Iklan

7 Peluang Usaha Bisnis yang Akan Semakin Mengkilap

ide-bisnis-usaha-online-2014Memulai berbisnis atau membuka usaha memang gampang-gampang susah. Banyak orang sukses yang jatuh bangun dengan berbagai usaha sebelum menemukan bisnis yang pas dan menguntungkan. Nah, apa sih prospek bisnis yang kira-kira akan terus benderang ke depan ini? Kami mengulas beberapa diantaranya di bawah ini:

  1. Tukang jahit

Profesi ini semakin mentereng seiring pertambahan pendapatan masyarakat yang mendorong pula kenaikan konsumsi dan gaya hidup. Hampir setiap pesta pernikahan, keluarga selalu mengenakan pakaian seragam yang bahannya mungkin tidak seberapa tetapi ongkos jahitnya pasti selangit. Tidak sedikit ibu-ibu yang menerima bahan kain beberapa kali sebulan, karena kerabatnya menikah.

“Terus terang saja, kadang mau ditolak, tapi bagaimana ya. Mereka keluarga kita. Ya terpaksa dijahit, ongkos lagi,” keluh Lina, 31, warga Tangerang tentang mahalnya ongkos jahit.

Selain baju seragam pesta keluarga, keperluan akan tukang jahit semakin tinggi karena tidak jarang juga orang ingin memiliki pakaian sesuai dengan model yang diinginkan. Belum lagi seragam kantor, pakaian unik, jasa mengecilkan atau memperbaiki tampilan pakaian, atau aneka pakaian lainnya yang perlu dirancang dan dijahit khusus.

Soal prospek usaha ini, tengoklah ke tukang jahit langganan Anda. Apakah mereka pernah sepi? Sepertinya tenaga penjahit yang mereka gunakan malah semakin bertambah bukan? Lalu, apa salahnya jika Anda juga mulai merambah bisnis menjanjikan ini. Anda bisa memulai dengan mengikuti kursus menjahit di kota Anda, atau langsung merekut tenaga-tenaga terlatih yang sudah ada.

  1. Usaha Rumah Makan/Catering

Makanan adalah soal hidup mati. Tidak ada hari yang terlewat tanpa aktivitas makan. Tidak heran bila bisnis makanan juga makin menjamur bukan? Aneka jenis warung dan restoran bermunculan setiap hari, berjejer di gang-gang sempit sampai dengan jalan-jalan protokol. Persaingan memang tinggi, tetapi dengan memilih segmen yang tepat dan sajian yang khas, Anda akan berpotensi mengeruk keuntungan dari bisnis yang memberi keuntungan minimal 40% ini.

Belum punya lokasi atau tidak punya modal untuk menyewa ruko strategis? Mengapa tidak memulai dengan usaha catering dari rumah Anda. Kenali keahlian Anda dan kebutuhan orang/ kantor/ perusahaan di sekililing Anda. Lalu mulai tawarkan dengan brosur sederhana atau informasi dari mulut ke mulut. Salah satu kunci sukses usaha ini adalah menjaga kualitas makanan. Jangan sampai kesalahan kecil mengganggu citra dan kelancaran usaha Anda.

  1. Bisnis Kecantikan, Salon, Jual Produk Kecantikan

Perhatikan iklan televisi, atau toko-toko yang ada di mall dan ruko-ruko. Bisnis apapun yang terkait dengan penampilan, kesehatan kulit, kecantikan dan sebagainya akan semakin mendominiasi usaha. Yess, masyarakat Indonesia semakin makmur, tetapi di sisi lain mereka memerlukan penampilan yang prima, kulit sehat dan halus serta rambut berkilau bahkan kuku yang rapi. Ini berlaku untuk pria dan wanita.

Nah, sekarang Anda ingin memilih bisnis dari sisi mana. Akan membuka salon kecantikan? Untuk usaha mandiri, Anda bisa belajar terlebih dahulu di salon-salon kecil di sekitar Anda. Lalu setelah cukup mahir, ambillah kursus singkat di salon ternama, sekaligus sertifikat untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Nah, saat itu juga Anda bisa memulai bisnis kecantikan dari rumah Anda. Jika ada modal memadai, bukalah salon dengan mempekerjakan tenaga yang sudah terampil.

Terkait dengan bisnis produk kecantikan, kenali pula produk-produk yang sedang laris tetapi aman untuk dipakai. Lagipula banyak produk kecantikan bermutu yang juga sudah dijalankan secara berjaringan sehingga Anda tidak perlu repot men-stock produk. Beberapa produk kecantikan ternama yang dijual secara network marketing antara lain Avon, Nu Skin, Luminesce Jeunesse, Mary Kay, dan sebagainya. Di dalam negeri sejumlah salon ternama dan produsen produk kecantikan juga menawarkan paket kerjasama.

Berjualan produk kecantikan bisa dilakukan terpisah atau dikombinasikan dengan bisnis kecantikan yang sudah Anda jalankan.

  1. Bisnis Kesehatan, Perawatan Tubuh, Pelangsing, Suplemen

Sama dengan bisnis kecantikan, bisnis yang berkaitan dengan kesehatan dan perawatan tubuh juga semakin mendapat tempat di masyarakat dan bakal semakin berkembang ke depan. Bisnis ini mulai dari pijat, spa, klinik kesehatan, fitness, toko herbal/jamu, rumah sakit, sampai dengan usaha berjualan obat-obatan, vitamin, atau suplemen. Usaha-usaha ini menjamur di sekeliling Anda bukan?

Bisnis di sektor ini telah meningkatkan peredaran tawaran aneka makanan kesehatan dan suplemen termasuk penurun berat badan di pasaran (Nutrilite – Amway, aneka makanan sehat Herbalife dll). Termasuk dalam hal ini adalah bisnis suplemen dan produk anti penuaan seperti Reserve dari Jeunesse Global dan minuman kesehatan Monavie, Vemma, dll.

Jika modal tidak terlalu besar, Anda bisa memulai dengan berjualan herbal atau suplemen lokal yang sudah punya nama. Tawarkan ke tetangga atau rekan sekerja. Jika memungkinkan, tawarkan pula melalui media sosial seperti bbm, facebook, twitter atau website sederhana. Apapun metode promosi Anda, jalankan secara konsisten, kalau perlu beri target pada diri sendiri. Sukses tidak akan jauh dari Anda.

  1. Sales Asuransi

Asuransi sering dipandang sebelah mata. Akan tetapi sesungguhnya dunia asuransi menyimpan potensi bisni yang besar. Pasalnya, pengguna asuransi di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan negara-negara se-kawasan. Sementara, peningkatan pendapatan danpengetahuan masyarakat justru akan meningkatkan permintaan asuransi ke depan.

Mengapa? Karena semakin banyak orang yang sadar dan tidak ingin membayar biaya RS saat sakit, atau membayar kerusakan asset (mobil, rumah dll), dan saat meninggal mereka bisa meninggalkan warisan (untuk biaya sekolah, membuka usaha dll) bagi keluarga. Semua itu hanya bisa diberikan oleh asuransi.

Karenanya, sales asuransi berprospek sangat besar di negara berpenduduk lebih 240 juta jiwa ini. Untungnya lagi, mendaftar menjadi agen asuransi tidak dikenakan biaya alias gratis. Yang diperlukan hanya kemauan dan keuletan untuk maju. Tetapi dari setiap klien yang bergabung, mereka mendapat bonus yang aduhai. Ini bisnis sekaligus profesi yang sangat menguntungkan, jika dijalankan dengan tekun. Baca juga: Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik.

  1. Jasa Pengiriman

Bisnis ini semakin benderang karena meningkatnya peredaran arus barang di Indonesia. Kemajuan teknologi seperti penggunaan internet membuat orang semakin mudah mengakses keberadaan barang yang merek ainginkan. Masyarakat Papua kini bisa mengorder barang seketika ke Jakarta atau Medan. Demikian juga sebaliknya dan kota-kota lainnya.

Nah, di dalam semua hiruk-pikuk pergerakan aneka produk dan barang, jasa pengiriman atau ekspedisi merupakan salah satu usaha bisnis yang diam-diam mengeruk keuntungan besar.

Ingin memulai bisnis pengiriman barang? Armada angkutan antar propinsi di daerah Anda bisa menjadi salah satu jalan memulai bisnis ini. Mulailah dengan membuka jasa penitipan barang/paket kecil-kecilan, uang dan sebagainya. Ada banyak keluarga yang ingin mengirimkan paket atau uang untuk sanak family dan anak-anak mereka di kota lain bukan?

Alternatif lainnya adalah dengan  membuka cabang perusahaan ekspedisi yang sudah makan,  Beberapa perusahaan yang menawarkan paket kerjasama dengan modal minim antara lain PT Pos Indonesia, TIKI, TIKI Jne, Lorena dan sebagainya. Usaha ini makin berbinar, menjanjikan fulus bagi yang menekuninya.

  1. Bisnis Online

Ini zaman modern. Dengan meningkatnya pengguna internet di Indonesia, baik melalui komputer/laptop atau telepon pintar (smartphones), internet telah dinikmati oleh sekitar 70 juta orang. Ditahun-tahun mendatang angka ini akan meningkat sangat pesat. Ini artinya, pasar bisnis online semakin terbuka. Anda hanya perlu menemukan ide atau bisnis apa yang akan dijalankan secara online. Jika ingin membuka toko online, pilihlah produk yang benar-benar khas dan memiliki pangsa pasar. Lalu ikuti dengan promosi yang intens untuk mencari pelanggan awal.

Belum punya modal untuk membuka toko online? Mengapa tidak memulai berbisnis gratis dengan blog? Mereka yang memiliki latar belakang pendidikan IT bisa membuka kursus komputer, internet, atau jasa pembuatan software dan game. BAgi Anda yang senang menulis, tawarkanlah hasil karya Anda melalui dunia online dalam format ebook.

Dunia internet membuka peluang bisnis seluas-luasnya.

Akan tetapi hati-hati pula dengan tawaran bisnis online (BO) saat ini yang kebanyakan berupa money game (arisan berantai / ponzi). Itu bukanlah bisnis yang sebenarnya, tetapi hanya memutar uang yang masuk untuk dibayarkan ke mereka yang telah terdahulu mendaftar.

Pada akhirnya bisnis money game hanya bertahan beberapa saat lalu runtuh.

Nah, bisnis apakah yang Anda pilih? Selamat berwirausaha!

Artikel Terkait Lainnya:

 

Iklan

Comments

  1. Informasinya bagus, sekedar menambahkan saja….untuk pemula cocok nya memilih bisnis online, karena selain murah, bisnis online bisa di terapkan untuk hampir semua jenis usaha.

  2. Emang sebenarnya untuk menjadi sukses dalam berbisnis perlu ke uletan dan pandai mencari peluang … keren tips bisnis nya …

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: