Dapatkan Duit Melalui Program Affiliasi Amazon.com

amazon_affiliate-indonesiaDalam artikel kami sebelumnya tentang cara berbisnis gratis dengan blog, diulas beberapa cara untuk mendapatkan uang melalui blog. Salah satunya adalah dengan cara affiliate marketing, yaitu ikut mempromosikan suatu produk online tanpa harus memiliki toko online. Jika seseorang membeli produk tersebut, maka Anda juga dapat komisinya. Nah, salah satu program affiliasi yang lazim dilakukan orang adalah dengan Amazon.com.

Sebagaimana kita ketahui, Amazon.com adalah belantara toko online dengan ribuan item barang yang tersedia dari ribuan pemasok pula. Untuk dapat mencicipi keuntungan dari toko online Amazon, Anda sebagai pemilik blog cukup mempromosikan produk yang Anda sukai atau kira-kira diminati pembaca blog Anda.

Akan tetapi sebelumnya, Anda mesti mendaftar dulu sebagai affiliate Amazon di sini: https://affiliate-program.amazon.com. Gratis kok. Ada beberapa pertanyaan yang mesti Anda jawab di situ, sekaligus menentukan password. Di bagian akhir form pendaftaran, Anda akan diminta memasukkan nomor telepon atau handphone. Secara otomatis Amazon akan menelpon Anda untuk menanyakan kode PIN yang juga muncul otomatis di layar komputer. Saat ditelpon, cukup sebutkan angka tersebut satu persatu dengan jelas (dalam bahasa Inggris tentunya) atau tekan tombok handphone sesuai kode PIN yang diberikan Amazon. Done!

Artikel terkait: 10 Blogger Berpendapatan Tertinggi di Dunia

Setelah itu, Anda sudah siap berpromosi. Jelajahi Amazon dan cari barang yang ingin Anda promosikan. Secara otomatis link atau banner akan disediakan di setiap produk. Cukup copas link atau banner tersebut ke halaman yang pas website Anda. Atau buat artikel review singkat untuk memberi gambaran singkat tentang produk tersebut. Bingung mau pilih produk apa? Bagaimana kalau mempromosikan produk terlaris? Nah, silahkan google dengan keyword “Amazon best seller”. Ada juga orang yang suka mempromosikan produk-produk terbaru. Silahkan google: “Amazon new release”.

amazon-affiliate-indonesia-Setelah memilih produknya, klik “Link to this page” untuk mendapatkan teks HTML yang harus dicopy. Atau jika ingin menampilkan beberapa produk sekaligus, tersedia juga aneka widget yang bisa Anda modifikasi dengan mudah. Salah satu contoh terlihat di atas. Lalu paste kode HTML yang ada ke halaman web yang Anda kehendaki. Sayangnya Amazon hanya friendly dengan blogspot. Untuk pengguna wordpress harus hosting di luar wordpress baru bisa lebih bebas utak-atik peluang affiliasi Amazon.com. Khusus untuk pengguna wordpress, pastikan Anda berada di tampilan “Text” sebelum meng-copas text link suatu produk. Gampang kan?

Lalu bagaimana cara pembayaran komisinya?

Amazon mengirimkan komisi melalui 3 cara yaitu: Direct payment ke rekening bank Amerika, Cek, atau Amazon Gift Card. Jika Anda orang Indonesia yang tidak punya rekening bank Amerika, tentu akan lebih pas memilih pembayaran komisi melalui cek. Hanya saja, pengiriman cek biasanya cukup lama, sekitar sebulan. Proses pencairan pun lebih 2 minggu dan kena biaya sekitar $30 per cek. Namun jika pendapatan sudah lumayan, kendala-kendala ini tidaklah masalah bukan? Lagipula Anda bisa mengatur atau mengganti-ganti cara pembayaran komisi melalui “Account Setting.”

Amazon affiliate tentu saja hanyalah salah satu peluang kerjasama affiliasi. Di sunia online ada banyak sekali website produk yang menawarkan kerjasama pemsaran seperti ini. Anda tinggal mencari kata affiliate atau kerjasama afiliasi di bagian halaman suatu wesbite. Biasanya link ini terletak di bagian atas atau bawah halaman wesbite.

Nah, untuk dapat sukses mendulang rejeki lewat program afiliasi, pastikan blog Anda mendapatkan kunjungan pembaca yang tinggi. Toko yang sepi tidak mungkin memberi hasil yang memuaskan bukan? Selain itu, pastikan isi website Anda jangan melulu soal jualan, agar pengunjung Anda tidak alergi berkunjung lagi.

Iklan

Comments

  1. mas admin sy mau tanya.. ada ga cara promosi amazon yg lebih efektif selain pake blog? soalnya sy pernah maen sfi hasilnya seret..

    • Hello Annida, teknik apapun yang kamu pakai semuanya butuh ketekunan yang luar biasa. Akan tetapi jualan Amazon bukan satu2nya cara mendapatkan duit online bukan? Eksplorasi dan kombinasi saja peluang2 yang ada… C’mon, semangat..

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: