Iklan

10 Pertanyaan untuk Membantu Menemukan Usaha yang Tepat

10_pertanyaan memulai bisnis(US News Money). Anda saat ini sedang bingung mencari menentukan peluang bisnis atau usaha yang tepat? Atau Anda seorang pekerja full time yang ingin membangun usaha sampingan? Inilah 10 pertanyaan yang dapat memandu Anda menemukan usaha yang cocok dan kemungkinan akan Anda tekuni:

Apa hobby favorit Anda?

Hobby sering kali berubah menjadi bisnis yang menguntungkan. Tidak sedikit pemilik rumah makan atau restoran sukses, awalnya bermula dari kegemaran memasak bukan? Sidney Owen dari Australia awalnya bekerja pada biro public relation. Setiap akhir pekan ia meluangkan waktunya untuk melakukan hobbynya yaitu skydiving (sejenis terjun payung). Tidak lama kemudian ia membantu pemsaran perusahaan skydiving tersebut. Sekarang Sidney menjalankan bisnis skydiving-nya sendiri. Bisnis yang bermula dari hobby pastilah menyenangkan.

Apa yang saat ini Anda lakukan tanpa dibayar?

Apakah Anda merupakan tempat bertanya atau meminta bantuan bila ada masalah computer, misalnya? Atau ada yang meminta pendapat Anda tentang desain grafis, tips media sosial, dan sebagainya? Jika demikian, bukankah keahlian Anda ini bisa dijadikan bisnis konsultasi. Dengan cara inilah Douglas Lee Miller yang merupakan konsultan media sosial, memulai bisnisnya.

Apa sih keahlian Anda yang paling ‘layak jual’?

Jika Anda bekerja di suatu bidang yang memang sangat dibutuhkan pasar saat ini, Anda dapat menjadikan keahlian sebagai lahan bisnis. Megan Moynihan yang awalnya merupakan konsultan humas, meninggalkan dunia kerjanya, lalu mencari klien-kliennya kemudian membentuk usahanya sendiri dengan dengan memanfaatkan keahliannya.

Warisan (nama baik) apa yang Anda ingin tinggalkan nantinya?

Ide bisnis dapat berasal dari niatan tulus untuk meninggalkan nama baik.  Prakash Dheeriya awalnya hanya ingin menulis buku pengelolaan keuangan untuk putranya. Belakangan ia menyadari bahwa orang tua yang lain pun ingin mengajarkan hal yang sama kepada anak-anak mereka. Professor bidang finance tersebut kini telah menulis setidaknya 20 judul buku yang ditujukan untuk kaum muda.

Apakah Anda bagian dari suatu komunitas?

Jika suatu komunitas yang Anda angankan belum terbentuk, Anda bisa membangun bisnis dengan membentuk komunitas tersebut. Emily Miethner, pendiri NY Creative Interns, mendirikan komunitas para professional melalui serangkaian acara untuk menghubungkan para professional pemula dengan professional yang lebih berpengalaman. Bagaimana dengan lingkungan Anda? Perumahan Anda? Apakah Anda ingin mengorganisir kegiatan yang membantu warga saling mengenal satu sama lain? Ini bisa menjadi langkah awal Anda membentuk usaha event organizer.

Bagaimana teman-teman bisa menolong Anda?

Banyak pebisnis yang mengakui pentingnya teman-teman untuk membantu menyebarkan bisnis mereka. Dengan kemajuan media sosial saat ini, suatu bisnis yang baik dapat segera diketahui melalui rekomendasi para friends di blog, facebook, twitter dan sebagainya.

Apakah pekerjaan Anda saat ini dapat diubah menjadi pekerjaan bebas waktu (freelance)?

Jika Anda bekerja di bidang yang terkait dengan teknologi informasi (IT), desain atau public relation, Anda akan menyadari bahwa keahlian Anda sangat dibutuhkan orang walaupun dijalankan secara freelance. Beberapa website seperti freelancer.com, elance.com dan odesk.com dapat membantu Anda untuk menampilkan memajang keahlian Anda sekaligus mencari pekerjaan freelance yang sesuai untuk Anda.

Apa Kelemahan Anda?

Jika Anda tidak paham menggunakan twitter atau Anda kesulitan dengan tata bahasa yang baik, Anda kemungkinan akan mengikuti kursus secara online, membeli ebook atau mencari seseorang yang membantu Anda mengatasi kesulitan tersebut. James Mundia awalnya hanya belajar online tentang bagaimana cara menghasilkan uang. Di usia dua puluhan, ia telah membangun usaha konsultan bisnisnya.

Anda membaca hanya untuk senang-senang?

Membaca mungkin hanyalah hobby akhir pecan. Akan tetapi membaca dapat juga membantu Anda membangun ide tentang bagaimana memanfaatkan waktu atau menghasilkan uang. Jika Anda menyukai membaca tentang media  sosial baru, mungkin Anda cocok membuat bisnis pelatihan tentang Twitter misalnya.

Dapatkah Anda menemukan seorang panutan?

Dalam segala bidang usaha, selalu ada seseorang yang telah sukses dan berhasil melakukan apa yang Anda angankan. Tokoh teladan tersebut dapat membantu Anda, terlebih jika mereka juga rajin berkicau (twitter), menulis blog atau buku tentang pengalaman mereka menuju keberhasilan. Menemukan guru yang tepat, meskipun Anda tidak bisa berinteraksi langsung dengan mereka, dapat membantu Anda membangun usaha Anda.

Selamat berbisnis.

Link Terkait:

Iklan
%d blogger menyukai ini: