Google Bisnisku 2020, Cara Gratis Promosikan Bisnis Anda

Bisnis online Anda akan semakin maju jika mudah dikenal dan ditemukan orang melalui dunia online. Ada banyak cara yang digunakan orang untuk mempromosikan bisnisnya. Ada yang menggunakan media sosial, website, youtube dan sebagainya. Salah alat promosi penting yang sangat wajib Anda pertimbangkan adalah Google Bisnisku.

Apa itu Google Bisnisku?

Nah penasaran kan? Jika Anda mencari suatu tempat, produk, atau bisnis di Google, maka akan muncul sejumlah informasi. Salah satunya adalah peta yang menunjukkan banyak informasi usaha ataupun kantor-kantor penting di sekitarnya.

Nah, apakah usaha Anda juga sudah muncul di peta tersebut? Jika belum, maka ada baiknya Anda segera mendaftar Google Bisnisku agar bisnis Anda bisa segera ditampilkan oleh Google, dan dapat memandu pelanggan atau calon rekan bisnis menuju alamat Anda dengan benar.

Apakah Google Bisnisku hanya untuk penunjuk alamat? Tidak. Sesungguhnya Google Bisnisku memiliki sejumlah fitur yang sangat bermanfaat untuk mempromosikan bisnis Anda secara gratis di dunia maya. Di Google Bisnisku Anda bisa membuat semacam website sederhana yang secara otomatis menampilkan informasi bisnis dan produk-produk Anda secara lengkap.

Google Bisnisku map

Apakah bisnis Anda sudah muncul di peta Google?

Selain itu, Anda bisa menampilkan jam operasional (jam buka/tutup usaha Anda), bisa membuat janji ketemuan secara otomatis, atau disambungkan dengan nomor telepon pribadi atau email Anda sehingga memudahkan calon konsumen menemukan bisnis Anda di dunia online.

Dengan menampilkan informasi bisnis Anda di Google Bisnisku, maka secara otomatis akan menambah kepercayaan pengguna internet akan keberadaan bisnis Anda. Bisnis yang ada di Google tentu lebih terpercaya dibanding yang tidak ada bukan?

Para pelanggan, teman-teman atau keluarga bisa memberikan komentar atau review memperkuat reputasi Anda. Keberadan review dari pelanggan sangat penting. Berdasarkan riset Trustklik 70 persen konsumen Indonesia mempercayai review online pelanggan lain. Bahkan mereka 12 kali lebih percaya kepada review online pelanggan lain dibanding keterangan dari produk itu sendiri.

Dan yang terpenting dari semua ini adalah GRATIS, alias Anda dapat memanfaatkan promosi Google Bisnisku tanpa perlu bayar.

Cara Mendaftar Google Bisnisku

  1. Siapkan nama bisnis Anda. Misalnya “Distributor Produk XYZ” , atau “Kursus Kue Mami Ani” dan sebagainya. Nama bisnis usahakan singkat tetapi menggambarkan bisnis atau produk yang Anda promosikan.
  2. Lalu buka halaman Google Bisnisku kemudian klik “Kelola Sekarang” untuk memulai pendaftaran
  3. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke email untuk login. Silahkan login dengan email Gmail Anda, atau buat email khusus untuk bisnis Anda.
  4. Langkah selanjutnya adalah mengisi nama bisnis Anda. Isikan nama yang sudah disiapkan sebelumnya.

Ikuti proses pendaftaran. Isikan data yang tersedia terutama nomor handphone dan email. Semakin jelas informasi yang Anda masukkan akan semakin membantu calon pelanggan atau rekan bisnis Anda nantinya. Jika Anda sudah memiliki website, Anda bisa menuliskan alamat website Anda di bagian ini. Namun bila Anda belum memiliki website, kosongkan saja.

Baca juga: 5 Langkah Cara Membuat Website Bisnis

Proses Verifikasi oleh Google

Jika Anda sudah memasukkan semua informasi dengan lengkap dan benar pilih verifikasi saat itu juga dengan mengisi nama penerima surat. Lalu klik Kirim Kartu Pos. Setelah itu tunggu surat dari Google datang ke alamat Anda. Selama proses verifikasi, Anda tidak bisa mengganti informasi yang sudah Anda tulis sebelumnya.

Proses verifikasi Google Bisnisku penting untuk melindungi bisnis Anda dari pihak tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan informasi bisnis Anda. Selain itu, bisnis yang telah diverifikasi dianggap bisnis dengan reputasi baik di mata pelanggan dibanding yang tidak.

Proses pengiriman surat Google berbeda-beda tergantung lokasi alamat Anda, bisa 3 hari sampai dengan seminggu. sambil menunggu surat dari Google, Anda sudah bisa meminta teman atau keluarga Anda untuk mereview akun bisnis Anda.

Setelah mendapatkan surat dari Google, silahkan buka dan temukan kode verifikasi dalam surat tersebut. Selanjutnya login ke akun Google Bisnisku dan pilih menu verifikasi lokasi. Kemudian masukkan kode verifikasi dari surat Google. Dengan demikian proses verifikasi Google Bisnisku telah selesai. Selamat, bisnis Anda sudah tayang di seluruh akun Google!!

Salam sukses para pebisnis online Indonesia.

 

 

 

 

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: