Berbisnis Gratis dengan Blog

blogging1Hobby menulis bisa membuka peluang memperoleh banyak uang dari dunia online. Salah satunya membuat blog gratisan yang dikembangkan sebagai sumber pendapatan. Tidak heran bila saat ini semakin banyak orang yang memutuskan berhenti bekerja kantoran dan lebih memilih berbisnis dari rumah dengan menulis blog. Yup, demam ngeblog kini juga semakin diminati ibu rumah tangga, pegawai, mahasiswa dan para profesional sebagai pilihan mudah untuk mulai berbisnis. Lalu bagaimana membisniskan (monetize) blog Anda?

Blog pada dasarnya sama dengan koran/majalah online. Bedanya, blog dikelola oleh perorangan, sementara media massa profesional biasanya diurusin oleh perusahaan dengan karyawan yang banyak. Nah, sebagai media, blog tentunya bisa menjadi tempat promosi oleh pihak lain, sehingga Anda sebagai pemiliki blog, bisa mendapatkan uang.

Ohya, untuk memulai sebuah blog, tidak memerlukan biaya sama sekali. Ada beberapa tempat dimana Anda bisa memulainya seperti WordPress, Blogger, ataupun Tumblr. WordPress banyak dipakai orang karena menyediakan banyak fasilitas (plugins), sementara Blogger disukai karena kedekatannya dengan Google groups. Tumblr sendiri sangat cocok bagi Anda yang ingin menampilkan banyak gambar di blog.

Nah, di dunia online terdapat berbagai cara yang dapat Anda gunakan untuk memperoleh penghasilan yaitu:

1. Affiliate Marketing

Anda cukup mendaftar ke website perusahaan yang memiliki program affiliate marketing. Jika telah diterima, Anda akan memperoleh kode link yang dapat Anda letakkan untuk dipromosikan di blog Anda. Jika seseorang mengklik link tersebut dan melakukan pembelian, Anda akan memperoleh bonus.

Saat ini sangat program kerjasama affiliasi yang ditawarkan oleh toko-toko online ternama, baik lokal maupun luar negeri. Coba cari di pojok-pojok halaman, biasanya ada link khusus yang disediakan untuk mendaftar program affiliasi. Anda bisa mendaftarkan blog Anda ke website-website tersebut. Bisa juga Anda memulai dengan mendaftar pada affiliate organizer seperti Linkshare, Commission Jusction atau program affiliasi Amazon.com.

2. Product/Business Review

Para blogger pemula sering menulis review secara cuma-cuma untuk menambah konten blog dan memancing pembaca. Atau bisa juga Anda membantu mempromosikan usaha teman-teman Anda atau menulis bisnis di sekitar Anda (hotel tempat Anda pernah menginap, pelayanan  atau makanan di suatu warung, pengalaman berurusan bepergian dengan suatu travel, dll), sebagai langkah awal sekalian belajar menulis.

Jika blog Anda sudah cukup populer, bisa jadi banyak perusahaan yang akan mendekati Anda untuk menulis review tentang produk atau bisnis mereka. Tentu saja kali ini Anda sudah harus menetapkan tariff atas jasa review Anda tersebut.

Dalam membuat review tentu diperlukan sedikit keterampilan berbahasa agar blog Anda tidak sekedar mempromosikan suatu produk atau bisnis, tetapi juga memberi pendapat yang lengkap dan berimbang sehingga bermanfaat dan menarik bagi pembaca. Dalam prakteknya, jika blog Anda cukup terkenal, para pemilik bisnislah yang akan menghubungi Anda untuk mengiklankan produk.jasa mereka. Tinggal sebutkan tarif Anda.

3. Google Adsense

Google Adsense kurang lebih sama dengan affiliate marketing. Dalam Google Adsense, Anda mempromosikan iklan-iklan yang di-manage oleh Google. Hebatnya, Anda akan dibayar setiap kali orang mengklik iklan Anda, bukan berdasarkan penjualan produk.

Untuk mengikuti program Google Adsense, terlebih dahulu Anda harus mendaftar dan membuat account Google Adsense. Sejumlah media massa Indonesia juga mencari nafkah dari Google Adsense. Demikian juga para blogger. Jadi, Anda pun pasti bisa.

4. Promosikan Usaha/Keahlian Anda

Metode ini merupakan salah satu cara praktis untuk mengkombinasikan bisnis online dan offline. Langkah awalnya tentu dimulai dengan membuat blog yang memuat beragam informasi yang terkait dengan usaha/keahlian yang Anda ‘jual.’ Misalnya saja kamu punya keahlian bermain gitar, tetapi kamu tidak punya tempat untuk membuka kursus gitar (mungkin masih kuliah sambil nge-kos). Bagaimana kalau kamu membuat blog terkait cara bermain gitar, sisipkan juga informasi bahwa kamu menyediakan jasa kursus gitar secara privat. Jika dipromosikan dengan baik, kamu akan segera mendapat calon murid dalam hitungan hari.

Hal serupa berlaku untuk berbagai profesi lainnya, terutama terkait tutorial, konsultasi dan sebagainya.

Promosikan Blog Anda

Semua bentuk-bentuk bisnis di atas Anda lakukan dengan gratis alias tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Yang diperlukan adalah kemauan kuat untuk konsisten menulis yang berkualitas serta kreativitas. Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah mempromosikan blog Anda. Layaknya sebuah toko, walaupun toko tersebut besar dan bagus, tetapi jika tidak ada yang mengetahui keberadaannya, tidak mungkin tokonya berkembang. bisa-bisa malah tutup.

Namun jika toko…eh blog tersebut terkenal dan dikunjungi banyak orang, tentunya isinya banyak dibaca orang. Website yang populer berpotensi akan mendatangkan income yang besar pula.

Untuk membuat blog Anda populer ada beberapa cara yang ampuh untuk mempromosikan blog adalah:

  • Pastikan tulisan Anda original alias bukan jiplakan copy paste dari media/blog lain,
  • Kualitas tidak boleh ditawar. Pastikan tulisan informatif dan bermanfaat bagi pembaca. Kalau bisa fokuslah dengan topik yang Anda inginkan, jangan loncat sana sini. Kecuali bila blog And amemang blog berita umum,
  • Konsisten menambah postingan. Usahakan menambahkan minimal satu postingan setiap minggu,
  • Gunakan tag dan keyword (kata kunci) terkait postingan Anda, yang mudah terindeks oleh Google sehingga dapat muncul dalam pencarian Google. Sebaiknya keyword ini sudah tercantum dalam judul dan/atau 10 kata pertama isi postingan blog Anda,
  • Koneksikan blog Anda dengan berbagai media sosial yang Anda miliki seperti facebook, twitter, linkedin, pinterest dll.
  • Rajin-rajin melakukan blog-walking, yaitu meninggalkan komentar di blog lain. Biasanya si pemilik blog akan melihat komentar Anda dan mengunjungi blog Anda juga.

Selamat berbisnis dengan blog…

%d blogger menyukai ini: