Obat Palsu Beredar Mengintai Kantong dan Nyawa

obat-vitamin-suplemen-palsuTidaklah mudah untuk membedakan obat palsu dengan obat yang asli. Padahal obat palsu, termasuk aneka vitamin dan suplemen palsu ditengarai sangat marak beredar. Berbagai pabrik obat palsu yang berhasil diungkap menunjukkan bahwa bisnis terlarang ini memang sangat masif menyerang masyarakat. Keberadaannya tentu sangat berbahaya bagi kesehatan dan nyawa karena kandungannya yang tidak diketahui serta bisa jadi justru berbahaya.

Membedakan barang palsu dengan asli tidaklah mudah. Dari sejumlah pabrik pembuatan obat-obat palsu yang berhasil dibongkar pihak kepolisian dapat diketahui bahwa para pelaku mengemas obat, vitamin atau suplemen sangat menyerupai bentuk dan kemasan aslinya. Demikian juga pencantuman kode-kode kesehatan seperti kode POM seringkali juga dipalsukan. Apalagi masyarakat awam sendiri tidak paham dengan arti kodifikasi yang dikeluarkan pihak-pihak berwenang.

Lalu bagaimana mencegah terjebak membeli obat, vitamin, atau suplemen palsu? Ada beberapa cara untuk mencegah kantong Anda terkuras membeli bahan-bahan yang justru berbahaya nyawa ini.

Jangan terkecoh harga murah.

Hampir setiap kota memiliki sentra-sentra perdagangan obat murah. Namun perlu diketahui bahwa banyak cerita miring soal asal-usul obat-obatan murah tersebut. Ada yang memperolehnya dari sisa-sisa obat pasien di rumah sakit, obat kadaluarsa yang seharusnya sudah dimusnahkan, dan tidak jarang pula obat hasil pemalsuan.

Karena itu sebaiknya hindari membeli obat-obatan di tempat tersebut. Barang yang cocok dibeli di sentra obat murah hanyalah alat-alat kesehatan (alkes), bukan obat atau vitamin. Itupun harus teliti karena alkes pun bisa dipalsukan. Jika terpaksa membeli di sentra obat murah, tanyakan sedetil-detilnya dari mana pemilik toko mendapatkan barangnya. Amati segala kemasan, warna, bentuk, bau dan sebagainya. Jika terlalu murah dari harga resmi, sebaiknya waspadalah. Jangan lupa minta nota pembelian sebagai bukti jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Waspadai Ulasan Iklan Palsu

Siapapun tahu bahwa daun sirsak, kulit manggis, acai berry, temulawak, garnicia, biji anggur, dan sebagainya merupakan bahan pembuatan suplemen yang baik untuk aneka tujuan kesehatan. Sejumlah dokter dan pakar pun memberikan testimoni dan tinjauan medis. Mungkin iklan akan didukung juga dengan kesaksian para pengguna suatu produk yang dikatakan mengandung salah satu atau beberapa tanaman berkhasiat.

Sebagai contoh, coba google tentang “jus manggis.” Berapa banyak produk yang akan muncul di layar komputer Anda? Pertanyaannya adalah, apakah produk-produk tersebut benar mengandung bahan kulit manggis? Demikian juga dengan suplemen herbal lainnya, baik dalam bentuk cair maupun kapsul. Bagaimana jika suplemen yang Anda beli hanyalah sirup atau tepung belaka yang tak bermanfaat apa-apa? (Baca juga: Penipuan Apotik Online Gadungan)

Untuk mengindari tipuan ini, sebaiknya Anda membeli produk yang telah teruji, berizin resmi, kandungannya jelas, dan terkemas dengan baik. Jangan membeli produk yang baru Anda dengar sebulan terakhir atau baru diluncurkan dalam setahun. Hindari menjadi korban iklan dengan tidak serta mereta membeli sesuatu berdasarkan “katanya.” Sebaiknya luangkan waktu untuk meneliti lebih lanjut, mencari informasi.

Pastikan pula produk yang Anda beli benar-benar diproduksi oleh perusahaan yang bisa Anda verifikasi keberadaannya. Produsennya harulah memiliki alamat yang jelas, nomor telepon dan/atau email serta layanan customer service yang baik. Dengan demikian Anda bisa bertanya sebelum memutuskan membeli.

Tidak ada Cara Terlalu Ajaib dalam Kesehatan

Setiap orang yang sakit pastinya menginginkan kesembuhan segera. Akan tetapi perlu diketahui bahwa setiap penyakit memiliki masa penyembuhan sendiri, tergantung pada penanganan dan kondisi fisik pasien.

Tidak jarang, keluarga pasien menjadi kalap dan ingin mencari jalan pintas untuk mencapai kesembuhan segera. Dalam keadaan ini, keuangan bisa menjadi sangat boros untuk membeli aneka obat atau suplemen yang bukan saja tidak perlu tetapi bisa justru sangat berbahaya bagi tubuh si sakit. Berhati-hatilah bila ada tawaran “obat ajaib.”

Hal yang sama seringkali dialami oleh mereka yang ingin kurus atau gemuk dalam waktu singkat. Meski sudah menjadi pengetahuan umum bahwa istirahat, olahraga dan makan yang seimbang merupakan kunci mencapai badan ideal, tak sedikit yang justru mencari cara cepat. Akibatnya mereka sering menjadi korban penipuan yang berakibat fatal pada kantong dan kesehatan karena membeli obat/suplemen yang kandungannya belum tentu benar. (Artikel Terkait: Waspadai Obat Pelangsing nan Mujarab)

Sebaiknya membeli di apotik/agen resmi

Sayangi diri Anda sendiri dengan memberikan makanan atau obat-obatan yang Anda yakini asli dan bermanfaat. Satu-satunya cara untuk menghindari penipuan obat, vitamin, atau suplemen palsu adalah dengan membeli dari apotik yang berizin resmi atau dari agen yang terdaftar di perusahaan. Sebisa mungkin hindari membeli obat di pasar atau warung apalagi di agen-agen pil biru.

Jika Anda melakukan pemesanan online atau MLM, gunakan verifikasi yang sama. Pastikan supplier atau penjual online merupakan perusahaan resmi atau agen/distributor perorangan yang terdaftar resmi sebagai member suatu perusahaan. (Baca pula: Cara Menentukan Perusahaan MLM Terbaik).

Iklan

Comments

  1. info yang menarik dan bermanfaat itu gan. trims ya

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: