Review DagCoin di Indonesia

Apakah Dagcoin itu penipuan? Investasi bodong? Dari sisi investasi, Dagcoin bukanlah investasi meski banyak dipromosikan sebagai pilihan investasi. Tentu ini tidak lepas dari popularitas mata uang digital (cryptocurrency) seperti bitcoin yang sempat menarik banyak orang untuk menjadikannya pilihan investasi. Fenomena nilai bitcoin yang sempat menanjak tajam sampai akhir 2017, tetap menjadi daya tarik, meski nilai bitcoin tidak pernah lagi kembali ke titik tertingginya.

Ribuan jenis uang digital, aneka coin bermunculan di seluruh dunia, mencoba mengais peluang seiring maraknya informasi dan perhatian masyarakat terhadap dunia kripto. Banyak yang sempat muncul namanya dan diperdagangkan sebelum hilang. Namun tidak sedikit pula yang hanya muncul nama, diperbincangkan di seminar-seminar yang diadakan membernya, lalu hilang tak berbekas meninggalkan kemarahan mereka yang merasa ditipu.

Lalu bagaimana dengan Dagcoin?

Website Dagcoin mempromosikan Dagcoin sebagai mata uang kripto yang lebih cepat transaksi dan lebih aman, tidak menggunakan mekanisme blockchain. Proses transaksi Dagcoin (katanya) melalui mekanismeย directed acyclic graph (DAG) yang kurang lebih menyatakan bahwa setiap transaksi dapat mengkonfirmasi transaksi-transaksi terkait sebelumnya.

Meskipun demikian, tidak ada penjelasan lebih lanjut alasan atas klaim tersebut. Bukankah memang sejatinya semua mata uang kripto ditransaksikan online dan cepat, dan terkoneksi satu sama lain?

Success Factory

Promosi Dagcoin cukup ramai di jagad maya karena adanya adanya aktivitas rekrut-merekrut yang melibatkan member dan leader-leader Dagcoin, layaknya perusahaan jaringan / MLM. Selain membeli paket keanggotaan, member Dagcoin diharapkan merekrut member lainnya dengan membeli paket keanggotaan.

Paket yang dibeli adalah paket pendidikan bisnis DagUniversity atau Success Factory. Para leader Dagcoin menggunakan kedua istilah ini. Namun wujud nyata pendidikan kripto ini belum ada sampai sekarang. Padahal paketnya sudah ditawarkan sejak tahun 2017.

Lalu bagaimana dengan Dagcoin yang dibeli dalam paket?

Dagcoin dalam hal ini menjadi bernilai bila nyata mata uang tersebut diperdagangkan. Namun faktanya, Dagcoin tidak memiliki nilai di jagad perdagangan kripto. Member membeli angin? Hmm…mereka lebih cerdas menjawabnya.

Para member diharapkan menanam duit minimal 8 bulan sebelum mulai menghasilkan. Dalam periode tersebut mereka dijanjikan telah memperoleh 3% hasil setiap minggu. Suatu janji yang menggiurkan. Namun, tetap janji tersebut tidak dapat dicairkan selama periode delapan bulan.

Skema ini tentu bisa membuat tidak nyaman. Para member menanamkan duit dan mesti bersabar menunggu selama delapan bulan tanpa adanya jaminan perusahaan tersebut masih bakal bertahan.

Situs businessforhome.org (07/12) menunjukkan bahwa di tahun 2018, duit masyarakat diberbagai negara yang mengalir ke Dagcoin mencapai $170 juta. Meski angka tersebut cukup kecil untuk kategori perusahaan jaringan, namun leadernya Igor Alberts & Andreea Cimbala sebagai leader bisnis jaringan dengan penghasilan bulanan tertinggi di dunia yaitu $2,2 juta per bulan.

Penghasilan tersebut bukan diperoleh dari kenaikan nilai Dagcoin tetapi dari bonus hasil menjual paket keanggotaan paket edukasi Success Factory.

Kesimpulan: DagCoin Bukanlah Mata Uang Kripto !

Jika Dagcoin menganggap diri sebagai mata uang kripro, maka yang perlu diperhatikan adalah apakah kemungkinan Dagcoin dipergunakan oleh masyarakat untuk bertransaksi. Karena naik turunnya nilai mata uang (termasuk mata uang kripto) ditentukan oleh aktivitas transaksi mata uang tersebut.

Walau sangat ramai dipromosikan, tidak ada jejak mata uang ini pernah diperdagangkan. Website Dagcoin menampilkan beberapa gambar merchant (toko) pengguna Dagcoin di luar negeri. Sayangnya informasi tersebut hanya gambar, tidak bisa diklik untuk memeriksa kebenaran dan keberadaan bisnis tersebut. Bahkan nilainya tidak dapat ditemukan di mana pun. Di coinmarketcap.com yang berisi daftar kripto utama yang beredar di dunia, pun nama Dagcoin tidak ditemukan. Bahkan nilainya tidak dapat di-Google sekalipun, alias nilainya zonk, nol.

Jadi Dagcoin bukanlah mata uang digital atau mata uang kripto seperti yang dipromosikan para membernya.

Janji manis penghasilan tinggi memang mudah menarik banyak orang. Namun fakta bahwa Dagcoin tidak pernah benar-benar terwujud sebagai sebagai mata uang kripto seharusnya cukup untuk menyadarkan bahwa Dagcoin tidak lebih dari skema moneygame alias ponzi semata dari Estonia.

Berinvestasilah pada pilihan investasi yang resmi atau mata uang digital utama. (AFL)

 

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: