Iklan

Fintech: Jadi Investor atau Minjam Duit Cukup Di Handphone

Menjadi investor dengan dana kecil atau perlu dana tunai untuk memulai dan mengembangkan usaha atau keperluan pribadi? Bila pilihannya adalah mencari pinjaman bisa jadi kerepotan mengurus persyaratan bank menjadi kendala. Namun dengan peran teknologi internet saat ini memunculkan aneka lembaga praktis berinvestasi atau menyediakan dana segar yang bisa diakses dengan mudah secara online. Nama perusahaan-perusahaan ini adalah financial technology alias fintech. Nah, di Indonesia pun berkembang sejumlah fintech yang bisa menjadi pilihan bila Anda memerlukan pinjaman dana.

Proses menjadi investor ataupun mengajukan pinjaman cukup praktis, cukup melalui handphone atau komputer Anda. Serba online. Pinjamannya pun beragam. termasuk bagi mahasiswa ataupun untuk membayar tagihan online shopping.

Namun demikian, sangat disarankan agar calon peminjam dana mempelajari benar segala ketentuan, biaya-biaya terkait pinjaman, denda keterlambatan, jangka waktu pembayaran dan sebagainya.

Berikut ini kami menampilkan beberapa fintech penyedia jasa pinjaman yang ada saat ini.

CICIL.CO.ID

Mahasiswa merupakan kelompok masyarakat yang sangat sulit untuk mendapatkan pinjaman bank. Padahal kebutuhan kuliah juga banyak, misalnya laptop atau alat elektronik lainnya untuk menunjang perkuliahan. Bila kamu mengalami hal ini, jangan kuatir. Ada Cicil.co.id memberikan akses kemudahan pembiayaan bagi mahasiswa.

Cicil.com akan menganalisa profil mahasiswa sebelum menyetujui pinjaman yang diajukan. Silahkan baca info lebih lanjut di website: Cicil.co.id.

UANGTEMAN.COM

UangTeman didirikan oleh Aidil Zulkifli pada tanggal 26 September 2016. Fintech ini menyediakan layanan pinjaman tanpa agunan dengan besaran Rp1 juta hingga Rp3 juta dengan waktu pengembalian maksimum tiga puluh hari. Layanan pinjaman online ini sudah dapat melayani para debitur di sejumlah kota besar. Untuk memudahkan para nasabahnya, UangTeman.com juga bisa diakses melalui platform web, atau aplikasi iOS dan Android.

UangTeman.com telah mendapat izin dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk info lebih lanjut, silahkan kunjungi website UangTeman.com.

KREDIVO.COM

Kredivo yang didirikan pada tanggal 1 Juni 2016 ini, akan membantu Anda membayar transaksi belanja online, tanpa harus melakukan pembayaran saat bertransaksi, tanpa kartu kredit. Selanjutnya pinjaman ini dapat Anda kembalikan dalam 30 hari atau dicicil selama 3, 6, atau 12 bulan. Saat penulisan artikel ini. Kredivo telah bekerjasama dengan hampir 100 toko online.

Buat kamu yang suka ber-online shopping, ada baiknya membaca lebih lanjut di website Kredivo.com.

AKULAKU.COM

Akulaku memberikan layanan yang sama dengan Kredivo yaitu membayar tagihan belanja online. Pinjaman selanjutnya bisa dikembalikan dengan cicilan sampai dengan 9 bulan. Akulaku.com sudah melayani para online shopper di Jabodetabek dan Bandung dan Malaysia serta Filipina.

Ingin berbelanja online dan dipinjamin untuk pembayarannya? Cek website Akulaku.com.

DANA BIJAK

DanaBijak menuyediakan jasa pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp3 juta, dengan jangka waktu pengembalian maksimal tiga puluh hari. Untuk mendapatkan pinjaman, calon peminjam hanya perlu membuktikan memiliki penghasilan bulanan minimal Rp2,5 juta dan menyertakan rekening bank  untuk diverifikasi. Bagi peminjam awal, mereka memberlakukan bunga satu persen per hari.

Info lebih lanjut bisa diperoleh di website Dana Bijak.

GERAI DANA CEPAT

Gerai Dana Cepat (GDC) yang berdiri pada 1 Mei 2011, bisa memberikan pinjaman dana dengan jaminan BPKB (sepeda motor atau mobil) dan sertifikat tanah. Layanan GDC  juga sudah bisa diakses melalui aplikasi pinjaman online di platform Android.

Dapatkan info lebih lanjut di website Gerai Dana Cepat.

KREDIT CEPAT

KreditCepat adalah layanan yang bisa memberikan pinjaman mikro secara online tanpa jaminan dengan waktu pengembalian  maksimal tiga puluh hari. Bagi mereka yang meminjam untuk pertama kalinya, KreditCepat.id mengenakan bunga 1% per hari, atau sekitar tiga puluh persen untuk pinjaman selama tiga puluh hari.

Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi website KreditCepat.

Mau Jadi Investor atau Peminjam?

Selain itu, terdapat pula sejumlah fintech yang tidak hanya memberi pinjaman tetapi membuka kesempatan kepada setiap orang menjadi investor untuk mendanai atau memberikan pinjaman kepada orang lain atau usaha usaha tertentu. Sistim penggalangan dana dari kita untuk kita  (peer to peer lending) atau pendanaan dari masyarakat (crowd funding) ini memberi keuntungan bagi semua. Investor memperoleh keuntungan bunga dan peminjam bisa mendapatkan pinjaman untuk usaha atau keperluan pribadinya.

AMARTHA

Amartha merupakan platform peer to peer lending menghubungkan mitra usaha mikro dan UKM dengan investor. Amartha yang telah lolos verifikasi OJK ini, menyediakan pinjaman kepada kelompok masyarakat berjumlah sekitar lima belas hingga dua puluh orang. Karena pinjaman diberikan berkelompok maka tanggung-jawab pinjaman adalah tanggung jawab kelompok warga tersebut. Dengan demikian bila seorang anggota kelompok tersebut tidak bisa mengembalikan pinjaman, maka pinjaman tersebut harus dilunasi oleh anggota lainnya di kelompok tersebut.

Pinjaman ini cocok diajukan oleh kelompok usaha baik di kota atau desa, dan bisa mendapatkan pembinaan langsung oleh tim Amartha. Dapatkan informasi selanjutnya di website Amartha.

INVESTREE

Investree yang diluncurkan pada bulan Mei 2016 menyediakan dua jenis layanan, yaitu Pinjaman Bisnis dan Pinjaman Personal. Sedangkan Pinjaman Personal diberikan bagi para karyawan yang perusahaannya telah bekerja sama dengan Investree.

Dapatkan info lebih lanjut di website Investree.

MODALKU

Modalku menyediakan dana pinjaman yang memadai sehingga memungkinkan para pemilik usaha kecil dan menengah (UKM) untuk meminjam dana usaha Rp50 juta hingga Rp500 juta dengan waktu pengembalian tiga sampai dua belas bulan. Usulan pinjaman yang diajukan selanjutnya akan ditampilkan di situs Modalku, agar bisa dievaluasi oleh para calon pemberi pinjaman.

Dari pinjaman yang disetujui, Modalku menarik komisi sebesar 3 hingga 4 persen dari pemberi pinjaman, dan 3 persen dari peminjam. Modalku telah terverifikasi dan diawasi langsung oleh OJK. Info selengkapnya dapat dibaca di website Modalku.

KOINWORKS

KoinWorks memungkinkan siapapun untuk menjadi investor dengan modal hanya Rp100.000. Investor bahkan bisa menentukan akan meminjamkan duitnya ke pihak mana, serta memantau kinerja pengembalian pinjaman dari debitur.

Koinworks mengambil komisi dari peminjam sebesar 2-4%, dan dari pemberi pinjaman sebesar 1%. Dapatkan info lebih lanjut di website KoinWorks.

KLIKACC

KlikACC menyediakan layanan pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp50 juta dengan waktu pengembalian cukup lama yaitu sampai 3 tahun.

Baca lebih lanjut di website KlikACC.

TARALITE

Taralite yang berdiri pada bulan Agustus 2015 silam, saat ini telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan besar seperti Uber, P&G, dan Tokopedia untuk menyediakan pinjaman bagi para pegawai perusahaan. Taralite mengenakan bunga mulai dari 0,9% per bulan.

Dapatkan info selengkapnya di website Taralite.

CROWDO

Crowdo adalah fintech yang memulai operasi di Singapura pada tahun 2012, lalu berekspansi ke Malaysia dan Indonesia pada tahun 2015. Crowdo menyediakan pinjaman kepada usaha bisnis ataupun perorangan (pinjaman karyawan).

Untuk menjadi investor di Crowdo, Anda bisa memulai dengan Rp1 juta. Dari setiap pinjaman yang sukses mendapatkan pendanaan Crowdo akan mengenakan potongan komisi sebesar 3%.

Baca lebih lanjut di website Crowdo.

GANDENG TANGAN

GandengTangan merupakan crowdlending yang menyediakan pinjaman tanpa bunga bagi para pemilik usaha sosial yang sedang membutuhkan modal. Hal ini dapat meringankan beban keuangan mereka yang sedang mengembangkan usaha-usaha yang memiliki manfaat sosial nyata.

Dapatkan info lebih lengkap di website Gandeng Tangan.

AKSELERAN

Akseleran yang baru meluncur pada 21 Maret 2017 lalu menyediakan fasilitas pinjaman usaha bagi para pendiri startup maupun pemilik bisnis UKM. untuk mendapat tambahan dana. Para investor di Akseleran akan mendapat bagian saham dari perusahaan yang mendapatkan pinjaman. Keuntungan investor diperoleh dari bagi hasil keuntungan perusahaan. Oleh karena itu, mereka pun berhak menerima uang bagi hasil sesuai dengan keuntungan perusahaan tersebut.

Baca lebih lanjut di website Akseleran.

KITABISA

KitaBisa adalah situs crowdfunding yang bisa kamu gunakan untuk mengumpulkan dana sosial untuk membiayai aksi, kampanye-kampanye sosial, penanganan bencana alam, rumah ibadah, panti asuhan dan sebagainya.

Saat ini KitaBisa telah mengumpulkan setidaknya Rp115 miliar dari lebih 318 ribu investor untuk mendanai lebih dari 5.500 kampanye sosial.

Untuk menjadi investor atau peminjam, silahkan kunjungi website KitaBisa.

INDVES

Indves adalah sebuah platform crowdfunding berbasis syariah yang menyediakan fasilitas pinjaman bagi para pemilik UKM. Usaha UKM terpilih selanjutnya akan diulas di platform Indves untuk dilihat oleh calon investor. Setelah dana yang diperlukan terkumpul, barulah Indves menyalurkan dana investasi tersebut kepada UKM peminjam.

Baca selengkapnya di website Indves.

ETHISCROWD

EthisCrowd adalah platform crowdfunding asal Singapore yang menyediakan pinjaman berbasis syariah untuk pembelian properti. Startup dengan investor setidaknya 17.000 orang dari berbagai belahan dunia ini telah mempunyai kantor perwakilan di Jakarta, Kuala Lumpur, dan Sydney.

Info lebih lanjut dapat diperoleh di website EthisCrowd.

MEKAR

Mekar adalah platform P2P lending yang didanai dan dimiliki sepenuhnya oleh Putera Sampoerna Foundation. Mekar bisa membantu para pemilik UKM untuk mendapatkan modal usaha dan menjanjikan keuntungan rata-rata sepuluh persen untuk para investor. Siapapun Anda bisa juga menjadi investor di Mekar.

Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi website Mekar.id.

DANA DIDIK

DanaDidik adalah situs crowdfunding khusus untuk pinjaman pendidikan bagi mahasiswa yang akan lulus maksimal2 tahun ke depan. Untuk mendapatan pinjaman ini, mahasiswa hanya perlu membayar biaya administrasi sekitar Rp55 ribu. Selanjutnya pinjaman  dapat dikembalikan dengan bunga 0% + bagi hasil per bulan setelah lulus.

Untuk menjadi investor DanaDidik, Anda bisa memulainya dengan Rp50 tibu saja. Dapatkan info lebih lengkap di website Dana Didik.

Dunia semakin maju. Anda mau berinvestasi ataupun meminjam dana untuk berbagai keperluan? Cukup di handphone saja.

 

 

 

 

 

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: