Iklan

Bangun Usaha Rintisan Kulinermu, Bekraf Siap Fasilitasi

Punya ide bisnis bidang kuliner? Tahun ini kamu bisa mendapatkan mentoring Bekraf bahkan pendanaan untuk usaha rintisan (startup) kulinermu. Pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) saat ini melalui program Food Startup Indonesia (FSI) sedang berusaha menjaring setidaknya 100 pengusaha startup di bidang kuliner.

Food Startup Indonesia (FSI) sendiri merupakan platform khusus yang dibuat Bekraf sebagai ekosistem untuk mengintegrasikan subsektor kuliner. Dengan demikian para pengusaha rintisan di Indonesia bergabung dalam satu wadah dan berbagi pengalaman sambil membangun usahanya.

Pemilihan bidang pangan atau kuliner sebagai salah satu fokus Bekraf tahun ini bukanlah tanpa alasan. “Startup kuliner merupakan salah satu sektor yang sangat berpotensi dalam perekonomian Indonesia. Menjadi bidang yang sangat mendominasi di Bekraf,” kata Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo di Medan, Selasa (13/2/2018) sebagaimana dilansir Kompas.

Dari data Bekraf, setidaknya 43 persen dari Rp 922 triliun nilai ekonomi kreatif tahun 2016, bersumber dari sektor kuliner. Trend di Indonesia dan dunia saat ini, sektor kuliner memang tidak lagi sekedar usaha menjual makanan semata, namun telah berkembang menjadi bagian dari kebutuhan dan gaya hidup masyarakat modern.

Untuk melaksanakan program ini Bekraf akan menggelar Demoday FSI di 10 kota untuk menjaring 100 usaha rintisan terbaik. Sebagai informasi, selama tahun 2017, Bekraf telah menjaring 2.005 pengusaha rintisan bidang kuliner. Lebih 150 diantaranya telah dikurasi Bekraf.

Adapun jadwal pelaksanaan Demoday FSI 2018 adalah: Medan 13 Februari, Bandung pada 20 Februari, Makassar pada 23 Februari, Belitung di 27 Februari. Kemudian Semarang pada 1 Maret, Banjarmasin pada 6 Maret, Malang pada 9 Maret, Yogyakarta pada 13 Maret, Surabaya di 20 Maret, penutup di Mataram pada 23 Maret 2018.

Diharapkan banyak pelaku usaha rintisan kuliner yang berpartisipasi dalam Demoday FSI 2018 sampai dengan 26 Juli 2018 nanti. 100 startup terbaik selanjutnya akan diikutkan dalam proses expo pada 27 – 29 Juli 2018. Para pengusaha ini lalu menjalani tahapan pendampingan (mentorship) pada 30 – 31 Juli 2018. Kemudian akan dipilih tiga startup terbaik pada final pitching tanggal 1 Agustus 2018.

Dari segi pendanaan startup, Food Startup Indonesia bekerjasama dengan sejumlah angel investor alias pemodal antara lain Angel Investment Network Indonesia (Angin), KoinWorks, dan 5 Ventura.

Jika kamu saat ini sedang mengembangkan bisnis kuliner dan ingin mendapatkan manfaat dari program ini, silahkan kunjungi website Foodstartupindonesia.com.

 

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: