Iklan

Mengenal Saham-saham Syariah Terbaik 2017

Ramadhan tiba, saatnya mengoreksi segalanya. Termasuk pilihan investasi. Tahukah Anda bahwa saham sebagai salah satu pilihan investasi mudah dan murah, menyediakan juga sejumlah besar pilihan saham syariah? Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menseleksi dan menetapkan setidaknya 351 Daftar Efek Syariah, yaitu saham-saham yang telah memenuhi prinsip-prinsip syariah. 

Selain mempertimbangkan faktor syariah sesuai ketetapan Dewan Syariah Nasional MUI, daftar DES juga telah diseleksi tingkat solvabilitas yaitu kemampuan perusahaan melunasi hutang. Hutang perusahaan yang saham terdaftar dalam DES tidak melebihi 45% dari total aset yang dimiliki perusahaan.

Bacaan terkait: Mengapa Perlu Berinvestasi?

Lalu bagaimana memilih saham yang terbaik untuk dikoleksi?

Setiap investor ataupun pedagang (trader) saham memiliki pertimbangan sendiri dalam memilih saham. Faktor fundamental dan analisa teknikal sering menjadi acuan untuk menganalisa sebelum menentukan pilihan.

Bagi investor saham pemula, tidak ada salahnya untuk memulai investasi saham dengan memilih saham perusahaan yang telah punya nama atau lazim didengar. Beberapa orang lainnya mempertimbangkan kebutuhan atau keberlangsungan perusahaan ke depan. Misalnya dengan melihat tren perkembangan teknologi atau kekuatan perusahaan dikala krisis.

Selain itu, data-data kenaikan nilai saham bisa menjadi pertimbangan. Saham yang baik haruslah menguntungkan bukan? Nah, berikut ini adalah 10 saham syariah yang mengalami pertumbuhan tertinggi dalam setahun terakhir menurut Bloomberg (per 07 Juni 2017):

Lalu apakah pilihan investasi Anda? Sekali lagi, investasi saham sangatlah menarik apalagi dengan kehadiran daftar efek syariah yang memberi kepastian bagi mereka yang ingin berinvestasi tanpa melanggar aturan agama Islam. Namun demikian, DES bukanlah jaminan keuntungan bagi investasi Anda. Pertimbangan yang matang dalam pemilihan investasi tetap diperlukan.

Selamat berinvestasi.

Gambar: cnbc.com

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: