya mengorbankan orang lain juga. Terlebih lagi, Anda harus lebih waspada terhadap berbagai tawaran peluang bisnis atau MLM dari luar negeri. Bisa saja tanpa Anda sadari, Anda terlibat dalam bisnis ilegal yang mengakibatkan pelarian dana masyarakat ke luar negeri. Cepat atau lambat, bisnis seperti ini akan menarik perhatian pemerintah dan menjadi terlarang.

Jika Anda ditawari peluang usaha dan produk MLM atau Network Marketing, baik secara online maupun offline, pastikan sekali lagi hal-hal berikut:

  1. Apakah Anda punya kemampuan menjual atau memasarkan produk?
  2. Apakah produk tersebut bermanfaat? Produknya mungkin canggih, tetapi apakah Anda (dan orang lain) akan memanfaatkannya?
  3. Apakah Anda sungguh ingin membeli produk tersebut? Apakah Anda membutuhkannya? Jika Anda tidak butuh produknya, mungkin produk tersebut juga tidak akan laku Anda pasarkan.
  4. Jika Anda ingin bergabung dalam bisnis, apakah Anda mampu menjual produk tersebut? Apakah Anda memahami produknya dengan baik? Apakah produknya akan laku di pasaran?
  5. Jika Anda menjawab TIDAK untuk poin nomor 3 di atas, Anda berarti hanya akan mencari downline alias nasabah baru, bukan menjual produk. Akibatnya Anda akan terlibat dalam bisnis piramida, bukan jual beli produk. Dalam bisnis piramida, biasanya orang tidak terlalu peduli dengan produk. mereka hanya ingin mencari korban yang akan menyetor uang sebanyak-banyaknya. Karena upline akan mendapatkan uang dari setoran yang masuk.output_ogLVkN

Jika usaha seperti ini masih berjalan saat ini, bisa jadi karena memang belum ada aturan pemerintah yang jelas tentang bisnis MLM dan pyramid scheme. Semoga pemerintah Indonesia bertindak cepat dan tegas untuk melindungi rakyat dari aneka praktek bisnis ilegal.

Ketahui Aneka Modus Penipuan Lainnya:

Iklan

Comments

  1. hello admin. lalu bisnis moment legal ap tdk di indonesi? apkh itu bisnis sungguhan atau cuma penipuan min? atau bisnis ini memakai pyramid scheme?? mohon bantuannya 🙂

    • dear sista jenny
      bisnis MOment itu menggunakan sistem pyramid scheme.sista diminta join dan memilih titik usaha yg ditawarkan = membeli produknya.semakin banyak titik usaha yg dipunya ,hasilnya juga banyak tapi itu pun kalau sista bisa merekrut member baru,kalau tidak ya tidak dapet hasilnya kecuali menjualkan.tapi harga produk yg ditawarkan lumayan mahal,untuk orang ekonomi menengah kebawah sulit untuk membelinya.
      sebaiknya membuka usaha sendiri yg lebih real aja,sist.
      smoga bisa menjadi masukan . 🙂

    • JIKA SAYA MAU GABUNG DALAM MLM MAKA SAYA AKAN LEBIH CERMAT

  2. Terima kasih sharingnya.
    Saya mau ikut program online tapi feelingku nggak enak trus kalau dilihat dari paparan di atas..takut juga jadi scam

    Salam kenal
    lk

  3. Admin mau tanya, kalau bisnia 3i network car yang didirikan salim group gmn tu? Itu kan nabung tp get member jg..

  4. Lagi marak bisnis investasi kokajang

  5. Chintalara says:

    Terima kasih infonya..
    Apakah dbs tips juga sistem pyramid..?

  6. Pak mohon infonya, bagaimana dengan peluang bisnis luxury qiu 9 yang jual sabun herbal..
    ini termasuk arisan berantai ato murni mlm yang baik.. terimakasih.

  7. tolong review bisnis bio spray juga pak….katanya produknya laris

  8. Helo admin, bgmn dg bisnis ppob dan MLM nya…apakah itu jg bisnis piramida…spt paytren,dsb..
    terima kasih

    • PPOB merupakan jasa pembayaran online yang terkoneksi juga dengan bank. Sepanjang Anda membangun bisnis PPOB dengan perusahaan/bank terpercaya, bisnis ini adalah legal.

      • Trimakasih infonya admind… jadi bisa melihat skrg bisnis yg MLM ato enggak… soalnya banyak penawaran dari temen temen…

      • berarti meskipun kita ikut program kemitraan yg ditawarkan oleh ppob tsb jg legal ya min?? Terima kasih jawabannya

  9. Hello admin 🙂
    Mohon bantuan dan penjelasannya, bagaimana dengan bisnis PT. Mas Alam Semesta atau sering disebut http://www.kliklm.com
    Bisnis ini lgi heboh2nya skrg.

  10. Bagaimana dengan luxury qiu 9. Binari juga sistem nya. Dan penerimaan masyarakat untuk produknya cukup tinggi.

  11. mohon izin berbagi gan

  12. Dear admin,
    Mau memperjelas lagi tentang kliklm.com
    Dari segi legalitas, npwp dan notaris ada dicantumkan di web kliklm.com
    Dr awal saya tertarik memang bukan krn sistem mlm nya, tp karna ada produk ‘dealershare’ sejenis saham dgn menanam modal minimal 100 gram emas dgn keuntungan 2% tiap bulan selama 12 bulan. Sampai sekarang saya msh mencari informasi pasti mengenai investasi ini dan dealershare-nya, baru saya mau join.termasuk meng email OJK dan sudah dibalas tp ojk tidak bisa memberikan keterangan apa apa krn investasi ini bukan berbasis keuangan sehingga fungsi pengawasan tdk dilakukan terhadap kliklm.com
    Bisakah admin memberikan pencerahan mengenai pertanyaan saya ini..trimakasih banyak min..(kalau bisa, di reply personal aja ya min 🙂 ). Thank you so much..

  13. Mo nanya sis gan,mlm yang namanya DNI itu jg nipu apa tidak ya?

  14. Admin, tanggapannya dong gemana dengan Luxury Qiu9, apakah benar MLM atau money game jg……

  15. Terimakasih ini Penjelasan yang sangat lengkap. Cara mudah untuk mengetahui sebuah MLM itu bagus bagaimana? Karena kalau dibandingkan dengan harga produk di pasaran rata-rata hampir semua produk MLM terbilang mahal.

  16. Rudy Yusuf says:

    Sependapat dengan ulasan Anda. Fokusnya adalah pada produk yang ditawarkan, apakah memang berkualitas dan bermanfaat. Bukan pada iming-iming bonus berdasarkan jumlah downline yg berhasil direkrut. Saluut.

  17. Kalau AGNETA gimana? Saya lihat kok produknya mirip MOMENT, sistem bonusnya juga mirip.

  18. Alhamdulillah kl spt itu pnjelasanny,sya jadi tambah mantap dg bisnis MLM yg saya jalankan sekarang. Company Profile jelas, produk ny inovatif, harga terjangkau dan memiliki bnyak manfaat, sistem yang dgunakan mudah untuk d duplikasi, dan sll d support oleh para mentor yg luar biasaaa. HWI juooooossss…trimakasih atas pencerahanny Admin yang luaaarr biasaaaa..

  19. mau tanya ya. jika dilihat dari beberapa member yang berhasil dibisnis moment ada yang mengatakan 2 tahun udah ada hasil 2 milyar, sedangkan lounching nya aja pada tahun 2014, belum setahun. gimana tu

  20. gimana tanggapan admin mengenai MLM PT.MELIA SEHAT SEJAHTERA????

  21. admin. kalo Nu skin itu sistem MLM / money game bukan ya ?

  22. Esthi Candra says:

    Terima kasih atas informasinya.Karena memang saat ini MLM semakin menjamur dg iming2 bonus besar bagi membernya.Kalau saya pribadi justru kalau iming bonusnya sangat besar,malah harus curiga.Bisa jadi product value atau harga produksinya jauh dibawah harga jual agar bisa beri bonus besar.Atau jg ada perputaran uang didalamnya.Intinya dalam MLM yg benar incomenya tergantung omzet yg dihasilkan bukan dari jumlah orang yg direkrut.Produknya riil,berkualitas dan kita butuhkan.Sistem jg harus transpáran.Menjadi member ke berapapun tidak jadi soal karena bonus berdasar omzet masing2 member.Siapa yang kerja dia yang dapat.Tq

    • Iya betul, jd harus hati2 milih bisnis, tp gak boleh nutup mata jg dgn bisnis mlm krn bisnis banyak yg baik kok 🙂 seperti bisnis mlm yg sy jalankan skrg.

  23. Kalau menabung di 3i network legal atau ilegal homon masukan dan informasinya

  24. Haloo admin luar biasa artikelnya min, mau minta saran min, sy pelaku MLM tiens international, dengan sistem matahari, kalo di liat dr artikelnya adminn sy rasa tiens masuk kriteria MLM yg baik,krn produk ksehatannya baik (kebetulan sy distributor yg gabung krn sdh rasakan manfaatnya). Di tunggu artikel lainnya tentang dunia MLM min.

  25. pagi min.
    saya ni adalah seseorang yg masih newbie dalam jlani binis.
    ada beberapa yg mau saya pertanyakan min
    apakah product sperti glucola, frutablend, tiens beneran 100% herbal ? karena saya tidak mau jadi orang yang membohongi orng. bilang herbal, tapi tertanya ada campuran kimia.
    saya harap di balas y min.
    thanks buat infonya. 😀

  26. terima kasih admin atas artikl dan saranya, sekali lagi disini sya ingin menanyakan apa bisnis MLM Azaria itu salah satu bisnis money game atau penipuan ya ? tolong untuk penjelasannya ya admin terimkasih

  27. Admin .. maw tnya kalo sistem mlm herbalife itu phonzi scheme ga?

  28. myazaria apakah mlm berkedok money game? karena rekrut 1 orang dapat bonus 1 juta

  29. coba saya ingin penjelasannya tentang bisnis e-commerce terbaru ONstore, ??? sistem bisnisnya bisa search sendiri ya…mohon penjelasannya…

  30. Gimana ttg talk fusion ? Apa benar MLM yg baik apa money game? Karna klaim talk fusion mereka ksh kartu debit visa…yg mana tidak kalo tidak bagus g mkn VISA mau keluarin kartu debit member..?

  31. Terima kasih infonya..
    Apakah Fkc bisnis yang baik, mohon review nya..

  32. Bagaimana dengan superbarokah.com?

  33. Mas Admin,kalau HWI gimana mas? Yg jualan Dtozym,NesV,MrPro itu? Mohon reviewnya. Makasih.

  34. Tdnya aku mo joint mlm … tp sy liat lg ko org orgny statusny suka menghujat ato merendahkan orang orng yg ga mau diajak join jd member….dg nada sombong n angkuh…apa bener mlm itu dalam 2 tahun bisa ke beli tanah …rumah mewah…mobil mewah…trus bonusnya jalan jalan keluar negri???tp ngeri dr statusnya yg suka ngehujat org yg gak mau di ajak joint jd member…mohon masukannya…

  35. Hallo admin , mohon infonya untuk bisnis yg saya jalani skrg
    saya member di MSI Biospray,dgn sistem piramid. Namun produk ini banyak diminati masyrakat (multyfungsi) dr bayi,anak2,dewasa dan lansia bs menggunakan nya, sprti penyakit kulit ,batuk,tenggorokan ,mata minus, polip dll. dgn hrga 75 rb bisa mengobati brgbgai masalah. bukan hanya biospray sj yg bisa menyembuhkan pnyakit (glutavit dan biovit jg ) prdk ada manfaatnya. sy pribadi juga menggunakannya. krn produk brmnfaat dan bnyk peminat, sehingga terjadi repeat order dan komisi di dptkan jika kita melakukan repeat order 1 paket .
    jd saya sdkt bingung dsni min.
    mohon bantuannya
    trims

  36. kaka admin , Kalo MLM PT. Melia Sehat Sejah Tera itu kemasuknya yang mana ya ?

    mohon sarannya , soalanya kemarin saya di ajaka temen saya ..,

    gimana ya kaka Admin ?

  37. Mb bgmn dg bisnis covert selling,dmn ownwr menawarkn cara agar dagangan laku member yg pnh ikut hrs mempromosikan ato mereferalkn ke wall fb akan ada kelas ato plg g ngiklanin tips jualaan shg laris dr sang master,yg ditawarkn master adalah jaringan sponsor dari alumni,tips yg br untuk berbisnis laris,nm akun jenderal gagah fb pendaftaran 99rb per kelas

  38. marak bisnis MLM, Bonus2 yg dibagikan sebenarnya adalah selisih harga sebenarnya dari produk/jasa yg ditawarkan dgn harga yg ditawarkan melalui MLM, ada juga yg memberikan bonus tambahan jika kita bisa merekrut anggota baru. okelah katakan saja bonus yg kita dapat itu murni merupakan hasil dari penjualan produk, tapi coba hitung berapa % yg kita dapat, bukankah bonus yg lebih besar akan kita dapat jika dapat merekrut anggota baru? dan rata2 harga produk yg dijual melalui MLM hanyalah produk biasa yg dikemas luar biasa. buat saya bisnis MLM adalah “penipuan” berjenjang yg dikemas secara luar biasa dan dipromosikan secara luar biasa. Secara garis besar saya setuju dgn artikel ini. Salam.

  39. supriyadi wahyudi says:

    Coba telaah bisnis HWI dong.
    Kalo ada unsur penipuan,menguntungkan yg diatas,yg bawah gabisa balap yg diatas kasih tau saya ya.

  40. min, mau tanya tentang bisnis azaria itu gimana?

  41. penipuan begitu emang banyak sih, tadi saya dapet baca baca ginian, malah ada yang lebih parah di sini

    https://jildhuz.wordpress.com/2016/01/02/blunder-member-moment-berjanji-bugil-di-akhir-tahun/

  42. Dear admin.
    Saya ditawari join di bisnis Talk Fusion. apakah talk fusion adalah bisnis yg tidak merugikan seperti MLM lainnya?? Mohon masukannya. Terima Kasih.

  43. Admin mau tanya kalo produk moment infinity itu penipuan atw monay game ?
    Soalanya saya mau ikut gabung jadi ragu,,

  44. Artikel menarik dan bermanfaat.
    Syukurlah saya membaca hal ini sebelum join bisnis MLM.
    Saya adlh distributor dr franchise agen travel+pulsa+ppob+rentcar
    Tadinya mau nambah bsnis lg di bidang MLM (bisnis franchise saya bukan MLM yah).
    Setelah baca ini, saya semakin yakin utk memantapkan usaha distributor saya.
    Utk admin, kira2 review mengenai bisnis seperti saya? (Distributor bg agen travel+plsa+ppob+rent car)
    Terima kasih admin

    Tambahan bg yg ingin jd agen/distributor travel+pulsa+ppob+

  45. kalo 4jovem itu gima min, aku ditawarin terus sama temenku.. apakah itu mlm yang legal dan aman?

  46. Haii admin,,,,
    Terima kasih banyak atas informasinya ya,,
    Untung aku ketemu blog ini, coba klw ga, aku sdh teransferin uang aku ke org yg ngajakin aku bisnis, ya sprti yg admin bilang td, bisnisnya cm fokus merekrut org saja, sedangkan produknya sendiri tdk terlalu di pentingkan.
    Bener memang harus lebih jeli lagi dan harus teliti lagi, jangan mudah tergiur..
    Terima kasih,, terus kasih informasi yg baik ya…☺

  47. intan poerawijaya says:

    min tau zegen indonesia kan ?

  48. rismanapris says:

    Admin…. Kalo bisnis online Azaria amazing store pusat di surabaya…gimana ??

  49. Sangat bermanfaat bacaanya, saat ini sedang marak2ny bisnis dgn sistem MLM fresh launching, dan hanya bertahan sesaat. Ijin share ya, trims

  50. Mohon ijin admin;
    hr gini masih byk orang yang dibodoh”in.. pk logika dong bro & sis kita kerja atau usaha mau dapet duit.. lah ini ngeluarin duit udah gitu cara dapet duitnya kita cr member/anggota/korban buat setor baru kita dapet komisi apa yg begini bukan namanya MLM mau pk kedok Q-marketing kek sama aj.. intinya bukan jual produknya tp cr korban buat join biar dapet komisi.. dan si korban suruh cr korban lagi biar bercabang biar komisi makin gede.. itu seh jebakan batman.. insyaf oi cari duit jalan cepet cuma buang waktu dibodoh”in.. mau dapet duit kerja itu jawabannya..

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: